JUDUL SKRIPSI: Aktivitas Belajar dan Hubungannya Dengan Kemandirian belajar PPKn siswa SMP




BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Dalam rangka mencapai tujuan pendidikan, guru itu adalah sebagai pengendali, pengarah proses, serta pembimbing perkembangan dan pertumbuhan anak didik. Guru merupakan hamba Allah yang bercita-cita Islami yang telah matang ruhaniah dan jasmaniahnya dan juga orang yang memahami kebutuhan perkembangan anak didik untuk kehidupan di masa akan datang. Guru bukan hanya mentransfer ilmu pengetahuan yang dibutuhkan siswa, tetapi juga mentransfer nilai-nilai Islami kedalam pribadi siswa sehingga mapan dan menyatu serta mewarnai perilaku mereka dalam kehidupan sehari-hari. Dalam keseluruhan aktivitas belajar mengajar, guru merupakan memegang peranan penting yaitu sebagai pendidik yang bertanggung jawab atas berhasil tidaknya proses pendidikan.
Maka dalam pembaharuan pendidikan guru dan kurikulum yang sedang dilaksanakan pemerintah dewasa ini, guru-guru memerlukan keterampilan dalam  pengembangan berbagai bentuk dan jenis program belajar mengajar yang telah serasi. Peningkatan keterampilan ini hanya dapat dilakukan jika guru-guru dibekali  dengan penguasaan sejumlah strategi mengajar yang diperlukan. Apabila diperhatikan, untuk meningkatkan hasil belajar dalam bentuk pengaruh instruksional dan untuk mengarahkan pengaruh kepada hal-hal yang positif dan berguna bagi para peserta didik sendiri, guru harus andal memilih apa isi pengajaran dan bagaimana proses belajar itu seyogyanya dikelola.
Peserta didik dipandang sebagai aspek terpenting dari pendidikan. Bukan saja karena mereka sebagai sasaran pendidikan tetapi mereka adalah tolak ukur keberhasilan pendidikan. Pendidikan dikatakan berhasil bila produk pendidikan itu dapat menjadi manusia yang berguna baik untuk diri pribadinya juga bagi bangsa dan negaranya. Jadi hasil pendidikan sangat berhubungan secara signifikan terhadap kelangsungan hidup sutau Negara.
Salah satu upaua untuk menempat peserta didik adalah dengan berbagai pendekatan seperti berbagai aktivitas belajar mencakup pada pendidikan ektra dan ko kurikuler, baik diberikan di sekolah pada saat di luar jam pelajaran seperti di pustaka, laboratorium, sanggar belajar maupun lingkungan masyarakat.
Semua aktivitas belajar yang dilakukan oleh pihak guru baik yang berkaitan dengan proses belajar mengajar di kelas, maupun kegiatan pendidikan di luar jam pelajaran adalah untuk membentuk kemandirian belajar siswa. Karena dengan kemandirian belajar siswa maka dapat melahirkan siswa yang kreatif, aktif, giat dan sebagainya.
Berdasarkan kondisi tersebut di atas, maka SMP ….adalah merupakan salah satu lembaga pendidikan dimana aktivitas kegiatan belajar yang dilakukan adalah untuk mempersiapkan siswa yang berkualitas dan mandiri, hal ini terlihat dari kegiatan pendidikan dan pengajaran keseharian baik secara formal maupun non formal sangat memadai.
Siswa di SMP ….pada dasarnya sama dengan siswa pada pesantren lainnya, dimana sistem pengasuhan yang yang penuh dengan berbagai aktivitas pendidikan intra, kokurikuler  dan ekstrakurikuler, hal ini adalah untuk membentuk kemandiran siswa. Karena pendidikan melalui pemondokan di pesantren penuh dengan peraturan dan disiplin yang berpengaruh positif terhadap perkembangan jiwa, fisik dan keilmuan siswa itu sendiri.
Berdasarkan latar belakang tersebut sehingga penulis mencoba ingin melakukan penelitian terhadap aktivitas belajar yang dapat membentuk dan menciptakan kemandirian belajar siswa itu sendiri, karena itulah penulis ingin melakukan penelitian dalam bentuk tulisan ilmiah ini dengan judul : “Aktivitas Belajar dan Hubungannya Dengan Kemandirian belajar PPKn siswa SMP …..

B.     Identifikasi Masalah
Sesuai dengan latar belakang masalah di atas, dan dengan melihat judul penelitian maka perlu diidentifikasikan masalah yang akan dibahas sebagai berikut :
  1. Kurangnya sarana yang mendukung dalam membentuk kemandirian belajar siswa.
  2. Kurang efektifnya peraturan yang ditetapkan oleh pihak sekolah baik saat belajar maupun di luar jam pelajaran
  3. Sanksi yang diberikan kepada siswa belum dapat membuat kesadaran untuk tidak mengulangi perbuatan yang sama
  4. Rendahnya pengawasan terhadap aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar dan luar proses belajar mengajar
  5. Kurang terjaminnya keamanan dan ketertiban terhadap siswa yang ada di pondok maupun di kelas saat belajar

C.    Batasan Masalah
Untuk menghindari terjadi kesalahpahaman dan salah penafsiran terhadap pokok bahasan dalam penelitian ini, maka penulis memberikan batasan sebagai berikut :
1.      Aktivitas belajar yang dimaksudkan dalam pembahasan ini adalah aktivitas di sekolah
2.      Kemandirian santri yang dimaksudkan adalah kurang kreatifnya siswa dalam mengikuti proses belajar

D.    Rumusan Masalah
Berdasarkan pernyataan di atas, penulis merumuskan masalah dalam bentuk pertanyaan sebagai berikut :
1.      Bagaimana aktivitas belajar siswa SMP ………..?
2.      Bagaimanakah kemandirian belajar siswa di SMP ………….
3.      Apakah kemandirian belajar siswa erat hubungannya dengan aktivitas belajar yang ada di SMP ……….

E.     Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penelitian ini adalah :
1.      Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa SMP ……..
2.      Untuk mengetahui kemandirian belajar siswa di SMP………
3.      Untuk mengetahui apakah kemandirian belajar siswa erat hubungannya dengan aktivitas belajar yang ada di SMP …………..

F.     Kegunaan Penelitian
Sedangkan penelitian ini dilaksanakan berguna yaitu :
1.      Sebagai bahan masukan bagi kepala sekolah untuk meningkatkan kualitas sekolah di masa yang akan datang.
2.      Sebagai bahan masukan bagi para guru dan pihak sekolah dalam meningkatkan aktivitas belajar
3.      Sebagai motivasi bagi siswa untuk meningkatkan aktivitas belajar
4.      Berguna untuk meningkatkan kualitas ilmiah di masa yang akan datang
Bagi penulis berguna untuk memenuhi persyaratan mencapai gelar sarjana S1 dalam ilmu Pendidikan dan Kewarganegaran UGN Padangsidimpuan





DAFTAR ISI

ABSTRAK................................................................................................................ i
KATA PENGANTAR.............................................................................................. ii
DAFTAR ISI............................................................................................................. iv
DAFTAR TABEL..................................................................................................... vi
BAB I       :      PENDAHULUAN........................................................................... 1
A.    Latar Belakang Masalah.............................................................. 1
B.     Identifikasi Masalah.................................................................... 3
C.     Batasan Masalah.......................................................................... 4
D.    Rumusan Masalah........................................................................ 4
E.     Tujuan Penelitian......................................................................... 5
F.      Kegunaan Penelitian.................................................................... 5
BAB II      :    KAJIAN PUSTAKA......................................................................... 7
A.    Landasan Teori............................................................................ 7
1.      Pengertian Aktivitas Belajar.................................................. 7
2.      Pengertian Kemandirian........................................................ 12
3.      Faktor-Fakor Yang Mempengaruhi Kemandirian.................. 16
B.     Kerangka Pikir............................................................................. 24
C.     Penelitian Yang Relevan.............................................................. 25
D.    Hipotesis...................................................................................... 26
BAB III   :     METODE  PENELITIAN................................................................. 28
A.    Lokasi Penelitian.......................................................................... 28
B.     Populasi dan Sampel............................................................... .... 29
C.     Teknik Pengumpulan Data........................................................... 30
D.    Defenisi Operasional.................................................................... 30
E.     Teknik Pengolahan dan Analisa Data.......................................... 31
BAB IV    :     HASIL PENELITIAN...................................................................... 33
                        A. Deskripsi Data.............................................................................. 33
                        B. Pengujian Persyaratan Analisis..................................................... 53
                        C. Pengujian Hipotesis....................................................................... 54
BAB V      :     KESIMPULAN DAN SARAN-SARAN........................................ 60
                        A. Kesimpulan................................................................................... 60
                        B. Saran-Saran................................................................................... 61
DAFTAR PUSTAKA............................................................................................... 63
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
LAMPIRAN



DAFTAR TABEL
I.              :   JUMLAH SISWA............................................................................     28

II.            :   SARANA DAN PRASARANA.......................................................... 28

III            :   AKTIVITAS BELAJAR MEMADAI................................................. 33

IV            :   AKTIVITAS BELAJAR DI PONDOK BANYAK............................ 34

V             :   AKTIVITAS BELAJAR INTRAKURIKULER BERJALAN........... 34

VI            :   AKTIVITAS BELAJAR EKSTRAKURIKULER BERJALAN........ 35

VII          :   AKTIVITAS BELAJAR KOKURIKULER BERJALAN................. 35

VIII         :   AKTIVITAS BELAJAR INTRAKURIKULER DIIKUTI SANTRI 36

IX            :   AKTIVITAS BELAJAR EKTRAKURIKULER DIIKUTI SANTRI            37

X             :   AKTIVITAS BELAJAR KOKURIKULER DIIKUTI SANTRI....... 37

XI            :   AKTIVITAS BELAJAR SELALU DIAWASI GURU...................... 38

XII          :   AKTIVITAS BELAJAR BERJALAN SESUAI ATURAN............... 38

XIII         :   SKOR JAWABAN VARIABEL X..................................................... 39

XIV         :   DAFTAR DISTRIBUSI FREKUENSI AKTIVITAS BELAJAR...... 42

XV          :   MENGIKUTI KEGIATAN BELAJAR DI KELAS........................... 43

XVI         :   SELALU MENDENGARKAN PELAJARAN................................... 44

XVII       :   AKTIF BERTANYA DALAM BELAJAW........................................ 45

XVIII      :   AKTIF MENCATAT PELAJARAN................................................... 45

XIX         :   SELALU MENGIKUTI KEGIATAN INTRAKURIKULER........... 46

XX          :   SELALU MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER........ 46

XXI         :   SELALU MENGIKUTI KEGIATAN KOKURIKULER.................. 47
XXII       :   DISIPLIN MENGIKUTI AKTIVITAS BELAJAR............................ 47

XXIII      :   KREATIF DALAM BELAJAR........................................................... 48

XXIV      :   MAMPU BELAJAR MANDIRI.......................................................... 48

XXV       :   SKOR JAWABAN VARIABEL Y..................................................... 49

XXVI      :   KOEFISIEN KORELASI VARIABEL X DAN Y............................ 55


SYARAT UNTUK MENDAPATKAN FILE LENGKAP….!!!
File yang tertera diblog ubah saja objeknya biar cepet, ganti saja dengan yang terbaru, kemudian sesuaikan, untuk objek, ubah saja objek jadi tempat yang rencananya anda teliti, beres kan?
File yang anda inginkan bisa konfirmasi ke No. HP ini 0852 6208 9526 atau 0819 6067 526 untuk mendapatkan file skripsi lengkap (bab1-sampai selesai) dalam bentuk document. Dengan mememenuhi biaya admin di bawah setelah anda melakukan transfer ke:
No Rek BRI  3529-01-026884-53-8  WAHYU RISHANDI (Cab. MARIENDAL MEDAN)
DENGAN NILAI NOMINAL TRANSFER Rp. 100.000/Judul Skripsi
ANGGAP SAJA UNTUK GANTI PENGETIKAN SKRIPS LENGKAP DALAM FORM DOC DAN PENGELOLA BLOG INI.
PELUANG KERJASAMA
kalau ingin untung, sebarin saja ke teman-teman judul di blog ini dan naikan saja harganya
kalau ada kesulitan sms atau contact aja ke No HP saya atau Add FB ya way@id-fb.com
UNTUK PEMESANAN
SETELAH TRANSFER SMS AJA KE 0852-6208-9526 atau 0819-6067-526
DENGAN ISI SMS:
Nama, alamat E-mail anda serta judul yang anda inginkan.



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Wahyu Rishandi, S.H., M.Si Updated at: 11.14

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers