JUDUL SKRIPSI: PENDIDIKAN ISLAM DENGAN SISTEM KBK AN PENGARUHNYA TERHADAP PENGAMALAN AGAMA ISLAM SISWA SMA NEGERI 1 KUALUH HILIR KABUPATEN LABUHAN BATU.




ABSTRAKSI

Terbukanya penggunaan metode Berpikir-Berpasangan-Berbagi (Think-Pair-Share) atau yang dikenal dengan TPS atau merupakan methode alternatif yang dapat digunakan guru untuk mempercepat atau memudahkan siswa menerima pelajaran dan meraih prestasi belajar yang tinggi. Metode ini menghendaki siswa bekerja saling membantu dalam kelompok kecil (2-6) anggota atau lebih dan lebih dicirikan oleh penghargaan kooperatif dari pada penghargaan individual Pendekatan pembelajaran kooperatif merupakan konsep belajar yang membantu guru untuk melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran khususnya pelajaran fikih.

Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah meneliti tentang Bagaimana pelaksanaan pembelajaran TPS dalam bidang studi fikih. Apakah hasil belajar siswa dalam bidang studi fikih yang diajarkan dalam pembelajaran TPS dapat meningkat. Bagaimanakah pengaruh pelaksanaan pembelajaran TPS terhadap prestasi belajar siswa dalam bidang studi fikih. Sehingga melahirkan hipotesa Bahwa penerapan teknik belajar Think-Pair-Share berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar fikih siswa. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sampel sebanyak 50 orang dengan melakukan observasi, angket dan interviuw sebagai alat pengumpulan data.

Berdasarkan hasil penelitian maka  terlihat bahwa Pelaksanaan pembelajaran Think Pair-Share adalah suatu teknik pembelajaran dengan penerapan dalam pembentukan kelompok-kelompok kecil dalam kelas  untuk mengerjakan dan menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru fikih sesuai dengan pembahasan yang diberikan, selanjutnya dianalisa bersama dengan kelompok lain terhadap hasil dari masing-masing kelompok. Hasil belajar siswa pada materi fikih dapat meningkat dengan penerapan teknik Think Pair-Share peningkatan itu terlihat pada hasil angket 18 dan 20 dalam penjelasan tabel XXI dan XXIII. Pengaruh penerapan Teknik Think Pair-Share terhadap hasil belajar fikih siswa sesuai dengan hasil penelitian penulis menunjukkan ada pengaruh yang signifikan, hal ini dibuktikan dengan tingkat signifikansi dalam korelasi yang sangat tinggi berdasarkan hasil perhitungan r-hitung lebih besar dari r-tabel (2.63 > 0.28),
 


DAFTAR ISI


ABSTRAKSI............................................................................................................ i
KATA PENGANTAR.............................................................................................. ii
DAFTAR ISI............................................................................................................. iv
DAFTAR TABEL..................................................................................................... vi
BAB I           : PENDAHULUAN ........................................................................... 1
A. Latar Belakang Masalah ............................................................ 1
B.  Perumusan Masalah ................................................................... 5
C.  Tujuan dan Kegunaan Penelitian ............................................... 5
D. Batasan Istilah ........................................................................... 6
E.  Hipotesa ..................................................................................... 8
F.  Sistematika Pembahasan ............................................................. 8.
BAB II          :   LANDASAN TEORETIS  ............................................................ 9
A.Penerapan Teknik Belajar Siswa ................................................. 9
B. Pengertian Teknik-Think Pair – Share ........................................ 12
C. Teknik TPS pada Materi Fikih .................................................... 17
D.Tujuan Penerapan TPS dalam Pembelajaran Fikih ...................... 18
BAB III        :   METODOLOGI PENELITIAN .................................................... 22
A.Lokasi Penelitian ......................................................................... 22
B. Populasi dan Sampel ................................................................... 24
C. Sumber Data ............................................................................... 25
D. Teknik Pengumpulan Data  ........................................................ 26
E. Teknik Pengolahan  dan Analisa Data ........................................ 27
BAB IV        :   PEMBAHASAN PENELITIAN ................................................... 34
A.Prosedur Penelitian ..................................................................... 34
B. Pengolahan Data ......................................................................... 35
C. Pengujian Hipotesis .................................................................... 53
Bab V            :   KESIMPULAN DAN SARAN ..................................................... 55
A.Kesimpulan ................................................................................. 56
B. Saran-saran .................................................................................. 60
DAFTAR PUSTAKA.
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
LAMPIRAN-LAMPIRAN


DAFTAR TABEL
NOMOR                                              J U D U L                              HALAMAN
I.              :   TENAGA PENGAJAR MADRASAH TSANAWIYAH
                    NEGERI KECAMATAN BAHOROK............................................... 23

II             :   SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH...................................... 24

III            :   GURU FIKIH MENERAPKAN TEKNIK THINK PAIR SHARE                30

IV            :   TEKNIK THINK – PAIR – SHARE DAPAT DIAJARKAN
                    DENGAN TEPAT................................................................................ 31

V             :   TEKNIK THINK – PAIR – SHARE DIAJARKAN PADA
                    MATERI SELAIN FIKIH.................................................................... 32

VI            :   TEKNIK THINK – PAIR – SHARE TEPAT DITERAPKAN PADA
                    MATERI FARDHU KIFAYAH.......................................................... 33

VII          :   TEKNIK THINK – PAIR – SHARE DITERAPKAN DALAM
                    BENTUK KELOMPOK....................................................................... 34

VIII         :   TEKNIK THINK – PAIR – SHARE LEBIH BAIK DALAM
                    BENTUK KELOMPOK DARI PADA INDIVIDU........................... 35

IX            :   TEKNIK THINK – PAIR – SHARE DITERAPKAN DALAM
                    MASALAH MEMANDIKAN JENAZAH......................................... 36

X             :   TEKNIK THINK – PAIR – SHARE DITERAPKAN DALAM
                    MASALAH MENSHALATKAN  JENAZAH................................... 37

XI            : TEKNIK THINK – PAIR – SHARE DITERAPKAN DALAM
                    MASALAH MENGKAFANI JENAZAH........................................... 38

XII          :   TEKNIK THINK – PAIR – SHARE DITERAPKAN DALAM
                    MASALAH MENGUBURKAN JENAZAH...................................... 39

XIII         :   SKOR JAWABAN VARIABEL X..................................................... 40

XIV         :   SENANG BELAJAR FIKIH DENGAN TEKNIK THINK-PAIR
                    SHARE.................................................................................................. 42

XV          :   FAHAM TERHADAP MATERI FIKIH DENGAN TEKNIK
                    THINK – PAIR-SHARE...................................................................... 43

XVI         :   MAMPU BELAJAR MEMANDIKAN JENAZAH DENGAN
                    TEKNIK THINK PAIR SHARE......................................................... 44

XVII       :   MAMPU BELAJAR MENSHALATKAN JENAZAH DENGAN
                    TEKNIK THINK PAIR SHARE......................................................... 45

XVIII      :   MAMPU BELAJAR MENGKAFANI JENAZAH DENGAN
                    TEKNIK THINK PAIR SHARE......................................................... 46

XIX         :   MAMPU BELAJAR MENGUBURKAN JENAZAH DENGAN
                    TEKNIK THINK PAIR SHARE......................................................... 46

XX          :   MEMAHAMI SECARA KESELURUHAN PELAJARAN FIKIH
                    DENGAN TEKNIK THINK PAIR SHARE....................................... 47

XXI         :   HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN
                    TEKNIK THINK PAIR SHARE......................................................... 48

XXII       :   PEMBELAJARAN TEKNIK THINK PAIR SHARE DAPAT
                    MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR............................................. 49

XXIII      :   PENGARUH TEKNIK THINK PAIR SHARE TERHADAP
                    HASIL BELAJAR SISWA.................................................................. 50

XXIV      :   SKOR JAWABAN VARIABEL Y..................................................... 51

XXV       :   KOEFISIEN KORELASI ANTARA VARIABEL X DAN Y.......... 53


SYARAT UNTUK MENDAPATKAN FILE LENGKAP….!!!
File yang tertera diblog ubah saja objeknya biar cepet, ganti saja dengan yang terbaru, kemudian sesuaikan, untuk objek, ubah saja objek jadi tempat yang rencananya anda teliti, beres kan?
File yang anda inginkan bisa konfirmasi ke No. HP ini 0852 6208 9526 atau 0819 6067 526 untuk mendapatkan file skripsi lengkap (bab1-sampai selesai) dalam bentuk document. Dengan mememenuhi biaya admin di bawah setelah anda melakukan transfer ke:
No Rek BRI  3529-01-026884-53-8  WAHYU RISHANDI (Cab. MARIENDAL MEDAN)
DENGAN NILAI NOMINAL TRANSFER Rp. 100.000/Judul Skripsi
ANGGAP SAJA UNTUK GANTI PENGETIKAN SKRIPS LENGKAP DALAM FORM DOC DAN PENGELOLA BLOG INI.
PELUANG KERJASAMA
kalau ingin untung, sebarin saja ke teman-teman judul di blog ini dan naikan saja harganya
kalau ada kesulitan sms atau contact aja ke No HP saya atau Add FB ya way@id-fb.com
UNTUK PEMESANAN
SETELAH TRANSFER SMS AJA KE 0852-6208-9526 atau 0819-6067-526
DENGAN ISI SMS:
Nama, alamat E-mail anda serta judul yang anda inginkan.



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Wahyu Rishandi, S.H., M.Si Updated at: 20.10

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers