Headlines News :
Home » » JUDUL SKRIPSI: UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA TULIS AL-QUR’AN MELALUI MEDIA GAMBAR SISWA KELAS I MADRASAH TSANAWIYAH YASPI LABUHAN DELI

JUDUL SKRIPSI: UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA TULIS AL-QUR’AN MELALUI MEDIA GAMBAR SISWA KELAS I MADRASAH TSANAWIYAH YASPI LABUHAN DELI

Written By Wahyu Rishandi on Rabu, 09 Januari 2013 | 23.41



ABSTRAKSI

Baca tulis Al-Qur’an dengan penggunaan media diharapkan siswa dapat memahami pelajaran Al-Qur’an berdasarkan latihan-latihan membaca dan menulis yang dibantu oleh media tertentu seperti media gambar. Melalui media gambar siswa diajak untuk mengamati mana di antara mereka yang lebih cepat memahami dan mengerti tentang Al-Qur’an, dan mana siswa yang kurang atau tidak mengerti dan tidak mampu baca tulis ayat Al-Qur’an. Dengan demikian melalui kegikatan pengajaran yang menggunakan media gambar aktivitas belajar siswa dapat dioptimalkan yang mencakup aktivitas fisik, mental, emosional maupun intelektual motorik siswa. Memberdayakan siswa dalam kegiatan belajar dengan menggunakan media gambar  ini artinya mengkondisikan lingkungan belajar dan cara belajar siswa yang lebih efektif dan efisien serta mengajak siswa untuk bersikap produktif dalam belajar. Karena itu meningkatkan minat baca Al-Qur’an siswa adalah dengan jalan menggunakan media yang mudah difahami yaitu media gambar
Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah   : Bagaimanakah minat baca tulis Al-Qur’an siswa Madrasah Tsanawiyah YASPI Labuhan Deli. Bagaimanakah penggunaan media gambar sebagai upaya peningkatan minat baca tulis Al-Qur’an siswa.Apakah penggunaan media gambar dapat meningkatkan minat baca tulis Al-Qur’an siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa sebanyak 180 orang dan sample penelitian ini 30 orang.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa  Minat baca tulis al-Qur’an siswa cukup baik dan meningkat, hal ini terlihat dari cara membaca dan menulis siswa terhadap Al-Qur’an sudah sesuai dengan yang diajarkan oleh guru berdasarkan cara baca yang benar. Dalam hal baca tulis Al-Qur’an siswa selalu serius, rajin, senang dan mampu menguasainya baik itu dalam bacaan maupun dalam tulisannya. Penggunaan media gambar yang dilakukan oleh guru sebagai media pembelajaran terhadap baca tulis Al-Qur’an, guru menggunakan media gambar yang dibuat sendiri berdasarkan materi yang diajarkan yang ditulis dan digambar di dalam kertas karton dengan ukuran sesuai dengan kebutuhan yang dapat mempermudah siswa di dalam memahami materi yang diajarkan. Penggunaan media gambar yang diterapkan sebagai upaya guru dalam menumbuh kembangkan bacaan Al-Qur’an siswa ternyata mampu meningkatkan bacaan Al-Qur’an siswa, hal ini terlihat dari hasil angket yang telah dilakukan, peningkatan tersebut diketahui berdasarkan kemampuan penguasaan terhadap huruf-huruf, bacaan dan tanda baca Al-Qur’an itu sendiri.


DAFTAR ISI
                                                                                                           Halaman
ABSTRAK................................................................................................................ i
KATA PENGANTAR ............................................................................................. ii
DAFTAR ISI ............................................................................................................ iv
DAFTAR TABEL .................................................................................................... vi
BAB I          :  PENDAHULUAN ........................................................................... 1
A.    Latar Belakang Masalah ............................................................. 1
B.     Rumusan Masalah ....................................................................... 5
C.     Tujuan dan Kegunaan Penelitian ................................................ 5
D.    Batasan Istilah ............................................................................ 6
E.     Sistematika Pembahasan ............................................................. 7.
BAB II         :  LANDASAN TEORITIS ................................................................ 8
A.    Pengertian Minat Baca Tulis  Al-Qur’an .................................... 8
B.     Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa ....................... 11
C.     Media Gambar dan Aplikasinya dalam Pembelajaran
Baca Tulis Al-Qur’an .................................................................. 16
                        D.  Tujuan Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an ................................ 22
E.   Metodologi  Membaca Al-Qur’an .............................................. 24
BAB III       : METODOLOGI PENELITIAN ....................................................... 35
A.    Lokasi Penelitian ......................................................................... 35
B.     Populasi dan Sampel.................................................................... 37
C.     Sumber Data ............................................................................... 37
D.    Instrumen Pengumpulan Data  ................................................... 38
E.     Teknik Pengolahan dan Analisa Data ......................................... 38.
BAB IV       :  PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN ........................................ 40
A.    Prosedur Penelitian ..................................................................... 40
B.     Pembahasan ................................................................................ 41
C.     Temuan Hasil Penelitian ............................................................. 54
BAB V         :  KESIMPULAN DAN SARAN ....................................................... 59
A.    Kesimpulan ................................................................................. 59
B.     Saran-saran .................................................................................. 60
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
LAMPIRAN


DAFTAR TABEL
Nomor                                                 Judul                                                    Halaman
I.          :  KEADAAN SISWA MADRASAH TSANAWIYAH YASPI............... 35
II          :  JENIS SARANA DAN PRASARANA................................................... 36
III        :  TENAGA PENGAJAR MADRASAH TSANAWIYAH YASPI........... 36

IV        :  GURU MENEKANKAN UNTUK BELAJAR AKTIF SETIAP JAM
                PELAJARAN............................................................................................ 41

V          :  MENGGUNAKAN METODE YANG TETAP DALAM BELAJAR....             42

VI        :  MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SAAT MENGAJAR.............. 42

VII       :  SELALU MENGAJAR TETAP PADA WAKTUNYA.......................... 43

VIII     :  SELALU MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DENGAN TEPAT  44

IX        :  GURU MENGUASAI MATERI PELAJARAN..................................... 45

X          :  MEDIAGAMBAR YANG DIAJARKAN BUATAN SENDIRI........... 45

XI        :  GURU MAMPU MENEKANKAN AGAR SISWA MAMPU
                MEMBACA............................................................................................... 46

XII       :  GURU MENEKANKAN KEPADA SISWA AGAR MAMPU
                MENULIS................................................................................................. 47

XIII     :  GURU MAMPU MENGATASI PERMASALAHAN BACA TULIS                48

XIV     :  SISWA BELAJAR DENGAN GIAT....................................................... 48

XV       :  MEMAHAMI MATERI PELAJARAN................................................... 49

XVI     :  SENANG PELAJARAN DENGAN MEDIA GAMBAR...................... 49

XVII    :  MAMPU MEMBACA AL-QUR’AN....................................................... 50

XVIII  :  MAMPU MENULIS AL-QUR’AN DENGAN BELAJAR MELALUI
                MEDIA GAMBAR................................................................................... 50

XIX     :  MENGUASAI BACAAN AL-QUR’AN................................................. 51

XX       :  SENANG MEMBACA AL-QUR’AN..................................................... 52

XXI     :  SENANGMENULIS HURUF AL-QUR’AN.......................................... 52

XXII    :  ADA PENINGKATAN NILAI BACA TULIS AL-QUR’AN............... 53

XXIII  :  PENINGKATAN MINAT BACA........................................................... 53

XXIV  :   JAWABAN SOAL ANGKET 1 S/D 20.................................................. 57


SYARAT UNTUK MENDAPATKAN FILE LENGKAP….!!!
File yang tertera diblog ubah saja objeknya biar cepet, ganti saja dengan yang terbaru, kemudian sesuaikan, untuk objek, ubah saja objek jadi tempat yang rencananya anda teliti, beres kan?
File yang anda inginkan bisa konfirmasi ke No. HP ini 0852 6208 9526 atau 0819 6067 526 untuk mendapatkan file skripsi lengkap (bab1-sampai selesai) dalam bentuk document. Dengan mememenuhi biaya admin di bawah setelah anda melakukan transfer ke:
No Rek BRI  3529-01-026884-53-8  WAHYU RISHANDI (Cab. MARIENDAL MEDAN)
DENGAN NILAI NOMINAL TRANSFER Rp. 100.000/Judul Skripsi
ANGGAP SAJA UNTUK GANTI PENGETIKAN SKRIPS LENGKAP DALAM FORM DOC DAN PENGELOLA BLOG INI.
PELUANG KERJASAMA
kalau ingin untung, sebarin saja ke teman-teman judul di blog ini dan naikan saja harganya
kalau ada kesulitan sms atau contact aja ke No HP saya atau Add FB ya way@id-fb.com
UNTUK PEMESANAN
SETELAH TRANSFER SMS AJA KE 0852-6208-9526 atau 0819-6067-526
DENGAN ISI SMS:
Nama, alamat E-mail anda serta judul yang anda inginkan.


Share this post :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012 - 2013. Wahyu Rishandi, SH - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Re Design by Doza | Proudly powered by Blogger