Headlines News :
Home » » JUDUL SKRIPSI: PERANAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 12 BINJAI

JUDUL SKRIPSI: PERANAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 12 BINJAI

Written By Wahyu Rishandi on Senin, 24 Desember 2012 | 00.30



ABSTRAKSI

Berdasarkan Pengamatan sementara penulis di lapangan menunjukkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar siswa yang tinggal di asrama bila dibandingkan dengan prestasi belajar siswa yang tinggal dengan orangtua. Kenyataan ini disebabkan bahwa siswa yang tinggal di asrama memiliki peluang yang lebih banyak untuk belajar dan mendalami materi pelajaran bila dibandingkan dengan siswa yang tinggal bersama orangtua.

 Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah  : Bagaimanakah peranan guru BK dalam meningkatkan disiplin belajar siswa SMP Negeri 12 Binjai, sedang tujuannya adalah untuk mengetahui peranan guru BK dalam meningkatkan disiplin belajar siswa. Data pokok yang digunakan dalam penelitian adalah melalui angket dan wawancara. Penelitian ini menetapkan 60 orang sampel dengan analisa product moment.

  Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Peranan guru bimbingan konseling di SMP Negeri 12 Binjai menunjukkan adanya peranan yang sangat penting dalam meningkatkan disiplin belajar siswa. Peranan tersebut terlihat dari bimbingan yang dilakukan oleh guru terhadap pelaksanaan proses belajar mengajar di sekolah khususnya di kelas. Disiplin belajar siswa SMP Negeri 12 Binjai menunjukkan adanya disiplin belajar yang baik, hal ini terlihat dari ketaatan dan kepatuhan siswa di dalam melaksanakan peraturan proses belajar mengajar berdasarkan bimbingan konseling yang dilakukan oleh guru. Peranan guru bimbingan konseling berpengaruh signifikan terhadap disiplin belajar siswa hal ini terlihat dengan tingginya disiplin belajar siswa karena peranan guru bimbingan konseling. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa r hitung lebih besar dari  nilai r tabel (0.54 < 0.26), hal ini berarti peranan guru bimbingan konseling mempunyai pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan disiplin belajar siswa dengan tingkat signifikansi sedang karena berada pada posisi 0.40  0.60 (Korelasi sedang).



DAFTAR ISI

ABSTRAKSI........................................................................................................ i
KATA PENGANTAR.......................................................................................... ii
DAFTAR ISI........................................................................................................ iv
DAFTAR TABEL................................................................................................ vi
BAB I    :  PENDAHULUAN ............................................................................ 1
A.    Latar Belakang Masalah .................................................................. 1
B.      Rumusan Masalah  ......................................................................... 4
C.     Tujuan Penelitian ............................................................................. 4
D.    Kegunaan Penelitian......................................................................... 4
E.     Batasan Istilah.................................................................................. 5
F.      Hipotesis .......................................................................................... 5
G.    Sistematika Pembahasan ................................................................. 7
BAB II   :  LANDASAN TEORITIS .................................................................. 8
A.    Pengertian Bimbingan Konseling..................................................... 9
B.     Peranan Guru Dalam Menunjang Pelaksanaan Bimbingan di
 Sekolah............................................................................................ 16
C.     Pola Program Bimbingan dan Konseling......................................... 21
D.    Fungsi dan Sasaran Bimbingan Konseling di Sekolah..................... 26
E.     Pengertian disiplin Belajar................................................................ 28
F.      Upaya Guru BK dalam Meningkatkan Disiplin Belajar................... 32
BAB III:   METODOLOGI  PENELITIAN ...................................................... 36
A.    Bentuk Penelitian............................................................................. 36
B.     Lokasi dan Waktu Penelitian........................................................... 36
C.     Populasi Dan Sampel ....................................................................... 40
D.    Instrumen Pengumpulan Data.......................................................... 40
E.     Teknik Pengolahan Dan Analisa Data.............................................. 41
BAB IV :  PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN ......................................... 43
A.    Analisa Data..................................................................................... 43
B.     Pengujian Hipotesis.......................................................................... 60
BAB V : KESIMPULAN DAN SARAN-SARAN ............................................ 64
A.    Kesimpulan....................................................................................... 64
B.     Saran-Saran...................................................................................... 65
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
LAMPIRAN



DAFTAR TABEL

Tabel                                                   J U D U L                                        Halaman

I.             :  KEADAAN SISWA.......................................................................... 37

II            :  KEADAAN GURU........................................................................... 38

III           :  SARANA DAN PRASARANA........................................................ 39

IV           :  GURU SELALU MEMBIMBING SISWA...................................... 44

V            :  GURU MEMBERIKAN NASEHAT KEPADA SISWA................ 45

VI           :  GURU MEMBIMBING SISWA YANG KESULITAN BELAJAR    45

VII         :  MEMBERIKAN BIMBINGAN UNTUK BELAJAR AKTIF........ 46
                                                                                            
VIII        :  GURU MENASEHATI AGAR SISWA MEMBERI IZIN............. 47

IX           :  GURU MENYARANKAN AGAR SISWA DATANG KE
                  SEKOLAH TEPAT WAKTU............................................................ 48

X            :  GURU SELALU MEMOTIVASI BELAJAR SISWA.................... 48

XI           :  GURU MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA............... 49

XII         :  GURU MENASEHATI SISWA YANG MELANGGAR
                  PERATURAN.................................................................................... 50

XIII        :  GURU BERPERAN DALAM MEMBERIKAN BIMBINGAN.... 50

XIV        :  SKOR JAWABAN VARIABEL X................................................... 51

XV         :  MASUK SEKOLAH TEPAT WAKTUNYA................................... 53

XVI        :  MENDENGARKAN PENJELASAN GURU DENGAN TEKUN. 54

XVII      :  MENGERJAKAN TUGAS YANG DIBERIKAN GURU.............. 54

XVIII     :  SISWAMENGERJAKAN PR........................................................... 55

XIX        :  MEMAKAI PAKAIAN SERAGAM................................................ 55

XX         :  MASUK KELAS TEPAT PADA WAKTUNYA............................. 56

XXI        :  KELUAR KELAS SETELAH SELESAI PELAJARAN................. 56

XXII      :  MEMPERSIAPKAN BAHAN PELAJARAN SETIAP HARI....... 57

XXIII     :  SELALU PERSIMI BILA KELUAR ADA KEPERLUAN............ 57

XXIV     :  MEMATUHI SEMUA DISIPLIN BELAJAR.................................. 58

XXV      :  SKOR JAWABAN VARIABEL Y................................................... 59

XXVI     :  KOEFISIEN KORELASI VARIABEL X DAN Y.......................... 61


SYARAT UNTUK MENDAPATKAN FILE LENGKAP….!!!
File yang tertera diblog ubah saja objeknya biar cepet, ganti saja dengan yang terbaru, kemudian sesuaikan, untuk objek, ubah saja objek jadi tempat yang rencananya anda teliti, beres kan?
File yang anda inginkan bisa konfirmasi ke No. HP ini 0852 6208 9526 atau 0819 6067 526 untuk mendapatkan file skripsi lengkap (bab1-sampai selesai) dalam bentuk document. Dengan mememenuhi biaya admin di bawah setelah anda melakukan transfer ke:
No Rek BRI  3529-01-026884-53-8  WAHYU RISHANDI (Cab. MARIENDAL MEDAN)
DENGAN NILAI NOMINAL TRANSFER Rp. 100.000/Judul Skripsi
ANGGAP SAJA UNTUK GANTI PENGETIKAN SKRIPS LENGKAP DALAM FORM DOC DAN PENGELOLA BLOG INI.
PELUANG KERJASAMA
kalau ingin untung, sebarin saja ke teman-teman judul di blog ini dan naikan saja harganya
kalau ada kesulitan sms atau contact aja ke No HP saya atau Add FB ya way@id-fb.com
UNTUK PEMESANAN
SETELAH TRANSFER SMS AJA KE 0852-6208-9526 atau 0819-6067-526
DENGAN ISI SMS:
Nama, alamat E-mail anda serta judul yang anda inginkan.

Share this post :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012 - 2013. Wahyu Rishandi, SH - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Re Design by Doza | Proudly powered by Blogger