Headlines News :
Home » » JUDUL SKRIPSI: HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI I TANJUNG BALAI

JUDUL SKRIPSI: HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI I TANJUNG BALAI

Written By Wahyu Rishandi on Minggu, 06 Januari 2013 | 01.27



ABSTRAKSI


  Siswa yang belajar dengan baik dan sungguh-sungguh tidak terlepas dari dorongan dari luar dirinya yaitu guru, orang tua, fasilitas dan sebagainya. Namun motivasi belajar juga muncul dari dalam diri siswa. Oleh karena itu seorang guru sebagai tenaga pendidik dan pengajar harus mampu membangkitkan motivasi belajar siswa agar siswa benar-benar berhasil dalam pendidikan sehingga menjadi siswa yang berkualitas, kreatif, aktif dan mandiri. Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Tanjung Balai dalam usaha mengetahui apakah di sekolah ini ada upaya yang dilakukan oleh guru dalam memotivasi belajar siswa untuk meningkatkan hasil belajar siswa itu sendiri.

 Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah   :  Bagaimanakah motivasi belajar siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Tanjung Balai, bagaimana prestasi atau hasil belajar siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Tanjung Balai, apakah ada hubungan motivasi belajar dan hasil belajar bidang studi agama Islam siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Tanjung Balai. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I sampai kelas III sebanyak 300 orang dan sample penelitian ini adalah 60 orang.

  Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa  Motivasi belajar siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Tanjung Balai adalah tinggi, hal ini terlihat dari semangat belajar siswa mengikuti proses belajar mengajar di kelas, mematuhi peraturan dan disiplin belajar serta selalu mendengarkan guru saat mengajar. Hasil belajar siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Tanjung Balai cukup tinggi, hal ini ditandai dengan hasil raport atau nilai semester siswa yang selalu memuaskan. Ada hubungan yang positif antara motivasi terhadap hasil belajar siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Tanjung Balai yang artinya semakin tinggi motivasi belajar pendidikan agama Islam siswa maka semakin tinggi pula hasil belajar pendidikan agama Islam siswa. Hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa berdasarkan hasil perhitungan melalui r-hitung dan r-tabel adalah berapa pada posisi yang sangat signifikan dimana r-hitung > r-tabel (1.84 > 0.25) dan berada pada posisi 0.80 < 1.00 (Korelasi sangat tinggi).





                                                          DAFTAR ISI                       
                                                                                                                Halaman
ABSTRAK................................................................................................................ i
KATA PENGANTAR.............................................................................................. ii
DAFTAR ISI............................................................................................................. iv
DAFTAR TABEL..................................................................................................... vi
BAB I    :  PENDAHULUAN ................................................................................. 1
A.    Latar Belakang Masalah ................................................................... 1
B.     Perumusan Masalah .......................................................................... 3
C.     Tujuan dan Kegunaan Penelitian ...................................................... 4
D.    Batasan Istilah .................................................................................. 4
E.     Hipotesis............................................................................................ 6
F.      Sistematika Penulisan........................................................................ 6
BAB II   :  LANDASAN TEORITIS ...................................................................... 8
A.    Pengertian Belajar.............................................................................. 8
B.     Motivasi Belajar ................................................................................ 10
C.     Pengertian Hasil Belajar .................................................................... 17
D.    Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa.............................. 21
BAB III :  METODOLOGI PENELITIAN ...................................................... .... 30
A.    Lokasi Penelitian ............................................................................... 30
B.     Populasi dan Sampel ......................................................................... 32
C.     Sumber Data ..................................................................................... 33
D.    Teknik Pengumpulan Data ................................................................ 34
E.     Teknik Pengolahan dan Analisa Data................................................ 35
BAB IV :  PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN .............................................. 37
A.    Prosedur Penelitian ........................................................................... 37
B.     Pembahasan ...................................................................................... 38
C.     Pengujian Hipotesis........................................................................... 58
BAB V   :  KESIMPULAN DAN SARAN.............................................................. 63
A.    Kesimpulan ....................................................................................... 63
B.     Saran-saran......................................................................................... 64
DAFTAR PUSTAKA

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

LAMPIRAN.


DAFTAR TABEL

Tabel                                                   J U D U L                                           Halaman

I.             :  SARANA DAN PRASARANA............................................................ 31

II            :  JUMLAH SISWA................................................................................... 32

III           :  MEMILIKI MOTIVASI BELAJAR...................................................... 38

IV           :  YANG MENDORONG KEINGINAN BELAJAR.............................. 39

V            :  DORONGAN LAIN YANG MEMOTIVASI BELAJAR................... 40

VI           :  SIKAP SISWA MENDENGARKAN PELAJARAN........................... 41

VII         :  SIKAP SISWA MENGERJAKAN TUGAS......................................... 42

VIII        :  MENYELESAIKAN TUGAS DENGAN BAIK.................................. 43

IX           :  SIKAP SISWA SAAT GURU MEMBERIKAN PERTANYAAN..... 44

X            :  MAMPU MENJAWAB PERTANYAAN............................................. 45

XI           :  PENYEBAB PERTANYAAN DAPAT DIJAWAB............................. 45

XII         :  MAMPU MEMAHAMI MATERI PELAJARAN................................ 46

XIII        :  SKOR JAWABAN VARIABEL X....................................................... 47

XIV        :  HASIL BELAJAR SISWA (VARIABEL Y)........................................ 50

XV         :  DAPAT MENJAWAB PERTANYAAN GURU.................................. 50

XVI        :  MAMPU MENYELESAIKAN SOAL.................................................. 51

XVII      :  MAMPU MENJAWAB SOAL DENGAN MUDAH........................... 51

XVIII     :  MAMPU MENJAWAB SELURUH SOAL.......................................... 52

XIX        :  ADA PENINGKATAN HASIL BELAJAR......................................... 52

XX         :  HASIL BELAJAR SUDAH MEMUASKAN.................................. 53

XXI        :  MOTIVASI BELAJAR DAPAT MENINGKATKAN HASIL
                  BELAJAR............................................................................................... 53

XXII      :  HASILBELAJAR BERHUBUNGAN DENGAN MOTIVASI
                  BELAJAR............................................................................................... 54

XXIII     :  HUBUNGAN MOTIVASIBELAJAR TERHADAP HASIL
                  BELAJAR............................................................................................... 54

XXIV     :  SKOR JAWABAN VARIABEL Y....................................................... 55

XXV      :  KOEFISIEN KORELASI VARIABEL X DAN Y.............................. 58


SYARAT UNTUK MENDAPATKAN FILE LENGKAP….!!!
File yang tertera diblog ubah saja objeknya biar cepet, ganti saja dengan yang terbaru, kemudian sesuaikan, untuk objek, ubah saja objek jadi tempat yang rencananya anda teliti, beres kan?
File yang anda inginkan bisa konfirmasi ke No. HP ini 0852 6208 9526 atau 0819 6067 526 untuk mendapatkan file skripsi lengkap (bab1-sampai selesai) dalam bentuk document. Dengan mememenuhi biaya admin di bawah setelah anda melakukan transfer ke:
No Rek BRI  3529-01-026884-53-8  WAHYU RISHANDI (Cab. MARIENDAL MEDAN)
DENGAN NILAI NOMINAL TRANSFER Rp. 100.000/Judul Skripsi
ANGGAP SAJA UNTUK GANTI PENGETIKAN SKRIPS LENGKAP DALAM FORM DOC DAN PENGELOLA BLOG INI.
PELUANG KERJASAMA
kalau ingin untung, sebarin saja ke teman-teman judul di blog ini dan naikan saja harganya
kalau ada kesulitan sms atau contact aja ke No HP saya atau Add FB ya way@id-fb.com
UNTUK PEMESANAN
SETELAH TRANSFER SMS AJA KE 0852-6208-9526 atau 0819-6067-526
DENGAN ISI SMS:
Nama, alamat E-mail anda serta judul yang anda inginkan.



Share this post :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012 - 2013. Wahyu Rishandi, SH - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Re Design by Doza | Proudly powered by Blogger