Headlines News :
Home » » JUDUL SKRIPSI: PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATERI FIKIH SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN ROBITOTUL ISTIQOMAH KEC. HURISTAK KABUPATEN TAPANULI SELATAN

JUDUL SKRIPSI: PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATERI FIKIH SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN ROBITOTUL ISTIQOMAH KEC. HURISTAK KABUPATEN TAPANULI SELATAN

Written By Wahyu Rishandi on Jumat, 28 Desember 2012 | 23.21



ABSTRAK

Pembelajaran fikih dengan penggunaan media gambar diharapkan siswa dapat memahami pembelajaran fikih berdasarkan latihan-latihan melihat dan menyaksikan melalui media yang dibantu oleh media tertentu seperti media gambar.
Melalui media gambar siswa diajak untuk mengamati mana di antara mereka yang lebih cepat memahami dan mengerti tentang pembelajaran fikih dan mana siswa yang kurang atau tidak mengerti dan tidak mampu pembelajaran fikih. Dengan demikian melalui kegiatan pengajaran yang menggunakan media gambar aktivitas belajar siswa dapat dioptimalkan yang mencakup aktivitas fisik, mental, emosional maupun intelektual motorik siswa. Memberdayakan siswa dalam kegiatan belajar dengan menggunakan media gambar  ini artinya mengkondisikan lingkungan belajar dan cara belajar siswa yang lebih efektif dan efisien serta mengajak siswa untuk bersikap produktif dalam belajar.

Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah   : Bagaimanakah hasil belajar fikih siswa Madrasah Tsanawiyah Swasta Pondok Pesantren Robitotul Istiqomah Kecamatan Huristak Tapanuli Selatan, Bagaimanakah penggunaan media gambar sebagai upaya peningkatan minat belajar agama siswa, Bagaimanakah pengaruh penggunaan media gambar terhadap peningkatan minat belajar siswaSedangkan sampel penelitian ini terdiri dari 80 orang dengan menggunakan analisa data Statistik.

 Berdasarkan hasil penelitian maka Hasil belajar fikih siswa Madrasah Tsanawiyah Swasta Pondok Pesantren  Robitotul Istiqomah Kecamatan Huristak mempunyai nilai yang cukup bagus, karena sesuai dengan hasil pengamatan penulis hasil belajar siswa umumnya rata-rata 7 ke atas. Penggunaan media gambar yang diterapkan oleh guru fikih dalam pembelajaran fikih khususnya pada materi tertentu mampu menciptakan siswa untuk belajar lebih serius dan tekun, hal ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa cukup tinggi. Penggunaan media gambar pada materi tertentu dalam bidang studi fikih sangat berpengaruh terhadap peningkatan minat belajar siswa, adanya pengaruh tersebut dapat diketahui berdasarkan keseriusan dan ketekunan siswa mengikuti pelajaran yang diajarkan dengan menggunakan media gambar.


DAFTAR ISI
ABSTRAKSI............................................................................................................ i
KATA PENGANTAR.............................................................................................. ii
DAFTAR ISI............................................................................................................. iv
DAFTARTABEL...................................................................................................... vi
BAB I       : PENDAHULUAN .............................................................................. 1
A.    Latar Belakang Masalah................................................................. 1
B.     Rumusan Masalah........................................................................... 4
C.     Tujuan Dan Kegunaan Penelitian .................................................. 4
D.    Batasan Istilah ............................................................................... 5
E.     Hipotesis ........................................................................................ 6
F.      Sistematik Pembahasan................................................................... 6

BAB II      : LANDASAN TEORITIS ................................................................... 8

A.    Pengertian Media Gambar ............................................................. 8

B.     Media Gambar Dan Aplikasinya ................................................... 10

C.     Pengertian Minat Belajar ............................................................... 12

D.    Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Minat Belajar .... 16

E.     Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar.................................... 20

BAB III    : METODE PENELITIAN ................................................................... 27
A.    Lokasi Penelitian............................................................................. 27
B.      Populasi Dan Sampel..................................................................... 28
C.     Sumber Data .................................................................................. 29
D.    Teknik Pengumpulan Data  ............................................................ 29
E.     Teknik Pengolahan Dan Analisa Data ........................................... 30
BAB IV    : PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN ........................................... 33
A.    Penggunaan Media Gambar............................................................ 33
B.     Minat Belajar Siswa........................................................................ 41
C.     Pengujian Hipotesis........................................................................ 51
BAB V      : KESIMPULAN DAN SARAN........................................................... 58
A.    Kesimpulan..................................................................................... 58
B.     Saran-Saran..................................................................................... 59
DAFTAR PUSTAKA           
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
LAMPIRAN


DAFTAR TABEL


NOMOR                                             J U D U L                                       HALAMAN

I                     :   SARANA DAN PRASARANA BELAJAR................................. 27

II                   :   GURU MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SETIAP
                          PELAJARAN FIKIH..................................................................... 33

III                  :   GURU FIKIH MAMPU MENJELASKAN MATERI DENGAN                                              MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR........................................... 34

IV                  :   GURU MAMPU MENYESUAIKAN MEDIA GAMBAR
                          MELALUI PENJELASAN YANGBENAR................................. 34

V                   :   GURU FIKIH MEMANFAATKAN WAKTU DENGAN
                          PEMAKAIAN MEDIA GAMBAR............................................... 35

VI                  :   GURU FIKIH MAMPU MENJELASKAN MATERI WUDHU                          SESUAI DENGAN MEDIA GAMBAR................................................................................ 36

VII                :   GURU FIKIH MAMPU MENJELASKAN MATERI
                          TAYAMMUM MELALUI MEDIA GAMBAR........................... 36

VIII               :   GURU FIKIH MAMPU MENJELASKAN MATERI IBADAH                         SHALAT WAJIB DENGAN MEDIA GAMBAR................................................................................ 37

IX                  :   GURU FIKIH MAMPU MENJELASKAN SETIAP GERAKAN
                          IBADAH SHALAT MELALUI MEDIA GAMBAR................... 38

X                   :   GURU FIKIH MAMPU MENJELASKAN MATERI LAIN
                           MELALUI MEDIA GAMBAR.................................................... 38

XI                  :   MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR MAMPU MENARIK
                          MINAT SISWA UNTUK BELAJAR LEBIH SERIUS............... 39

XII                :   SKOR JAWABAN VARIABEL X............................................... 40

XIII               :   SENANG BELAJAR FIKIH DENGAN PENGGUNAAN
                          MEDIA GAMBAR......................................................................... 42

XIV               :   SISWA FAHAM  TERHADAP PELAJARAN FIKIH
                          YANG DIAJARKAN DENGAN MEDIA GAMBAR................ 43

XV                :   GURU SELALU MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR
                          SETIAP PELAJARAN FIKIH PADA MATERI TERTENTU.... 44

XVI               :   PENJELASAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA
                          GAMBAR SUDAH SESUAI........................................................ 44

XVII             :   GURU FIKIH BENAR-BENAR MENGUASAI MATERI
                          SAAT BELAJAR DENGAN MEDIA GAMBAR........................ 45

XVIII            :   GURU MAMPU MEMANFAATKAN WAKTU YANG
                           TERSEDIA DALAM PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR..... 46

XIX               :   SISWA DAPAT MEMAHAMI MATERI WUDHU YANG DI
                          AJARKAN DENGAN MEDIA GAMBAR.................................. 46

XX                :   SISWA DAPAT MEMAHAMI MATERI TAYAMMUM
                          YANG DIAJARKAN MELALUI MEDIA GAMBAR............... 47

XXI               :   SISWA DAPAT MEMAHAMI MATERI IBADAH SHALAT               
                          WAJIB YANG DIAJARKAN MELALUI MEDIA GAMBAR               48

XXII             :   DAPAT MENINGKATKAN BELAJAR SISWA........................ 48

XXIII            :   SKOR JAWABAN VARIABEL Y............................................... 49

XXIV            :   KOEFISIEN KORELASI ANTARA VARIABEL X DAN Y                 52


SYARAT UNTUK MENDAPATKAN FILE LENGKAP….!!!
File yang tertera diblog ubah saja objeknya biar cepet, ganti saja dengan yang terbaru, kemudian sesuaikan, untuk objek, ubah saja objek jadi tempat yang rencananya anda teliti, beres kan?
File yang anda inginkan bisa konfirmasi ke No. HP ini 0852 6208 9526 atau 0819 6067 526 untuk mendapatkan file skripsi lengkap (bab1-sampai selesai) dalam bentuk document. Dengan mememenuhi biaya admin di bawah setelah anda melakukan transfer ke:
No Rek BRI  3529-01-026884-53-8  WAHYU RISHANDI (Cab. MARIENDAL MEDAN)
DENGAN NILAI NOMINAL TRANSFER Rp. 100.000/Judul Skripsi
ANGGAP SAJA UNTUK GANTI PENGETIKAN SKRIPS LENGKAP DALAM FORM DOC DAN PENGELOLA BLOG INI.
PELUANG KERJASAMA
kalau ingin untung, sebarin saja ke teman-teman judul di blog ini dan naikan saja harganya
kalau ada kesulitan sms atau contact aja ke No HP saya atau Add FB ya way@id-fb.com
UNTUK PEMESANAN
SETELAH TRANSFER SMS AJA KE 0852-6208-9526 atau 0819-6067-526
DENGAN ISI SMS:
Nama, alamat E-mail anda serta judul yang anda inginkan.


Share this post :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012 - 2013. Wahyu Rishandi, SH - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Re Design by Doza | Proudly powered by Blogger