Headlines News :
Home » » JUDUL SKRIPSI: Penerapan Metode Tanya jawab dan Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Bidang Studi Alquran Hadis di SMA Negeri Gunung Pamela Kecamatan Sipispis Kabupaten Sergai

JUDUL SKRIPSI: Penerapan Metode Tanya jawab dan Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Bidang Studi Alquran Hadis di SMA Negeri Gunung Pamela Kecamatan Sipispis Kabupaten Sergai

Written By Wahyu Rishandi on Sabtu, 22 Desember 2012 | 19.43



BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Banyak metode  mengajar  yang dapat digunakan oleh guru, tentunya metode yang tepat dan mengenai sasaran. Dari sekian banyak metode mengajar yang dapat digunakan dalam menyampaikan pelajaran, maka penggunaan metode tanya jawab atau yang dikenal dengan belajar Tanya jawab yang diberikan guru untuk ada saling interaktif yang antara seorang guru dan siswanya dalam proses belajar mengajar khususnya di dalam kelas.
Adapun yang menjadi penopang keberhasilan pendidikan ditentukan oleh mutu pendidikan yaitu dengan prestasi belajar yang diperoleh siswa, baik itu pada nilai rapor maupun nilai UAN (Ujian Akhir Nasional). Terdapat banyak hal yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa antara lain: minat, bakat, metode mengajar dan lainnya. Di antara banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar pada siswa adalah metode mengajar yang digunakan guru. Seorang guru atau calon guru tidak saja harus dapat menguasai materi pelajaran, tetapi seorang guru dituntut untuk dapat membangkitkan minat belajar siswa dengan berbagai metode dan pendekatan mengajar yang tepat agar siswa termotivasi untuk belajar, serta dapat meningkatkan efesensi dan efektivitas belajar mengajar di kelas.
Ketepatan metode yang digunakan guru dalam mengajar, maka diduga anak didik akan termotivasi untuk belajar sehingga prestasi mereka akan meningkat. Guru dalam menyajikan bahan pelajaran harus mengikut sertakan anak didik secara aktif, baik individu maupun kelompok. Setiap pengajar (guru) mempunyai cara tersendiri dalam melaksanakan tugasnya. Hal ini dapat dimengerti, karena setiap pengajar mempunyai kapasitas mengajar yang berbeda.
Kegiatan belajar mengajar di kelas adalah suatu penjelasan yang diberikan guru kepada anak didik mengenai sesuatu hal (ilmu pengetahuan). Pemberian penjelasan demikian dapat dilakukan oleh guru secara sendiri, hal ini dapat juga dilakukan dengan bantuan siswa lainnya. Penjelasan oleh guru dimaksudkan “untuk mengorganisasikan pelajaran secara sistematik dapat dengan mudah dipahami bagi anak didik.”[1]
Dalam hal ini guru mengajar hanya memberikan informasi pengetahuan saja dan siswa hanya menerimanya tanpa memberikan respon. Dalam pelaksanaan proses belajar mengajar seperti inilah guru yang berfikir aktif, guru merupakan sumber pengetahuan sedangkan anak didik merupakan objek pendengar saja, sehingga tidak jarang terlihat anak didik menjadi pasif dan sulit dalam melaksanakan interaksi dengan lingkungannya baik itu dengan guru maupun dengan sesama anak didik.
Oleh karenanya pemilihan metode pembelajaran yang tepat untuk penyampaian materi dalam mengajar akan mewujudkan tujuan pengajaran. Penggunaan metode yang tepat dan bervariasi dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar, sebaliknya metode pembelajaran dengan cara monoton dan tidak bervariasi cenderung menghasilkan kegiatan belajar mengajar yang membosankan bagi anak didik. Jadi, metode mengajar dapat digunakan untuk memotivasi siswa dalam meningkatkan hasil belajar. Selanjutnya mengenai rendahnya hasil belajar siswa dalam bidang studi agama Islam diduga banyak faktor penyebab antara lain: “rendahnya kemampuan guru dalam mendesain dan menentukan, mengelola strategi pembelajaran di kelas, penggunaan media/alat peraga dan sebagainya”.[2]
Pembelajaran melalui metode tanya jawab secara umum adalah “pembelajaran dengan memberikan pelatihan-pelatihan kepada siswa.”[3]
Sementara Ernawati memberikan definisi pembelajaran menggunakan metode tanya jawab adalah :
“Pembelajaran melalui pemberian pelatihan dengan struktur tugas dan tujuan pembelajaran yang mengacu pada pencapaian kompetisi yang diinginkan”.[4]
 Hal ini belum terlihat di SMA Negeri Gunung Pamela, dimana pembelajaran yang berlangsung masih didominasi oleh penjelasan atau ceramah dari guru saja, murid kurang dilibatkan secara aktif dalam pembelajaran. Kesan yang terlihat adalah kurangnya minat belajar murid terhadap materi yang disajikan oleh guru.
Pembelajaran Alquran Hadis diajarkan dengan waktu yang terbatas dengan dua kali seminggu. Dalam hal ini pendidikan Alquran Hadis yang menjadi objek penelitian, bila dilihat dari latar belakang siswa pada umumnya mereka sudah mengenali banyak pembelajaran Alquran Hadis terutama yang sekolah di madrasah Tsanawiyah, begitu juga dari segi latar belakang guru yang mengajar di sekolah ini adalah tamatan sarjana muda atau S1 (strata satu) yang telah mendapat disiplin ilmu tentang pengajaran, namun kenyataannya hasil belajarnya belum menggembirakan.
Metode yang tepat dalam pembelajaran juga ditekankan di dalam Alquran surat An-Nahl ayat 125 yaitu :



Artinya :
        Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.5
Berdasarkan dari paparan di atas, maka peneliti tertarik untuk mencoba sebuah strategi dalam pembelajaran Alquran Hadis sebagai upaya meningkatkan hasil belajar Alquran Hadis dengan menyajikan pembelajaran tanya jawab. Pendekatan pembelajaran Tanya jawab merupakan konsep belajar yang membantu guru untuk melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran.
Adapun bentuk Tanya jawab  yang diajarkan kepada siswa pada bidang studi Alquran Hadist adalah memberikan seluas-luasnya kepada siswa untuk bertanya tentang permasalahan yang kurang jelas terhadap materi yang diajarkan. Metode Tanya jawab ini diharapkan siswa mampu  memahami pelajaran yang diberikan sebagai dasar untuk meningkatkan hasil belajar siswa itu sendiri. Atas dasar inilah penulis memfokuskan penelitian yang berkaitan dengan " Penerapan Metode Tanya jawab dan Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Bidang Studi Alquran Hadis di SMA Negeri Gunung Pamela Kecamatan Sipispis Kabupaten Sergai

B. Rumusan Masalah
Berdasarkan pembatasan masalah di atas, maka masalah penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut:
1.       Bagaimana penerapan metode tanya jawab pada bidang studi Alquran Hadis di SM Negeri Gunung Pamela ?
2.       Bagaimanakah Motivasi belajar Alquran Hadis siswa SMA Negeri Gunung Pamela ?
3.       Bagaimanakah pengaruh penerapan metode Tanya jawab terhadap hasil belajar Alquran Hadis siswa SMA Negeri Gunung Pamela ?

C . Tujuan dan Kegunaan Penelitian
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk melihat penerapan pembelajaran metode tanya jawab sebagai upaya meningkatkan hasil belajar Alquran Hadis..
Secara khusus penelitian ini bertujuan:
1.      Untuk mengetahui penerapan metode tanya jawab pada bidang studi Alquran Hadis siswa SMA Negeri Gunung Pamela
2.      Untuk mengetahui hasil belajar Alquran Hadis siswa di SMA Negeri Gunung Pamela
3.      Untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Tanya jawab terhadap hasil belajar Alquran Hadis siswa SMA Negeri Gunung Pamela
Sedangkan kegunaan penelitian ini adalah :
1.      Sebagai bahan kajian dalam penerapan metode Tanya jawab dalam bidang studi Alquran Hadis dibandingkan dengan yang lain.
2.      Sebagai bahan masukan bagi guru tentang kelebihan penggunaan pembelajaran dengan menggunakan metode tanya jawab di sekolah
3.      Sebagai bahan literatur bagi peneliti lain yang ingin membahas masalah yang sama

D. Batasan Istilah
       Berikut pengertian beberapa istilah tentang judul penelitian :
1.      Penerapan  adalah "pelaksanaan, realisasi dan praktik".6 Yang dimaksudkan disini adalah penerapan metode terhadap pembelajaran materi Alquran Hadits.
2.      Metode adalah "suatu cara atau sistem dan bentuk pelaksanaan dalam pebelajaran".7 Yang dimaksudkan disini adalah teknik penerapan metode tanya jawab terhadap pembelajaran pada materi yang diajarkan khususnya dalam Alquran Hadis..
3.      Tanya jawab adalah "adanya komunikasi interaktif antara siswa dan guru, siswa bertanya guru menjawab atau sebaiknya” 8
Metode Tanya jawab adalah suatu metode pembelajaran melalui serangkaian pertanyaan dari siswa dan jawaban dari guru.
4.      Alquran Hadis adalah “Ilmu Alquran sebagai firman Allah dan Hadis sebagai sunnah Rasul9

E. Hipotesis
Hipotesis adalah kesimpulan sementara yang kebenarannya masih perlu dibuktikan melalui hasil penelitian. Adapun hipotesis dalam penelitian ini adalah :”Bahwa penerapan metode tanya jawab berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar Alquran Hadis siswa SM Negeri Gunung Pamela”
F. Sistematika Pembahasan
Dalam pembahasan ini, penulis membagi kedalam lima bab sebagai berikut: 
Bab I berisikan : pendahuluan yang berisikan; latar belakang masalah, Rumusan masalah, tujuan dan kegunaan penelitian, batasan istilah, hipotesis sistematika pembahasan.

Bab II berisikan : landasan teoritis yang berisikan pengertian metode pembelajaran, , Pengertian Motivasi Belajar, Faktor yang mempengaruhi hasil belajar.

Bab III berisikan : metode penelitian, memuat lokasi penelitian, populasi dan sampel, sumber data, teknik pengumpulan data , teknik pengolahan dan teknik analisa data
Bab IV berisikan : pembahasan penelitian yaitu : prosedur penelitian, dan pengujian hipotesis
Bab V berisikan : kesimpulan dan saran.       


[1] Prayetno, Pengembangan Profesi Guru, Padang : PPs-LPTK, 2004, hlm. 12
[2] Ibid., hlm. 13
[3] Ernawati, Model-Model Pembelajaran, Jakarta: Diknas Dirjen Dikti, 1999, hlm. 77
[4] Ibid., hlm. 62
5 Departemen Agama RI, Alquran Dan Terjemahannya, Toha Putra, Semarang, 1996, hlm..231.
6 Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia ,  Balai Pustaka, Jakarta, 1990, hlm. 67
7 W.S Winkel, Psikologi Pendidikan, Gramedia, Jakarta, 1984, hlm. 64
8 Ibrahim R. Nana Syaodih, Perencanaan Pengajaran, Rineka Cipta, Jakarta, 2000, hlm. 121
9  Abdul Kadir Audah, al-Tasyri’ al-Jana’i Islam, Jilid II, Darul Fiqri, Mesir, t.t, hlm 241.

SYARAT UNTUK MENDAPATKAN FILE LENGKAP….!!!
File yang tertera diblog ubah saja objeknya biar cepet, ganti saja dengan yang terbaru, kemudian sesuaikan, untuk objek, ubah saja objek jadi tempat yang rencananya anda teliti, beres kan?
File yang anda inginkan bisa konfirmasi ke No. HP ini 0852 6208 9526 atau 0819 6067 526 untuk mendapatkan file skripsi lengkap (bab1-sampai selesai) dalam bentuk document. Dengan mememenuhi biaya admin di bawah setelah anda melakukan transfer ke:
No Rek BRI  3529-01-026884-53-8  WAHYU RISHANDI (Cab. MARIENDAL MEDAN)
DENGAN NILAI NOMINAL TRANSFER Rp. 100.000/Judul Skripsi
ANGGAP SAJA UNTUK GANTI PENGETIKAN SKRIPS LENGKAP DALAM FORM DOC DAN PENGELOLA BLOG INI.
PELUANG KERJASAMA
kalau ingin untung, sebarin saja ke teman-teman judul di blog ini dan naikan saja harganya
kalau ada kesulitan sms atau contact aja ke No HP saya atau Add FB ya way@id-fb.com
UNTUK PEMESANAN
SETELAH TRANSFER SMS AJA KE 0852-6208-9526 atau 0819-6067-526
DENGAN ISI SMS:
Nama, alamat E-mail anda serta judul yang anda inginkan.

Share this post :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012 - 2013. Wahyu Rishandi, SH - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Re Design by Doza | Proudly powered by Blogger