Headlines News :
Home » » JUDUL SKRIPSI: PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA AL-QUR’AN DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA MIFTAHUL ULA PALUH MERBAU KECAMATAN TANJUNG PURA

JUDUL SKRIPSI: PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA AL-QUR’AN DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA MIFTAHUL ULA PALUH MERBAU KECAMATAN TANJUNG PURA

Written By Wahyu Rishandi on Rabu, 02 Januari 2013 | 23.52



ABSTRAKSI

Bidang Studi Al-Qur’an merupakan salah satu bidang studi yang dipelajari di Madrasah Tsanawiyah, untuk meningkatkan minat baca Al-Qur’an siswa guru dituntut berperan memiliki kemampuan dalam mengajar sesuai dengan peranannya sebagai demonstator, fasilitator, peranan sebagai pengelola kelas dan peranan sebagai evaluator. Guru yang menjalankan peranannya tersebut akan mempengaruhi terhadap peningkatan minat baca sekaligus hasil belajar Al-Qur’an siswa.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peranan guru dalam meningkatkan minat baca siswa Madrasah Tsanawiyah Swasta Miftahul Ula Paluh Merbau. Untuk mengetahui hasil belajar siswa Madrasah Tsanawiyah Swasta Miftahul Ula Paluh Merbau. Untuk mengetahui pengaruh peranan guru dalam meningkatgkan minat membaca Al-Qur’an siswa terhadap hasil belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Swasta Miftahul Ula Paluh Merbau. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan angket dengan menetapkan sampel sebanyak 30 orang siswa melalui analisa data statistik produc moment.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka diketahui bahwa terdapat peranan guru dalam meningkatkan minat baca al-Qur’an siswa di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ula Paluh Merbau Kecamatan Tanjung Pura peranan tersebut ditandai dengan peranannya sebagai demonstrator, sebagai pengelola kelas, berperan sebagai mediator dan fasilitator dan berperan sebagai evaluator dalam meningkatkan minat baca Al-Qur’an siswa. Hasil belajar siswa Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ula Paluh Merbau Kecamatan Tanjung Pura pada materi Al-Qur’an menunjukkan adanya hasil belajar yang cukup baik, hal ini ditandai dengan kemampuan siswa membaca Al-Qur’an sesuai dengan bacaan dan makhrajnya, serta adanya peningkatan nilai belajar siswa pada ujian. Terdapat pengaruh yang signifikan antara peranan guru dalam meningkatkan minat baca Al-Qur’an siswa terhadap hasil belajar siswa Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ula Paluh Merbau Kecamatan Tanjung Pura. Pengaruh tersebut menunjukkan adanya pengaruh yang sangat tinggi karena r-hitung 1.33 lebih besar dari pada r-hitung 0.37.



DAFTAR ISI

                                                                                                           Halaman
ABSTRAKSI.............................................................................................................. i
KATA PENGANTAR................................................................................................ ii
DAFTAR ISI ............................................................................................................. iv
DAFTAR TABEL....................................................................................................... vi
BAB I           :  PENDAHULUAN ............................................................................. 1
A.     Latar Belakang Masalah ............................................................... 1
B.     Rumusan Masalah ......................................................................... 4
C.     Tujuan dan Kegunaan Penelitian..................................................... 5
D.     Batasan Istilah .............................................................................. 6
E.      Sistematika Penulisan..................................................................... 7
F.      Hipotesis....................................................................................... 8
BAB II          :  LANDASAN TEORETIS................................................................... 9
A.     Pengertian Minat Baca................................................................... 9
B.     Minat Baca Al-Qur’am.................................................................. 12
C.     Pentingnya Minat Baca Al-Qur’an.................................................. 15
D.     Faktor Yang Mempengaruhi Minat Baca Al-Qur’an....................... 17
E.      Peranan Guru Meningkatkan Minat Baca....................................... 28
F.      Pengertian Hasil Belajar................................................................. 34
BAB III         :  METODOLOGI PENELITIAN.......................................................... 37
A.     Lokasi Penelitian............................................................................ 37
B.     Populasi dan Sampel...................................................................... 38
C.     Sumber Data................................................................................. 39
                        D.  Teknik Pengumpulan Data.............................................................. 40
E.   Teknik Pengolahan dan Analisa Data............................................. 40
BAB IV        :  PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN............................................. 42
A.     Deskripsi Data............................................................................... 42
B.     Pengujian Hipotesis........................................................................ 57
BAB V          :  KESIMPULAN DAN SARAN.......................................................... 61
A.     Kesimpulan .................................................................................. 61
B.     Saran-Saran.................................................................................. 62
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
LAMPIRAN



DAFTAR TABEL
Nomor                                                 Judul                                                    Halaman
I.          :  KEADAAN SISWA MADRASAH TSANAWIYAH YASPI..................... 35
II          :  JENIS SARANA DAN PRASARANA...................................................... 36
III         :  TENAGA PENGAJAR MADRASAH TSANAWIYAH YASPI................. 36

IV         :  GURU MENEKANKAN UNTUK BELAJAR AKTIF SETIAP JAM
                PELAJARAN.............................................................................................. 41

V          :  MENGGUNAKAN METODE YANG TETAP DALAM BELAJAR.......... 42

VI         :  MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SAAT MENGAJAR.................... 42

VII       :  SELALU MENGAJAR TETAP PADA WAKTUNYA............................... 43

VIII      :  SELALU MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DENGAN TEPAT... 44

IX         :  GURU MENGUASAI MATERI PELAJARAN.......................................... 45

X          :  MEDIAGAMBAR YANG DIAJARKAN BUATAN SENDIRI.................. 45

XI         :  GURU MAMPU MENEKANKAN AGAR SISWA MAMPU
                MEMBACA................................................................................................ 46

XII       :  GURU MENEKANKAN KEPADA SISWA AGAR MAMPU
                MENULIS.................................................................................................. 47

XIII      :  GURU MAMPU MENGATASI PERMASALAHAN BACA TULIS ........ 48

XIV      :  SISWA BELAJAR DENGAN GIAT.......................................................... 48

XV       :  MEMAHAMI MATERI PELAJARAN....................................................... 49

XVI      :  SENANG PELAJARAN DENGAN MEDIA GAMBAR............................ 49

XVII     :  MAMPU MEMBACA AL-QUR’AN......................................................... 50

XVIII   :  MAMPU MENULIS AL-QUR’AN DENGAN BELAJAR MELALUI
                MEDIA GAMBAR..................................................................................... 50

XIX      :  MENGUASAI BACAAN AL-QUR’AN.................................................... 51

XX       :  SENANG MEMBACA AL-QUR’AN........................................................ 52

XXI      :  SENANGMENULIS HURUF AL-QUR’AN.............................................. 52

XXII     :  ADA PENINGKATAN NILAI BACA TULIS AL-QUR’AN.................... 53

XXIII   :  PENINGKATAN MINAT BACA.............................................................. 53

XXIV   :   JAWABAN SOAL ANGKET 1 S/D 20..................................................... 57




SYARAT UNTUK MENDAPATKAN FILE LENGKAP….!!!
File yang tertera diblog ubah saja objeknya biar cepet, ganti saja dengan yang terbaru, kemudian sesuaikan, untuk objek, ubah saja objek jadi tempat yang rencananya anda teliti, beres kan?
File yang anda inginkan bisa konfirmasi ke No. HP ini 0852 6208 9526 atau 0819 6067 526 untuk mendapatkan file skripsi lengkap (bab1-sampai selesai) dalam bentuk document. Dengan mememenuhi biaya admin di bawah setelah anda melakukan transfer ke:
No Rek BRI  3529-01-026884-53-8  WAHYU RISHANDI (Cab. MARIENDAL MEDAN)
DENGAN NILAI NOMINAL TRANSFER Rp. 100.000/Judul Skripsi
ANGGAP SAJA UNTUK GANTI PENGETIKAN SKRIPS LENGKAP DALAM FORM DOC DAN PENGELOLA BLOG INI.
PELUANG KERJASAMA
kalau ingin untung, sebarin saja ke teman-teman judul di blog ini dan naikan saja harganya
kalau ada kesulitan sms atau contact aja ke No HP saya atau Add FB ya way@id-fb.com
UNTUK PEMESANAN
SETELAH TRANSFER SMS AJA KE 0852-6208-9526 atau 0819-6067-526
DENGAN ISI SMS:
Nama, alamat E-mail anda serta judul yang anda inginkan.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012 - 2013. Wahyu Rishandi, SH - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Re Design by Doza | Proudly powered by Blogger