Headlines News :
Home » » JUDUL SKRIPSI: KORELASI ANTARA KEMAMPUAN KOGNITIF DENGAN SIKAP KEAGAMAAN SISWA PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 014 DUMAI

JUDUL SKRIPSI: KORELASI ANTARA KEMAMPUAN KOGNITIF DENGAN SIKAP KEAGAMAAN SISWA PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 014 DUMAI

Written By Wahyu Rishandi on Minggu, 27 Januari 2013 | 00.16



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah

Sikap adalah perwujudan dari persepsi terhadap sesuatu kegiatan yang dilihat ataupun yang diikuti oleh individu seseorang. Perwujudan sikap dapat dilihat dari pola tingkah laku ataupun aktivitas individu, apakah ia setuju atau tidak, menolak atau menerima pendidikan yang diajarkan oleh guru.
Sikap keberagamaan seorang siswa bermacam-macam, antara lain sikap yang sangat peduli dan antusias dalam menjalankan agama, sebagian lain memiliki sikap yang acuh tak acuh, bahkan ada yang memiliki sikap tidak perduli sama sekali. Dari berbagai sikap siswa muncul tergantung sampai sejauhmana pendidikan dan pengetahuan agama yang dimiliki siswa. Siswa yang memiliki sikap keberagamaan yang tinggi terlihat dari konsistensi siswa dalam menjalankan ajaran agama baik yang berkenaan dengan pengamalan ibadah khusus maupun ibadah umum, setidaknya tercermin di dalam kehidupannya sehari-hari atau yang lebih dikenal dengan akhlak siswa.
Siswa yang belajar di lembaga pendidikan umum biasanya memiliki sikap keberagamaan yang berbeda dengan siswa yang belajar pada lembaga pendidikan agama, hal ini dipengaruhi oleh kemampuan kognitif atau pemahaman siswa terhadap pendidikan agama Islam yang diajarkan di sekpolah. Sebagai contoh siswa yang sekolah di lembaga pendidikan agama seperti MDA, Madrasah Tsanawiyah atau Madrasah Aliyah pemahaman keagamaan dan pola hidup beragama atau sikap keberagamaannya lebih menonjol disbanding siswa yang sekolah di lembaga pendidikan umum seperti SD, SMP dan SMU. Adapun hal-hal yang menonjol dalam sikap keberagamaan siswa yang berkaitan dengan kognitif pada dasarnya terlihat dari:
1.      Minat belajar agama
2.      Keaktifan belajar agama
3.      Kreatifitas belajar
4.      Pematuhan disiplin”.1
Meskipun siswa yang sekolah di SD memiliki kemampuan kognitif agama yang cukup minim, namun belum tentu menunjukkan sikap keberagamaan yang rendah, sebaliknya siswa yang sekolah di Madrasah Aliyah juga belum tentu menunjunjukkan sikap keberagamaan yang tinggi, hal ini tergantung sampai sejauhmana kemampuan kognitif siswa di terhadap pendidikan agama Islam, lingkungan masyarakat dan lingkungan sekolah.
Selain faktor yang mempengaruhi sikap keberagamaan sebagaimana yang disebutkan di atas, juga dipengaruhi oleh dari dalam diri siswa itu sendiri. Faktor dari dalam diri sendiri terjadi karena fitrah beragama dalam diri manusia merupakan naluri yang menggerakkan hatinya untuk melakukan perbuatan yang baik yang diilhami oleh Tuhan. Karena setiap manusia memiliki sifat suci atau fitrah, maka dengan sendirinya naluri fitrahnya manusia selalu bersikap sesuai dengan perintah agama, namun karena faktor lain maka fitrah manusia terpengaruh terhadap hal-hal yang tidak sesuai dengan ketentuan agama.
Adanya naluri beragama bagi setiap manusia jelas terlihat dari firman Allah SWt dalam ayat 30 : 30 yang berbunyi :
 
Artinya :
“Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada Allah, tetaplah atas fitrah Allah yang menciptakan manusia menurut fitrah itu, itulah agama yang lurus, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahuinya”2
Ayat tersebut di atas menunjukkan bahwa pada dasarnya manusia memiliki fitrah yang dapat membawa manusia kepada kefitrahannya, namun banyak manusia yang lari dari fitrahnya yaitu tunduk dan patuh terhadap ajaran agama yang telah ditetapkan sesuai dengan petunjuk Al-Qur’an dan Sunnah karena dipengaruhi oleh berbagai faktor.
Sebagaimana hasil pengamatan penulis di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan kognitif siswa terhadap pendidikan agama Islam di sekolah cukup baik, dimana kemampuan siswa memahami pendidikan agama Islam yang dipelajari di sekolah berupa materi akidah, ibadah terutama pemahaman bidang akhlak. Karena itu penulis ingin meneliti lebih mendalam, apakah kemampuan kognitif siswa terhadap pendidikan agama Islam memiliki korelasi atau hubungan terhadap sikap keberagamaan siswa di sekolah terutama yang berkaitan dengan sikap belajar.
Berdasarkan landasan pemikiran di atas dalam kaitannya dengan siswa SD  Negeri 014 Jalan Budi Dharma Dumai sebagai lokasi penelitian. Penulis akan melakukan penelitian tentang kemampuan kognitif siswa dan kaitannya dengan sikap keberagamaan siswa, sehingga penulis menetapkan judul : KORELASI ANTARA KEMAMPUAN KOGNITIF DENGAN SIKAP KEAGAMAAN SISWA PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 014 DUMAI.

B.     Alasan Pemilihan Judul

Penetapan judul ini mempunyai alasan tersendiri bagi penulis sehingga menetapkan judul, antara lain :
1.      Berdasarkan pengamatan penulis belum ada mahasiswa yang melakukan penelitian yang sama sebelumnya.
2.      Lokasi penelitian ini berada di daerah domisili penulis sehingga mempermudah melakukan penelitian.
3.      Penulis tertarik terhadap persoalan yang ada, sehingga penulis berkeinginan untuk melakukan penelitian secara langsung
C. Permasalahan

1.      Identifikasi Masalah

Adapun permasalahan yang dapat diidentifikasi sesuai dengan permasalahan yang ada yaitu :
1.      Kemampuan kognitif siswa dalam mempelajari agama Islam tidak sama
2.  Sikap keberagamaan siswa tergantung kepada kemampuan pemahaman siswa terhadap pendidikan agama Islam
3.   Sikap keberagamaan siswa tergantung sejauhmana kemampuan kognitif siswa dalam memahami materi pelajaran agama Islam.

2. Pembatasan Masalah
Agar  pembahasan ini tidak terlalu luas, maka penulis memberikan batasan masalah sehingga penelitian ini lebih terarah. Adapun permasalahan pembahasan skripsi ini dibatasi, antara lain :
1.      Kemampuan kognitif yang dimaksudkan dalam pembahasan ini adalah kemampuan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan pada pembelajaran agama Islam di sekolah.
2.      Sikap keberagamaan yang dimakasudkan dalam penelitian ini sikap siswa dalam memahami dan menjalankan ajaran agama Islam setelah mendapatkan pendidikan agama di sekolah.
3.      Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang tersebut di atas, maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut :
                        1.      Bagaimana kemampuan kognitif siswa SD Negeri 014 Dumai terhadap pendidikan agama Islam ?
                        2.      Bagaimana sikap beragama Islam siswa berdasarkan pemahaman terhadap pendidikan agama Islam siswa SD Negeri 014 Dumai ?
                        3.      Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan kognitif terhadap prilaku beragama siswa SD Negeri 014 Dumai ?
D. Tujuan dan Kegunaan Penelitian
     1. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penelitian dari penulisan skripsi ini adalah sebagai berikut :
a.       Untuk mengetahui kemampuan kognitif siswa SD Negeri 014 Dumai terhadap pendidikan agama Islam
b.      Untuk mengetahui sikap beragama Islam siswa berdasarkan pemahaman terhadap pendidikan agama Islam siswa SD Negeri 014 Dumai
c.       Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan kognitif terhadap prilaku beragama siswa SD Negeri 014 Dumai
2.        Kegunaan Penelitian
Penelitian ini dilakukan dengan harapan dapat berguna :
a.       Sebagai penambahan literatur bagi para ahli pendidikan tentang pengembangan kemampuan kognitif siswa dalam pembelajaran agama Islam
b.      Sebagai gambaran bagi para guru lain tentang pentingnya peningkatan kemampuan kognitif siswa dalam proses belajar
c.       Sebagai bahan perbandingan bagi peneliti lain yang ingin membahas masalah yang sama
E.     Kajian Penelitian Yang Relevan
Kajian penelitian yang relevan adalah kajian penelitian lain yang memiliki relevansi dengan penelitian yang sedang diteliti. Adapun kajian penelitian yang relevan adalah sebagai berikut :
                  1.      Penelitian yang dilakukan oleh Ali Hamzah, 2011,  IAIN Sumatera Utara yang berjudul : Hubungan Kemampuan Kognitif Dengan Hasil Belajar Siswa MAN 2 Medan. Penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan kognitif terhadap hasil belajar siswa di MAN 2 Medan.
                  2.      M. Irsan, 2007, STAIS Sambu Medan yang berjudul : Pengaruh Kemampuan Kognitif Siswa Terhadap Prestasi Belajar Agama Siswa SMP Negeri 5 Medan. Penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan kognitif terhadap preatasi belajar agama siswa SMP Negeri 5 Medan.


1 Mukhtar. Akhlak Siswa Dalam Lingkungan Sekolah, (Jakarta:Rineka Cipta. 2001), h .32
2 Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya. (Bandung:Mizan. 1996). h .89


OUTLINE
ABSTRAK
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
BAB I          : PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
B.     Alasan Pemilihan Judul
C.     Identifikasi Masalah
D.    Batasan Masalah
E.     Rumusan Masalah
F.      Tujuan Penelitian
G.    Kegunaan Penelitian
BAB II         : TINJAUAN PUSTAKA
A.    Kajian Teoritis
1.      Kemampuan Kognitif
2.      Pengertian Sikap Keberagamaan
3.      Faktor yang Mempengaruhi Sikap
4.      Urgensi Sikap dalam Beragama
B.     Kajian Yang Relevan
C.     Defenisi Operasional
D.    Hipotesis
BAB III       : METODOLOGI PENELITIAN
A.    Waktu dan Tempat Penelitian
B.     Subjek dan Objek Penelitian
C.     Populasi dan Sampel
D.    Teknik Pengumpulan Data
E.     Analisa Data
BAB IV       : PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN
A.    Deskripsi Data
B.     Pengujian Hipotesis
BAB V         : KESIMPULAN DAN SARAN
A.    Kesimpulan
B.     Saran-Saran
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR RIWAYAT  HIDUP
LAMPIRAN

SYARAT UNTUK MENDAPATKAN FILE LENGKAP….!!!
File yang tertera diblog ubah saja objeknya biar cepet, ganti saja dengan yang terbaru, kemudian sesuaikan, untuk objek, ubah saja objek jadi tempat yang rencananya anda teliti, beres kan?
File yang anda inginkan bisa konfirmasi ke No. HP ini 0852 6208 9526 atau 0819 6067 526 untuk mendapatkan file skripsi lengkap (bab1-sampai selesai) dalam bentuk document. Dengan mememenuhi biaya admin di bawah setelah anda melakukan transfer ke:
No Rek BRI  3529-01-026884-53-8  WAHYU RISHANDI (Cab. MARIENDAL MEDAN)
DENGAN NILAI NOMINAL TRANSFER Rp. 100.000/Judul Skripsi
ANGGAP SAJA UNTUK GANTI PENGETIKAN SKRIPS LENGKAP DALAM FORM DOC DAN PENGELOLA BLOG INI.
PELUANG KERJASAMA
kalau ingin untung, sebarin saja ke teman-teman judul di blog ini dan naikan saja harganya
kalau ada kesulitan sms atau contact aja ke No HP saya atau Add FB ya way@id-fb.com
UNTUK PEMESANAN
SETELAH TRANSFER SMS AJA KE 0852-6208-9526 atau 0819-6067-526
DENGAN ISI SMS:
Nama, alamat E-mail anda serta judul yang anda inginkan.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012 - 2013. Wahyu Rishandi, SH - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Re Design by Doza | Proudly powered by Blogger