Headlines News :
Home » » JUDUL SKRIPSI: PERANAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN PECANDU NARKOBA (STUDI KASUS DI SIBOLANGIT CENTRE REHABILITATION FOR DRUG ADDICT ) KABUPATEN DELI SERDANG

JUDUL SKRIPSI: PERANAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN PECANDU NARKOBA (STUDI KASUS DI SIBOLANGIT CENTRE REHABILITATION FOR DRUG ADDICT ) KABUPATEN DELI SERDANG

Written By Wahyu Rishandi on Sabtu, 22 Desember 2012 | 14.57



BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Generasi muda sebagai generasi penerus pembangunan bangsa merupakan tanggung jawab bersama dalam pembinaan pendidikan dan moral mereka, dengan mental remaja yang kuat akan dapat barpartisipasi dalam pembangunan bangsa Indonesia. Sebaliknya bila mentalitas remaja  sudah rusak maka pembangunan bangsa akan terkendala. Oleh karena itu dalam era reformasi, globalisasi sekarang para remaja Indonesia hendaknya memiliki sumber daya manusia, berilmu pengetauan, ulet, jujur bermoral dan kreatif.
Generasi muda yang berilmu pengetahuan, bermoral dan kreatif dapat menjauhkan diri dari dampak negatif yang ditimbulkan oleh arus reformasi dan globalisasi seperti penyalahgunaan obat-obat terlarang atau yang dikenal dengan narkoba..
Sebagaimana yang dikatakan oleh M.Taufik selaku Ketua GAN (Gerakan Anti Narkoba) Sumatera Utara bahwa : 
Generasi muda sejak dini harus dihindari dari penyalahgunaan Narkotika dari berbagai jenis, hal ini sebagai tindakan untuk mengurangi tindak kriminal di kalangan remaja Lebih lanjut dijelaskan oleh M.Taufik bahwa penyalahgunaan obat terlarang di tengah-tengah masyarakat diakibatkan berbagai faktor. Salah satunya adalah karena coba-coba, ikut-ikutan dan terpengaruh dari kawan .1
Terlepas dari faktor penyebab penyalahgunaan obat terlarang, yang jelas akibatnya telah merusak mental remaja selaku generasi muda bahkan yang lebih fatal telah merusak lingkungan masyarakat karena dampak atau akibat yang dilakukan oleh remaja pengguna obat terlarang sebagaimana yang sering diketahui melalui pemberitaan di berbagai media baik televisi, maupun media cetak.
Penggunaan obat terlarang dan akibat yang ditimbulkan sebagaimana yang diungkapkan oleh M.Rolel Harahap “tidak hanya terjadi di daerah perkotaan,akan tetapi telah merata sampai ke desa-desa, dan para pengguna ini tidak hanya remaja yang berada dalam keluarga orang kaya namun tidak memandang status ekonomi, pendidikan dan status usia”2
Pernyataan di atas menunjukkan bahwa dampak obat terlarang terhadap manusia khususnya generasi muda sangat membahayakan kehidupan baik secara fisik maupun psikis. Sebelum obat terlarang seperti jenis narkoba ada zaman dahulu orang sering menggunakan minuman keras sebagai minuman yang memabukkan untuk dijadikan sebagai tempat pelarian dan bersenang-senang bagi pecandunya. Dalam Islam meminum minuman khamar diharamkan sebagaimana dalam hadis Rasulullah SAW :



Artinya:
Dari Abdullah bin Umar bahwa Rasulullah SAW bersabda : Barang siapa yang meminum khamar (minuman keras) di dunia kemudian ia tidak bertaubat kepada-Nya,maka diharamkan baginya di akhirat”3
Untuk mengarahkan remaja yang telah terlanjur mengkonsumsi narkoba, terlebih-lebih bagi mereka yang dikenal dengan pecandu perlu adanya pembinaan tersendiri oleh  suatu lembaga khusus seperti lembaga sosial pemerintah dan lembaga keagamaan dengan penekanan terhadap pendidikan agama. Pendidikan agama terhadap pecandu narkoba merupakan upaya pembinaan mental sehingga mereka menyadari bahwa menggunakan narkoba telah merusak mereka dari sisi mentalitas, fisik terlebih-lebih peranannya sebagai hamba Allah Swt.
Pembinaan terhadap pecandu narkoba merupakan tugas setiap muslim, hal ini dinyatakan oleh Allah Swt dalam al-Qur’an surat Ali Imran ayat : 104 yang berbunyi:



Artinya :
“Hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebaikan, mengajak kepada yang mar’ruf dan mencegah dari yang munkar, dan merekalah orang-orang yang beruntung”4
Pembinaan pecandu narkoba saat ini telah banyak ditangani oleh berbagai lembaga, termasuk Yayasan Rehabilitasi Narkoba Al-Kamal di Sibolangit Kabupaten Deli Serdang saat ini telah banyak membina pecandu narkoba khususnya di kalangan remaja. Dalam pembinaan ini pihak pesantren berperan sebagai lembaga pendidik dan pembinaan mental dan pengetahuan para pecandu sehingga diharapkan mereka menyadari bahwa perbuatan mengkonsumsi narkoba dilarang oleh agama dan dapat merusak mental sekaligus merusak fisik.
Berdasarkan latar belakang tersebut di atas, menjadi daya tarik bagi penulis untuk melakukan penelitian yang diberi judul :”PERANAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN PECANDU NARKOBA (STUDI KASUS DI SIBOLANGIT CENTRE REHABILITATION FOR DRUG ADDICT  )   KABUPATEN  DELI SERDANG”

B. Rumusan Masalah

Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.      Bagaimana bentuk pendidikan agama Islam yang diberikan kepada pecandu narkoba di Sibolangit Centre Rehabilitation ?
2.      Apakah pecandu narkoba di Sibolangit Centre Rehabilitation mendapat pembinaan yang sama ?
3.      Bagaimana pengaruh pendidikan agama Islam dalam pembinaan Pecandu narkoba di Sibolangit Centre Rehabilitation ?

C. Tujuan dan Kegunaan Penelitian

1.      Tujuan Penelitian
Penelitian ini dilakukan bertujuan :
1.      Untuk mengetahui bentuk pendidikan agama Islam yang diberikan kepada pecandu narkoba di Sibolangit Centre Rehabilitation
2.      Untuk mengetahui apakah pecandu narkoba di Sibolangit Centre Rehabilitation mendapat pembinaan yang sama 
3.      Untuk mengetahui pengaruh pendidikan agama Islam dalam pembinaan Pecandu Narkoba di Sibolangit Centre Rehabilitation
2.      Kegunaan Penelitian
      Adapun yang menjadi kegunaan penelitian dari penulisan skripsi ini adalah:
1.    Sebagai masukan bagi para remaja tentang dampak penggunaan obat terlarang
2.    Sebagai pertimbangan bagi orangtua, tokoh agama dan tokoh masyarakat dalam mendidik anak-anak dan remaja untuk tidak terjerumus pada penggunaan narkoba
3.    Sebagai pengalaman bagi penulis dalam melakukan penelitian.
4.    Sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar sarjana pendidikan Islam di FAI UISU

D. Batasan Istilah

Untuk menghindari terjadinya kesalah pahaman atau pengertian dalam menafsirkan istilah yang ada pada penelitian ini penulis perlu mengemukakan batasan istilah. Adapun batasan istilah tersebut antara lain :
1.      Peranan  : adalah peran serta,  atau prilaku perbuatan dan  pengarahan ke arah yang positif5 Yang dimaksud dalam tulisan ini adalah peranan pendidikan agama Islam yang diajarkan kepada pecandu narkoba.
2.      Pendidikan Agama; adalah pengajaran terhadap suatu pengetahuan”6 Pendidikan yang dimaksudkan di sini adalah pendidikan agama Islam
3.       Islam “ adalah agama yang diajarkan Nabi Muhammad SAW”7 yang dimaksud dalam tulisan ini adalah agama yang diwahyukan Allah Swt kepada Nabi Muhammad yang berlandaskan pada al-Qur’an dan Hadist.
4.      Pembinaan: pengarahan, dan pengajaran”8 Yaitu pembinaan para pecandu narkoba melalui pendidikan agama Islam.
5.      Pecandu : Yakni ketidak patuhan terhadap sesuatu peraturan yang ditetapkan”9
6.      Narkoba : “adalah jenis obat-obat yang penggunaannya dilarang oleh Undang-Undang”10
7.      Sibolangit Centre Rehabilitation : adalah Lembaga Pembinaan yang ada di Sibolangit sebagai wadah untuk membina para korban Narkoba

E. Telaah Pustaka
Telaah pustaka merupakan analisa pustaka sebagai sumber dan literatur yang menjadi rujukan penulis terhadap penelitian yang memiliki relevansi dengan penelitian yang sedang diteliti. Berdasarkan pengamatan penulis masalah penelitian yang penulis lakukan ini penulis tidak ada merujuk kepada suatu penelitian yang dilakukan oleh penelitian lain.
Telaah pustaka merupakan  rujukan penelitian yang memiliki relevansi dengan penelitian yang sedang dilakukan. Namun dalam penelitian ini tidak ada relevansinya dengan penelitian yang sudah lakukan oleh penelitian lain. Sehingga peneliti melakukan telaah pustaka sepenuhnya berdasarkan literatur-literatur dari pustaka yang berhubungan dengan penelitian ini.

F. Hipotesis

Hipotesis adalah merupakan jawaban sementara yang kebenarannya masih perlu dibuktikan melalui penelitian. Adapun hipotesis penulis dalam penulisan skripsi ini adalah : “Pendidikan agama memiliki peranan yang positif dalam pembinaan Pecandu Narkoba di Rehabilitation for Drug Addict Sibolangit Centre”.

G. Sistematika Penulisan
Agar penulisan skripsi ini lebih terarah dan tersistem, maka penulis perlu membuat sistematika penulisan sebagai berikut :
Bab I          :  Pendahuluan, pada bab ini penulis menguraikan Latar Belakang Masalah, Rumusan Masalah, Tujuan dan Kegunaan Penelitian, Batasan Istilah, Telaah Pustaka , Hipotesis dan Sistematika Penulisan.
Bab II        : Uraian Teoritis yang menguraikan tentang : Pengertian Pendidikan Agama Islam, Pengertian Narkoba, Hukum Narkoba di Indonesia, Jenis-jenis obat Narkoba,  Latar Belakang Timbulnya Penyalahgunaan Obat Terlarang, Peranan Pendidikan Agama Terhadap Pecandu Narkoba.
Bab III       :  Metodologi Penelitian yang berisikan tentang Lokasi Penelitian, Populasi Dan Sampel, Teknik Pengumpulan Data, Teknik Analisis Data.
BAB IV     :  Pembahasan Hasil Penelitian yang menguraikan tentang Pengolahan Data dan Pengujian Hipotesis, Temuan Hasil Penelitian serta Permasalahan dan Upaya Penanggulangannya.
BAB V      : Penutup dari pembahasan skripsi ini yang menguraikan beberapa Kesimpulan dan Saran-Saran


1 M.Taufik, Dampak Narkotika Terhadap Generasi Muda, GAN, Sumatera Utara, Medan. 1997, hlm.12.
2 M.Rolel Harahap, Bahaya Narkotika, Makalah Dalam Suatu Diskusi Organisasi Kepemudaan Se-Sumatera Utara, Medan, 2001
3 Husein Bahreisi, Himpunan Hadits Shahih Bukhari,  Al_Ikhlas, Surabaya, 1980, hlm.330
4 Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya, Toha Putra, Semarang, 1991, 93
5 WJS. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, PN. Balai Pustaka, Jakarta, 1987, hlm.752.
6 Ibid, hlm. 423.
7 Ibid,  hlm. 87.
8 Ibid, hlm.731.
9 Ibid, hlm.624
10 Sedjono, Remaja dan Narkotika,  Alumni, Bandung, 1982, hlm.84

SYARAT UNTUK MENDAPATKAN FILE LENGKAP….!!!
File yang tertera diblog ubah saja objeknya biar cepet, ganti saja dengan yang terbaru, kemudian sesuaikan, untuk objek, ubah saja objek jadi tempat yang rencananya anda teliti, beres kan?
File yang anda inginkan bisa konfirmasi ke No. HP ini 0852 6208 9526 atau 0819 6067 526 untuk mendapatkan file skripsi lengkap (bab1-sampai selesai) dalam bentuk document. Dengan mememenuhi biaya admin di bawah setelah anda melakukan transfer ke:
No Rek BRI  3529-01-026884-53-8  WAHYU RISHANDI (Cab. MARIENDAL MEDAN)
DENGAN NILAI NOMINAL TRANSFER Rp. 100.000/Judul Skripsi
ANGGAP SAJA UNTUK GANTI PENGETIKAN SKRIPS LENGKAP DALAM FORM DOC DAN PENGELOLA BLOG INI.
PELUANG KERJASAMA
kalau ingin untung, sebarin saja ke teman-teman judul di blog ini dan naikan saja harganya
kalau ada kesulitan sms atau contact aja ke No HP saya atau Add FB ya way@id-fb.com
UNTUK PEMESANAN
SETELAH TRANSFER SMS AJA KE 0852-6208-9526 atau 0819-6067-526
DENGAN ISI SMS:
Nama, alamat E-mail anda serta judul yang anda inginkan.

Share this post :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012 - 2013. Wahyu Rishandi, SH - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Re Design by Doza | Proudly powered by Blogger