Headlines News :
Home » » JUDUL SKRIPSI: PERANAN GURU AGAMA DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN ANAK DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENGAMALAN AGAMA ANAK DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-WASHLIYAH 16 PERBAUNGAN

JUDUL SKRIPSI: PERANAN GURU AGAMA DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN ANAK DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENGAMALAN AGAMA ANAK DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-WASHLIYAH 16 PERBAUNGAN

Written By Wahyu Rishandi on Senin, 14 Januari 2013 | 13.23



ABSTRAKSI


Berdasarkan Pengamatan sementara penulis di lapangan menunjukkan bahwa guru agama berperan dalam membentuk kepribadian anak di Madrasah Tsanawiyah Al-Washliyah 16 Perbaungan, pembentukan krpdibadian ini terlihat dengan pendidikan dan bimbingan agama yang dilakukan oleh guru melalui berbagai pengetahuan keagamaan. Melalui peranan guru dalam membentuk kepribadian berpengaruh terhadap pengamalan agama anak di Madrasah Tsanawiyah Al-Washliyah 16 Perbaungan.

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuu peranan guru agama dalam membentuk kepribadian siswa, untuk mengetahui pengamalan agama anak di Madrasah Tsanawiyah Al-Washliyah 16 Perbaungan serta untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara peranan guru agama dalam bentuk kepribadian anak terhadap pengamalan agama anak di Madrasah Tsanawiyah Al-Washliyah 16 Perbaungan. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 60 orang dengan penelitian angket dan analisa data statistik product moment.

  Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka diperoleh bahwa Guru yang mengajar di Madrasah Tsanawiyah Al-Washliyah 16 Perbaungan pada dasarnya memiliki peranan dalam membentuk kepribadian siswa. Peran tersebut terlihat dari keaktifan siswa mengajari dan mendidik siswa supaya tetap rajin, tekun, disiplin, patuh kepada guru dan orang tua serta optimis di dalam belajar. Pengamalan agama siswa Madradah Tsanawiyah Al-Washliyah 16 Perbaungan menunjujkkan adanya pengamalan agama yang baik dan patuh terhadap ajaran agama yang telah diajarkan kepada mereka di sekolah baik yang bersifat ibadah maupun akhlak. Terdapat pengaruh yang signifikan antara peranan guru dalam membentuk pribadi anak terhadap pengamalan agama siswa Madradah Tsanawiyah Al-Washliyah 16 Perbaungan. Pengaruh tersebut sangat signifikan karena r-hitung 0.80 > dari r-tabel yaitu 0.20.



DAFTAR ISI

ABSTRAKSI.......................................................................................................... i
KATA PENGANTAR........................................................................................... ii
DAFTAR ISI........................................................................................................ iv
DAFTAR TABEL................................................................................................ vi
BAB  I   : ......................................................................................................... PENDAHULUAN              1
A. Latar Belakang Masalah..................................................................... 1
B. Rumusan Masalah............................................................................... 3
C. Tujuan Penelitian................................................................................ 4
D. Manfaat Penelitian............................................................................. 4
E. Batasan Istilah.................................................................................... 4
F. Hipotesis............................................................................................. 5
G. Sistematika Penulisan......................................................................... 6
BAB II   ........................................................................................................... LANDASAN TEORITIS                7
A. Peranan Guru Agama Sebagai Pendidik............................................. 7
B. Pengertian Kepribadian .................................................................... 14
C. Pembentukan Kepribadian................................................................ 16
D. Faktor-Faktor Pembentukan Kepribadian......................................... 18
E. Peranan Pendidikan dalam Membentuk Kepribadian Anak............. 23
F. Arti Pengamalan dan Bentuk Pengamalan Agama............................ 26
BAB III:........................................................................................................... METODE PENELITIAN                35
A. Lokasi Penelitian.............................................................................. 35
B. Populasi dan Sampel......................................................................... 36
C. Sumber Data..................................................................................... 37
D. Teknik Pengumpul Data................................................................... 37
E. Tehnik Pengelolaan dan Analisa Data.............................................. 38
BAB IV  PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN........................................... 40
               A. Deskripsi Data.................................................................................. 40
               B. Pengujian Hipotesis.......................................................................... 55
BAB V   KESIMPULAN DAN SARAN........................................................... 60
A. Kesimpulan .................................................................................... 60
B. Saran-Saran..................................................................................... 60
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
LAMPIRAN


DAFTAR TABEL

Tabel                                                   J U D U L                                        Halaman

I.             :  SARANA DAN PRASARANA........................................................ 35

II            :  GURU MENGAJARI SISWA DISIPLIN BELAJAR..................... 40

III           :  GURU MENGAJARI SISWA TEKUN BELAJAR......................... 41

IV           :  GURU MENGAJARI SISWA RAJIN BELAJAR........................... 41

V            :  GURUMENGAJAR SISWA JUJUR BERBUAT............................ 42

VI           :  GURU MENGAJARI SISWA JUJUR PADA SIAPAPUN............ 42

VII         :  GURU MENGAJARI SISWA PATUH KEPADA GURU............. 43
                                                                                            
VIII        :  GURU MENGAJARI SISWA PATUH KEPADA ORANGTUA.. 43

IX           :  GURU MENEKANKAN SELALU BERSIH.................................. 44

X            :  GURU MENEKANKAN SISWA SUPAYA RAPI......................... 44

XI           :  GURU MENEKANKAN SISWA SUPAYA OPTIMIS.................. 45

XII         :  SKOR VARIABEL X........................................................................ 46

XIII        :  SISWA SELALU DISIPLIN BELAJAR.......................................... 48

XIV        :  SISWA SELALU TEKUN BELAJAR............................................. 48

XV         :  SISWA SELALU RAJIN BELAJAR............................................... 49

XVI        :  SISWA SELALU JUJUR BERBUAT.............................................. 49

XVII      :  SISWA JUJUR KEPADA SIAPAPUN............................................ 50

XVIII     :  SISWA PATUH KEPADA GURU................................................... 50

XIX        :  SISWA PATUH KEPADA ORANGTUA........................................ 51

XX         :  SISWA SELALU BERSIH DAN RAPI........................................... 51

XXI        :  SELALU RAJIN BERIBADAH....................................................... 52

XXII      :  OPTIMIS SALAM BELAJAR.......................................................... 52

XXIII     :  SKOR VARIABEL Y........................................................................ 53

XXIV     :  KOEFISIEN KORELASI VARIABEL X DAN Y.......................... 55


SYARAT UNTUK MENDAPATKAN FILE LENGKAP….!!!
File yang tertera diblog ubah saja objeknya biar cepet, ganti saja dengan yang terbaru, kemudian sesuaikan, untuk objek, ubah saja objek jadi tempat yang rencananya anda teliti, beres kan?
File yang anda inginkan bisa konfirmasi ke No. HP ini 0852 6208 9526 atau 0819 6067 526 untuk mendapatkan file skripsi lengkap (bab1-sampai selesai) dalam bentuk document. Dengan mememenuhi biaya admin di bawah setelah anda melakukan transfer ke:
No Rek BRI  3529-01-026884-53-8  WAHYU RISHANDI (Cab. MARIENDAL MEDAN)
DENGAN NILAI NOMINAL TRANSFER Rp. 100.000/Judul Skripsi
ANGGAP SAJA UNTUK GANTI PENGETIKAN SKRIPS LENGKAP DALAM FORM DOC DAN PENGELOLA BLOG INI.
PELUANG KERJASAMA
kalau ingin untung, sebarin saja ke teman-teman judul di blog ini dan naikan saja harganya
kalau ada kesulitan sms atau contact aja ke No HP saya atau Add FB ya way@id-fb.com
UNTUK PEMESANAN
SETELAH TRANSFER SMS AJA KE 0852-6208-9526 atau 0819-6067-526
DENGAN ISI SMS:
Nama, alamat E-mail anda serta judul yang anda inginkan.


Share this post :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012 - 2013. Wahyu Rishandi, SH - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Re Design by Doza | Proudly powered by Blogger