JUDUL SKRIPSI: PENERAPAN MULTI METODE DAN PENGARUHNYA TERHAAP PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN SISWA KELAS V SD MUHAJIRIN MEDAN



ABSTRAKSI

Berbagai macam metode pembelajaran seorang guru harus bisa menyesuaikannya dengan materi yang sedang diajarkan, dengan demikian pemahaman membaca dan kepandaian menulis al-Qur’an bagi siswa akan lebih meningkat. Berdasarkan pemantauan dan pengalaman mengajar baca tulis Al-Qur’an pada siswa Kelas V SD Muhajirin Medan, siswa masih  belum dapat membaca dan menulis ayat Al-Qur’an dengan benar, hal ini dapat dilihat dari latihan sehari-hari di kelas, umumnya mereka kurang mampu untuk dapat membaca dan menulis dengan benar.

Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah   :  Bagaimanakah penggunaan multi metode dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SD Muhajirin Medan. Bagaimanakah hasil belajar baca tulis Al-Qur’an siswa dengan menggunakan Multi Metode. Bagaimanakah pengaruh penerapan multi metode terhadap kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa.. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I sampai kelas VI sebanyak 250 orang dan sample penelitian ini adalah 50 orang.

Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa  Penggunaan multi metode dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SD Muhajirin Medan adalah penggunaan berbagai metode yaitu metode ceramah, metode Tanya jawab, latihan dan hapalan. Metode ini merupakan penerapan multi metode yang dianggap relevan terhadap pembelajaran tulis baca Al-Qur’an. Hasil belajar tulis Al-Qur’an siswa dengan pembelajaran multi metode sebagaimana hasil penelitian adalah baik., yaitu dengan nilai yang cukup tinggi sesuai dengan hasil angket. Pengaruh penggunaan multi metode dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan. Pengaruh ini terlihat dari hasil perhitungan skor variable X dan variable Y Melalui data tersebut diketahui bahwa ternyata r hitung lebih besar dari  nilai r tabel (2.63 > 0.28), hal ini berarti multi methode dalam pengajaran Baca tulis Al-Qur’an  mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa SD Muhajirin Medan dengan tingkat signifikansi sangat tinggi karena berada pada posisi 0.80 0.10 (Korelasi sangat tinggi).
 



 
DAFTAR ISI
                  Halaman
ABSTRAKSI............................................................................................................ i
KATA PENGANTAR.............................................................................................. ii
DAFTAR ISI............................................................................................................. iv
DAFTARTABEL...................................................................................................... vi
BAB I          : PENDAHULUAN............................................................................ 1
A.    Latar Belakang Masalah ............................................................. 1
B.     Rumusan Masalah ....................................................................... 3
C.     Tujuan Dan Kegunaan Penelitian ............................................... 4
D.    Batasan Istilah ............................................................................ 5
E.     Hipotesis ................................................................................. .... 5
F.      Sistematika Pembahasan ............................................................. 6
BAB II         : LANDASAN TEORITIS ................................................................. 7
A.    Pengertian Multi Metode ............................................................ 7
B.     Tujuan Metode Pengajaran ......................................................... 9
C.     Kedudukan Metode dalam Proses Belajar Mengajar ................. 10
D.    Berbagai Metode Dalam Pengajaran Al-Qur’an ......................... 14
E.     Pentingnya Baca Tulis Al-Qur’an ............................................... 15
F.      Kreativitas Guru Memilih Metode .............................................. 22
BAB III       : METODOLOGI PENELITIAN ....................................................... 31
A.    Lokasi Penelitian ......................................................................... 31
B.     Populasi Dan Sampel .................................................................. 32
C.     Sumber Data ............................................................................... 32
D.    Teknik Pengumpulan Data .......................................................... 32
E.     Teknik Pengolahan Dan Analisis Data ....................................... 33
BAB IV       : PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN ........................................ 35
A.    Prosedur Penelitian ..................................................................... 35
B.     Pengolahan Data ......................................................................... 36
C.     Pengujian Hipotesis .................................................................... 61
BAB V         : KESIMPULAN DAN SARAN ....................................................... 62
A.    Kesimpulan ................................................................................. 62
B.     Saran-Saran ................................................................................. 63
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR RIWAYAT  HIDUP
LAMPIRAN

DAFTAR TABEL

NOMOR                                             J U D U L                                   HALAMAN

I                 :  SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH..................................... 31

II               :  GURU MENERAPKAN METODE SAAT MENGAJAR................ 36

III              :  GURU TETAP MENGGUNAKAN MULTI METODE.................... 37

IV              :  METODE YANG BERANEKA RAGAM DITERAPKAN PADA
                     MATERI LAIN.................................................................................... 38

V               :  METODE YANG DIAJARKAN TETAP PADA MATERI BACA
                     TULIS AL-QUR’AN...................................................................... .... 39

VI              :  PENERAPAN MULTI METODE DITERAPKAN DALAM
                     BENTUK TEORI................................................................................. 40

VII            :  MULTI METODE LEBIH BAIK DITERAPKAN DALAM
                     BENTUK PRAKTEK.......................................................................... 41

VIII           :  MULTI METODE DITERAPKAN DALAM BACA AL-QUR’AN 42

IX              :  GURU MENGUASAI PENGGUNAAN MULTI METODE........... 43

X               :  MULTI METODE DITERAPKAN DALAM BACA TULIS
                     AL-QUR’AN....................................................................................... 44

XI              :  MULTI METODE DITERAPKAN DALAM MENGHAFAL
                     AL-QUR’AN....................................................................................... 45

XII            :  SKOR JAWABAN VARIABEL X.................................................... 46

XIII           :  SISWA SENANG BELAJAR PELAJARAN BACA TULIS
                     AL-QUR’AN....................................................................................... 48

XIV           :  MENGERTI TENTANG PENJELASAN GURU BACA TULIS
                     AL-QUR’AN....................................................................................... 49

XV            :  MAMPU MEMAHAMI BACA TULIS AL-QUR’AN...................... 50

XVI           :  MAMPU BELAJAR BACA TULIS AL-QUR’AN DENGAN
                     MULTI METODE................................................................................ 50

XVII         ;  MAMPU BELAJAR BACA TULIS AL-QUR’AN........................... 51

XVIII        :  MAMPU BELAJAR TULIS AL-QUR’AN........................................ 52

XIX           :  MEMAHAMI PELAJARAN SECARA KESELURUHAN............. 53

XX            :  HASIL BELAJAR SISWA................................................................. 53

XXI           :  MULTI METODE BERPENGARUH TERHADAP HASIL
                     BELAJAR SISWA.............................................................................. 54

XXII         :  PENGARUH PEMBELAJARAN MULTIMETODE TERHADAP
                     HASIL BELAJAR SISWA................................................................. 55

XXIII        :  SKOR JAWABAN VARIABEL Y.................................................... 56

XXIV        :  KOEFISIEN KORELASI ANTARA VARIABEL X DAN Y......... 57        


SYARAT UNTUK MENDAPATKAN FILE LENGKAP….!!!
File yang tertera diblog ubah saja objeknya biar cepet, ganti saja dengan yang terbaru, kemudian sesuaikan, untuk objek, ubah saja objek jadi tempat yang rencananya anda teliti, beres kan?
File yang anda inginkan bisa konfirmasi ke No. HP ini 0852 6208 9526 atau 0819 6067 526 untuk mendapatkan file skripsi lengkap (bab1-sampai selesai) dalam bentuk document. Dengan mememenuhi biaya admin di bawah setelah anda melakukan transfer ke:
No Rek BRI  3529-01-026884-53-8  WAHYU RISHANDI (Cab. MARIENDAL MEDAN)
DENGAN NILAI NOMINAL TRANSFER Rp. 100.000/Judul Skripsi
ANGGAP SAJA UNTUK GANTI PENGETIKAN SKRIPS LENGKAP DALAM FORM DOC DAN PENGELOLA BLOG INI.
PELUANG KERJASAMA
kalau ingin untung, sebarin saja ke teman-teman judul di blog ini dan naikan saja harganya
kalau ada kesulitan sms atau contact aja ke No HP saya atau Add FB ya way@id-fb.com
UNTUK PEMESANAN
SETELAH TRANSFER SMS AJA KE 0852-6208-9526 atau 0819-6067-526
DENGAN ISI SMS:
Nama, alamat E-mail anda serta judul yang anda inginkan.



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Wahyu Rishandi, S.H., M.Si Updated at: 08.59

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers