Headlines News :
Home » » JUDUL SKRIPSI : Hubungan Motivasi Dengan Prestasi Belajar Agama Siswa SMP Negeri 2 Putri Betung Kecamatan Putri Betung Kabupaten Gayo Lues

JUDUL SKRIPSI : Hubungan Motivasi Dengan Prestasi Belajar Agama Siswa SMP Negeri 2 Putri Betung Kecamatan Putri Betung Kabupaten Gayo Lues

Written By Wahyu Rishandi on Rabu, 08 Mei 2013 | 01.32


ABSTRAK


Kata Kunci : Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar melalui motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Putri Betung Kecamatan Putri Betung Kabupaten Gayo Lues.
Dalam penelitian ini yang menjadi rumusan masalah adalah Bagaimanakah pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 2 Putri Betung Kecamatan Putri Betung Kabupaten Gayo Lues. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 2 Putri Betung Kecamatan Putri Betung Kabupaten Gayo Lues yang terdiri dari 200 orang. Sedangkan sampel penelitian ini adalah sebagian dari jumlah populasi, dalam hal ini diambil sebanyak 30% dari jumlah populasi yaitu berjumlah 60 orang, penarikan sample ini dilakukan dengan acak random sampling.
Hasil analisis menunjukkan bahwa  Kenyataan motivasi belajar siswa SMP Negeri 2 Putri Betung Kecamatan Putri Betung Kabupaten Gayo Lues berdasarkan hasil penelitian angket yang penulis lakukan menunjukkan bahwa siswa memiliki motivasi yang tinggi dan baik, hal ini terlihat dari motivasi belajar siswa yang proaktif dalam proses belajar mengajar. Keadaan prestasi belajar siswa terlihat pada umumnya sangat baik dan tinggi, tingginya prestasi belajar siswa terlihat dari nilai rata-rata hasil raport siswa pada umumnya adalah nilai 7 – 9 dan hanya sebagian kecil saja yang memiliki nilai rata-rata 6. Tingginya prestasi belajar siswa berdasarkan hasil penelitian sesuai dengan perhitungan koefisien korelasi ada pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa, namun pengaruh yang ditimbulkan rendah sedangkan yang mendominasi pengaruh tingginya belajar siswa adalah faktor lain.


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Minat belajar merupakan suatu dorongan dari dalam diri siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar, siswa yang memiliki minat belajar terlihat dari keseriusan, motivasi dan aktivitas belajarnya. Dimana seorang siswa yang memiliki motivasi belajar akan serius mendengarkan pelajaran, memiliki niat yang tinggi  serta mengikuti aktivitas setiap proses belajar mengajar. Siswa yang memiliki motivasi belajar yang tinggi cenderung memiliki prestasi belajar yang baik karena pemahaman akan materi yang diajarkan akan mudah dipahami bila dibandingkan dengan siswa yang memiliki minat belajar yang rendah.
Siswa yang motivasi belajarnya tinggi, maka akan menciptakan siswa yang berkualitas. Dalam menciptakan siswa yang berkualitas, berprestasi, kreatif dan mandiri, menurut Abdul Azis maka :
Pemerintah terus berupaya melakukan pembenahan dan perbaikan dalam sistem pendidikan nasional, untuk kepentingan tersebut diperlukan perubahan yang cukup mendasar yang dipandang oleh berbagai pihak sudah tidak  efektif, dan tidak mampu lagi memberikan bekal, serta tidak dapat mempersiapkan peserta didik untuk bersaing dengan bangsa-bangsa lain di dunia. Perubahan mendasar tersebut berkaitan dengan kurikulum, methode atau sistem pembelajaran, melalui keterampilan yang dengan sendirinya menuntut dan mempersiapkan berbagai perubahan pada komponen-komponen pendidikan lain.1

Berdasarkan kutipan di atas menunjukkan bahwa untuk menciptakan siswa yang berprestasi, maka proses belajar mengajar harus dilakukan berdasarkan perencanaan yang baik, dengan demikian maka proses pendidikan berlangsung dinamis.  Adapun proses pendidikan yang baik adalah pembelajaran yang sesuai dengan kondisi perkembangan pribadi anak dan situasi lingkungan serta lembaga pendidikan dimana siswa sekolah. Melalui pendidikan berdasarkan bidang studi yang diajarkan sebagai pelajaran memiliki dampak yang dapat menciptakan kecakapan bagi siswa.
Disadari bahwa untuk menciptakan manusia yang berprestasi, kreatif serta siswa yang berilmu pengetahuan tidak semudah yang dibayangkan. Karena untuk menciptakan siswa yang demikian perlu adanya keseimbangan keinginan dan keaktifan belajar siswa. Hal ini tidak terlepas tentang motivasi siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar.
Motivasi adalah perwujudan dari keinginan, hasrat  terhadap sesuatu kegiatan yang dilihat ataupun yang diikuti oleh individu seseorang. Perwujudan motivasi dapat dilihat dari sikap ataupun aktivitas individu, apakah ia mengikuti atau tidak, bersemangat atau tidak mengikuti proses pendidikan yang diajarkan oleh guru. Seseorang yang memiliki motivasi yang baik dalam belajar akan mewujudkan keaktifan, keuletan dan kesungguhan sehingga menghasilkan prestasi belajar yang baik bila dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki minat belajar.
Minat belajar seorang siswa bermacam-macam, antara lain minat yang lahir dari dalam diri sendiri, sebagian lain minat muncul karena dorongan keluarga, bahkan ada yang memiliki minat karena lingkungan. Dari berbagai minat belajar siswa yang muncul tergantung sampai sejauhmana motivasi siswa dalam belajar. Siswa yang memiliki motivasi tinggi akan memiliki semangat dan keseriusan dalam mengikuti pelajaran dan sebaliknya siswa yang tidak memiliki minat belajar akan melahirkan sikap yang tidak perduli terhadap pelajaran. Oleh karena itu tinggi rendahnya prestasi belajar siswa tidak terlepas sampai sejauhmana siswa menyikapi pelajaran yang diajarkan oleh guru di dalam kelas.
Siswa yang memiliki minat belajar yang tinggi, akan terlihat dalam menyikapi pelajaran di kelas dengan serius dan baik, sebaliknya siswa yang memiliki minat belajar yang rendah maka akan menyikapi pelajaran dengan kurang baik dan kurang serius. Siswa yang memiliki minat belajar yang baik ditandai dengan cara menyikapi dalam segala kegiatan proses belajar mengajar seperti dateng ke sekolah tepat waktu, mendengarkan pelajaran yang diajarkan guru dengan serius, mencatat hal-hal penting yang dipelajari, bertanya bila ada hal yang kurang jelas, mampu menjawab pertanyaan guru, mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dengan baik apakah itu pekerjaan di dalam kelas maupun pekerjaan di rumah.
Biasanya siswa yang meresponi dan menyikapi serta mengikuti proses belajar mengajar dengan baik akan mudah memahami setiap materi yang disampaikan oleh guru, dengan memahami setiap materi yang diajarkan oleh guru tentunya dapat menjawab setiap pertanyaan yang diberikan baik secara lisan maupun pada saat ulangan harian, ujian mid semester maupun pada saat ujian semester. Kemampuan menjawab setiap pertanyaan tulisan maupun lisan menunjukkan bahwa siswa tersebut memiliki prestasi belajar yang baik. Selain prestasi belajar yang diukur melalui nilai hasil belajar, prestasi belajar siswa berdasarkan kualitas juga akan lebih unggul dibandingkan dengan siswa yang memiliki minat belajar rendah. Salah satu contoh tingginya prestasi belajar siswa yang memiliki minat belajar siswa dari segi kualitas adalah adanya peningkatan disiplin belajar, peningkatan kreativitas belajar, semangat belajar dan peningkatan kemampuan lainnya dalam segala aktivitas belajar di dalam kelas.
Bila dikaitkan dengan lokasi penelitian penulis, maka penulis ingin melihat sampai sejauhmana minat belajar siswa SMP Swasta Nur Adia Desa Tanjung Selamat Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang dalam mengikuti proses belajar mengajar pada bidang studi pendidikan agama Islam, sesuai dengan hasil observasi sementara penulis di lapangan bahwa siswa SMP Swasta Nur Adia aktif, dan rajin mengikuti proses belajar pendidikan agama Islam, namun apakah minat belajar siswa tersebur memiliki korelasi dengan prestasi belajar agama Islam hal inilah yang membuat penulis untuk melakukan penelitian lebih mendalam.
Penulis ingin melakukan penelitian lebih dekat tentang minat belajar siswa dan keterkaitannya dengan prestasi belajar agama siswa. Kondisi ini membuat penulis tertarik untuk melakukan penelitian sehingga penulis menetapkan judul : ”KORELASI ANTARA MINAT DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AGAMA SISWA SMP SWASTA NUR ADIA DESA TANJUNG SELAMAT KECAMATAN SUNGGAL KABUPATEN DELI SERDANG”.

B. Identifikasi Masalah

Berdasarkan latar belakang tersebut di atas, maka penulis mengidentifikasi masalah sebagai berikut :
1.      Aktivitas belajar menggambarkan minat belajar siswa
2.      Kemauan dan dorongan dari luar merupakan salah satu faktor yang melahirkan minat belajar siswa.
3.      Kemampuan mengajar guru, kondisi sekolah dapat menghilangkan minat belajar siswa
3. Prestasi belajar siswa ditentukan oleh minat belajar
4. Minat belajar siswa mempengaruhi terhadap peningkatan prestasi belajar siswa.

C. Batasan Masalah

Agar penelitian ini lebih mudah difahami, maka penulis perlu membuat batasan istilah yang terdapat dalam judul, batasan istilah dimaksud adalah :
1.      Minat adalah “keinginan hati untuk melakukan sesuatu”2 minat yang dimaksudkan di sini adalah minat belajar yaitu hasrat, keinginan, atau dorongan hati dalam mengikuti kegiatan belajar siswa dalam proses belajar mengajar pendidikan agama Islam.
2.      Prestasi adalah “hasil yang dicapai, dilakukan” 3 Prestasi yang dimaksudkan dalam penelitian ini adalah nilai hasil tes belajar siswa.
3.      Belajar adalah “sebagai aktivitas untuk memperoleh  pengetahuan atau proses orang memperoleh berbagai kecakapan, keterampilan dan sikap”4 atau memperoleh pengetahuan dari guru melalui proses belajar mengajar di kelas dari berbagai bidang studi.
4.      Pelajaran Agama Islam adalah “bidang studi agama Islam yang diajarkan berdasarkan silabus dan kurikulum yang ditetapkan”5 Pelajaran agama yang dimaksudkan adalah bidang studi agama Islam yang diajarkan bagi siswa di SMP Swasta Nur Adia Desa Tanjung Selamat Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang.
Berdasarkan pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa minat yang dimaksudkan adalah hasrat atau keinginan belajar siswa, sedangkan prestasi belajar adalah adalah hasil yang dicapai seseorang dalam melakukan sesuatu, yang dalam hal ini dimaksudkan adalah hasil belajar siswa yang diperoleh berdasarkan tes/ulangan bidang studi pendidikan agama Islam.

D. Rumusan Masalah

Dalam penelitian ini penulis menetapkan rumusan masalah sebagaimana berikut :
1.      Bagaimana minat belajar siswa SMP Swasta Nur Adia Desa Tanjung Selamat Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang ?
2.      Bagaimana prestasi belajar siswa SMP Swasta Nur Adia Desa Tanjung Selamat Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang ?
3.      Apakah terdapat korelasi yang signifikan dengan minat terhadap prestasi belajar siswa SMP Swasta Nur Adia Desa Tanjung Selamat Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang ?

E. Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian ini adalah :
1. Untuk mengetahui minat belajar siswa SMP Swasta Nur Adia Desa Tanjung Selamat Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang.
2.  Untuk mengetahui prestasi belajar siswa SMP Swasta Nur Adia Desa Tanjung Selamat Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang.
3. Untuk mengetahui korelasi yang signifikan antara minat dengan prestasi belajar siswa SMP Swasta Nur Adia Desa Tanjung Selamat Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang

F. Manfaat Penelitian
Adapun penelitian ini dilakukan berguna sebagai  :
  1. Bahan masukan bagi guru terhadap pentingnya minat dalam proses belajar mengajar.
  2. Sebagai persyaratan bagi penulis untuk menyelesaikan perkuliahan di Fakultas Tarbiyah IAIN – SU Medan
  3. Sebagai bahan perbandingan bagi peneliti lain yang ingin membahas masalah yang ada kaitannya dengan penelitian ini.


1 Abdul Azis Rambe, Sumbangan Pendidikan Islam Dalam Pembangunan Nasional, (Medan : Toha Putra, 1994), hlm. 87
2 WJS. Poerwadarminta, Kamus  Umum Bahasa Indonesia, (Jakarta : PN. Balai Pustaka, 1997), hlm.113
3 Muhibbin, Psikologi Belajar, (Jakarta : Raja Grafindo,2004), hlm. 213
4 Aunurrahman, Belajar dan Pembelajaran, ( Bandung : Alfabeta,, 2010), hlm 38
5 Wahyusddinm, Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi, (Jakarta : Gramedia, 2009), hlm. 5


SYARAT UNTUK MENDAPATKAN FILE LENGKAP….!!!
File yang tertera diblog ubah saja objeknya biar cepet, ganti saja dengan yang terbaru, kemudian sesuaikan, untuk objek, ubah saja objek jadi tempat yang rencananya anda teliti, beres kan?
File yang anda inginkan bisa konfirmasi ke No. HP ini 0852 6208 9526  untuk mendapatkan file skripsi lengkap (bab1-sampai selesai) dalam bentuk document. Dengan mememenuhi biaya admin di bawah setelah anda melakukan transfer ke:
No Rek BRI  3529-01-026884-53-8  WAHYU RISHANDI (Cab. MARIENDAL MEDAN)
DENGAN NILAI NOMINAL TRANSFER Rp. 100.000/Judul Skripsi
ANGGAP SAJA UNTUK GANTI PENGETIKAN SKRIPS LENGKAP DALAM FORM DOC DAN PENGELOLA BLOG INI.
PELUANG KERJASAMA
kalau ingin untung, sebarin saja ke teman-teman judul di blog ini dan naikan saja harganya
kalau ada kesulitan sms atau contact aja ke No HP saya atau Add FB ya way@id-fb.com
UNTUK PEMESANAN
SETELAH TRANSFER SMS AJA KE 0852-6208-9526
DENGAN ISI SMS:
Nama, alamat E-mail anda serta judul yang anda inginkan.
Share this post :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012 - 2013. Wahyu Rishandi, SH - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Re Design by Doza | Proudly powered by Blogger