JUDUL SKRIPSI: PENGARUH PSIKOLOGI PENDIDIKAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH PAB 1 HELVETIA KECAMATAN LABUHAN DELI KABUPATEN DELI SERDANG



ABSTRAKSI


Pendidikan agama menyangkut manusia seutuhnya, pendidikan agama tidak hanya membekali anak dengan pengetahuan agama atau pengembangan intelek saja dan tidak pula mengisi dan menyuburkan perasaan (sentiment), akan tetapi ia menyangkut keseluruhan diri pribadi anak, mulai dari latihan-latihan (amaliah) sehari-hari, yang sesuai dengan ajaran agama, baik yang menyangkut hubungan manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia lainnya dan manusia dengan alam serta manusia dengan dirinya sendiri yang dimulai dari pendidikan agama di lingkungan keluarga sehingga keluarga itu terhormat.

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui perkembangan psikologi anak dalam belajar di Madrasah Tsanawiyah PAB 1 Medan. Untuk mengetahui prestasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah PAB 1 Medan dan Untuk mengetahui pengaruh psikologi anak terhadap prestasi belajar siswa Madrasah Tsanawiyah PAB 1 Medan. Populasi dalam penelitian ini 200 orang dengan penetapan sampel 60 orang. Metode penelitian ini menggunakan observasi, angket dan wawancara.

Berdasarkan hasil penelitian bahwa perkembangan psikologi anak dalam belajar di Madrasah Tsanawiyah PAB I Helvetia Medan menunjukkan adanya perkembangan yang baik, hal ini terlihat karena adanya bimbingan dan pengarahan dari guru, perhatian, pendekatan serta berbagai upaya lain dari guru dalam melakukan pendekatan dan kepada siswa secara kejiwaan sehingga siswa benar-benar menyadari akan kewajibannya sebagai siswa untuk belajar. Prestasi belajar siswa Madrasah Tsanawiyah PAB I Helvetia Medan cukup baik bahkan rata-rata nilai belajar siswa cukup tinggi hal ini tidak terlepas dari kemampuan siswa di dalam memahami pelajaran karena adanya motivasi belajar siswa melalui pendekatan yang telah dilakukan oleh guru di sekolah. Psikologi pendidikan melalui pendekatan kejiwaan oleh guru terutama dalam segi pendidikan menunjukkan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah PAB I Helvetia Medan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh psikologi pendidikan terhadap prestasi belajar siswa berada pada pengaruh yang sedang.



DAFTAR ISI

ABSTRAK............................................................................................................. .... i
KATA PENGANTAR...........................................................................................      ii
DAFTAR ISI..........................................................................................................      iv
DAFTARTABEL...................................................................................................      vi
BAB I         :  PENDAHULUAN................................................................................ 1
A.     Latar Belakang Masalah................................................................... 1
B.     Rumusan Masalah............................................................................ 3
C.     Tujuan dan Manfaat Penelitian.......................................................... 3
D.     Batasan Istilah.................................................................................. 4
E.Telaah Pustaka............................................................................... .... 5
F. Hipotesis........................................................................................... 6
                      G. Sistematika Pembahasan................................................................... 6
BAB II        :  LANDASAN TEORITIS...................................................................... 8
A. Pengertian Psikologi Pendidikan........................................................ 8
B. Perkembangan Psikologi Pendidikan Terhadap Anak..................... .... 12
C. Pengertian Prestasi Belajar ........................................................... .... 14
D. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa................ 17
BAB III      :  METODE PENELITIAN...................................................................... 28
A. Lokasi Penelitian............................................................................... 28
                      B. Populasi dan Sampel......................................................................... 29
D. Teknik Pengumpulan Data................................................................. 30
E. Teknik Pengolahan dan Analisis Data................................................. 30
BAB IV      :  PEMBAHASAN DAN ANALISA PENELITIAN................................ 33
A. Prosedur Penelitian............................................................................ 33
B. Pengolahan Data............................................................................... 34
C. Pengujian Hipotesis........................................................................... 56
BAB V       :  KESIMPULAN DANA SARAN.......................................................... 61
A. Kesimpulan....................................................................................... 61
B. Saran-Saran...................................................................................... 62
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
LAMPIRAN


 DAFTAR TABEL

NOMOR                                                J U D U L                                         HALAMAN

I                 :  SARANA DAN PRASARANA............................................................ 28

II                :  GURU MENGAJAR DENGAN MEMPERHATIKAN LATAR
                     BELAKANG SISWA............................................................................ 34

III              :  GURU SELALU BERKOMUNIKASI DENGAN SISWA................... 35

IV              :  GURU SERING MEMARAHI SISWA YANG BODOH...................... 36

V               : SERING MEMBIMBING SISWA YANG KESULITAN DALAM
                     BELAJAR.............................................................................................. 37

VI              :  GURU MEMBERIKAN JALAN KELUAR TERHADAP
                     KESULITAN BELAJAR SISWA.......................................................... 38

VII             :  GURU MENGAJAR SISWA TERHADAP SESUATU YANG
                     TIDAK DIKETAHUI TENTANG AGAMA DI LUAR JAM
                     PELAJARAN........................................................................................ 39

VIII            :  GURU MEMBUJUK SISWA YANG LEMAH TERHADAP
                     PELAJARAN AGAMA......................................................................... 40

IX              :  GURU SELALU MEMBERIKAN JALAN KELUAR
                     TERHADAP SISWA YANG SEDANG BINGUN DALAM
                     PEMAHAMAN..................................................................................... 41

X               :  GURU MEMBERIKAN PENDEKATAN YANG BAIK BAGI
                     SISWA YANG MELANGGAR NILAI-NILAI AGAMA..................... 42

XI              :  MEMBERIKAN PEMANTAPAN KEAGAMAAN KEPADA
                     SISWA.................................................................................................. 43

XII             :  SKOR JAWABAN VARIABEL X........................................................ 44

XIII            :  SENANG PENDIDIKAN KEAGAMAAN.......................................... 47

XIV           :  FAHAM TERHADAP PELAJARAN AGAMA YANG
                     DIAJARKAN........................................................................................ 47

XV             :  GURUMAMPU BERKOMUNIKASI DENGAN BAIK....................... 48

XVI           :  MAMPU BELAJAR DENGAN TEKUN.............................................. 49
XVII          :  MAMPU MEMAHAMI SEMUA PELAJARAN................................... 49

XVIII         :  MAMPU MENJALANKAN DISIPLIN DAN PERATURAN.............. 50

XIX           :  TERMOTIVASI BELAJAR DENGAN BIMBINGAN GURU.............. 51

XX             :  MEMAHAMI PELAJARAN KARENA PENDEKATAN
                     PSIKOLOGI......................................................................................... 51

XXI           :  HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN PSIKO
                     LOGIS YANG DILAKUKAN GURU.................................................. 52

XXII          :  PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN
                     PSIKOLOGIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA................ 53

XXIII         :  SKOR JAWABAN VARIABEL Y........................................................ 54

XXIV         :  KOEFISIEN KORELASI VARIABEL X DAN Y................................ 56


SYARAT UNTUK MENDAPATKAN FILE LENGKAP….!!!
File yang tertera diblog ubah saja objeknya biar cepet, ganti saja dengan yang terbaru, kemudian sesuaikan, untuk objek, ubah saja objek jadi tempat yang rencananya anda teliti, beres kan?
File yang anda inginkan bisa konfirmasi ke No. HP ini 0852 6208 9526 atau 0819 6067 526 untuk mendapatkan file skripsi lengkap (bab1-sampai selesai) dalam bentuk document. Dengan mememenuhi biaya admin di bawah setelah anda melakukan transfer ke:
No Rek BRI  3529-01-026884-53-8  WAHYU RISHANDI (Cab. MARIENDAL MEDAN)
DENGAN NILAI NOMINAL TRANSFER Rp. 100.000/Judul Skripsi
ANGGAP SAJA UNTUK GANTI PENGETIKAN SKRIPS LENGKAP DALAM FORM DOC DAN PENGELOLA BLOG INI.
PELUANG KERJASAMA
kalau ingin untung, sebarin saja ke teman-teman judul di blog ini dan naikan saja harganya
kalau ada kesulitan sms atau contact aja ke No HP saya atau Add FB ya way@id-fb.com
UNTUK PEMESANAN
SETELAH TRANSFER SMS AJA KE 0852-6208-9526 atau 0819-6067-526
DENGAN ISI SMS:
Nama, alamat E-mail anda serta judul yang anda inginkan.




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Wahyu Rishandi, S.H., M.Si Updated at: 20.38

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers