JUDUL SKRIPSI: UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH ISTIQLAL MEDAN MARELAN



ABSTRAKSI


Meningkatkan keaktifan siswa ini dapat dilakukan dengan menciptakan situasi pembelajaran yang melibatkan siswa. Guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran menggunakan berbagai metode/cara yang sesuai yang lebih melibatkan siswanya. Mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah  diarahkan untuk mendorong, membimbing mengembangkan dan membina siswa untuk mengetahui, memahami dan menghayati syariat Islam untuk dapat diamalkan dan dijadikan pedoman dalam kehidupan sehari-hari. Kurangnya keaktifan siswa dalam belajar pada mata pelajaran Fiqih perlu segera diatasi oleh guru dengan menciptakan iklim belajar yang lebih melibatkan siswa, menarik perhatian dan sesuai kebutuhan siswa. Sebab hanya dengan keaktifan siswa yang tinggi dalam situasi belajar dengan menciptakan potensi anak akan lebih optimal sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan maksimal.

Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah   : Apa saja upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Istiqlal. Bagaimana keaktifan siswa dalam pembelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Istiqlal. Populasi dalam penelitian ini adalah keluarga yang mengalami perceraian sebanyak 300 orang dan sample penelitian ini juga 30 orang.

Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa  Pada dasarnya siswa kurang aktif mengikuti pembelajaran Fiqih, hal ini disebabkan karena kurangnya respon siswa dalam belajar, tidak adanya tanggapan siswa terhadap materi yang diajarkan demikian juga menjawab pertanyaan yang diberikan guru, adanya situasi belajar yang kurang hidup karena metode yang digunakan kurang sesuai yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar Fiqih siswa. Setelah dilakukan upaya meningkatkan keaktifan belajar terlihat bahwa siswa semakin aktif belajar, karena metode yang disampaikan oleh  guru adalah metode ceramah, sosiodrama, tanya jawab, dan metode mencari pasangan. Kesemua metode ini menambah gairah belajar siswa yang dengan sendirinya dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Adanya upaya meningkatkan keaktifan siswa mengikuti pembelajaran materi Fiqih dengan sendirinya telah meningkatkan hasil belajar siswa sebagaimana yang telrihat pada pembahasan dengan perbandingan hasil belajar siswa sebelum penelitian tindakan kelas adalah nilai 4 – 7, sedangkan setelah dilakukan penelitian tindakan kelas terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang cukup signifikan yaitu rata-rata nilai 7 – 9

DAFTAR ISI
                Halaman
ABSTRAKSI............................................................................................................ i
KATA PENGANTAR.............................................................................................. ii
DAFTAR ISI............................................................................................................. iv
DAFTARTABEL...................................................................................................... vi
BAB I          : PENDAHULUAN ........................................................................... 1
A.    Latar Belakang Masalah ............................................................. 1
B.     Rumusan Masalah .......................................................................  3
C.     Tujuan Dan Kegunaan Penelitian ...............................................  4
D.    Batasan Istilah ............................................................................ 5
E.     Sistematika Pembahasan ............................................................. 6
BAB II         : LANDASAN TEORITIS ................................................................. 8
A.    Peranan Orangtua Terhadap Pendidikan Anak........................... 8
B.     Tugas dan Peranan Guru Dalam Prestasi Belajar.................... .... 17
C.     Pengertian dan Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar. .... 29
BAB III       : METODOLOGI PENELITIAN ...................................................... 38
A.    Lokasi Penelitian ......................................................................... 38
B.     Populasi Dan Sampel .................................................................. 40
C.     Sumber Data ............................................................................... 41
D.    Teknik Pengumpulan Data .......................................................... 42
E.     Teknik Analisis Data ................................................................... 42
BAB IV       : PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN ........................................ 44
A.    Prosedur Penelitian ..................................................................... 44
B.     Pembahasan ................................................................................ 45
C.     Analisa Pembahasan.................................................................... 58
BAB V         : KESIMPULAN DAN SARAN-SARAN ....................................... 62
A.    Kesimpulan ................................................................................. 62
B.     Saran-Saran ................................................................................. 63
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR RIWAYAT  HIDUP
LAMPIRAN



DAFTAR TABEL
Nomor                                                 Judul                                                    Halaman
I.          :  KEADAAN SISWA................................................................................. 38
II          :  SARANA DAN PRASARANA............................................................... 39
III        :  TENAGA PENGAJAR........................................................................ .... 39

IV        :  GURU AGAMA MEGAJAR DENGAN SUNGGUH-SUNGGUH...... 45

V          :  GURU AGAMA SELALU MENGABSEN SISWA.............................. 46

VI        :  GURU BERUSAHA AGAR SISWA FAHAM PELAJARAN.............. 46

VII       :  GURU MEMBERIKAN BIMBINGAN KEPADA SISWA.................. 47

VIII     :  GURU MENEKANKAN KEPADA SISWA AGAR RAJIN
                BELAJAR.................................................................................................. 48

IX        :  GURU MENASEHATI SISWA YANG MALAS BELAJAR............... 48

X          :  GURU MEMBERIKAN TUGAS PR...................................................... 49

XI        :  GURU MENYURUH SISWA MENGULANG PELAJARAN............. 50

XII       :  GURU MEMERIKSA PR SISWA........................................................... 50

XIII     :  GURU MEMBERIKAN HUKUMJAN BAGI SISWA YANG
                MALAS BELAJAR.................................................................................. 51

XIV     :  GURUMENYURUH SISWA UNTUK RAJIN BELAJAR................... 52

XV       :  ORANGTUA MEMENUHI KEBUTUHAN PENDIDIKAN ANAK                52

XVI     :  ORANGTUA MENYURUH MASUK DAN KELUAR SEKOLAH
                TEPAT WAKTU....................................................................................... 53

XVII    :  OANGTUA MENGAJARI SISWA BELAJAR DI RUMAH................ 54

XVIII  :  ORANGTUA MEMBIMBING ANAK MASALAH AGAMA DI
                RUMAH.................................................................................................... 54
XIX     :  ORANGTUA MEMPERHATIKAN PR SISWA.................................... 55

XX       :  ORANGTUA MEMARAHI ANAK BILA TIDAK
                MENGERJAKAN PR............................................................................... 56

XXI     :  ORANGTUA MENANYAKAN PR ANAK DI SEKOLAH................. 56

XXII    :  ORANGTUA MENGAJARI ANAK BILA KURANG PAHAM.......... 57

XXIII  :  ORANGTUA MEMBERIKAN SANKSI KEPADA ANAK YANG
                MALAS BELAJAR.................................................................................. 57



SYARAT UNTUK MENDAPATKAN FILE LENGKAP….!!!
File yang tertera diblog ubah saja objeknya biar cepet, ganti saja dengan yang terbaru, kemudian sesuaikan, untuk objek, ubah saja objek jadi tempat yang rencananya anda teliti, beres kan?
File yang anda inginkan bisa konfirmasi ke No. HP ini 0852 6208 9526 atau 0819 6067 526 untuk mendapatkan file skripsi lengkap (bab1-sampai selesai) dalam bentuk document. Dengan mememenuhi biaya admin di bawah setelah anda melakukan transfer ke:
No Rek BRI  3529-01-026884-53-8  WAHYU RISHANDI (Cab. MARIENDAL MEDAN)
DENGAN NILAI NOMINAL TRANSFER Rp. 100.000/Judul Skripsi
ANGGAP SAJA UNTUK GANTI PENGETIKAN SKRIPS LENGKAP DALAM FORM DOC DAN PENGELOLA BLOG INI.
PELUANG KERJASAMA
kalau ingin untung, sebarin saja ke teman-teman judul di blog ini dan naikan saja harganya
kalau ada kesulitan sms atau contact aja ke No HP saya atau Add FB ya way@id-fb.com
UNTUK PEMESANAN
SETELAH TRANSFER SMS AJA KE 0852-6208-9526 atau 0819-6067-526
DENGAN ISI SMS:
Nama, alamat E-mail anda serta judul yang anda inginkan.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Wahyu Rishandi, S.H., M.Si Updated at: 10.48

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers