JUDUL SKRIPSI: PENERAPAN METODE DISKUSI DALAM MENINGKAKAN MOTIVASI BELAJAR AGAMA ISLAM SISWA KELAS V SD NEGERI NO.163081 KECAMATAN RAMBUTAN KOTA TEBING TINGGI.



ABSTRAKSI

Salah satu metode yang dianggap relevan dapat memotivasi belajar siswa dalam pendidikan agama Islam adalah metode diskusi dalam hal ini guru memberikan materi yang didiskusikan oleh siswa yang dibentuk dalam suatu kelompok, hal inilah bentuk diskusi yang dianggap ideal. Metode diskusi merupakan suatu metode pembelajaran dimana guru mendiskusikan materi pelajaran  dengan siswa secara bersama-sama atau guru memberikan topik atau materi yang akan didiskusikan dengan membentuk kelompok-kelompok diskusi siswa agar siswa mendiskusikan materi yang diajarkan kemudian mengambil kesimpulan terhadap hasil diskusi kelompok tersebut.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode diskusi kepada siswa dalam pembelajaran agama Islam. Untuk mengetahui motivasi belajar siswa dalam pembelajaran agama Islam. Untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar agama siswa dengan penerapan metode diskusi. Sedangkan sample 50 penelitian ini berjumlah, penelitian ini bersifat kuantitatif dengan analisa statistic product moment.
Berdasarkan hasil penelitian maka diketahui bahwa  pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode diskusi adalah suatu teknik pembelajaran dengan penerapan dalam pembentukan kelompok-kelompok kecil dalam kelas  untuk mendiskusikan materi pelajaran dan mengerjakan serta menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru agama sesuai dengan pembahasan yang diberikan, selanjutnya dianalisa bersama dengan kelompok lain terhadap hasil dari masing-masing kelompok. Motivasi belajar siswa pada bidang studi agama cukup baik dapat meningkat dengan penerapan metode diskusi peningkatan itu diketahui karena dengan menggunakan metode diskusi pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan lebih mudah dan lebih dimengerti. Pengaruh penerapan metode diskusi terhadap motivasi belajar agama siswa sesuai dengan motivasi penelitian penulis menunjukkan ada pengaruh yang signifikan, hal ini dibuktikan dengan tingkat signifikansi dalam korelasi yang sangat tinggi.




DAFTAR ISI
ABSTRAKSI.............................................................................................................. i
KATA PENGANTAR................................................................................................ ii
DAFTAR ISI.............................................................................................................. iv
DAFTARTABEL........................................................................................................ vi
BAB I           : PENDAHULUAN ............................................................................. 1
A.     Latar Belakang Masalah ............................................................... 1
B.     Rumusan Masalah ......................................................................... 6
C.     Tujuan Dan Kegunaan Penelitian ................................................... 6
D.     Batasan Istilah .............................................................................. 7
E.      Hipotesis  ..................................................................................... 9
F.      Sistematika Pembahasan ............................................................... .9
BAB II          : URAIAN TEORITIS .......................................................................... 10
A.     Pengertian Metode Diskusi............................................................ 10
B.     Penerapan Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Agama
      Islam............................................................................................. 14
C.     Pengertian Motivasi................................................................... .... 17
D.     Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Siswa....................... 27
BAB III         : METODOLOGI PENELITIAN .......................................................... 33
A.     Lokasi Penelitian ........................................................................... 33
B.     Populasi Dan Sampel..................................................................... 37
C.     Sumber Data ................................................................................ 38
D.     Teknik Pengumpulan Data ............................................................ 38
E.      Teknik Pengolahan Dan Analisis Data ........................................... 39
BAB IV        : PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN ............................................ 41
A.     Prosedur Penelitian ....................................................................... 41
B.     Pengolahan Data ........................................................................... 42
C.     Pengujian Hipotesis ....................................................................... 62
BAB V          : KESIMPULAN DAN SARAN-SARAN .......................................... 66
A.     Kesimpulan .................................................................................. 66
B.     Saran-Saran ................................................................................. 67
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR RIWAYAT  HIDUP
LAMPIRAN


DAFTAR TABEL
TABEL                                                J U D U L                                        HALAMAN
I              :  JUMLAH SISWA KELAS V................................................................... 33

II             :  TINGKATPENDIDIKAN ORANG TUA SISWA................................... 34

III           :  JENIS PEKERJAAN ORANG TUA SISWA (AYAH)............................ 34

IV           :  JENIS PEKERJAAN ORANG TUA SISWA (IBU)................................. 35

V            :  JUMLAH GURU MENURUT JENIS KELAMIN.................................... 35

VI           :  TINGKAT PENDIDIKAN GURU........................................................... 36

VII          :  SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH............................................ 36

VIII         :  GURU MENERAPKAN METODE DISKUSI......................................... 42

IX           :  METODE DISKUSI DAPAT DIAJARKAN DENGAN EPAT................ 43

X            :  METODE DISKUSI JUGA TEPAT DITERAPKAN PADA
                  MATERI LAIN........................................................................................ 44

XI           :  METODE DISKUSI TEPAT DIAJARKAN PADA MATERI
                  IBADAH.................................................................................................. 45

XII          :  METODE DISKUSI DITERAPKAN DALAM BENTUK
                  KELOMPOK........................................................................................... 46

XIII         :  METODE DISKUSI LEBIH BAIK DALAM KELOMOK BESAR
                  ATAU KELOMPOK KECIL................................................................... 47

XIV        :  METODE DISKUSI DITERAPKAN DALAM BIDANG SYARIAH. 48

XV          :  METODE DISKUSI DITERAPKAN DALAM BIDANG AKIDAH........ 48

XVI        :  METODE DISKUSI DITERAPKAN DALAM BIDANG AKHLAK.. 49

XVII       :  METODE DISKUSI DITERAPKAN DALAM MASALAH LAIN.......... 50

XVIII      :  SKOR JAWABAN VARIABEL X........................................................... 51

XIX        :  SENANG BELAJAR AGAMA ISLAM................................................... 53

XX          :  FAHAM TERHADAP AGAMA DENGAN METODE DISKUSI
                  YANG DITERAPKAN............................................................................ 54

XXI        :  MAMPUBELAJAR IBADAH DENGAN SISTEM DISKUSI................. 55

XXII       :  MAMPU BELAJAR SYARIAH DENGAN METODE DISKUSI............ 55

XXIII      :  MAMPU BELAJAR TAUHID DENGAN DISKUSI............................... 56

XXIV      :  MAMPU BELAJAR AKIDAH DENGAN METODE DISKUSI.............. 57

XXV       :  MAMPU BELAJAR AKHLAK DENGAN METODE DISKUSI............ 57

XXVI      :  MEMAHAMI KESELURUHAN PELAJARAN...................................... 58

XXVII    :  SEMANGAT SISWA BELAJAR DENGAN METODE DISKUSI.......... 59

XXVIII   :  PENGARUH METODE DISKUSI TERHADAP MOTIVASI
                  BELAJAR SISWA................................................................................... 60

XXIX      :  SKOR JAWABAN VARIABEL Y........................................................... 61

XXX       :  KOEFISIEN KORELASI VARIABEL X DAN Y................................... 63


SYARAT UNTUK MENDAPATKAN FILE LENGKAP….!!!
File yang tertera diblog ubah saja objeknya biar cepet, ganti saja dengan yang terbaru, kemudian sesuaikan, untuk objek, ubah saja objek jadi tempat yang rencananya anda teliti, beres kan?
File yang anda inginkan bisa konfirmasi ke No. HP ini 0852 6208 9526 atau 0819 6067 526 untuk mendapatkan file skripsi lengkap (bab1-sampai selesai) dalam bentuk document. Dengan mememenuhi biaya admin di bawah setelah anda melakukan transfer ke:
No Rek BRI  3529-01-026884-53-8  WAHYU RISHANDI (Cab. MARIENDAL MEDAN)
DENGAN NILAI NOMINAL TRANSFER Rp. 100.000/Judul Skripsi
ANGGAP SAJA UNTUK GANTI PENGETIKAN SKRIPS LENGKAP DALAM FORM DOC DAN PENGELOLA BLOG INI.
PELUANG KERJASAMA
kalau ingin untung, sebarin saja ke teman-teman judul di blog ini dan naikan saja harganya
kalau ada kesulitan sms atau contact aja ke No HP saya atau Add FB ya way@id-fb.com
UNTUK PEMESANAN
SETELAH TRANSFER SMS AJA KE 0852-6208-9526 atau 0819-6067-526
DENGAN ISI SMS:
Nama, alamat E-mail anda serta judul yang anda inginkan.



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Wahyu Rishandi, S.H., M.Si Updated at: 20.33

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers