JUDUL SKRIPSI: Peranan Wanita Karir Dan Pengaruhnya Terhadap Pendidikan Anak Dalam Rumah Tangga Di Komplek Perhubungan Udara Padang Bulan



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
Perkembangan dan kemajuan teknologi di era globalisasi saat ini telah menjadikan informasi sangat penting, seiring dengan kehadiran  media komunikasi terutama televisi yang dikenal dengan Audio Visual berpacu dalam menyampaikan informasi dan pesan-pesan yang berhubungan dengan segala aspek kehidupan manusia tidak terkecuali bidang ekonomi dan profesi.
Kemajuan teknologi dan budaya telah banyak mendukung kemajuan bangsa dan masyarakat dunia khususnya maupun di  Indonesia khususnya bidang karir, yang menuntut semua golongan untuk ikut berperan dalam semua aspek kehidupan baik di rumah tangga maupun dalam politik, dan lembaga pemerintahan. Persamaan tuntutan dari kalangan gender menunjukkan bahwa wanita merasa memiliki persamaan hak dengan laki-laki, sehingga banyak wanita meniti karir sesuai dengan profesinya.
“Tuntutan gender disebabkan karena adanya perbedaan dan sempitnya gerakan wanita serta membatasinya pada bagian tertentu sesuai dengan kodratnya sebagai wanita, sehingga wanita merasa bahwa pada prinsipnya dalam kehidupan dunia untuk berkarir dan memimpin mempunyai hak sebagaimana laki-laki”1 
Wanita karir juga merupakan sebagai dasar pembagian tanggung jawab yang ditetapkan secara sosial dan kultural, “dimana dalam dunia Barat laki-laki dan perempuan mempunyai hak yang sama untuk menjadi segala sesuatu yang diinginkan sesuai dengan bakatnya untuk bisa berkarir dengan laki-laki, begitu juga untuk menjadi pemimpin”2
Wanita sebagai ibu rumah tangga berhak meniti karirnya berdasarkan profesionalisme yang dimiliki, namun seorang wanita tidak boleh melepaskan tanggung jawabnya terhadap pendidikan anak-anak di lingkungan keluarga terutama dalam pembinaan agama anak. Karena ayah dan ibu adalah orang tua si anak sebagai pendidik utama dan pertama yang bertanggung jawab terhadap perkembangan pisik maupun psikis.
Al-Ghazali pernah mengatakan bahwa :“Anak adalah merupakan amanat yang dipercayakan kepada ibu bapaknya, hatinya yang masih murni itu merupakan pertmata yang amat berharga, sederhana dan bersih dari ukiran apapun ia dapaty menerima setiap ukiran yang digoreskan padanya dan ia akan condong ke arah mana dia kita condongkan”.3
Berdasarkan kutipan di atas jelaslah bahwa anak dilahirkan dalam keadaan bersih dan suci, maka kedua orang tuanyalah yang dapat menjadikan anak, mewarnainya, mengarahkannya, membimbing dan mendidiknya ke arah yang lebih baik. Dalam hubungan ini sama dengan Hadits Nabi yang mengatakan bahwa :
ﻣﺎﻣﻦﻤﻮﻠﻮﺪﺍﻻﻳﻮﻠﺪﻋﻠﻰﺍﻠﻓﻃﺮﻩﻓﺎﺑﻮﺍﻩﻳﻬﻮﺪﺍﻧﻪﺃﻮﻳﻧﺻﺮﺍﻧﻪﺃﻮﻳﻣﺠﺳﺎﻧﻪ
Artinya :
Tidaklah anak itu dilahirkan kecuali atas fitrahnya, maka ayah ibunyalah yang menjadikannya Yahudi, atau Nasrani atau Majusi”4.
Sesuai dngan hadits di atas maka dapat dipahami bahwa keberadaan oraqng tua, pekerjaan maupun karir orang tua tidak bisa dilepaskan dari tanggung jawabnya sebagai seorang guru dan pendidik bagi anak-anaknya di lingkungan rumah tangga, oleh karena itu pekerjaan maupun karir orang tua dapat mempengaruhi terhadap pendidikan anak dalam keluarga.
Sering sekali kesibukan orang tua karena karirnya melalaikan tugasnya terhadap pendidikan dan pembinaan anaknya di lingkungan keluarga, hal ini disebabkan karena waktu yang tidak dimiliki oleh kedua orang tuanya untuk memperhatikan dan mendidik anaknya, sehingga tidak sedikit diantara orang tua yang sibuk dengan karirnya menitipkan pendidikan anak kepada orang lain, guru ngaji, dan lembaga pendidikan.
Sesuai dengan lokasi penelitian penulis, bahwa di komplek perhubungan udara Padang Bulan banyak para wanita atau ibu rumah tangga yang juga memiliki karir  sebagai guru, karyawan dan sebagainya. Karir ini membuat mereka sibuk dengan pekerjaannya sehingga sedikit sekali waktu yang dapat diluangkan untuk memperhatikan pendidikan anak-anak. Menurut hemat penulis hal ini mempengaruhi terhadap menurunnya kualitas pendidikan anak-anak sehingga dapat disimpulkan bahwa wanita karir berpengaruh terhadap rendahnya pendidikan anak dalam rumah tangga khususnya di komplek perhubungan udara Padang Bulan.
Kesibukan ibu rumah tangga di Komplek Perhubungan Udara Padang Bulan Medan tidak mengurangi perhatian mereka terhadap pendidikan anak, namun dengan segala keterbatasan yang dimiliki tentunya berpengaruh terhadap pendidikan anak. Oleh karena itu dalam kesempatan penelitian ini penulis ingin meneliti sampai sejauhmana kesibukan ibu rumah tangga yang ada di Komplek Perhubungan Udara Padang Bulan Medan sebagai wanita karir, dan sejauhmana pengaruh yang ditimbulkan terhadap pendidikan anak mereka.
Berdasarkan latar belakang di atas, menjadi daya tarik bagi penulis untuk melakukan penelitian yang berjudul: Peranan Wanita Karir Dan Pengaruhnya Terhadap Pendidikan Anak Dalam Rumah Tangga Di Komplek Perhubungan Udara Padang Bulan

B. Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :
1.      Bagaimanakah wanita karir di komplek perhubungan udara Padang Bulan ?
2.      Bagaimanakah pendidikan anak dalam rumah tangga di komplek perhubungan udara Padang Bulan ?
3.      Bagaimanakah pengaruh wanita karir terhadap pendidikan anak dalam rumah tangga di komplek perhubungan udara Padang Bulan ?

C. Tujuan dan Kegunaan Penelitian
1.      Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah :
1.            Untuk mengetahui wanita karir di komplek perhubungan udara Padang Bulan
2.            Untuk mengetahui pendidikan anak dalam rumah tangga di komplek perhubungan udara Padang Bulan
3.            Untuk mengetahui pengaruh wanita karir terhadap pendidikan anak dalam rumah tangga di komplek perhubungan udara Padang Bulan
2.  Kegunaan Penelitian
Penelitian ini diharapkan dapat berguna :
1.      Sebagai bahan kajian bagi penulis untuk memberikan suatu gambaran kepada wanita karir terhadap pentingnya pembinaan anak dalam lingkungan keluarga
2.      Untuk melihat secara dekat sampai sejauhmana peranan wanita karir dalam pendidikan anak di lingkungan keluarga
3.      Sebagai kewajiban bagi penulis dalam melakukan penelitian sebagai realisasi ilmu yang diperoleh selama kuliah di Fakultas Agama Islam Universitas Islam Sumatera Utara (FAI UISU) Medan
4.      Sebagai perbandingan bagi peneliti lain yang ingin membahas masalah yang sama.

D. Batasan Istilah

Untuk mempermudah pemahaman terhadap judul, sekaligus menghindari terjadinya salah penafsiran di kalangan pembaca, maka judul tersebut ibatasi beberapa istilah kata, sebagaimana berikut :
1.      Pengaruh : adalah dampak yang ditimbulkan dari suatu perbuatan” 5.
2.      wanita karir adalah : “wanita pekerja, wanita yang memiliki profesi, pekerjaan”6
3.      Pendidikan adalah “pengarahan ke arah yang lebih baik, pembelajaran terhadap anak”7 . Pendidikan yang dimaksudkan di sini adalah pendidikan agama.
4.      Anak adalah “keturunan kedua di dalam keluarga, hasil perkawinan dalam sebuah keluarga”8
5.      Rumah tangga“ adalah lingkungan keluarga, satu unit terkecil dalam suatu masyarakat”9 Yang dimaksudkan dalam penelitian ini  adalah keluarga dalam ssatu rumah tangga yang terdiri dari kedua orangtua dan anak.

E. Hipotesis

Hipotesis adalah “kesimpulan sementara yang kebenarannya masih perlu dibuktikan melalui hasil penelitian.”9 Adapun hipotesis penulisa dalam penelitian ini adalah : “Bahwa peranan wanita karir berpengaruh signifikan terhadap pendidikan anak dalam rumah tangga di komplek perhubungan udara Padang Bulan.

G. Sistematika Penulisan

Adapun sistematika penulisan skripsi ini adalah sebagai berikut :
Bab I   : Pendahuluan yang terdiri dari  Latar Belakang Masalah, Rumusan Masalah, Tujuan dan Kegunaan Penelitian, Batasan Istilah,  Hipotesa, Sistematika Penulisan.
Bab II  : Uraian Teoritis yang terdiri dari : Pengertian wanita Karir, Pembinaan Pendidikan Anak, Tanggung Jawab dan Peranan orang tua dalam pembinaan pendidikan anak, Pengaruh Wanita Karir Terhadap Pembinaan Anak           
Bab III            : Metodologi Penelitian yang terdiri dari, Lokasi Penelitian, Populasi dan Sampel, Teknik Pengumpulan Data, Teknik Pengolahan dan Analisa Data    Bab IV            :  Pembahasan Hasil Penelitian  yang terdiri dari, Prosedur Penelitian, Pengolahan Data, Pengujian Hipotesis          
Bab V  : Kesimpulan Dan Saran-Saran sebagai penutup dari penulisan skripsi ini.


1 Zakiyuddin Baidawi, Wacana Teologi Feminis,  Pustaka Pelajar, Jakarta, 1997, hlm.8
2 Ali Yahya,  Dunia Wanita Dalam Islam,  Lentera, Jakarta, 2000, hlm. 19
3 Ahmad Syalaby, Sejarah Pendidikan Islam, Bulan Bintang Jakarta, 1993, hlm.285.
4 Said Ahmad Al-Hasyimiy, Mukhtarul Al-Hadits An-Nabawiyah, Maktabah Ahmad bin Syaid, Surabaya, 1984, hlm.156.
5 WJS Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, 1992, PN. Balai Pustaka, Jakarta, hlm.253.
6 Ibid, hlm. 1125
7 Soerjono Soekanto, SOSIOLOGI suatu Pengantar, Rajawali Pers, Jakarta, 1992, hlm.45.
8 Ibid, hlm, 423
9 Ibid, hlm, 221.
9 Sanapiah Faisal,  Metodologi Penelitian Suatu Pengantar,  Rineka Cipta, Jakarta,, 11996, hlm.65.

SYARAT UNTUK MENDAPATKAN FILE LENGKAP….!!!
File yang tertera diblog ubah saja objeknya biar cepet, ganti saja dengan yang terbaru, kemudian sesuaikan, untuk objek, ubah saja objek jadi tempat yang rencananya anda teliti, beres kan?
File yang anda inginkan bisa konfirmasi ke No. HP ini 0852 6208 9526 atau 0819 6067 526 untuk mendapatkan file skripsi lengkap (bab1-sampai selesai) dalam bentuk document. Dengan mememenuhi biaya admin di bawah setelah anda melakukan transfer ke:
No Rek BRI  3529-01-026884-53-8  WAHYU RISHANDI (Cab. MARIENDAL MEDAN)
DENGAN NILAI NOMINAL TRANSFER Rp. 100.000/Judul Skripsi
ANGGAP SAJA UNTUK GANTI PENGETIKAN SKRIPS LENGKAP DALAM FORM DOC DAN PENGELOLA BLOG INI.
PELUANG KERJASAMA
kalau ingin untung, sebarin saja ke teman-teman judul di blog ini dan naikan saja harganya
kalau ada kesulitan sms atau contact aja ke No HP saya atau Add FB ya way@id-fb.com
UNTUK PEMESANAN
SETELAH TRANSFER SMS AJA KE 0852-6208-9526 atau 0819-6067-526
DENGAN ISI SMS:
Nama, alamat E-mail anda serta judul yang anda inginkan.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Wahyu Rishandi, S.H., M.Si Updated at: 17.37

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers