Headlines News :
Home » » JUDUL SKRIPSI: TELEVISI DAN PENGARUHNYA TERHADAP KENAKALAN REMAJA DI DESA TITI PAPAN LINGKUNGAN X KECAMATAN MEDAN DELI

JUDUL SKRIPSI: TELEVISI DAN PENGARUHNYA TERHADAP KENAKALAN REMAJA DI DESA TITI PAPAN LINGKUNGAN X KECAMATAN MEDAN DELI

Written By Wahyu Rishandi on Sabtu, 22 Desember 2012 | 19.24




ABSTRAKSI 
Salah satu yang menjadi faktor keberhasilan pendidikan anak adalah tingkat pendidikan orang tua, orang tua yang latar belakang pendidikannya yang tinggi dan rendah tentunya memiliki pengetahuan yang berbeda. Pada umumnya tingkat pendidikan agama orang tua lebih mendalami ilmu pengetahuan dan lebih memperhatikan pendidikan agama anaknya dibanding orang tua yang memiliki tingkat pendidikan rendah. Oleh karena itu keberhasilan pendidikan agama anak di sekolah dapat dipengaruhi oleh tingkat pendidikan agama orang tua dalam keluarga.

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pendidikan agama orang tua anak di lingkungan keluarga pedagang di Kelurahan Komat I Kec. Medan Area  Untuk mengetahui motivasi belajar anak di lingkungan keluarga pedagang di Kelurahan Komat I Kec. Medan Area  Untuk mengetahui pengaruh pendidikan agama orang tua terhadap motivasi belajar agama anak di lingkungan keluarga pedagang di Kelurahan Komat I Kec. Medan Area, sample penelitian ini berjumlah 60 orang dengan analisa kuantitatif.

Berdasarkan hasil penelitian maka  Pendidikan agama orang tua anak pada umumnya berlatar belakang pendidikan sarjana, dengan berlatar belakang pendidikan tersebut membuat orang tua menyadari akan pentingnya pendidikan terhadap anak, sehingga orang tua selalu memperhatikan dan memenuhi kebutuhan belajar agama anak. Anak yang ada di Kelurahan Komat I pada umumnya memiliki motivasi belajar yang tinggi, hal ini terlihat dari tingginya disiplin belajar, semangat belajar serta meningkatnya berbagai aktivitas belajar dan hasil belajar yang diperoleh anak . Pendidikan agama orang tua sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar agama anak di Kelurahan Komat I, hal ini terlihat dengan tingginya perhatian orang tua terhadap pendidikan agama anak sehingga membuat siswa lebih rajin, giat dalam belajar agama baik secara formal di sekolah maupun in formal di rumah.



BABI

A. Latar Belakang Masalah

Perkembangan dan kemajuan teknologi di era globalisasi saat ini telah menjadikan informasi sangat penting, seiring dengan kehadiran  media komunikasi terutama televisi yang dikenal dengan audio visual berpacu dalam menyampaikan informasi dan pesan-pesan yang berhubungan dengan segala aspek kehidupan manusia tidak terkecuali bidang pendidikan.
Lembaga penyiaran baik cetak maupun elektronik seperti televisi sebagai lembaga informasi telah banyak mendukung perjuangan kemajuan bangsa Indonesia khususnya pendidikan, dikemas melalui liputan, ulasan dan pemberitaan yang mendalam. Pemberitaan dan acara dikemas sedemikian rupa sehingga menimbulkan interaksi oleh khalayak dan komunikasi secara bebas tanpa hambatan. Isi pers siaran bersifat kritis, tajam, jelas dan mendidik bisa menimbulkan reaksi dari berbagai pihak.
Televisi dengan berbagai statsiun yang ada baik lokal maupun nasional telah menjangkau hampir seluruh sudut perkotaan maupun pedesaan, sehingga acara televisi dapat ditonton dan dinikmati oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia, sebagaimana yang dikatakan bahwa :

Siaran Televisi Republik Indonesia dan  Internet, misalnya, dari segi geografis bar sudah dapat menjangkau sekitar 80 % wilayah Indonesia. Karena ternyata sekitar 20 % wilayah Indonesia yang masih tergolong blank spot, yaitu kawasan yang secara teknis tidak dapat dijangkau oleh siaran televisi dalam negeri Pemerintah baru dapat membangun sekitar 300 satuan transmisi di seluruh Indonesia yang masing-masing berkekuatan antara 100 w sampai 20 Kw.1

Televisi sebagai salah satu media audio visual mempunyai peranan dan tujuan menidik, sehingga kesan yang ditimbulkan dari acara-acara yang bersifat mendidik dan faktual menimbulkan reaksi yang positif terhadap para pemirsa. Ini menunjukkan bahwa informasi yang disampaikan oleh media televisi berpengaruh terhadap segala aspek kehidupan masyarakat terutama dalam dunia pendidikan.
Terlepas dari pengaruh positif dari televisi, harus diakui bahwa pengaruh negatif juga berperan dalam mempengaruhi pengguna media informasi tersebut. Yang paling berpengaruh saat ini terutama di kalangan remaja pada usia sekolah. Hal ini diakibatkan karena banyak remaja yang memanfaatkan media informasi sebagai alat untuk menjadikan kepuasan batin tanpa mempertimbangkan akibat dari nilai-nilai negatif yang ditampilkan dari media informasi yang ada.
Pengaruh yang cukup nyata dari acara televisi sebagaimana pengamatan sementara penulis di lapangan, bahwa dengan menonton acara televisi secara bebas terhadap pelaksanaan ibadah bahwa para remaja banyak yang lalai melaksanakan ibadah shalat karena asyik menonton acara televisi yang sengaja disuguhkan acara yang menarik pada waktu-waktu shalat, cara berpakaian yang tidak menutup aurat karena ingin menarik (trendi) dalam bahasa pergaulan remaja, dan lain sebagainya.
Munculnya kenakalan remaja tentunya tidak terlepas dari berbagai faktor, salah satunya karena keinginan remaja untuk mempraktekkan dan ingin merasakan kebebasan sebagaimana gaya hidup yang mereka lihat di televisi, ditambah kurangnya bimbingan dan kontrol dari orang tua di lingkungan keluarga. Kenyataan ini terlihat dari kehidupan remaja di Desa Titi Papan mengindikasikan munculnya berbagai kenakalan remaja.
Bentuk kenakalan remaja yang terlihat adalah terdapatnya pergaulan bebas, terjadinya perkelahian, terdapatnya remaja melakukan tindak kekerasan, minum minuman keras dan narkoba. Karena itu yang menjadi daya tarik bagi penulis, adalah ingin melihat apakah munculnya kenakalan remaja disebabkan karena kebiasaan remaja menonton televisi secara bebas tanpa adanya filter terhadap acara yang ditonton, atau karena sebab lain.
Berdasarkan latar belakang di atas, menjadi daya tarik bagi penulis untuk melakukan penelitian yang berjudul: “TELEVISI DAN PENGARUHNYA TERHADAP KENAKALAN REMAJA DI DESA TITI PAPAN  LINGKUNGAN X KECAMATAN MEDAN DELI”.

B. Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :
1.      Apakah remaja di Desa Titipapan selalu menonton acara di televisi ?
2.      Bagaimanakah sikap remaja yang ada di Desa Titipapan Kecamatan Medan Deli dalam menonton televisi ?
3.      Apakah televisi berpengaruh terhadap kenakalan remaja di Desa Titipapan Kecamatan Medan deli ?

C. Tujuan dan Kegunaan Penelitian
1.      Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah :
1.      Untuk mengetahui apakah remaja di Desa Titipapan selalu menonton acara di televisi
2.      Untuk mengetahui sikap remaja yang ada di Desa Titipapan Kecamatan Medan Deli dalam menonton televisi
3.      Untuk mengetahui apakah televisi berpengaruh terhadap kenakalan remaja di Desa Titipapan Kecamatan Medan deli ?
2.  Kegunaan Penelitian
Penelitian ini diharapkan dapat berguna :
1.      Sebagai bahan kajian bagi penulis untuk memberikan suatu gambaran kepada remaja terhadap pengaruh yang ditimbulkan dari televisi.
2.      Untuk melihat secara dekat sampai sejauhmana pengaruh televise terhadap kenakalan remaja.
3.      Sebagai bahan kajian dan pertimbangan terhadap stasiun televisi lainnya untuk benar-benar dapat melihat dampak yang ditimbulkan oleh televisi terhadap kenakalan remaja.
4.      Sebagai perbandingan bagi peneliti lain yang ingin membahas masalah yang sama.

D. Batasan Istilah

Untuk mempermudah pemahaman terhadap judul, sekaligus menghindari terjadinya salah penafsiran di kalangan pembaca, maka judul tersebut dibatasi beberapa istilah kata, sebagaimana berikut :
1.      Televisi adalah “media audio visusual” atau media yang melahirkan suara dan gambar”2
2.      Pengaruh : adalah dampak atau akibat yang ditimbulkan”3 dari sesuatu perbuatan.
3.      Kenakalan aalah “perbuatan yang melanggar kaidah, aturan, nilai-nilai”4 Kenalakan yang dimaksudkan dalam tulisan ini adalah perbuatan remaja yang tidak sesuai dengan perilaku yang berlaku berdasarkan tuntutan agama maupun norma-norma.
4.      Remaja adalah “anak yang berada pada usia 12-17 tahun”5 Remaja yang dimaksudkan di sini adalah remaja yang adalah di Desa Titipapan Kecamatan Medan Deli.

E. Hipotesis

Hipotesis adalah “kesimpulan sementara yang kebenarannya masih perlu dibuktikan melalui hasil penelitian”6 . Adapun hipotesis penulis dalam penelitian ini adalah : “Televisi sangat berpengaruh terhadap kenakalan remaja di Desa Titipapan Kecamatan Medan Deli”.

F. Sistematika Penulisan

            Sistematika penulisan merupakan bentuk penulisan yang sistematis sehingga penulisan skripsi ini lebih terarah dan tersistem. Adapun sistematika penulisannya adalah sebagai berikut :
Bab I merupakan pendahuluan, yang berisikan, latar belakang masalah, rumusan masalah,  tujuan penelitian kegunaan penelitian, batasan istilah, hipotesis, sistematika pembahasan
Bab II membahas tentang : Landasan teoritis yang berisikan : pengertian televisi, fungsi televisi, pengertian remaja, pengaruh televisi terhadap kenakalan remaja.
 Bab III yang membahas tentang metode penelitian yang membahas tentang lokasi penelitian, populasi dan sampel, sumber data, alat pengumpul data, teknik pengolahan dan analisa data.
Bab IV merupakan laporan hasil penelitian yang berisikan prosedur penelitian, penyajian analisa data dan pembuktian hipotesis
Bab V merupakan bab terakhir yang berisikan kesimpulan dan saran-saran.


1 Ishadi, SK. Dunia Penyiaran Prospek dan Tantangannya. PT. Gramedia, Jakarta, 1999, hlm.20.
2 WJS. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia,  PN. Balai Pustaka, Jakarta, 1990, hlm. 123.
3 Ibid,  hlm.253.
4 Ibid, hlm.112
5 Ibid, hlm.361
6 Sanapiah Faisal,  Metodologi Penelitian Suatu Pengantar,  Rineka Cipta, Jakarta,, 11996, hlm.65.

SYARAT UNTUK MENDAPATKAN FILE LENGKAP….!!!
File yang tertera diblog ubah saja objeknya biar cepet, ganti saja dengan yang terbaru, kemudian sesuaikan, untuk objek, ubah saja objek jadi tempat yang rencananya anda teliti, beres kan?
File yang anda inginkan bisa konfirmasi ke No. HP ini 0852 6208 9526 atau 0819 6067 526 untuk mendapatkan file skripsi lengkap (bab1-sampai selesai) dalam bentuk document. Dengan mememenuhi biaya admin di bawah setelah anda melakukan transfer ke:
No Rek BRI  3529-01-026884-53-8  WAHYU RISHANDI (Cab. MARIENDAL MEDAN)
DENGAN NILAI NOMINAL TRANSFER Rp. 100.000/Judul Skripsi
ANGGAP SAJA UNTUK GANTI PENGETIKAN SKRIPS LENGKAP DALAM FORM DOC DAN PENGELOLA BLOG INI.
PELUANG KERJASAMA
kalau ingin untung, sebarin saja ke teman-teman judul di blog ini dan naikan saja harganya
kalau ada kesulitan sms atau contact aja ke No HP saya atau Add FB ya way@id-fb.com
UNTUK PEMESANAN
SETELAH TRANSFER SMS AJA KE 0852-6208-9526 atau 0819-6067-526
DENGAN ISI SMS:
Nama, alamat E-mail anda serta judul yang anda inginkan.

Share this post :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012 - 2013. Wahyu Rishandi, SH - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Re Design by Doza | Proudly powered by Blogger