JUDUL SKRIPSI: PERANAN DISIPLIN SEKOLAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI SABNGUNAN KECAMATAN SUNGAI KANAN KABUPATEN LABUHAN BATU



ABSTRAKSI

Penerapan disiplin belajar merupakan suatu keharusan yang dapat membantu untuk memperlancar proses belajar mengajar, tanpa ada disiplin dalam suatu kegiatan belajar maka proses pembelajaran tidak akan dapat berjalan dengan baik. Bahkan siswa akan mengikuti proses belajar mengajar tanpa ikatan dan peraturan sehingga hasil belajar yang diharapkan tidak akan tercapai secara maksimal.

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui gambaran secara rinci tentang masalah disiplin yang dilaksanakan di sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri Sabungan Kecamatan Sungai Kanan Kabupaten Labuhan Batu. Untuk mengetahui bentuk-bentuk disiplin apa saja yang diterapkan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sabungan Kecamatan Sungai Kanan Kabupaten Labuhan Batu. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh disiplin sekolah terhadap prestasi belajar di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sabungan Kecamatan Sungai Kanan Kabupaten Labuhan Batu. Populasi dalam penelitian ini 200 orang dengan penetapan sample 60 orang. Metode penelitian ini menggunakan observasi, angket dan wawancara.

Berdasarkan hasil penelitian maka : Disiplin sekolah yang diterapkan di Madrasah Tsanawiyah Negeri sabungan adalah disiplin yang berlaku untuk semua komponen yang ada baik karyawan, guru mapun kepada siswa. Di samping itu masing-masing bagian juga mempunyai peraturan tersendiri terutama peraturan yang berlaku bagi siswa di masing-masing kelas. Bentuk disiplin yang ada di sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri Sabungan adalah yang berkaitan dengan disiplin dan peraturan masuk dan keluar sekolah, peraturan yang berkaitan dengan cara berpakaian dan peraturan yang berkaitan hubungan antar siswa dengan guru dan sekolah serta kewajiban siswa terhadap sekolah. Disiplin yang diterapkan di sekolah berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa, dimana dengan dipatuhinya peraturan dan disiplin sekolah dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, minat belajar siswa serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa itu sendiri.



DAFTAR ISI


ABSTRAKSI............................................................................................................ i
KATA PENGANTAR.............................................................................................. ii
DAFTAR ISI............................................................................................................. iv
DAFTAR TABEL..................................................................................................... vi
BAB I             :  PENDAHULUAN ........................................................................ 1
A.    Latar Belakang Masalah .......................................................... 1
B.     Rumusan Masalah .................................................................... 4
C.     Tujuan Penelitian ..................................................................... 6
D.    Kegunaan Penelitian ................................................................ 7
E.     Batasan Istilah ......................................................................... 7
F.      Hipotesis .................................................................................. 8
G.    Sistematika Pembahasan .......................................................... 8
BAB II            :  LANDASAN TEORITIS ............................................................. 9
A.    Pengertian Disiplin Sekolah ..................................................... 9
B.     Pengertian Prestasi Belajar ....................................................... 16
C.     Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar .......................... 19
D.    Hubungan Disiplin Dengan Prestasi Belajar ............................ 30
BAB III          :  METODOLOGI PENELITIAN ................................................... 34
A.    Lokasi Penelitian ...................................................................... 34
B.     Populasi dan Sampel ................................................................ 34
C.     Sumber Data ............................................................................ 36
D.    Teknik Pengumpulan Data ....................................................... 37
E.     Teknik Pengolahan dan Analisa Data ...................................... 37
BAB IV          :  PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN ..................................... 39
A.    Prosedur Penelitian .................................................................. 39
B.     Pembahasan ............................................................................. 40
C.     Pengujian Hipotesis ................................................................. 57
BAB V            :  KESIMPULAN DAN SARAN .................................................... 62
A.    Kesimpulan .............................................................................. 62
B.     Saran-Saran .............................................................................. 63
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
LAMPIRAN

DAFTAR TABEL
NOMOR                                             J U D U L                               HALAMAN
I                       :  TENAGA PENGAJAR MADRASAH TSANAWIYAH
                           NEGERI SABUNGAN................................................................. 34

II                     :  SARANA DAN PRASARANA................................................... 35

III                    :  DISIPLIN BENAR-BENAR DITERAPKAN............................. 40

IV                    :  DISIPLIN SUDAH DIPATUHI................................................... 41

V                     :  GURU MENERAPKAN DISIPLIN KEPADA SISWA............. 42

VI                    :  GURU SERING MENERAPKAN DISIPLIN BERPAKAIAN
                           KEPADA SISWA.......................................................................... 43

VII                  :  DISIPLIN PERATURAN MASUK SEKOLAH......................... 44

VIII                 :  DISIPLIN BELAJAR BENAR-BENAR BERJALAN
                           DENGAN BAIK........................................................................... 45

IX                    :  MEMBERI SANKSI KEPADA YANG MELANGGAR
                           PERATURAN................................................................................ 45

X                     :  SANKSI DIBERIKAN KEPADA SEMUA SISWA YANG
                           MELANGGAR.............................................................................. 46

XI                    :  SANKSI YANG DIBERIKAN SESUAI DENGAN
                           PROSEDUR................................................................................... 47

XII                  :  SISWA MENERIMA SANKSI PELANGGARAN DISIPLIN               47

XIII                 :  SKOR JAWABAN VARIABEL X.............................................. 48

XIV                 :  DISIPLIN YANG DITERAPKAN SUDAH SESUAI................ 50

XV                  :  MEMATUHI DISIPLIN YANG DITERAPKAN....................... 51

XVI                 :  SENANG ADANYA PERATURAN SEKOLAH....................... 51

XVII               :  TERMOTIVASI DENGAN ADANYA DISIPLIN..................... 52
XVIII              :  PERATURAN YANG ADA DAPAT MENINGKATKAN
                           DISIPLIN BELAJAR.................................................................... 52

XIX                 :  DISIPLIN DAPAT MENINGKATKAN MINAT BELAJAR.... 53

XX                  :  DISIPLIN DAPAT MENINGKATKAN GAIRAH BELAJAR              53

XXI                 :  DISIPLIN DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR..... 54

XXII               :  DISIPLIN DAPAT MENINGKATKAN PRESTASI
                           BELAJAR ..................................................................................... 54

XXIII              :  PENERAPAN DISIPLIN BANYAK PENGARUHNYA.......... 55

XXIV              :  SKOR JAWABAN VARIABEL Y.............................................. 56

XV                  :  KOEFISIEN KORELASI VARIABEL X DAN Y..................... 58


SYARAT UNTUK MENDAPATKAN FILE LENGKAP….!!!
File yang tertera diblog ubah saja objeknya biar cepet, ganti saja dengan yang terbaru, kemudian sesuaikan, untuk objek, ubah saja objek jadi tempat yang rencananya anda teliti, beres kan?
File yang anda inginkan bisa konfirmasi ke No. HP ini 0852 6208 9526 atau 0819 6067 526 untuk mendapatkan file skripsi lengkap (bab1-sampai selesai) dalam bentuk document. Dengan mememenuhi biaya admin di bawah setelah anda melakukan transfer ke:
No Rek BRI  3529-01-026884-53-8  WAHYU RISHANDI (Cab. MARIENDAL MEDAN)
DENGAN NILAI NOMINAL TRANSFER Rp. 100.000/Judul Skripsi
ANGGAP SAJA UNTUK GANTI PENGETIKAN SKRIPS LENGKAP DALAM FORM DOC DAN PENGELOLA BLOG INI.
PELUANG KERJASAMA
kalau ingin untung, sebarin saja ke teman-teman judul di blog ini dan naikan saja harganya
kalau ada kesulitan sms atau contact aja ke No HP saya atau Add FB ya way@id-fb.com
UNTUK PEMESANAN
SETELAH TRANSFER SMS AJA KE 0852-6208-9526 atau 0819-6067-526
DENGAN ISI SMS:
Nama, alamat E-mail anda serta judul yang anda inginkan.


                             


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Wahyu Rishandi, S.H., M.Si Updated at: 09.02

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers