Headlines News :
Home » » JUDUL SKRIPSI: PENERAPAN METODE BERVARIASI DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI SD 067690 PANGKALAN MASYHUR KECAMATAN MEDAN JOHOR

JUDUL SKRIPSI: PENERAPAN METODE BERVARIASI DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI SD 067690 PANGKALAN MASYHUR KECAMATAN MEDAN JOHOR

Written By Wahyu Rishandi on Rabu, 16 Januari 2013 | 19.21



BAB I
PENDAHULUAN



A. Latar Belakang
Adapun aspek yang penting yang menopang bagi kesuksesan mengajar guru agama adalah penggunaan methode mengajar yang tepat. Maksud digunakannya methode mengajar adalah agar materi pelajaran yang disampaikan guru agama mudah dimengerti oleh siswa. Berbagai macam methode mengajar  dapat digunakan oleh guru, asal tepat pada materi yang diajarkan. Dari sekian banyak methode mengajar yang dapat digunakan dalam menyampaikan pelajaran, maka pengguaan methode eksperimen atau methode praktek dan pengamatan merupakan methode alternatif yang dapat digunakan guru untuk mempercepat atau memudahkan siswa menerima pelajaran dan meraih prestasi belajar yang tinggi.
Methode yang sesuai menekankan pada kegiatan ceramah, praktek langsung  yang dapat dilakukan di dalam kelas maupun di luar kelas. Setelah diadakan praktek lalu  diamati hasil kegiatan praktek tersebut. Berbagai methode biasanya digunakan pada berbagai materi pelajaran yang baik bersifat motoris seperti  menulis, membaca, berhitung, keterampilan, praktek fisika atau biologi dan praktek keagamaan.
Melalui methode ini siswa dilatih kecakapan dan kemampuannya dalam bidang pengajaran yang telah ditentukan sehingga dapat diukur apakah siswa dapat menerima materi pelajaran dengan baik dan benar. Melalui latihan-latihan yang diberikan kepada siswa diharapkan dapat mahir atau pandai tentang sesuatu ilmu yang diberikan guru. Contoh pada pelajaran agama yakni latihan praktek ibadah shalat dalam bidang studi agama pokok bahasan Fiqh, dan methode demnstrasi dalam materi pokok ibadah..
Dalam menjelaskan tentang tata cara melaksanakan ibadah shalat, guru tidak hanya menyampaikan materi pelajaran semata melalui papan tulis, tetapi guru mengajak langsung siswa untuk mempraktekkan ibadah shalat yang benar ke mushallah atau di dalam ruangan kelas yang telah disediakan tempat untuk melaksanakan  praktek ibadah shalat.
Melalui kegiatan praktek ini siswa diajak untuk mengamati mana di antara mereka yang lebih mengerti tentang tata cara  melaksanakan ibadah shalat dan mana siswa yang kurang atau tidak mengerti tentang tata cara melaksanakan ibadah shalat. Dengan demikian melalui kegikatan pengajaran yang menggunakan methode yang tepat aktivitas belajar siswa dapat dioptimalkan yang mencakup aktivitas fisik, mental, emosional maupun intelektual motorik siswa. Memberdayakan siswa dalam kegiatan belajar dengan menggunakan methode ini artinya mengkondisikan lingkungan belajar dan cara belajar siswa yang lebih efektif dan efisien serta mengajak siswa untuk bersikap produktif dalam belajar.
Konsep belajar yang digunakan dalam proses pembelajaran bukan hanya apa saja yang harus dipelajari siswa, tapi bagaimana siswa harus mempelajarinya dan mempraktekkannya. Penggunaan methode yang bervariasi dalam proses pengajaran khususnya pada bidang studi agama Islam  akan memberikan kesan tersendiri bagi siswa, melalui methode yang tepat   siswa akan dihantarkan kepada keberhasilan dalam belajarnya.
Berdasarkan pemikiran di atas menunjukkan bahwa penggunaan methode yang tepat  oleh guru bermuara pada satu titik sentral, yakni agar siswa dapat memahami materi pelajaran dengan baik dan benar serta siswa dapat mempraktekkannya dengan benar pula dalam kehidupan beragama.
Namun persoalan mendasar yang penulis analisa sementara, khususnya di sekolah SD Negeri 067690 adalah bagaimana guru menggunakan methode yang bervariasi dalam kegiatan mengajarnya pada pelajaran Agama Islam. Kegiatan-kegiatan apa yang dilakukan guru disekolah dan adakah pengaruh pengguaan methode bervariasi terhadap pemahaman siswa.
Untuk menjawab masalah ini, maka penulis mencoba mengadakan penelitian dengan mengangkat sebuah judul yaitu : PENERAPAN METODE BERVARIASI DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI SD 067690 PANGKALAN MASYHUR KECAMATAN MEDAN JOHOR

B. Identifikasi Masalah

Adapun masalah yang terdidenfitikasi dalam penelitian yang akan penulis laksanakan adalah sebagai berikut :

1.      Penguasaan guru terhadap metode pembelajaran sangat menentukan pemahaman belajar siswa.
2.      Metode yang bervariasi disesuaikan kepada sub materi yang diajarkan
3.      Minat belajar siswa lebih tinggi bila metode yang diterapkan tepat

C. Pembatasan Masalah

Berdasarkan permasalahan yang diidentifikasikan maka dalam penelitian ini penulis membatasi masalah kepada satu bagian saja yaitu  : Penerapan Metode yang bervariasi dibatasi pada pembelajaran Agama dan disesuaikan pada materi yang diajarkan”
Secara istilah dapat diketahui berdasarkan batasan masalah sesuai dengan judul yang ada yaitu :
1.      Methode adalah : Cara, teknik untuk melakukan sesuatu”1 Methode yang dimaksudkan di sini adalah teknik pengajaran yang dilaksanakan guru dalam mengajar bidang studi agama
2.      Bervariasi, artinya berbagai macam, tidak terfokus pada satu saja,”2
3.      Pengajaran ialah “pendidikan, pemberian ilmu. Dengan cara memberikan ilmu pengetahuan serta kecakapan”3 Jadi methode pengajaran di sini adalah cara yang paling tepat dan cepat dalam mengajarkan bidang agama.
      Dengan demikian masalah yang diteliti dalam penulisan ini adalah dibatasi terhadap methode-methode yang digunakan guru dalam pengajaran Agama Islam di SD Negeri 067690 Pangkalan Masyhur Medan.

D. Rumusan Masalah

Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.      Methode pengajaran apa saja yang digunakan guru dalam bidang studi Agama Islam di SD Negeri 067690 Pangkalan Masyhur ?
2.      Bagaimana  minat siswa terhadap Bidang Studi Agama Islam ?
3.      Bagaimana pengaruh penggunaan methode pengajaran yang bervariasi terhadap pemahaman siswa SD Negeri 067690 Pangkalan Masyhur ?

E. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penelitian ini secara khusus sebagai berikut :
1.      Untuk mengetahui methode pengajaran yang digunakan guru dalam bidang studi Agama Islam di SD Negeri 067690 Pangkalan Masyhur
2.      Untuk mengetahui bagaimana  minat siswa terhadap Bidang Studi Agama Islam
3.      Untuk mengetahui pengaruh penggunaan methode pengajaran yang bervariasi terhadap pemahaman siswa SD Negeri 067690 Pangkalan Masyhur

F. Kegunaan Penelitian
Dengan tercapainya tujuan penelitian di atas diharapkan hasil penelitian ini berguna untuk :
  1. Bahan masukan bagi guru agama, maupun guru lain yang menjadi masalah atau problem dalam methode pengajaran.
  2. Bahan masukan bagi para pendidik dan kepala sekolah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan
  3. Bahan masukan dan studi komperatif  bagi peneliti yang akan datang


1 Departemen Pendidikan dan Kebudayaan,  Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta, 1992, hlm.321.
2 Ibid, hlm. 212.
3 Ibid, hlm.402.

SYARAT UNTUK MENDAPATKAN FILE LENGKAP….!!!
File yang tertera diblog ubah saja objeknya biar cepet, ganti saja dengan yang terbaru, kemudian sesuaikan, untuk objek, ubah saja objek jadi tempat yang rencananya anda teliti, beres kan?
File yang anda inginkan bisa konfirmasi ke No. HP ini 0852 6208 9526 atau 0819 6067 526 untuk mendapatkan file skripsi lengkap (bab1-sampai selesai) dalam bentuk document. Dengan mememenuhi biaya admin di bawah setelah anda melakukan transfer ke:
No Rek BRI  3529-01-026884-53-8  WAHYU RISHANDI (Cab. MARIENDAL MEDAN)
DENGAN NILAI NOMINAL TRANSFER Rp. 100.000/Judul Skripsi
ANGGAP SAJA UNTUK GANTI PENGETIKAN SKRIPS LENGKAP DALAM FORM DOC DAN PENGELOLA BLOG INI.
PELUANG KERJASAMA
kalau ingin untung, sebarin saja ke teman-teman judul di blog ini dan naikan saja harganya
kalau ada kesulitan sms atau contact aja ke No HP saya atau Add FB ya way@id-fb.com
UNTUK PEMESANAN
SETELAH TRANSFER SMS AJA KE 0852-6208-9526 atau 0819-6067-526
DENGAN ISI SMS:
Nama, alamat E-mail anda serta judul yang anda inginkan

Share this post :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012 - 2013. Wahyu Rishandi, SH - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Re Design by Doza | Proudly powered by Blogger