Headlines News :
Home » » JUDUL SKRIPSI: PENERAPAN DISIPLIN BELAJAR DAN PENGARUHNYA TERHADAP HAFIZ ALQUR’AN SANTRI DI PESANTREN ABDURRAHMAN BIN AUF

JUDUL SKRIPSI: PENERAPAN DISIPLIN BELAJAR DAN PENGARUHNYA TERHADAP HAFIZ ALQUR’AN SANTRI DI PESANTREN ABDURRAHMAN BIN AUF

Written By Wahyu Rishandi on Jumat, 28 Desember 2012 | 23.33



ABSTRAKSI

Tercapainya keberhasilan dalam suatu pekerjaan seseorang harus mempunyai disiplin sekaligus mematuhi disiplin tersebut sebagaimana yang telah ditetapkan, apakah itu dalam lingkungan pekerjaan, sekolah, rumah, masyarakat dan sebagainya. Demikian juga bagi seorang siswa yang tugas dan kewajibannya adalah belajar, tentunya harus mematuhi peraturan-peraturan atau disiplin belajar yang telah ditetapkan di sekolah.Keberhasilan seseorang dalam belajar termasuk memahami pelajaran dan adanya kemampuan menghafal pelajaran dapat diukur dengan kepatuhan siswa itu sendiri dalam menjalankan peraturan-peraturan atau yang lebih dikenal dengan disiplinnya seorang siswa dalam mematuhi aturan yang ada, sebaliknya seorang siswa yang tidak mematuhi disiplin dalam belajar dapat menurunkan prestasi belajar. Dalam kaitannya dengan penelitian yang penulis lakukan bahwa penerapan disiplin belajar terhadap siswa dan kepatuhan siswa dalam mematuhi aturan dan disiplin belajar yang ditetapkan  oleh Ustaz di Pesantren Abdurrahman bin Auf berpengaruh terhadap hafalan (hafiz) Alquran siswa atau santri.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah   :  Bagaimanakah penerapan disiplin belajar Alquran di Pesantren Abdurrahman bin Auf. Apakah penerapan disiplin belajar Alquran berpengaruh terhadap Hafiz Alquran santri di Pesantren Abdurrahman bin Auf.. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Santri Pesantren Abdurrahman bin Auf yang berjumlah 30 orang dan sample penelitian ini adalah 30 orang.

Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa : Disiplin belajar benar-benar diterapkan kepada siswa di Pesantren Tahfizul Qur’an Abdur Rahman bin Auf di Kelurahan Titi Kuning Kecamatan Medan Johor. Penerapan ini dilakukan untuk mempermudah siswa menghafal ayat Alquran. Disiplin belajar Alquran yang diterapkan kepada siswa di Pesantren Tahfizul Qur’an Abdur Rahman bin Auf di Kelurahan Titi Kuning Kecamatan Medan Johor diawali dengan disiplin terhadap penjelasan terhadap ayat baik cara baca, arti dan makna, kemudian diberikan disiplin menyuruh siswa untuk menghafalnya di kelas dan di rumah baik secara berkelompok maupun individu. Melalui disiplin menghafal Alquran yang diterapkan kepada siswa di Pesantren Tahfizul Qur’an Abdur Rahman bin Auf di Kelurahan Titi Kuning Kecamatan Medan Johor, ternyata dapat mempengaruhi hafiz Alquran siswa.

DAFTAR ISI

                                                                                                               Halaman
ABSTRAKSI............................................................................................................ i
KATA PENGANTAR.............................................................................................. ii
DAFTAR ISI............................................................................................................. iv
DAFTAR TABEL..................................................................................................... vi
BAB I           :   PENDAHULUAN ......................................................................... 1
A. Latar Belakang Masalah ............................................................ 1
B.  Rumusan Masalah....................................................................... 3
C. Tujuan dan Kegunaan Penelitian................................................. 3
D. Batasan Istilah............................................................................ 4
E.  Hipotesis..................................................................................... 5
F.   Sistematika Pembahasan............................................................. 5
BAB II          :   LANDASAN TEORETIS.............................................................. 7
A.Pengertian Disiplin Belajar.......................................................... 7
B.  Faktor-faktor yang Mempengaruhi Disiplin Belajar .................. 14
C.  Pengaruh Disiplin terhadap Hafiz Alquran ................................ 17
BAB III        :   METODOLOGI PENELITIAN .................................................... 26
A. Lokasi Penelitian......................................................................... 26
B.  Populasi dan Sampel .................................................................. 28
C.  Sumber Data .............................................................................. 29
D. Teknik Pengumpulan Data ......................................................... 29
E.  Teknik Pengolahan dan Analisa Data ........................................ 30
BAB IV        :   PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN ...................................... 32
A.Prosedur Penelitian ..................................................................... 32
B. Pembahasan ................................................................................ 32
C. Pengujian Hipotesis .................................................................... 54
BAB V          :   KESIMPULAN DAN SARAN ..................................................... 58
A.Kesimpulan ................................................................................. 58
B. Saran-saran .................................................................................. 58
DAFTAR PUSTAKA .............................................................................................. 60
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
LAMPIRAN


 
DAFTAR TABEL

Tabel                                                   J U D U L                                           Halaman

I.             :  TENAGA PENGAJAR ......................................................................... 27

II            :  DISIPLIN MENGAJAR ALQURAN BENAR-BENAR
                  DITERAPKAN....................................................................................... 33

III           :  GURU MENYESUAIKAN DISIPLIN DALAM PENERAPANNYA           34

IV           :  GURU MENERAPKAN DENGAN MENGHAFAL DI DEPAN
                  KELAS.................................................................................................... 35

V            :  GURU MENYURUH SISWA MENGHAFAL ALQURAN DI
                  RUMAH.................................................................................................. 36

VI           :  GURU MENEKANKAN SISWA UNTUK BENAR-BENAR
                  DAPAT MENGHAAL ALQURAN...................................................... 37

VII         :  METODOLOGI ALQURAN SELALU DITERAPKAN SETIAP
                  GURUMENGAJAR............................................................................... 38

VIII        :  DISIPLIN MENGHADAP ALQURAN DITERAPKAN SECARA
                  BERKELOMPOK.................................................................................. 39

IX           :  PENERAPAN MENGHAFAL ALQURAN DITERAPKAN
                  SECARA INDIVIDU............................................................................ 40

X            :  MEMBERIKAN SANKSI KEPADA SISWA YANG TIDAK
                  DAPAT MENGHAFAL......................................................................... 41

XI           :  SANKSI YANG DIBERIKAN BERLAKU KEPADA SEMUA
                  SISWA.................................................................................................... 42

XII         :  SKOR JAWABAN VARIABEL X....................................................... 43

XIII        :  DISIPLIN MENGHAFAL ALQURAN SESUAI MENURUT
                  SISWA.................................................................................................... 44

XIV        :  MENGHAFAL ALQURAN APABILA ISURUH GURU DI
                  KELAS.................................................................................................... 45

XV         :  MAMPU MENGHAFAL ALQURAN BILA DISURUH OLEH
                  GURU DI KELAS.................................................................................. 46

XVI        :  MENGHAFAL ALQURAN DI RUMAH............................................ 47

XVII      :  SISWA MAMPU MENGHAFAL ALQURAN DI KELAS
                  SETELAH DISURUH HAFAL DI RUMAH....................................... 48

XVIII     :  SISWA BANYAK HAFAL ALQURAN.............................................. 49

XIX        :  DISIPLIN MENGHAFAL ALQURAN TERHADAP PRESTASI
                  BELAJAR SISWA................................................................................. 50

XX         :  PENGARUH DISIPLIN MENGHAFAL KEPADA SISWA.............. 50

XXI        :  HASIL NILAI PELAJARAN ALQURAN SISWA............................. 51

XXII      :  DISIPLIN MENGHAFAL BERPENGARUH TERHADAP
                  INGATAN SISWA................................................................................. 52

XXIII     :  SKOR JAWABAN VARIABEL Y....................................................... 53

XXIV     :  KOEFISIEN KORELASI VARIABEL X DAN Y.............................. 54


SYARAT UNTUK MENDAPATKAN FILE LENGKAP….!!!
File yang tertera diblog ubah saja objeknya biar cepet, ganti saja dengan yang terbaru, kemudian sesuaikan, untuk objek, ubah saja objek jadi tempat yang rencananya anda teliti, beres kan?
File yang anda inginkan bisa konfirmasi ke No. HP ini 0852 6208 9526 atau 0819 6067 526 untuk mendapatkan file skripsi lengkap (bab1-sampai selesai) dalam bentuk document. Dengan mememenuhi biaya admin di bawah setelah anda melakukan transfer ke:
No Rek BRI  3529-01-026884-53-8  WAHYU RISHANDI (Cab. MARIENDAL MEDAN)
DENGAN NILAI NOMINAL TRANSFER Rp. 100.000/Judul Skripsi
ANGGAP SAJA UNTUK GANTI PENGETIKAN SKRIPS LENGKAP DALAM FORM DOC DAN PENGELOLA BLOG INI.
PELUANG KERJASAMA
kalau ingin untung, sebarin saja ke teman-teman judul di blog ini dan naikan saja harganya
kalau ada kesulitan sms atau contact aja ke No HP saya atau Add FB ya way@id-fb.com
UNTUK PEMESANAN
SETELAH TRANSFER SMS AJA KE 0852-6208-9526 atau 0819-6067-526
DENGAN ISI SMS:
Nama, alamat E-mail anda serta judul yang anda inginkan.


Share this post :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012 - 2013. Wahyu Rishandi, SH - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Re Design by Doza | Proudly powered by Blogger