ABSTRAKSI
Berdasarkan Pengamatan sementara penulis di lapangan menunjukkan
bahwa ada perbedaan prestasi belajar siswa yang tinggal di asrama bila
dibandingkan dengan prestasi belajar siswa yang tinggal dengan orangtua.
Kenyataan ini disebabkan bahwa siswa yang tinggal di asrama memiliki peluang
yang lebih banyak untuk belajar dan mendalami materi pelajaran bila
dibandingkan dengan siswa yang tinggal bersama orangtua.
Rumusan
Masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimanakah peranan guru BK dalam
meningkatkan disiplin belajar siswa SMP Negeri 12 Binjai, sedang tujuannya
adalah untuk mengetahui peranan guru BK dalam meningkatkan disiplin belajar
siswa. Data pokok yang digunakan dalam penelitian adalah melalui angket dan
wawancara. Penelitian ini menetapkan 60 orang sampel dengan analisa
product moment.
Berdasarkan
hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Peranan guru bimbingan konseling
di SMP Negeri 12 Binjai menunjukkan adanya peranan yang sangat penting dalam
meningkatkan disiplin belajar siswa. Peranan tersebut terlihat dari bimbingan
yang dilakukan oleh guru terhadap pelaksanaan proses belajar mengajar di
sekolah khususnya di kelas. Disiplin belajar siswa SMP Negeri 12 Binjai
menunjukkan adanya disiplin belajar yang baik, hal ini terlihat dari ketaatan
dan kepatuhan siswa di dalam melaksanakan peraturan proses belajar mengajar
berdasarkan bimbingan konseling yang dilakukan oleh guru. Peranan guru
bimbingan konseling berpengaruh signifikan terhadap disiplin belajar siswa hal
ini terlihat dengan tingginya disiplin belajar siswa karena peranan guru
bimbingan konseling. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa r hitung lebih besar dari nilai r tabel (0.54 < 0.26), hal ini
berarti peranan guru bimbingan konseling mempunyai pengaruh yang signifikan
dalam meningkatkan disiplin belajar siswa dengan tingkat signifikansi sedang
karena berada pada posisi 0.40
0.60 (Korelasi
sedang).

DAFTAR ISI
ABSTRAKSI........................................................................................................ i
KATA
PENGANTAR.......................................................................................... ii
DAFTAR
ISI........................................................................................................ iv
DAFTAR
TABEL................................................................................................ vi
BAB
I : PENDAHULUAN
............................................................................ 1
A.
Latar Belakang Masalah .................................................................. 1
B.
Rumusan
Masalah ......................................................................... 4
C.
Tujuan Penelitian ............................................................................. 4
D.
Kegunaan Penelitian......................................................................... 4
E.
Batasan Istilah.................................................................................. 5
F.
Hipotesis .......................................................................................... 5
G.
Sistematika Pembahasan ................................................................. 7
BAB
II : LANDASAN
TEORITIS .................................................................. 8
A.
Pengertian Bimbingan Konseling..................................................... 9
B.
Peranan Guru Dalam Menunjang Pelaksanaan Bimbingan di
Sekolah............................................................................................ 16
C.
Pola Program Bimbingan dan Konseling......................................... 21
D.
Fungsi dan Sasaran Bimbingan Konseling di Sekolah..................... 26
E.
Pengertian disiplin Belajar................................................................ 28
F.
Upaya Guru BK dalam Meningkatkan Disiplin Belajar................... 32
BAB
III: METODOLOGI PENELITIAN ...................................................... 36
A.
Bentuk Penelitian............................................................................. 36
B.
Lokasi dan Waktu Penelitian........................................................... 36
C.
Populasi Dan Sampel ....................................................................... 40
D.
Instrumen Pengumpulan Data.......................................................... 40
E.
Teknik Pengolahan Dan Analisa Data.............................................. 41
BAB
IV : PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN ......................................... 43
A.
Analisa Data..................................................................................... 43
B.
Pengujian Hipotesis.......................................................................... 60
BAB
V : KESIMPULAN DAN SARAN-SARAN ............................................ 64
A.
Kesimpulan....................................................................................... 64
B.
Saran-Saran...................................................................................... 65
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
Tabel J U D U L Halaman
I. : KEADAAN SISWA.......................................................................... 37
II : KEADAAN
GURU........................................................................... 38
III : SARANA
DAN PRASARANA........................................................ 39
IV : GURU
SELALU MEMBIMBING SISWA...................................... 44
V : GURU
MEMBERIKAN NASEHAT KEPADA SISWA................ 45
VI : GURU
MEMBIMBING SISWA YANG KESULITAN BELAJAR 45
VII : MEMBERIKAN
BIMBINGAN UNTUK BELAJAR AKTIF........ 46
VIII : GURU
MENASEHATI AGAR SISWA MEMBERI IZIN............. 47
IX : GURU
MENYARANKAN AGAR SISWA DATANG KE
SEKOLAH TEPAT WAKTU............................................................ 48
X : GURU
SELALU MEMOTIVASI BELAJAR SISWA.................... 48
XI : GURU
MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA............... 49
XII : GURU
MENASEHATI SISWA YANG MELANGGAR
PERATURAN.................................................................................... 50
XIII : GURU
BERPERAN DALAM MEMBERIKAN BIMBINGAN.... 50
XIV : SKOR
JAWABAN VARIABEL X................................................... 51
XV : MASUK
SEKOLAH TEPAT WAKTUNYA................................... 53
XVI : MENDENGARKAN
PENJELASAN GURU DENGAN TEKUN. 54
XVII : MENGERJAKAN
TUGAS YANG DIBERIKAN GURU.............. 54
XVIII : SISWAMENGERJAKAN
PR........................................................... 55
XIX : MEMAKAI
PAKAIAN SERAGAM................................................ 55
XX : MASUK
KELAS TEPAT PADA WAKTUNYA............................. 56
XXI : KELUAR
KELAS SETELAH SELESAI PELAJARAN................. 56
XXII : MEMPERSIAPKAN
BAHAN PELAJARAN SETIAP HARI....... 57
XXIII : SELALU
PERSIMI BILA KELUAR ADA KEPERLUAN............ 57
XXIV : MEMATUHI
SEMUA DISIPLIN BELAJAR.................................. 58
XXV : SKOR
JAWABAN VARIABEL Y................................................... 59
XXVI : KOEFISIEN
KORELASI VARIABEL X DAN Y.......................... 61
SYARAT UNTUK MENDAPATKAN FILE LENGKAP….!!!
File yang tertera diblog ubah saja
objeknya biar cepet, ganti saja dengan yang terbaru, kemudian sesuaikan, untuk
objek, ubah saja objek jadi tempat yang rencananya anda teliti, beres kan?
File yang anda inginkan bisa konfirmasi ke No. HP ini 0852 6208
9526 atau 0819 6067 526 untuk mendapatkan file skripsi lengkap (bab1-sampai
selesai) dalam bentuk document. Dengan mememenuhi
biaya admin di bawah setelah anda melakukan transfer ke:
No Rek BRI 3529-01-026884-53-8 WAHYU RISHANDI (Cab. MARIENDAL MEDAN)
DENGAN NILAI NOMINAL TRANSFER Rp.
100.000/Judul Skripsi
ANGGAP SAJA UNTUK GANTI PENGETIKAN SKRIPS LENGKAP DALAM FORM DOC
DAN PENGELOLA BLOG INI.
PELUANG KERJASAMA
kalau ingin untung, sebarin saja ke teman-teman judul di blog ini
dan naikan saja harganya
kalau ada kesulitan sms atau contact aja ke No HP saya atau Add FB
ya way@id-fb.com
UNTUK PEMESANAN
SETELAH TRANSFER SMS AJA KE 0852-6208-9526 atau 0819-6067-526
DENGAN ISI SMS:
Nama, alamat E-mail anda serta judul yang anda inginkan.