JUDUL SKRIPSI: PENERAPANMETODOLOGI MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PESANTREN ABDUL RAHMAN BIN A’UF KEL.TITI KUNING KEC.MEDAN JOHOR



ABSTRAKSI


Melalui kegiatan praktek seperti menghafal siswa diajak untuk mengamati mana di antara mereka yang lebih cepat memahami dan mengerti tentang Al-Qur’an. dan mana siswa yang kurang atau tidak mengerti dan tidak hafal ayat Al-Qur’an. Dengan demikian melalui kegikatan pengajaran yang menggunakan methode yang tepat aktivitas belajar siswa dapat dioptimalkan yang mencakup aktivitas fisik, mental, emosional maupun intelektual motorik siswa. Memberdayakan siswa dalam kegiatan belajar dengan menggunakan methode ini artinya mengkondisikan lingkungan belajar dan cara belajar siswa yang lebih efektif dan efisien serta mengajak siswa untuk bersikap produktif dalam belajar.

Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah  apakah metodologi menghafal Al-Qur’an diterapkan kepada siswa Pesantren Abdur  Rahman Bin A’uf, Bagaimanakah metodologi menghafal Al-Qur’an terhadap siswa di Pesantren Abdur  Rahman Bin A’uf, bagaimanakah pengaruh metodologi menghafal Al-Qur’an terhadap prestasi belajar al-Qur’an siswa.

Berdasarkan hasil penelitian metodologi menghafal Al-Qur’an benar-benar diterapkan kepada siswa di Pesantren Tahfizul Qur’an Abdur Rahman bin Auf di Kelurahan Titi Kuning Kecamatan Medan Johor. Penerapan ini dilakukan untuk mempermudah siswa menghafal ayat Al-Qur’an.  Metodologi menghafal Al-Qur’an yang diterapkan kepada siswa di Pesantren Tahfizul Qur’an Abdur Rahman bin Auf di Kelurahan Titi Kuning Kecamatan Medan Johor diawali dengan metode ceramah yaitu penjelasan terhadap ayat baik cara baca, arti dan makna, kemudian diberikan metode penugasan yaitu siswa disuruh untuk menghafalnya di kelas dan di rumah baik secara berkelompok maupun individu. Melalui metodologi menghafal Al-Qur’an yang diterapkan kepada siswa di Pesantren Tahfizul Qur’an Abdur Rahman bin Auf di Kelurahan Titi Kuning Kecamatan Medan Johor, ternyata dapat mempengaruhi hasil belajar Al-Qur’an siswa.



BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Kegiatan belajar mengajar dikelas adalah suatu penjelasan yang diberikan guru kepada anak didik mengenai sesuatu hal (ilmu pengetahuan). Pemberian penjelasan demikian dapat dilakukan oleh guru secara sendiri, hal ini dapat juga dilakukan dengan bantuan siswa lainnya. Penjelasan oleh guru dimaksudkan “untuk mengorganisasikan pelajaran secara sistematik dapat dengan mudah dipahami bagi anak didik.”[1]
Dalam hal ini guru mengajar hanya memberikan informasi pengetahuan saja dan siswa hanya menerimanya tanpa memberikan respon. Dalam pelaksanaan proses belajar mengajar seperti inilah guru yang berfikir aktif, guru merupakan sumber pengetahuan sedangkan anak didik merupakan objek pendengar saja, sehingga tidak jarang terlihat anak didik menjadi pasif dan sulit dalam melaksanakan interaksi dengan lingkungannya baik itu dengan guru maupun dengan sesama anak didik.
Oleh karenanya pemilihan metode pembelajaran yang tepat untuk penyampaian materi dalam mengajar akan mewujudkan tujuan pengajaran. Penggunaan metode yang tepat dan bervariasi dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar, sebaliknya metode pembelajaran dengan cara monoton dan tidak bervariasi cenderung menghasilkan kegiatan belajar mengajar yang membosankan bagi anak didik. Jadi, metode mengajar dapat digunakan untuk memotivasi siswa dalam meningkatkan hasil belajar. Selanjutnya mengenai rendahnya hasil belajar siswa dalam pelajaran menghafal Al-Qur’an diduga banyak faktor penyebab antara lain: “rendahnya kemampuan guru dalam mendesain dan menentukan, mengelola strategi pembelajaran di kelas, penggunaan media/alat peraga dan sebagainya”.[2]
Methode yang sesuai menekankan pada kegiatan ceramah, praktek langsung  yang dapat dilakukan di dalam kelas maupun di luar kelas. Setelah diadakan praktek lalu  diamati hasil kegiatan praktek tersebut. Berbagai methode biasanya digunakan pada berbagai materi pelajaran yang baik bersifat motoris seperti  menulis, membaca, menghapal, berhitung, keterampilan, praktek fisika atau biologi dan praktek keagamaan.
Melalui methode ini siswa dilatih kecakapan dan kemampuannya dalam bidang pengajaran yang telah ditentukan sehingga dapat diukur apakah siswa dapat menerima materi pelajaran dengan baik dan benar. Melalui latihan-latihan yang diberikan kepada siswa diharapkan dapat mahir atau pandai tentang sesuatu ilmu yang diberikan guru. Contoh pada pelajaran agama yakni latihan menghafal Al-Qur’an dalam bidang studi agama.
Melalui kegiatan praktek seperti menghafal siswa diajak untuk mengamati mana di antara mereka yang lebih cepat memahami dan mengerti tentang Al-Qur’an. dan mana siswa yang kurang atau tidak mengerti dan tidak hafal ayat Al-Qur’an. Dengan demikian melalui kegikatan pengajaran yang menggunakan methode yang tepat aktivitas belajar siswa dapat dioptimalkan yang mencakup aktivitas fisik, mental, emosional maupun intelektual motorik siswa. Memberdayakan siswa dalam kegiatan belajar dengan menggunakan methode ini artinya mengkondisikan lingkungan belajar dan cara belajar siswa yang lebih efektif dan efisien serta mengajak siswa untuk bersikap produktif dalam belajar.
Konsep belajar yang digunakan dalam proses pembelajaran bukan hanya apa saja yang harus dipelajari siswa, tapi bagaimana siswa harus mempelajarinya dan memahaminya. Penggunaan metodologi menghafal dalam proses pengajaran khususnya pada bidang ayat Qur’an akan memberikan kesan tersendiri bagi siswa, melalui metode penghafalan siswa dapat memperoleh kepada keberhasilan dalam belajarnya, khususnya siswa Pesantren Abrur Rahman Bin A’uf.
Berdasarkan pemikiran di atas menunjukkan bahwa penggunaan metodologi menghafal bermuara pada satu titik sentral, yakni agar siswa dapat memahami materi pelajaran dengan baik dan benar serta siswa dapat mengucapkannya dengan benar.
Namun persoalan mendasar yang penulis analisa sementara, khususnya di sekolah Pesantren Abrur Rahman bin A’uf adalah bagaimana guru menggunakan metodologi penghafalan dalam ayat Qur’an khususnya ayat-ayat pendek ditinjau dari kemampuam membaca dan mengulang serta menghafalnya. Untuk menjawab masalah ini, maka penulis mencoba mengadakan penelitian dengan mengangkat sebuah judul yaitu : ‘PENERAPAN METODOLOGI MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PESANTREN ABRUR RAHMAN BIN A’UF KEl. TITI KUNING  KECAMATAN MEDAN JOHOR”

B. Rumusan Masalah

Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.      Apakah metodologi menghafal Al-Qur’an diterapkan kepada siswa Pesantren Abdur  Rahman Bin A’uf ?
2.      Bagaimanakah metodologi menghafal Al-Qur’an terhadap siswa di Pesantren Abdur  Rahman Bin A’uf ?
3.      Bagaimanakah pengaruh metodologi menghafal Al-Qur’an terhadap prestasi belajar al-Qur’an siswa ?

C. Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penelitian ini secara khusus sebagai berikut :
1.      Untuk mengetahui metodologi menghafal Al-Qur’an yang diterapkan kepada siswa Pesantren Abdur  Rahman Bin A’uf
2.      Untuk mengetahui metodologi menghafal Al-Qur’an terhadap anak-anak di Pesantren Abdul  Rahman Bin A’uf
3.      Untuk mengetahui pengaruh metodologi menghafal Al-Qur’an terhadap prestasi belajar al-Qur’an siswa kelas I Tsanawiyah
Manfaat Penelitian
Dengan tercapainya tujuan penelitian di atas diharapkan hasil penelitian ini berguna untuk :
  1. Bahan masukan bagi guru agama, maupun guru lain yang menemukan masalah atau problem dalam methode pengajaran.
  2. Bahan masukan bagi para pendidik dan kepala sekolah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan
  3. Bahan masukan dan studi komperatif  bagi peneliti untuk mendapatkan kesimpulan dalam mengukur metodologi.

D. Batasan Istilah

Untuk menghindari kesalahpahaman dan kesimpang siuran dalam penelitian ini ada beberapa yang perlu dijelaskan yaitu antara lain :
1.      Penerapan adalah : pelaksanaan, penekanan dalam pelaksanaan seuatu”3
2.      Metodologi adalah : Cara, teknik atau sistem  untuk melakukan sesuatu”4
3.      Menghafal ialah “mengingat, berupaya untuk mengingat pelajaran”5 Jadi metodologi menghafal di sini adalah cara yang yang diterapkan untuk menghafal  ayat-ayat Al-Qur’an yang dipelajari supaya siswa ingat terhadap pelajaran tersebut.
4.      Al-Qur’an adalah “Adalah kitab suci agama Islam”6
5.      Pesantren, adalah : “adalah tempat santri/iah belajar dengan sistem dipondokkan atau diasramakan”7. Pesantren yang dimaksudkan di sini adalah Pesantren Abrur Rahman bin A’uf yang ada di Kelurahan Titi Kuning Kec.Medan Johor
    Dengan demikian masalah yang diteliti dalam penulisan ini adalah dibatasi terhadap metodologi menghafal yang diterapkan guru dalam pengajaran ayat Al-Qur’an di Pesantren Abrur Rahman bin Ra’uf Kelurahan Titi Kuning.

E. Hipotesis

Hipotesis adalah dugaan sementara yang kebenarannya masih perlu dibuktikan melalui hasil penelitian. Adapun hipotesis dalam penelitian ini adalah “Penerapan Metodologi Menghafal Al-Qur’an sangat tepat agar siswa cepat dapat menghafal Al-Qur”an”.

 

G. Sistematika Pembahasan

Bab I merupakan Pendahuluan, yang berisikan, Latar Belakang Masalah, Rumusan Masalah, Batasan Istilah, Tujuan dan Manfaat Penelitian, Hipotesis dan Sistematika Pembahasan.
Bab II membahas tentang : Landasan Teoitis yang berisikan : Pengertian Metodologi, Metodologi Menghafal Al-Qur’an, Penerapan Metodologi Menghafal Al-Qur’an
Bab III yang membahas tentang Metodologi Penelitian yang membahas tentang Lokasi Penelitian, Populasi dan Sampel, Sumber Data, Alat Pengumpul data, Teknik Pengolahan dan Analisa Data.
Bab IV merupakan Pembahasan dan Analisa Data yang berisikan Pembahasan dan Hasil Penelitian serta pengujian Hipotesis.
Bab V merupakan bab terakhir yang berisikan Kesimpulan dan Saran-saran.


[1] Prayetno, Pengembangan Profesi Guru, Padang : PPs-LPTK, 2004, hlm, 12
[2] Ibid, hlm. 13
3 Departemen Pendidikan dan Kebudayaan,  Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta, 1992, hlm.342..
4 Ibid, hlm.321.
5 Ibid, hlm.402.
6 Ibid, hlm. 287
7 WJS.Perwadarminta,  Kamus Umum Bahasa Indonesia,  Balai Pustaka, Jakarta, 1999, hlm.384,.


SYARAT UNTUK MENDAPATKAN FILE LENGKAP….!!!
File yang tertera diblog ubah saja objeknya biar cepet, ganti saja dengan yang terbaru, kemudian sesuaikan, untuk objek, ubah saja objek jadi tempat yang rencananya anda teliti, beres kan?
File yang anda inginkan bisa konfirmasi ke No. HP ini 0852 6208 9526 atau 0819 6067 526 untuk mendapatkan file skripsi lengkap (bab1-sampai selesai) dalam bentuk document. Dengan mememenuhi biaya admin di bawah setelah anda melakukan transfer ke:
No Rek BRI  3529-01-026884-53-8  WAHYU RISHANDI (Cab. MARIENDAL MEDAN)
DENGAN NILAI NOMINAL TRANSFER Rp. 100.000/Judul Skripsi
ANGGAP SAJA UNTUK GANTI PENGETIKAN SKRIPS LENGKAP DALAM FORM DOC DAN PENGELOLA BLOG INI.
PELUANG KERJASAMA
kalau ingin untung, sebarin saja ke teman-teman judul di blog ini dan naikan saja harganya
kalau ada kesulitan sms atau contact aja ke No HP saya atau Add FB ya way@id-fb.com
UNTUK PEMESANAN
SETELAH TRANSFER SMS AJA KE 0852-6208-9526 atau 0819-6067-526
DENGAN ISI SMS:
Nama, alamat E-mail anda serta judul yang anda inginkan.



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Wahyu Rishandi, S.H., M.Si Updated at: 20.33

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers