Headlines News :
Home » » judul skripsi: TINJAUAN PELAKSANAAN UNDANG-UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG UPAH DAN JAMINAN SOSIAL SEBAGAI BENTUK PERLINDUNGAN TERHADAP TENAGA KERJA/BURUH DI PT SIHITANG RAYABARU PADANGSIDIMPUAN

judul skripsi: TINJAUAN PELAKSANAAN UNDANG-UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG UPAH DAN JAMINAN SOSIAL SEBAGAI BENTUK PERLINDUNGAN TERHADAP TENAGA KERJA/BURUH DI PT SIHITANG RAYABARU PADANGSIDIMPUAN

Written By Wahyu Rishandi on Jumat, 21 Desember 2012 | 10.26

BAB I
PENDAHULUAN


1.1.    Latar Belakang Masalah

Upah merupakan masalah yang menarik dan penting bagi perusahaan, karena upah mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap pekerja.Apabila upah yang diberikan oleh perusahaan dirasa sudah sesuai dengan jasa atau pengorbanan yang diberikan maka karyawan akan tetap bekerja dan lebih giat dalam bekerja.Karena upah sebagai salah satu dari barometer di dalam pengukuran-pengukuran berbagai macam kesejahteraan, maka tentunya dari Pemerintah akan berperan aktif untuk mengatur tentang upah.

Pemerintah telah mengatur tentang Upah Minimal Kota/Kabupaten,sehingga UMK sering kali menjadi ajang keributan antara pengusaha dan pekerja.Hal ini terjadi karena masalah UMK hanya dilihat dari satu sisi, yaitu bagaimana seseorang bisa hidup dengan gaji yang diperoleh. Pemikiran ini tidak salah, tetapi pemikiran ini belum selesai.Mengapa? Karena isu masalah UMK hanya menyentuh sebagian dari seluruh pekerja atau dunia kerja.Undang-undang Ketenagakerjaan yaitu Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 dengan tegas mengatur tentang Pengupahan, dengan melindungi upah tenaga kerja yang merupakan upah minimum berdasarkan wilayah Provinsi atau kabupaten/kota, yang diarahkan kepada pencapaian kebutuhan hidup layak.
Hal lain yang tak kalah pentingnya adalah jaminan sosial. Jaminan sosial yang diberikan oleh perusahaan akan dapat memberikan ketenangan dan perasaan aman pada para pekerjanya. Peran serta tenaga kerja dalam pembangunan nasional semakin meningkat dengan disertai berbagai tantangan dan resiko yang dihadapinya, oleh karena itu kepada tenaga kerja perlu diberikan perlindungan, pemeliharaan dan peningkatan kesejahteraannya,sehingga pada gilirannya akan meningkatkan produktivitas nasional.

Pemerintah mengundangkan Undang-Undang No. 40 Tahun 2004 yang mengatur tentang Jaminan Sosial Nasional, pada dasarnya merupakan program Negara yang bertujuan memberi kepastian perlindungan dan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Melalui program ini, setiap penduduk diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dasar hidup yang layak apabila terjadi hal-hal yang dapat mengakibatkan hilang atau berkurangnya pendapatan, karena menderita sakit mengalami kecelakaan, kehilangan pekerjaan, memasuki usia lanjut, atau pensiun.

Program jaminan sosial bertujuan untuk menanggulangi berbagai peristiwa yang menimbulkan ketidakpastian, misalnya dengan memberikan penggantian untuk berkurangnya atau hilangnya penghasilan karena sakit, tunjangan kecelakaan kerja, tunjangan hari tua, tunjangan kematian dan lain-lain.

Jaminan sosial tenaga kerja mempunyai beberapa aspek, antara lain :
a. memberikan perlindungan dasar untuk memenuhi kebutuhan hidup minimal bagi tenaga kerja beserta keluarganya;
b. merupakan penghargaan kepada tenaga kerja yang telah menyumbangkan tenaga dan pikirannya kepada perusahaan tempat mereka bekerja.

Untuk mencapai produktivitas kerja karyawan yang tinggi, perusahaan perlu memperhatikan masalah upah dan jaminan sosial yang merupakan faktor pendorong dalam mencapai produktivitas kerja, karena dengan produktivitas yang tinggi akan dapat menjamin kelangsungan hidup perusahaan. PT Sihitang Rayabaru Padangsidimpuan adalah industri yang memproduksi vulkanisir segala bahan Ban yang bahan dasarnya terbuat dari karet. PT Sihitang Raya Padangsidimpuan merupakan perusahaan Peribadi  dengan mempekerjakan 88 orang karyawan yang terdiri dari 83 orang karyawan laki-laki dan 5 orang karyawan perempuan. Dengan demikian PT Sihitang Raya padangsidimpuan sebagai produsen yang terlibat proses produksi barang memerlukan adanya karyawan-karyawan yang produktive, sehingga dapat menghasilkan barang secara maksimal.

Berdasarkan latar belakang yang dikemukakan diatas, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut yang akan dituangkan dalam bentuk Skripsi dengan judul : “TINJAUAN PELAKSANAAN UNDANG-UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG UPAH DAN JAMINAN SOSIAL SEBAGAI BENTUK PERLINDUNGAN TERHADAP TENAGA KERJA/BURUH  DI PT SIHITANG RAYABARU PADANGSIDIMPUAN”

1.2. Perumusan Masalah

1.2.1.Apakah Pemberian upah dan jaminan sosial sebagai bentuk perlindungan hukum dan hak terhadap tenaga kerja/buruh telah  dilaksanakan sesuai ketentuan Undang-undang yang berlaku di PT Sihitang Rayabaru Padangsidimpuan.

1.2.2. Bagaimanakah hubungan upah dan jaminan sosial dan dengan produktivitas kerja karyawan di PT Sihitang Rayabaru Padangsidimpuan?

1.3. Tujuan Penelitian

         Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini antara lain :
1.3.1.Untuk mengetahui Pemberian upah dan jaminan sosial sebagai bentuk perlindungan hukum dan hak terhadap tenaga kerja/buruh telah  dilaksanakan sesuai ketentuan Undang-undang yang berlaku di PT Sihitang Rayabaru Padangsidimpuan.

1.2.2.Untuk mengetahui hubungan upah dan jaminan sosial sebagai bentuk perlindungan hukum dan hak terhadap tenaga kerja/buruh telah  dilaksanakan sesuai ketentuan Undang-undang yang berlaku di PT Sihitang Rayabaru Padangsidimpuan.

1.4. Manfaat Penelitian

1.4.1. Manfaat Teoritis
Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan atau input bagi pengembangan ilmu pengetahuan khususnya yang berhubungan dengan bidang Hukum Ketenagakerjaan dan Produktivitas.

1.4.2. Manfaat Praktis
a. Bagi Perusahaan
Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi perusahaan untuk menetapkan langkah-langkah selanjutnya dan dapat dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan khususnya mengenai Hukum Ketenagakerjaan dan peningkatan produktivitas kerja.
b. Bagi Penulis
Dengan penelitian ini,penulis dapat membandingkan antara teori dengan praktek yang diterapkan di PT Sihitang Raya Padangsidimpuan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan tambahan perbendaharaan perpustakaan yang ada di Fakultas Hukum UMTS dan dapat dijadikan pertimbangan untuk penelitian sejenis di masa yang akan datang.

SYARAT UNTUK MENDAPATKAN FILE LENGKAP….!!!
File yang tertera diblog ubah saja objeknya biar cepet, ganti saja dengan yang terbaru, kemudian sesuaikan, untuk objek, ubah saja objek jadi tempat yang rencananya anda teliti, beres kan?
File yang anda inginkan bisa konfirmasi ke No. HP ini 0852 6208 9526 atau 0819 6067 526 untuk mendapatkan file skripsi lengkap (bab1-sampai selesai) dalam bentuk document. Dengan mememenuhi biaya admin di bawah setelah anda melakukan transfer ke:
No Rek BRI  3529-01-026884-53-8  WAHYU RISHANDI (Cab. MARIENDAL MEDAN)
DENGAN NILAI NOMINAL TRANSFER Rp. 100.000/Judul Skripsi
ANGGAP SAJA UNTUK GANTI PENGETIKAN SKRIPS LENGKAP DALAM FORM DOC DAN PENGELOLA BLOG INI.
PELUANG KERJASAMA
kalau ingin untung, sebarin saja ke teman-teman judul di blog ini dan naikan saja harganya
kalau ada kesulitan sms atau contact aja ke No HP saya atau Add FB ya way@id-fb.com
UNTUK PEMESANAN
SETELAH TRANSFER SMS AJA KE 0852-6208-9526 atau 0819-6067-526
DENGAN ISI SMS:
Nama, alamat E-mail anda serta judul yang anda inginkan.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012 - 2013. Wahyu Rishandi, SH - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Re Design by Doza | Proudly powered by Blogger