JUDUL SKRIPSI: PERANAN PANTI ASUHAN DALAM MEMBINA KEMANDIRIAN ANAK UNTUK MENYONGSONG MASA DEPAN (STUDI KASUS PANTI ASUHAN AL-WASHLIYAH JALAN ISMAILIYAH MEDAN)



BAB I


PENDAHULUAN



A. Latar Belakang Masalah


Panti Asuhan merupakan suatu lembaga sosial yang mengasuh anak-anak yang berlatar belakang kurang sempurna dari segi kekeluargaan seperti anak yatim, anak piatu dan anak yatim piatu serta anak pakir miskin. Panti asuhan didirikan untuk membina dan mendidik serta memelihara anak-anak agar mendapat kehidupan yang layak baik dari segi ekonomi, sosial, dan pendidikan demi masa depan mereka.

Melalui panti asuhan anak didik dengan berbagai disiplin ilmu pengetahuan yang dapat mengembangkan diri siswa baik dari segi jasmani dan rohani seperti ilmu pengetahuan, kreativitas dan akhlakul karimah. Panti asuhan dapat membentuk pribadi anak menjadi anak yang mandiri dan membentuk sikap diri yang sempurna, panti asuhan memiliki sesuatu yang dapat membuat anak sehingga memperoleh konsep diri yang sempurna sesuai dengan ilmu pengetahuan dan ajaran agama sehingga menjadi anak yang mandiri dan memiliki masa depan yang cerah.
Setiap anak lahir dalam keadaan tidak sempurna, karena itu melalui pembentukan pribadi, pandangan pribadi serta sikap peribadi di tengah-tengah lingkungan tempat dimana seseorang berada lahir berdasarkan pengetahuan dan pengalaman, sehingga anak memiliki pandangan dan keyakinan terhadap dirinya baik yang bersifat positif maupun negatife.
Kemandirian merupakan sikap diri yang tanpa menggantungkan diri dengan orang lain memandang manusia sebagai suatu kesatuan jasmani dan rohani yang sempurna untuk dapat direalisasikan dalam kehidupan. Dengan demikian kemandirian yang dimiliki seseorang dapat dilihat dari dua aspek yakni aspek jasmani dan rohani yang dituangkan dalam aktivitas kehidupan sehari-hari.1

Sementara Darmayekti mengatakan bahwa :

Kemandirian aspek jasmani merupakan kemandirian yang berkaitan dengan fisik, dimana seseorang dapat berbuat untuk dirinya tanpa tergantung pada orang lain, demikian juga kemandirian dari aspek rohani adalah adanya sikap dan keyakinan serta kemampuan yang lahir karena pengetahuan dan pengalaman untuk melakukan sesuatu 2.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat dipahami bahwa kemandirian adalah kemampuan seseorang dalam bersikap, bertingkah laku, berbuat dan menciptakan sesuatu karena kekuatan yang lahir dari dalam diri dan pribadi seseorang. Kemandirian tidak lahir begitu saja, namun tidak terlepas dengan faktor pendidikan yang diperoleh baik melalui pendidikan formal maupun pendidikan non formal.
Panti Asuhan adalah salah satu lembaga sosial yang mendidik dan membina anak yang memiliki masalah sosial seperti kemampuan ekonomi, kurangnya salah satu dari kepala keluarga atau keduanya, sehingga lingkungan keluarga tidak lagi dapat memberikan solusi terhadap permasalahan kehidupan yang membuat mereka merasa tidak memiliki masa depan yang jelas. Melalui panti asuhan anak-anak panti diasuh, dibina dan didik dengan berbagai pengetahuan dan keterampilan sehingga dapat mengembalikan kepercayaan diri berdasarkan pengetahuan dan berbagai kreativitas yang dipelajari sehingga anak-anak merasa memiliki masa depan yang jelas.
Panti Asuhan Al-washliyah Jalan Ismailiyah adalah salah satu Panti Asuhan yang ada di Kota Medan yang membina anak-anak dengan berbagai latar belakang kehidupan sosial. Panti Asuhan ini berperan dalam membina dan mendidik anak-anak seperti menyekolahkan anak di lembaga pendidikan formal yang ada di lingkungan Panti Asuhan, memberikan pendidikan keterampilan dan pembinaan keagamaan.
Berdasarkan latar belakang tersebut di atas, menjadi daya tarik tersendiri bagi penulis tertarik untuk melakukan penelitian sehingga penulis menetapkan judul : ”PERANAN PANTI ASUHAN DALAM MEMBINA KEMANDIRIAN ANAK UNTUK MENYONGSONG MASA DEPAN (STUDI KASUS PANTI ASUHAN AL-WASHLIYAH JALAN ISMAILIYAH MEDAN)”

B. Rumusan Masalah

Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.            Apakah panti asuhan berperan dalam membina kemandirian anak di Panti Asuhan Al-Washliyah Jalan Ismailiyah ?
2.            Apa saja bentuk pembinaan yang diberikan panti asuhan untuk membina kemandirian anak ?
3.            Bagaimanakah peranan panti asuhan dalam membina kemandirian anak untuk menyongsong masa depan ?

C.    Tujuan dan Kegunaan Penelitian
1. Tujuan Penelitian
    Penelitian ini bertujuan untuk  :
1.      Untuk mengetahui apakah panti asuhan berperan dalam membina kemandirian anak di Panti Asuhan Al-Washliyah Jalan Ismailiyah
2.      Untuk mengetahui bentuk pembinaan yang diberikan panti asuhan untuk membina kemandirian anak
3.      Untuk mengetahui sejauhmana peranan panti asuhan dalam membina kemandirian anak untuk menyongsong masa depan

2.      Kegunaan Penelitian
Dengan tercapainya tujuan penelitian di atas diharapkan hasil penelitian ini berguna untuk :

1.      Bahan masukan bagi pengasuh panti dalam meningkatkan pembinaan anak kemandirian anak di lingkungan panti asuhan
2.      Bahan masukan bagi para pendidik, wali kelas dan kepala sekolah dalam rangka peningkatan kepercayaan diri anak
3.      Bahan masukan dan studi komperatif  bagi peneliti yang akan datang

D. Batasan Istilah
            Agar permasalahan judul dapat lebih dimengerti maka penulis membuat batasan istilah sebagai berikut :
1.        Panti Asuhan adalah “lembaga panti social, lembaga mengasuh anak-anak”3 Yang dimaksudkan dalam tulisan ini adalah panti asuhan Al-Washliyah yang ada di Jalan Ismailiyah.
2.        Kemandirian adalah “sesuatu sikap mandiri”4 yang dimiliki seseorang secara pisik maupun psikis. Kemandirian yang dimaksudkan di sini adalah kemandirian anak panti asuhan yang ada di Panti asuhan Al-Washliyah Jalan Ismailiyah.
3.        Masa depan yang dimaksudkan dalam penelitian ini adalah masa depan anak-anak di lingkungan panti Asuhan berdasarkan cita-cita yang mereka miliki sesuai dengan pendidikan dan pembinaan yang diperoleh di lingkungan panti asuhan.

E. Sistematika Pembahasan

            Adapun sistematika pembahasan dalam penulisan skripsi ini adalah sebagai berikut :
            Bab I : Pendahuluan yang terdiri dari Latar Belakang Masalah, Rumusan Masalah, Tujuan dan Kegunaan Penelitian, Batasan Istilah, dan Sistematika Pembahasan.
Bab II  : Uraian Teoritis yang berisikan antara lain : Pengertian kemandirian, faktor yang mempengaruhi kemandirian, system pembinaan di Panti Asuhan.
Bab III : Metode Penelitian yang menguraikan tentang : Lokasi Penelitian, Populasi dan Sampel, Sumber Data, Teknik Pengumpulan Data dan Teknik Pengolahan dan Analisa Data.
Bab IV : Pembahasan Hasil Penelitian yang menguraikan tentang Prosedur Penelitian, dan Pembahasan.
Bab V : Merupakan bab Penutup dari penulisan Skripsi ini yang berisikan Kesimpulan dan Saran-Saran


1 Paulo, Pendidikan sebagai Praktek  Pembebasan, Gramedia, Jakarta, 1994, hlm.3
2 Darmayekti, Pembentukan Pribadi Melalui Pembelajaran,: Rneka Cipta, 2006, Jakarta hlm. 21
3 WJS. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia,  PN. Balai Pustaka, Jakarta, 1992, hlm.197
4 Ibid, hlm.116
 

DAFTAR ISI

ABSTRAKSI.......................................................................................................... i
KATA PENGANTAR........................................................................................... ii
DAFTAR ISI........................................................................................................ iv
DAFTAR TABEL................................................................................................ vi
BAB  I   : ......................................................................................................... PENDAHULUAN              1
A. Latar Belakang Masalah..................................................................... 1
B. Rumusan Masalah............................................................................... 3
C. Tujuan dan Kegunaan Penelitian........................................................ 3
D. Batasan Istilah.................................................................................... 4
E. Sistematika Pembahasan..................................................................... 5
BAB II   : ......................................................................................................... LANDASAN TEORITIS                7
A. Pengertian Pembinaan Anak.............................................................. 7
B. Pengertian Kemandirian................................................................... 15
C. Faktor Yang Mempengaruhi Kemandirian....................................... 18
D. Pentingnya Pembinaan Kemandirian Anak.................................. ... 24 
BAB III:........................................................................................................... METODE PENELITIAN                27
A. Lokasi Penelitian.............................................................................. 27
B. Populasi dan Sampel......................................................................... 30
C. Sumber Data..................................................................................... 31
D. Teknik Pengumpul Data................................................................... 32
E. Tehnik Pengelolaan dan Analisa Data.............................................. 32
BAB IV          : PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN................................. 34
                 A. Deskripsi Data................................................................................ 34
                 B. Pembahasan..................................................................................... 53
BAB V    : KESIMPULAN DAN SARAN........................................................ 59
                 A. Kesimpulan .................................................................................... 59
                 B. Saran-Saran..................................................................................... 60
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
LAMPIRAN-LAMPIRAN

SYARAT UNTUK MENDAPATKAN FILE LENGKAP….!!!
File yang tertera diblog ubah saja objeknya biar cepet, ganti saja dengan yang terbaru, kemudian sesuaikan, untuk objek, ubah saja objek jadi tempat yang rencananya anda teliti, beres kan?
File yang anda inginkan bisa konfirmasi ke No. HP ini 0852 6208 9526  untuk mendapatkan file skripsi lengkap (bab1-sampai selesai) dalam bentuk document. Dengan mememenuhi biaya admin di bawah setelah anda melakukan transfer ke:
No Rek BRI  3529-01-026884-53-8  WAHYU RISHANDI (Cab. MARIENDAL MEDAN)
DENGAN NILAI NOMINAL TRANSFER Rp. 100.000/Judul Skripsi
ANGGAP SAJA UNTUK GANTI PENGETIKAN SKRIPS LENGKAP DALAM FORM DOC DAN PENGELOLA BLOG INI.
PELUANG KERJASAMA
kalau ingin untung, sebarin saja ke teman-teman judul di blog ini dan naikan saja harganya
kalau ada kesulitan sms atau contact aja ke No HP saya atau Add FB ya way@id-fb.com
UNTUK PEMESANAN
SETELAH TRANSFER SMS AJA KE 0852-6208-9526 
DENGAN ISI SMS:
Nama, alamat E-mail anda serta judul yang anda inginkan.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Wahyu Rishandi, S.H., M.Si Updated at: 09.11

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers