Headlines News :
Home » » JUDUL SKRIPSI: LATAR BELAKANG PENGGUNAAN OBAT TERLARANG DAN PENGARUHNYA TERHADAP KENAKALAN REMAJA DI DESA TANAH RAJA KECAMATAN SEI RAMPAH KABUPATEN SERDANG BEDAGAI

JUDUL SKRIPSI: LATAR BELAKANG PENGGUNAAN OBAT TERLARANG DAN PENGARUHNYA TERHADAP KENAKALAN REMAJA DI DESA TANAH RAJA KECAMATAN SEI RAMPAH KABUPATEN SERDANG BEDAGAI

Written By Wahyu Rishandi on Senin, 24 Desember 2012 | 22.29



ABSTRAKSI


Desa Tanah Raja Kecamatan Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai sebagai desa peneliti sekaligus lokasi penelitian yang penulis tetapkan, dalam kondisi sekarang ini para remaja telah banyak terjerumus terhadap penyalahgunaan obat terlarang. Penyalahgunaan obat terlarang tersebut pada umumnya adalah golongan remaja termasuk jenis minuman keras yang saat ini sangat mudah diperoleh. Remaja pengguna obat terlarang dalam pengamatan sementara penulis sebanyak 30 orang dan ini sangat memiliki dampak negatif yang cukup parah baik bagi diri pemakai maupun di tengah-tengah keluarga dan masyarakat, hal inilah yang diidentikkan dengan peningkatan kenakalan remaja seperti seringnya terjadi pencurian, perkelahian di Desa Tanah Raja.

Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah apakah yang melatar belakangi  penggunaan obat terlarang di kalangan remaja di Desa Tanah Raja Kec. Sei Rampah, dan apakah jenis obat terlarang yang dikonsumsi para remaja di Desa Tanah Raja Kec. Sei Rampah serta apa  pengaruh penggunaan obat terlarang terhadap kenakalan remaja di Desa Tanah Raja Kec. Sei Rampah. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan observasi, angket dan wawancara.

Berdasarkan hasil penelitian maka yang melatar belakangi remaja di Desa Tanah Raja Kec. Sei Rampah Kabupaten Serang Bedagai terhadap penggunaan obat terlarang berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada dasarnya adalah karena ikut-ikutan dalam pergaulan. Terjadinya ikut-ikutan dalam mengkonsumsi obat terlarang di kalangan remaja dilatar belakangi karena remaja yang mengkonsumi obat terlarang umumnya tidak mempunyai pekerjaan tetap (pengangguran).Sedangkan jenis obat terlarang yang biasanya dikonsumsi oleh remaja di Desa Tanah Raja Kec. Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai adalah umumnya jenis ganja (yaitu daun ganja) yang digunakan untuk merokok. Daun ganja tersebut diperoleh dengan membeli melalui agen yang ada, sebagian kecil lainnya jenis obat terlarang adalah minuman keras. Kedua jenis ini pada prinsipnya dapat merusak pisik dan psikis para pemakainya. Penyalahgunaan obat terlarang bagi remaja telah menimbulkan kenakalan remaja yang dapat menimbulkan tindakan kriminalitas dan perbuatan amoral di tengah-tengah masyarakat.


BAB I

PENDAHULUAN


A. Latar Belakang Masalah

Pembangunan nasional adalah pembangunan Indonesia seutuhnya dan pembangunan seluruh Indonesia membutuhkan manusia-manusia yang berkualitas dari berbagai ilmu dan teknologi. Oleh karena itu partisipasi dari seluruh rakyat Indonesia sangat diharapkan untuk dapat ambil bagian menggerakkan roda pembangunan khususnya dari kalangan remaja sebagai generasi muda.
Generasi muda selaku generasi penerus pembangunan bangsa merupakan tanggung jawab bersama dalam pembinaan pendidikan dan moral mereka, dengan mentalitas remaja yang kuat akan dapat melanjutkan pembangunan dengan baik. Sebaliknya bila mentalitas remaja  sudah rusak maka pembangunan bangsa akan terkendala. Oleh karena itu dalam era reformasi, globalisasi sekarang para remaja Indonesia hendaknya memiliki sumber daya manusia, berilmu pengetauan, ulet, jujur bermoral dan kreatif.
Generasi muda yang berilmu pengetahuan, bermoral dan kreatif dapat menjauhkan diri dari dampak negatif yang ditimbulkan oleh arus reformasi dan globalisasi seperti tindakan kriminal yang diakibatkan oleh penyalahgunaan obat-obat terlarang.
Sebagaimana yang dikatakan oleh M.Taufik selaku Ketua GAN (Gerakan Anti Narkoba) Sumatera Utara bahwa : 
Generasi muda sejak dini harus dihindari dari penyalahgunaan Narkotika dari berbagai jenis, hal ini sebagai tindakan untuk mengurangi tindak kriminal di kalangan remaja Lebih lanjut dijelaskan oleh M.Taufik bahwa penyalahgunaan obat terlarang di tengah-tengah masyarakat diakibatkan berbagai faktor. Salah satunya adalah karena coba-coba, ikut-ikutan dan terpengaruh dari kawan .”1

Terlepas dari faktor penyebab penyalahgunaan obat terlarang, yang jelas akibatnya telah merusak mental remaja selaku generasi muda bahkan yang lebih fatal telah merusak lingkungan masyarakat karena dampak atau akibat yang dilakukan oleh remaja para pengguna obat terlarang sebagaimana yang sering diketahui melalui pemberitaan di Media Massa.
Penggunaan obat terlarang dan akibat yang ditimbulkan sebagaimana yang diungkapkan oleh M.Rolel Harahap “tidak hanya terjadi di daerah perkotaan,akan tetapi telah merata sampai ke desa-desa, dan para pengguna ini tidak hanya remaja yang berada dalam keluarga orang kaya namun tidak memandang status ekonomi, pendidikan dan status usia”2
Pernyataan di atas menunjukkan bahwa dampak obat terlarang terhadap manusia khususnya generasi muda sangat membahayakan kehidupan baik secara fisik maupun psikis.
Khusus di Desa Tanah Raja Kecamatan Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai sebagai desa peneliti sekaligus lokasi penelitian yang penulis tetapkan, dalam kondisi sekarang ini para remaja telah banyak terjerumus terhadap penyalahgunaan obat terlarang. Penyalahgunaan obat terlarang tersebut pada umumnya adalah golongan remaja termasuk jenis minuman keras yang saat ini sangat mudah diperoleh.
Remaja pengguna obat terlarang dalam pengamatan sementara penulis sebanyak 30 orang dan ini sangat memiliki dampak negatif yang cukup parah baik bagi diri pemakai maupun di tengah-tengah keluarga dan masyarakat, hal inilah yang diidentikkan dengan peningkatan kenakalan remaja seperti seringnya terjadi pencurian, perkelahian di Desa Tanah Raja.
Berdasarkan latar belakang tersebut di atas, menjadi daya tarik bagi penulis untuk melakukan penelitian yang diberi judul :”Latar Belakang Penggunaan Obat Terlarang dan Pengaruhnya Terhadap Kenakalan Remaja di Desa Tanah Raja Kecamatan Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai”.

B. Rumusan Masalah

Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut ::
1.      Apakah yang melatar belakangi  penggunaan obat terlarang di kalangan remaja di Desa Tanah Raja Kec. Sei Rampah ?
2.      Apakah jenis obat terlarang yang dikonsumsi para remaja di Desa Tanah Raja Kec. Sei Rampah ?
3.      Apa  pengaruh penggunaan obat terlarang terhadap kenakalan remaja di Desa Tanah Raja Kec. Sei Rampah ?

C. Tujuan dan Kegunaan Penelitian

1.      Tujuan Penelitian
Penelitian ini dilakukan bertujuan :
1.      Untuk mengetahui latar belakang penggunaan obat terlarang di kalangan remaja di Desa Tanah Raja Kec. Sei Rampah
2.      Untuk mngetahui jenis obat terlarang yang dikonsumsi para remaja di Desa Tanah Raja Kec. Sei Rampah
3.      Untuk mengetahui pengaruh pengaruh penggunaan obat terlarang terhadap kenakalan remaja di Desa Tanah Raja Kec. Sei Rampah
2.      Kegunaan Penelitian
      Adapun yang menjadi kegunaan penelitian dari penulisan skripsi ini adalah:
1.    Sebagai bahan renungan bagi para remaja tentang dampak penggunaan obat terlarang
2.    Sebagai pertimbangan bagi orangtua, tokoh agama dan tokoh masyarakat dalam mendidik anak-anak dan remaja di Desa Tanah Raja Kec. Sei Rampah
3.    Sebagai pengalaman bagi penulis dalam melakukan penelitian.

 

D. Batasan Istilah

Untuk menghindari terjadinya kesalah pahaman atau pengertian dalam menafsirkan istilah yang ada pada penelitian ini penulis perlu mengemukakan batasan istilah. Adapun batasan istilah tersebut antara lain :
1.      Penggunaan : adalah pemakaian, pemanfaatan3 Yang dimaksud dalam tulisan ini adalah penggunaan obat terlarang oleh remaja.
2.      Obat Terlarang : “adalah jenis obat-obat yang penggunaannya dilarang oleh Undang-Undang”4
3.      Pengaruh : daya yang ada atau yang timbul dari sesuatu apakah itu benda  maupun orang”6
4.      Kenakalan : Yakni ketidak patuhan terhadap sesuatu peraturan yang ditetapkan”4
5.      Remaja : adalah masa adolesen yang sebagai suatu tahap perkembangan secara fisik dan mental"5

E. Telaah Pustaka
Berdasarkan pengamatan penulis masalah penelitian yang penulis lakukan ini penulis ada merujuk kepada suatu penelitian yang dilakukan oleh Irfan, Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara yang berjudul Penyebab Penyalahgunaan Narkotika dan Pengaruhnya Tindakan Kriminal oleh Remaja di Desa Pasar Gunung Tua Tapanuli Selatan”.
Penelitian ini memiliki sedikit relevansi dengan penelitian yang akan penulis lakukan. Dalam penelitian di atas menyimpulkan bahwa penyalahgunaan narkotika yang dilakukan remaja di Desa Pasar Gunung Tua umumnya disebabkan karena faktor pergaulan. Pengaruh yang ditimbulkan pada umumnya membuat si pelaku sering melakukan tindak kriminalitas.
Penelitian yang dilakukan tersebut menjadi salah satu telaah kepustakaan bagi penulis sekaligus untuk melihat relevansi dari penelitian yang akan dilakukan nantinya.

F. Hipotesis

Hipotesis adalah merupakan jawaban sementara yang kebenarannya masih perlu dibuktikan melalui penelitian. Adapun hipotesis penulis dalam penulisan skripsi ini adalah : “Ada pengaruh penggunaan obat terlarang terhadap kenakalan Remaja di Desa Tanah Raja Kecamatan Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai”.

G. Sistematika Penulisan
Agar penulisan skripsi ini lebih terarah dan tersistem, maka penulis perlu membuat sistematika penulisan sebagai berikut :
Bab I          :  Pendahuluan, pada bab ini penulis menguraikan Lata belakang masalah, rumusan masalah, tujuan dan kegunaan penelitian, batasan istilah, telaah pustaka , hipotesis dan sistematika penulisan.
Bab II        : Uraian Teoritis yang menguraikan tentang : Pengertian Obat Terlarang, Hukum Obat Terlarang di Indonesia, Jenis-jenis obat terlarang,  Latar belakang timbulnya penyalahgunaan obat terlarang dan pengertian remaja.
Bab III       :  Metodologi Penelitian yang berisikan tentang lokasi penelitian, populasi dan sampel, teknik pengumpulan data, teknik analisis data.
BAB IV     :  Pembahasan Hasil Penelitian yang menguraikan tentang Pengolahan Data dan Pengujian Hipotesis
BAB V      : Penutup dari pembahasan skripsi ini yang menguraikan beberapa kesimpulan dan saran-saran

DAFTAR PUSTAKA

Anas Sudijono, 2001. Pengantar Statistik Pendidikan,  Jakarta : PT. Raja Grafindo, Persada.

Arikunto, Suharsimi, 1999,  Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan,  Jakarta : Bina Aksara.

Bawengan, 1991, Pengantar Psikologi Kriminologi,  Jakarta : Pardnya Paramita.

Depdikbud, RI, 2000, Kamus Besar Bahasa Indonesia,  Jakarta: PN. Balai Pustaka.

Departemen Agama RI, 1996, Al-qur”an dan Terjemahannya,  Bandung : Bina Aksara

Harian Waspada, 1995, Narkotika dan Generasi Muda,  Medan.

Haris Firdaus, 2002,  Generasi Muda Islam,  Diambang Kehancuran, Bandung : Mujahid.

Nawawi, Hadari, 1993, Metode Penelitian Bidang Sosial,  Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

Singgih D.Gunarta, 1983, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja ,  Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Soedjono, D, 1992, Remaja dan Narkotika,  Bandung : Alumni.

Soerjono Soekanto, 1983, Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta : Rineka Cipta.

Sudharsono, 1991,  Etika Islam Tentang Kenakalan Remaja,  Jakarta : Rineka Cipta

Sitanggang, BA, 1994, Mereka  Lari Apa Yang Dapat Kita Perbuat, Jakarta: Hot Doli Saut.

Simanjuntak, B, 1991, Pengantar Kriminologi dan Patologi,  Bandung: Tarsito.

Sarumpaet, 1993, Narkotika Mengancam Anda,  Bandung : Indonesia Publishing House.

Zakiah Daradjat, 1992, Ilmu Jiwa Agama, Jakarta : Rineka Cipta.

-------------------, 1992, Pembinaan Remaja,  Jakarta : RinekaCipta.

WJS. Poerwadarminta., 1983,  Kamus Umum Bahasa Indonesia,  Jakarta : PN.Balai Pustaka.

 


1 M.Taufik, Dampak Narkotika Terhadap Generasi Muda, GAN, Sumatera Utara, Medan. 1997, hlm.12.
2 Rolel Harahap, Bahaya Narkotika, Makalah Dalam Suatu Diskusi Organisasi Kepemudaan Se-Sumatera Utara, 2001, Medan.
3 WJS. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, PN. Balai Pustaka, Jakarta, 1987, hlm.752.
4 Sedjono, Remaja dan Narkotika,  Alumni, Bandung, 1982, hlm.84
6 WJS. Poerwadarminta, Op-Cit, hlm.731.
4 Ibid, hlm.624
5 Sudharsono, Etika Islam Tentang Kenakalan Remaja, Rineka Cipta, Jakarta, 1991, hlm.9
 



SYARAT UNTUK MENDAPATKAN FILE LENGKAP….!!!
File yang tertera diblog ubah saja objeknya biar cepet, ganti saja dengan yang terbaru, kemudian sesuaikan, untuk objek, ubah saja objek jadi tempat yang rencananya anda teliti, beres kan?
File yang anda inginkan bisa konfirmasi ke No. HP ini 0852 6208 9526 atau 0819 6067 526 untuk mendapatkan file skripsi lengkap (bab1-sampai selesai) dalam bentuk document. Dengan mememenuhi biaya admin di bawah setelah anda melakukan transfer ke:
No Rek BRI  3529-01-026884-53-8  WAHYU RISHANDI (Cab. MARIENDAL MEDAN)
DENGAN NILAI NOMINAL TRANSFER Rp. 100.000/Judul Skripsi
ANGGAP SAJA UNTUK GANTI PENGETIKAN SKRIPS LENGKAP DALAM FORM DOC DAN PENGELOLA BLOG INI.
PELUANG KERJASAMA
kalau ingin untung, sebarin saja ke teman-teman judul di blog ini dan naikan saja harganya
kalau ada kesulitan sms atau contact aja ke No HP saya atau Add FB ya way@id-fb.com
UNTUK PEMESANAN
SETELAH TRANSFER SMS AJA KE 0852-6208-9526 atau 0819-6067-526
DENGAN ISI SMS:
Nama, alamat E-mail anda serta judul yang anda inginkan.


Share this post :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012 - 2013. Wahyu Rishandi, SH - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Re Design by Doza | Proudly powered by Blogger