DAFTAR
ISI
ABSTRAK................................................................................................................. i
KATA
PENGANTAR................................................................................................ ii
DAFTAR
ISI.............................................................................................................. iv
DAFTARTABEL........................................................................................................ vi
BAB
I : PENDAHULUAN ........................................................................... 1
A. Latar Belakang Masalah............................................................... 1
B. Rumusan Masalah ........................................................................ 3
C. Tujuan dan Manfaat Penelitian....................................................... 4
D. Batasan Istilah ............................................................................. 4
E. Telaah
Pustaka.............................................................................. 6
F. Hipotesis
...................................................................................... 6
G. Sistematika
Pembahasan........................................................... .... 6
BAB
II : LANDASAN TEORITIS ................................................................. 8
A. Pengertian Methode Pengajaran.................................................... 8
B. Macam-Macam Methode Pengajaran....................................... 13
C. Pengaruh Methode Terhadap Hasil Belajar .............................. 16
D. Faktor-Faktor
Yang Mempengaruhi Pendidikan
Ajaran Agama ........................................................................ 24
BAB
III : METHODE PENELITIAN ......................................................... 31
A. Lokasi
Penelitian ...................................................................... 31
B. Populasi dan Sampel ............................................................... 32
C. Sumber Data ........................................................................... 33
D. Teknik Pengumpul Data .......................................................... 34
E. Teknik
Analisa Data.................................................................. 35
BAB
IV : PEMBAHASAN DAN ANALISA DATA .................................. 37
A. Prosedur Penelitian................................................................... 37
B. Pengolahan Data...................................................................... 38
C. Pengujian Hipotesis.................................................................. 62
BAB
V : KESIMPULAN DAN SARAN-SARAN..................................... 63
A. Kesimpulan
.............................................................................. 63
B. Saran-Saran.............................................................................. 63
DAFTAR
PUSTAKA.
DAFTAR
RIWAYAT HIDUP
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
Nomor Judul
Halaman
I. :
TENAGA PENGAJAR MADRASAH ALIYAH AL-WASHLIYAH
LUBUK PAKAM.................................................................................. 32
II : GURU
FIQH MENERAPKAN METHODE SAAT MENGAJAR......... 38
III : MENGGUNAKAN
METHODE YANG BERVARIASI........................ 39
IV : MENYESUAIKAN
METHODE DENGAN MATERI YANG DI
AJARKAN............................................................................................. 40
V : METHODE
PEMBELAJARAN DISESUAIKAN DENGAN WAKTU
MENGAJAR.......................................................................................... 41
VI : METHODE
PEMBELAJARAN DISESUAIKAN DENGAN
KONDISI SISWA................................................................................. 42
VII : METHODE
PEMBELAJARAN DISESUAIKAN DENGAN SUB
MATERI................................................................................................. 43
VIII : METHODE
YANG DIAJARKAN SUDAH TEPAT.............................. 44
IX : GURU
MENGUASAI PENGGUNAAN METHODE.......................... 45
X : MENERAPKAN
METHODE SESUAI KURIKULUM......................... 45
XI : METHODE
YANG DITERAPKAN GURU FIQH DAPAT DI
PAHAMI................................................................................................ 46
XII : SKOR
JAWABAN VARIABEL X......................................................... 47
XIII : SISWA
SENANG BELAJAR PELAJARAN FIQH............................... 49
XIV ; MENGERTI
TENTANG PENJELASAN GURU FIQH....................... 50
XV : SISWA
SENANG MEMPELAJARI FIQH KARENA METHODE
YANG TEPAT....................................................................................... 51
XVI : DAPAT
MEMAHAMI PELAJARAN FIQH BILA SESUAI
DENGAN METHODE YANG DITERAPKAN
GURU......................... 51
XVII : METHODE
PENGAJARAN DAPAT MEMOTIVASI BELAJAR......... 52
XVIII : METHODE
YANG DITERAPKAN DAPAT MEMUDAHKAN
SISWA BELAJAR................................................................................. 53
XIX : METHODE YANG DISAMPAIKAN MEMBUAT SISWA
LEBIH
DISIPLIN............................................................................................... 54
XX : METHODE
PENGAJARAN DAPAT MENINGKATKAN MINAT
BELAJAR SISWA................................................................................. 54
XXI : METHODE
PENGAJARAN DAPAT MENINGKATKAN
PRESTASI BELAJAR SISWA............................................................... 55
XXII : METHODE
PEMBELAJARAN DAPAT MENINGKATKAN
HASIL BELAJAR SISWA..................................................................... 56
XXIII : SKOR
JAWABAN VARIABEL Y......................................................... 57
XXIV : KOEFISIEN
KORELASI VARIABEL X DAN Y................................. 58
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Adapun aspek yang penting yang menopang bagi
kesuksesan mengajar guru agama adalah penggunaan methode mengajar yang tepat.
Maksud digunakannya methode mengajar adalah agar materi pelajaran yang
disampaikan guru agama mudah dimengerti oleh siswa. Berbagai macam methode
mengajar dapat digunakan oleh guru, asal
tepat pada materi yang diajarkan. Dari sekian banyak methode mengajar yang
dapat digunakan dalam menyampaikan pelajaran, maka pengguaan methode eksperimen
atau methode praktek dan pengamatan merupakan methode alternatif yang dapat
digunakan guru untuk mempercepat atau memudahkan siswa menerima pelajaran dan
meraih prestasi belajar yang tinggi.
Methode yang sesuai menekankan pada kegiatan
ceramah, praktek langsung yang dapat
dilakukan di dalam kelas maupun di luar kelas. Setelah diadakan praktek
lalu diamati hasil kegiatan praktek
tersebut. Berbagai methode biasanya digunakan pada berbagai materi pelajaran
yang baik bersifat motoris seperti
menulis, membaca, berhitung, keterampilan, praktek fisika atau biologi
dan praktek keagamaan.
Melalui methode ini siswa dilatih kecakapan dan
kemampuannya dalam bidang pengajaran yang telah ditentukan sehingga dapat
diukur apakah siswa dapat menerima materi pelajaran dengan baik dan benar.
Melalui latihan-latihan yang diberikan kepada siswa diharapkan dapat mahir atau
pandai tentang sesuatu ilmu yang diberikan guru. Contoh pada pelajaran agama
yakni latihan praktek ibadah shalat dalam bidang studi agama pokok bahasan Fiqh.
Dalam menjelaskan tentang tata cara melaksanakan
ibadah shalat, guru tidak hanya menyampaikan materi pelajaran semata melalui
papan tulis, tetapi guru mengajak langsung siswa untuk mempraktekkan ibadah
shalat yang benar ke mushallah atau di dalam ruangan kelas yang telah
disediakan tempat untuk melaksanakan
praktek ibadah shalat.
Melalui kegiatan praktek ini siswa diajak untuk
mengamati mana di antara mereka yang lebih mengerti tentang tata cara melaksanakan ibadah shalat dan mana siswa
yang kurang atau tidak mengerti tentang tata cara melaksanakan ibadah shalat.
Dengan demikian melalui kegikatan pengajaran yang menggunakan methode yang
tepat aktivitas belajar siswa dapat dioptimalkan yang mencakup aktivitas fisik,
mental, emosional maupun intelektual motorik siswa. Memberdayakan siswa dalam
kegiatan belajar dengan menggunakan methode ini artinya mengkondisikan
lingkungan belajar dan cara belajar siswa yang lebih efektif dan efisien serta
mengajak siswa untuk bersikap produktif dalam belajar.
Konsep belajar yang digunakan dalam proses
pembelajaran bukan hanya apa saja yang harus dipelajari siswa, tapi bagaimana
siswa harus mempelajarinya dan mempraktekkannya. Penggunaan methode ini dalam
proses pengajaran khususnya pada bidang studi Fiqh akan memberikan kesan tersendiri bagi siswa,
melalui methode yang tepat siswa akan
dihantarkan kepada keberhasilan dalam belajarnya.
Berdasarkan pemikiran di atas menunjukkan bahwa
penggunaan methode yang tepat oleh guru
bermuara pada satu titik sentral, yakni agar siswa dapat memahami materi
pelajaran dengan baik dan benar serta siswa dapat mempraktekkannya dengan benar
pula dalam kehidupan beragama.
Namun persoalan mendasar yang penulis analisa
sementara, khususnya di sekolah Madrasah Aliyah Al-Washliyah Lubuk Pakam adalah
bagaimana guru menggunakan methode dalam kegiatan mengajarnya pada pelajaran
Fiqh. Kegiatan-kegiatan apa yang dilakukan guru disekolah dan adakah pengaruh
pengguaan methode oleh guru terhadap pendalaman ajaran Islam siswa.
Untuk menjawab masalah ini, maka penulis mencoba
mengadakan penelitian dengan mengangkat sebuah judul yaitu : ‘PENGARUH METHODE
PENGAJARAN FIQH TERHADAP INTERPRETASI SISWA DALAM MENDALAMI AJARAN ISLAM DI
MADRASAH ALIYAH AL-WASHLIYAH LUBUK PAKAM”.
B. Rumusan Masalah
Adapun rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.
Methode pengajaran apa saja yang digunakan guru dalam
bidang studi Fiqh di Madrasah Aliyah Al-Washliyah Lubuk Pakam ?
2.
Bagaimanakah minat siswa terhadap Bidang Studi Fiqh ?
3.
Bagaimanakah pengaruh penggunaan methode pengajaran
Fiqh terhadap Interpretasi siswa dalam mendalami ajaran Islam ?
C. Tujuan dan Manfaat
Penelitian
Tujuan
Penelitian
Adapun tujuan penelitian ini secara khusus sebagai
berikut :
1. Untuk
mengetahui methode pengajaran apa saja yang digunakan guru dalam bidang studi
Fiqh di Madrasah Aliyah Al-Washliyah Lubuk Pakam
2. Untuk
mengetahui bagaimanakah minat siswa terhadap Bidang Studi Fiqh ?
3. Untuk
mengetahui pengaruh penggunaan methode pengajaran Fiqh terhadap Interpretasi
siswa dalam mendalami ajaran Islam
Manfaat
Penelitian
Dengan tercapainya tujuan penelitian di atas
diharapkan hasil penelitian ini berguna untuk :
- Bahan masukan bagi guru agama, maupun guru lain yang menjadi masalah atau problem dalam methode pengajaran.
- Bahan masukan bagi para pendidik dan kepala sekolah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan
- Bahan masukan dan studi komperatif bagi peneliti yang akan datang
D. Batasan Istilah
Untuk menghindari kesalahpahaman dan kesimpang
siuran dalam penelitian ini ada beberapa yang perlu dijelaskan yaitu antara
lain :
1.
Methode adalah : Cara, teknik untuk melakukan sesuatu”1
2.
Pengajaran ialah “pendidikan, pemberian ilmu. Dengan
cara memberikan ilmu pengetahuan serta kecakapan”2
Jadi methode pengajaran di sini adalah cara yang paling tepat dan cepat dalam
mengajarkan bidang studi Fiqh.
3.
Fiqh adalah “ilmu pengetahuan Islam yang mengatur
tentang hubungan sosial”3
4.
Interprestasi, adalah : “Pemberian kesan, pendapat,
pandangan teoritis terhadap sesuatu atau tafsiran”4.
Makudnya adalaha persepsi yang timbul dari siswa mengenai ajaran Islam dengan
methode yang dipergunakan oleh guru bidang studi Fiqh.
5.
Mendalami, adalah “meresapi, menyalami,mempelajari
dalam-dalam”5. Maksudnya adalah
mempelajari dan menelaah ajaran agama Islam.
6.
Ajaran adalah “anutan, pedoman dan sesuatu yang
dipedomani”6
7.
Islam adalah “agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW”7
Dengan demikian masalah yang diteliti dalam
penulisan ini adalah dibatasi terhadap methode-methode yang digunakan guru
dalam pengajaran Fiqh terhadap interpretasi siswa dalam mendalami ajaran agama
Islam di Madrasah Aliyah Al-Washliyah Lubuk Pakam.
E. Telaah Pustaka
Telaah pustaka adalah menelaah suatu lieratur atau
tulisan yang menjadi rujukan terhadap penelitian terdahulu yang ada
relevansinya dengan penelitian yang dibahas.
Berdasarkan pengamatan penulis sampai saat ini belum ada Skripsi atau
tulisan ilmiah lain yang mempunyai relevansi terhadap pembahasan yang sedang
penulis teliti.
F. Hipotesis
Hipotesis
adalah dugaan sementara yang kebenarannya masih perlu dibuktikan melalui hasil
penelitian. Adapun hipotesis dalam penelitian ini adalah “Methode pengajaran
sangat berpengaruh terhadap interpretasi siswa dalam mendalami ajaran Islam di
Madrasah Aliyah Al-Washliyah Lubuk Pakam”.
G. Sistematika Pembahasan
Bab I merupakan Pendahuluan, yang berisikan, Latar Belakang Masalah,
Rumusan Masalah, Batasan Istilah, Tujuan dan Manfaat Penelitian, Telaah Pustaka
Hipotesis dan Sistematika Pembahasan.
Bab II membahas tentang : Landasan Teoitis yang berisikan : Pengertian
Methode Pengajaran, Macam-Macam Methode Pengajaranb, Pengertian Ajaran Agama
Islam, Pengaruh Methode Terhadap Hasil Belajar, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi
Pendidikan Ajaran Agama.
Bab III yang membahas tentang Methode Penelitian yang membahas tentang
Lokasi Penelitian, Populasi dan Sampel, Sumber Data, Alat Pengumpul data,
Teknik Pengolahan dan Analisa Data.
Bab IV merupakan Pembahasan dan Analisa Data yang berisikan Pembahasan
dan Hasil Penelitian serta pengujian Hipotesis.
Bab V merupakan bab terakhir yang berisikan Kesimpulan dan Saran-saran.
1 Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai
Pustaka, Jakarta,
1992, hlm.321.
2
Ibid, hlm.402.
3
Ibid, hlm. 287
5
Ibid, hlm.206
6
Ibid, hlm. 76.
7
Ibid, hlm. 158
SYARAT UNTUK MENDAPATKAN FILE LENGKAP….!!!
File yang tertera diblog ubah saja
objeknya biar cepet, ganti saja dengan yang terbaru, kemudian sesuaikan, untuk
objek, ubah saja objek jadi tempat yang rencananya anda teliti, beres kan?
File yang anda inginkan bisa konfirmasi ke No. HP ini 0852 6208
9526 atau 0819 6067 526 untuk mendapatkan file skripsi lengkap (bab1-sampai
selesai) dalam bentuk document. Dengan mememenuhi
biaya admin di bawah setelah anda melakukan transfer ke:
No Rek BRI 3529-01-026884-53-8 WAHYU RISHANDI (Cab. MARIENDAL MEDAN)
DENGAN NILAI NOMINAL TRANSFER Rp.
100.000/Judul Skripsi
ANGGAP SAJA UNTUK GANTI PENGETIKAN SKRIPS LENGKAP DALAM FORM DOC
DAN PENGELOLA BLOG INI.
PELUANG KERJASAMA
kalau ingin untung, sebarin saja ke teman-teman judul di blog ini
dan naikan saja harganya
kalau ada kesulitan sms atau contact aja ke No HP saya atau Add FB
ya way@id-fb.com
UNTUK PEMESANAN
SETELAH TRANSFER SMS AJA KE 0852-6208-9526 atau 0819-6067-526
DENGAN ISI SMS:
Nama, alamat E-mail anda serta judul yang anda inginkan.