Headlines News :
Home » » JUDUL SKRIPSI: PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI AGAMA ISLAM DI SLTP SWASTA ISLAM KECAMATAN SIDAMANIK

JUDUL SKRIPSI: PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI AGAMA ISLAM DI SLTP SWASTA ISLAM KECAMATAN SIDAMANIK

Written By Wahyu Rishandi on Minggu, 06 Januari 2013 | 01.13



ABRTAKSI
 

Seorang guru harus mampu mengelola kelas dengan baik, yaitu dengan penggunaan metode dan media yang tepat saat mengajar, penguasaan materi yang baik serta mampu mengendalikan situasi dan kondisi proses belajar mengajar, akan membuat siswa dapat belajar dengan giat yang dengan sendirinya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini terjadi dalam pembelajaran bidang studi agama Islam di SLTP Swasta Islam Kecamatan Sidamanik.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengelolaan kelas yang dilakukan guru agama di SLTP Swasta Islam Kecamatan Sidamanik, Bagaimana  prestasi belajar siswa SLTP Swasta Islam Kecamatan Sidamanik.  Bagaimana pengaruh pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar agama Islam siswa SLTP Swasta Islam Kecamatan Sidamanik.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pengelolaan kelas yang dilakukan guru agama di SLTP Swasta Islam Kecamatan Sidamanik menunjukkan adanya pengelolaan yang baik, hal ini terdiri dari pengelolaan yang berkaitan dengan pengelolaan bidang pengajaran berupa jadwal pelajaran, roster materi yang diajarkan dan system pembelajaran yang dilakukan pada saat proses belajar mengajar dapat dilakukan dengan baik dan berjalan dengan lancar. Pengelolaan yang berkaitan dengan penataan kelas atau local dan pengelolaan kelas berupa pemanfaatan media pembelajaran dengan baik. Prestasi belajar siswa SLTP Swasta Islam Kecamatan Sidamanik menunjukkan adanya prestasi belajar yang baik. Prestasi belajar yang dimaksudkan terdiri dari prestasi yang bersifat kualitas seperti disiplin belajar siswa, minat belajar siswa dan motivasi belajar siswa. Sedangkan prestasi belajar yang berkaitan dengan kuantitas adalah berupa nilai hasil ujian siswa. Pengaruh pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar agama Islam siswa SLTP Swasta Islam Kecamatan Sidamanik menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesi peneliti yang diajukan sebelumnya diterima kebenarannya atau dalam arti ada pengaruh yang signifikan antara pengelolaan kelas terhadap peningkatan prestasi belajar siswa.



DAFTAR ISI

ABSTRAKSI........................................................................................................... i
KATA PENGANTAR............................................................................................. ii
DAFTAR ISI.......................................................................................................... iv
DAFTAR TABEL................................................................................................... vi
BAB  I : PENDAHULUAN................................................................................... 1
A. Latar Belakang Masalah....................................................................... 1
B. Rumusan Masalah................................................................................. 5
C. Tujuan Penelitian.................................................................................. 5
D. Kegunaan Penelitian............................................................................. 6
E. Batasan Istilah....................................................................................... 6
F. Sistematika Pembahasan....................................................................... 7
BAB II : LANDASAN TEORITIS......................................................................... 8
A. Pengertian Pendidikan Agama............................................................... 8
B. Tujuan Pendidikan Agama.................................................................. 12
C. Aspek-Aspek Pendidikan Agama....................................................... 14
D. Urgensi Pendidikan Agama Islam........................................................ 17
E. Bidang Pendidikan Agama di Sekolah................................................. 19
BAB III:  METODE PENELITIAN....................................................................... 34
A. Lokasi Penelitian................................................................................ 34
B. Populasi dan Sampel........................................................................... 37
C. Sumber Data...................................................................................... 38
D. Teknik Pengumpul Data...................................................................... 38
E. Tehnik Pengelolaan dan Analisa Data.................................................. 39
BAB IV    : PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN............................................. 40
                 A. Prosedur Penelitian........................................................................... 40
                 B. Pembahasan...................................................................................... 41
                 C. Analisa Pembahasan......................................................................... 56
BAB V     : KESIMPULAN DAN SARAN.......................................................... 59
                 A. Kesimpulan ...................................................................................... 59
                 B. Saran-Saran...................................................................................... 60
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
LAMPIRAN-LAMPIRAN


DAFTAR TABEL
NMOR                                                J U D U L                                       HALAMAN
I.             :  TENAGA PENGAJAR........................................................................ 25
II             :  SARANA DAN PRASARANA SEOLAH.......................................... 26

III           :  MEMBUAT DAFTAR PELAJARAN BIDANG STUDI AGAMA
                  ISLAM................................................................................................. 33

IV           :  BIMBINGAN UNTUK SISWA.......................................................... 34
V            :  GURU MENGATUR TEMPAT DUDUK SISWA............................... 34
VI           :  MENGATUR RUANGAN KELAS..................................................... 35

VII          :  MENGATUR SISWA SAAT BELAJAR............................................. 36

VIII         :  MERAPIKAN BUKU-BUKU DI TEMPATNYA............................... 36

IX           :  GURU AGAMA MEMBUAT DAFTAR SISWA................................ 37

X            :  GURU MENGISI ABSEN SEBELUM MULAI PELAJARAN............ 37

XI           :  GURU MENGGUNAKAN ALAT PRAGA........................................ 38

XII          : GURU SELALU MEMBERIKAN PR................................................. 39

XIII         :  SKOR JAWABAN VARIABEL X...................................................... 40
XIV        :  ADANYA ROSTER BELAJAR MEMBUAT PROSES BELAJAR
                  MENGAJAR BERJALAN DENGAN BAIK....................................... 41

XV          :  KESULITAN BELAJAR SISWA TERATASI DENGAN
                  ADANYA BIMBINGAN BELAJAR................................................... 42

XVI        :  PENGATURAN TEMPAT DUDUK YANG BAIK MEMBUAT
                  SUASANA BELAJAR LEBIH NYAMAN.......................................... 43

XVII       :  PENGATURAN KELAS DAPAT MENINGKATKAN
                  MOTIVASI BELAJAR SISWA........................................................... 43

XVIII      :  PENGATURAN BELAJAR BERPENGARUH TERHADAP
                  MINAT BELAJAR SISWA................................................................. 44

XIX        :  SELALU MENYIMPAN BUKU SELESAI BELAJAR....................... 44

XX          :  DATA-DATA SISWA BERPENGARUH TERHADAP
                  KEMUDAHAN GURU MELAKUKAN KOORDINASI................... 45
XXI        :  MELALUI ABSEN BERPENGARUH TERHADAP DISIPLIN
                  BELAJAR............................................................................................ 45

XXII       :  PENGGUNAAN ALAT PRAGA BERPENGARUH TERHADAP
                  PEMAHAMAN BELAJAR SISWA.................................................... 46

XXIII      :  PENGELOLAAN KELAS BERPENGARUH TERHADAP
                  PRESTASI BELAJAR SISWA............................................................ 46

XXIV      :  SKOR JAWABAN VARIABEL Y...................................................... 48

XXV       :  KOEFISIEN KORELASI ANTARA VARIABEL X DAN Y.............. 50




SYARAT UNTUK MENDAPATKAN FILE LENGKAP….!!!
File yang tertera diblog ubah saja objeknya biar cepet, ganti saja dengan yang terbaru, kemudian sesuaikan, untuk objek, ubah saja objek jadi tempat yang rencananya anda teliti, beres kan?
File yang anda inginkan bisa konfirmasi ke No. HP ini 0852 6208 9526 atau 0819 6067 526 untuk mendapatkan file skripsi lengkap (bab1-sampai selesai) dalam bentuk document. Dengan mememenuhi biaya admin di bawah setelah anda melakukan transfer ke:
No Rek BRI  3529-01-026884-53-8  WAHYU RISHANDI (Cab. MARIENDAL MEDAN)
DENGAN NILAI NOMINAL TRANSFER Rp. 100.000/Judul Skripsi
ANGGAP SAJA UNTUK GANTI PENGETIKAN SKRIPS LENGKAP DALAM FORM DOC DAN PENGELOLA BLOG INI.
PELUANG KERJASAMA
kalau ingin untung, sebarin saja ke teman-teman judul di blog ini dan naikan saja harganya
kalau ada kesulitan sms atau contact aja ke No HP saya atau Add FB ya way@id-fb.com
UNTUK PEMESANAN
SETELAH TRANSFER SMS AJA KE 0852-6208-9526 atau 0819-6067-526
DENGAN ISI SMS:
Nama, alamat E-mail anda serta judul yang anda inginkan.


Share this post :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012 - 2013. Wahyu Rishandi, SH - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Re Design by Doza | Proudly powered by Blogger