Headlines News :
Home » » JUDUL SKRIPSI: PERAN SERTA GURU DALAM PENINGKATAN PENGHAFALAN DOA-DOA ANAK DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENGETAHUAN AGAMA ANAK DI RA. ANNAJAMISSA’ADAH KELURAHAN BANTAN TIMUR

JUDUL SKRIPSI: PERAN SERTA GURU DALAM PENINGKATAN PENGHAFALAN DOA-DOA ANAK DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENGETAHUAN AGAMA ANAK DI RA. ANNAJAMISSA’ADAH KELURAHAN BANTAN TIMUR

Written By Wahyu Rishandi on Minggu, 30 Desember 2012 | 11.42



ABSTRAKSI


Peran sertanya sebagai pendidik dan pengajar harus memiliki kompetensi guru yaitu  adanya pengetahuan, keterampilan, kewenangan, kecakapan dan kekuasan guru dalam menentukan dan memutuskan sesuatu. Sesuai dengan kondisi objektif seorang guru yang mengajar di sekolah saat ini harus benar-benar dapat berperan serta dalam meningkatkan pendidikan terutama bidang studi agama tentang penghapalan doa-doa materi yang tidak bisa diabaikan, karena materi ini membahas tentang pengamalan agama anak sehari-hari. Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah peran serta guru dalam meningkatkan penghapalan doa-doa anak dan pengetahuan agama anak di Raudatul Atfhal Annajamissa’adah serta pengaruh peran serta guru dalam meningkatkan penghapalan doa-doa terhadap pengetahuan agama anak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru TK Raudatul Athfal yang berjumlah 6 orang dan sampel penelitian ini adalah 6 orang yang disebut dengan total sampling.

Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa  Peran serta guru dalam meningkatkan penghafalan doa-doa anak di Raudatul Athfal Annajamissa’adah Kelurahan Bantan Timur menunjukkan peran yang sengat penting, dimana dalam menekankan agar anak benar-benar dapat meningkat hafalan doa-doa guru berperan aktif dan berupaya sesuai dengan kemampuan siswa. Pengetahuan agama anak di Raudatul Athfal Annajamissa’adah Kelurahan Bantan Timur menunjukkan adanya peningkatan, peningkatan ini terlihat dari pengamalan keagamaan sehari-hari anak yang selalu mengucapkan doa-doa pada saat memulai dan mengakhiri suatu pekerjaan atau perbuatan sesuai dengan pengetahuan yang telah diajarkan di sekolah. Tingginya pengetahuan agama siswa terutama di dalam pengamalan keagamaan dengan mengucapkan doa-doa dalam setiap melakukan sesuatu sesuai dengan pengetahuannya dipengaruhi oleh peran serta guru yang selalu berupaya dalam meningkatkan penghafalan doa-doa anak di Raudatul Athfal Annajamissa’adah Kelurahan Bantan Timur.



DAFTAR ISI
Halaman
ABSTRAKSI............................................................................................................ i
KATA PENGANTAR.............................................................................................. ii
DAFTAR ISI............................................................................................................. iv
DAFTAR TABEL..................................................................................................... vi
BAB I    :  PENDAHULUAN ................................................................................. 1
A.    Latar Belakang Masalah  .................................................................. 1
B.     Rumusan Masalah ............................................................................. 3
C.     Tujuan dan Kegunaan Penelitian ...................................................... 3
D.    Batasan Istilah .................................................................................. 4
E.     Hipotesis............................................................................................ 5
F.      Sistematika Penulisan........................................................................ 5
BAB II   :  LANDASAN TEORITIS ...................................................................... 7
A.    Pengertian Peran Serta Guru.............................................................. 7
B.     Peranan Guru dalam Meningkatkan Pengetahuan Siswa.................. 12
C.     Pengertian Pendidikan Agama.......................................................... 17
D.    Faktor yang Mempengaruhi Peningkatan Pengetahuan Agama ....... 21
BAB III :  METODOLOGI PENELITIAN ........................................................... 31
A.    Lokasi Penelitian ............................................................................... 31
B.     Populasi dan Sampel ......................................................................... 32
C.     Sumber Data ..................................................................................... 32
D.    Instrumen Pengumpulan Data .......................................................... 33
E.     Teknik Pengolahan dan Analisa Data................................................ 34
BAB IV :  PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN .............................................. 36
A.    Prosedur Penelitian ........................................................................... 36
B.     Pembahasan ...................................................................................... 37
C.     Pengujian Hipotesis........................................................................... 57
BAB V   :  KESIMPULAN DAN SARAN.............................................................. 59
A.    Kesimpulan ....................................................................................... 59
B.     Saran-saran......................................................................................... 60
DAFTAR PUSTAKA



DAFTAR TABEL
NOMOR                                             J U D U L                                     HALAMAN
I              :  JUMLAH TENAGA PENDIDIK.......................................................... 31
II            :  SARANA DAN PRASARANA............................................................ 32

III           :  GURU BERPERAN DALAM MENINGKATKAN PENGHAFALAN
                  DOA-DOA.............................................................................................. 37

IV           :  GURU MENEKANKAN ANAK UNTUK MENGHAFAL DOA-
                  DOA........................................................................................................ 38

V            :  GURU MENGAJARI ANAK-ANAK BANYAK DOA-DOA........... 39

VI           :  GURU MEMBIMBING ANAK-ANAK TENTANG DOA-DOA...... 39

VII         :  GURUMENGARAHKAN SISWA PADA DOA-DOA TERTENTU  40

VIII        :  GURU MELATIH ANAK TENTANG DOA....................................... 41

IX           :  GURU BANYAK MENGHAFAL DOA MENGAJARI ANAK........ 42

X            :  GURUBANYAK MEMPERSIAPKAN DOA-DOA UNTUK ANAK            43

XI           :  PENINGKATAN HAFALAN DOA DAPAT MENINGKATKAN
                  AKHLAK ANAK................................................................................... 43

XII         :  MENGADAKAN EVALUASI TERHADAP PENINGKATAN
                  HAFALAN DOA-DOA ANAK............................................................ 44

XIII        :  SKOR JAWABAN VARIABEL X....................................................... 45

XIV        :  SISWA BANYAK HAFAL DOA-DOA............................................... 46

XV         :  SISWA CEPAT HAFAL DOA-DOA.................................................... 47

XVI        :  DENGAN HAFALAN DOA-DOA SISWA DAPAT TERTIB
                  DALAM BELAJAR............................................................................... 48

XVII      :  DENGAN HAFALA DOA-DOA DAPAT MENINGKATKAN
                  AKHLAK SISWA.................................................................................. 49

XVIII     :  MENGHORMATI ORANG TUA SEMAKIN MENINGKAT............ 49

XIX        :  SISWA SEMAKIN SOPAN WAKTU MAKAN.................................. 50

XX         :  SISWA LEBIH HORMAT TERHAAP ORANG TUA........................ 51

XXI        :  SISWA SOPAN MASUK KE RUMAH............................................... 52

XXII      :  DOA-DOA BERPENGARUH TERHADAP PENGAMALAN
                  AGAMA ANAK..................................................................................... 52

XXIII     :  DOA-DOA DAPAT MENINGKATKAN PENGETAHUAN
                  AGAMA SISWA.................................................................................... 53

XXIV     :  SKOR JAWABAN VARIABEL Y....................................................... 54

XXV      :  KOEFISIEN KORELASI VARIABEL X DAN Y.............................. 55


SYARAT UNTUK MENDAPATKAN FILE LENGKAP….!!!
File yang tertera diblog ubah saja objeknya biar cepet, ganti saja dengan yang terbaru, kemudian sesuaikan, untuk objek, ubah saja objek jadi tempat yang rencananya anda teliti, beres kan?
File yang anda inginkan bisa konfirmasi ke No. HP ini 0852 6208 9526 atau 0819 6067 526 untuk mendapatkan file skripsi lengkap (bab1-sampai selesai) dalam bentuk document. Dengan mememenuhi biaya admin di bawah setelah anda melakukan transfer ke:
No Rek BRI  3529-01-026884-53-8  WAHYU RISHANDI (Cab. MARIENDAL MEDAN)
DENGAN NILAI NOMINAL TRANSFER Rp. 100.000/Judul Skripsi
ANGGAP SAJA UNTUK GANTI PENGETIKAN SKRIPS LENGKAP DALAM FORM DOC DAN PENGELOLA BLOG INI.
PELUANG KERJASAMA
kalau ingin untung, sebarin saja ke teman-teman judul di blog ini dan naikan saja harganya
kalau ada kesulitan sms atau contact aja ke No HP saya atau Add FB ya way@id-fb.com
UNTUK PEMESANAN
SETELAH TRANSFER SMS AJA KE 0852-6208-9526 atau 0819-6067-526
DENGAN ISI SMS:
Nama, alamat E-mail anda serta judul yang anda inginkan.


Share this post :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012 - 2013. Wahyu Rishandi, SH - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Re Design by Doza | Proudly powered by Blogger