ABSTRAKSI
Berdasarkan Pengamatan sementara penulis di lapangan menunjukkan
bahwa ada perbedaan prestasi belajar siswa yang tinggal di asrama bila
dibandingkan dengan prestasi belajar siswa yang tinggal dengan orangtua.
Kenyataan ini disebabkan bahwa siswa yang tinggal di asrama memiliki peluang
yang lebih banyak untuk belajar dan mendalami materi pelajaran bila
dibandingkan dengan siswa yang tinggal bersama orangtua.
Rumusan
Masalah dalam penelitian ini adalah :
Bagaimana prestasi belajar siswa yang tinggal di asrama dalam bidang studi
Bahasa Arab pada Madrasah Tsanawiyah Al-Manar, Bagaimana prestasi belajar siswa
yang tinggal dengan orang tua dalam bidang studi Bahasa Arab, bagaimana
perbandingan prestasi belajar dalam bidang studi Bahasa Arab siswa yang tinggal
di Asrama sekolah dengan siswa yang tinggal dengan orang tua pada Madrasah
Tsanawiyah Al-Manar Medan.Penelitian ini menetapkan 25 orang sampel dengan
analisa product moment.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat
disimpulkan bahwa Prestasi belajar Bahasa Arab siswa Madrasah Tsanawiyah
Al-Manar Medan yang tinggal di asrama tergolong tinggi karena hasil belajar
siswa mempunyai nilai rata-rata 8-9 sebanyak 22 orang dan 3 orang dengan nilai
rata-rata 7. Prestasi belajar Bahasa Arab siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Manar
yang tinggal bersama orang tua juga tergolong rendah karena hasil belajar siswa
mempunyai nilai rata-rata nilai 9-10 ada
2 orang, dan 1 orang dengan nilai rata-rata 7 dan 22 orang dengan nilai 5-6. Perbandingan
prestasi belajar Bahasa Arab siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Manar Medan yang
tinggal di asrama dengan prestasi belajar siswa yang tinggal dengan orang tua
memiliki perbedaan yang begitu signifikan karena hasil nilai keduanya tergolong
cukup berbeda .
DAFTAR ISI
ABSTRAKSI........................................................................................................ i
KATA
PENGANTAR.......................................................................................... ii
DAFTAR
ISI........................................................................................................ iv
DAFTAR
TABEL................................................................................................ vi
BAB
I : PENDAHULUAN
............................................................................ 1
A.
Latar Belakang Masalah .................................................................. 1
B.
Ruang Lingkup dan Rumusan Masalah........................................... 2
C.
Batasan Istilah.................................................................................. 3
D.
Tujuan Penelitian.............................................................................. 4
E.
Hipotesis........................................................................................... 5
F.
Kegunaan Penelitian ........................................................................ 5
BAB
II : LANDASAN
TEORITIS .................................................................. 6
A.
Pengertian Belajar dan Prestasi Belajar............................................ 6
B.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar....................... 12
C.
Keadaan Tempat Tinggal dalam Mendukung Prestasi Belajar......... 23
D.
Peranan Orangtua Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar................ 25
BAB
III: METODOLOGI PENELITIAN ...................................................... 33
A.
Lokasi Penelitian.............................................................................. 33
B.
Populasi Dan Sampel ....................................................................... 37
C.
Sumber Data..................................................................................... 38
D.
Teknik Pengumpulan Data............................................................... 38
E.
Teknik Pengolahan Dan Analisa Data.............................................. 39
BAB
IV : PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN ......................................... 41
A.
Prosedur Penelitian........................................................................... 41
B.
Pembahasan...................................................................................... 42
C.
Pengujian Hipotesis.......................................................................... 57
BAB
V : KESIMPULAN DAN SARAN-SARAN ............................................ 59
A.
Kesimpulan....................................................................................... 59
B.
Saran-Saran...................................................................................... 60
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
Tabel J U D U L Halaman
I. : KEADAAN
SISWA.......................................................................... 35
II : SARANA
DAN PRASARANA........................................................ 36
III : SENANG
BELAJAR BAHASA ARAB.......................................... 42
IV : AKTIF
MENGIKUTI PELAJARAN BAHASA ARAB................. 43
V : MENGERJAKAN
TUGAS-TUGAS BAHASA ARAB.................. 44
VI : AKTIF
BERBICARA BAHASA ARAB DENGAN TEMAN........ 44
VII : AKTIF
MENGIKUTI MUHADARAH............................................ 45
VIII : MENGIKUTI
ULANGAN HARIAN............................................... 46
IX : HASIL
BELAJAR TES ULANGAN................................................ 46
X : RATA-RATA
HASIL BELAJAR..................................................... 47
XI : SENANG
BELAJAR BAHASA ARAB.......................................... 48
XII : AKTIF
MENGIKUTI PELAJARAN BAHASA ARAB................. 49
XIII : AKTIF
MENGERJAKAN TUGAS BAHASA ARAB.................... 49
XIV : AKTIF
BERBICARA BAHASA ARAB......................................... 50
XV : MENGKUTI
MUHADARAH ........................................................ 50
XVI : MENGIKUTI
ULANGAN HARIAN............................................... 51
XVII : HASILNILAI
BELAJAR ULANGAN............................................ 51
XVIII : RATA-RATA
HASIL BELAJAR SISWA....................................... 52
XIX : JAWABAN
TES 1 S/D 16................................................................. 53
XX : HASIL
BELAJAR SISWA YANG TINGGAL DI ASRAMA....... 54
XXI : HASIL
BELAJAR SISWA YANG TINGGAL DENGAN
ORANGTUA...................................................................................... 56
XXII : PERBANDINGAN
NILAI BAHASA ARAB SISWA................... 58
SYARAT UNTUK MENDAPATKAN FILE LENGKAP….!!!
File yang tertera diblog ubah saja
objeknya biar cepet, ganti saja dengan yang terbaru, kemudian sesuaikan, untuk
objek, ubah saja objek jadi tempat yang rencananya anda teliti, beres kan?
File yang anda inginkan bisa konfirmasi ke No. HP ini 0852 6208
9526 atau 0819 6067 526 untuk mendapatkan file skripsi lengkap (bab1-sampai
selesai) dalam bentuk document. Dengan mememenuhi
biaya admin di bawah setelah anda melakukan transfer ke:
No Rek BRI 3529-01-026884-53-8 WAHYU RISHANDI (Cab. MARIENDAL MEDAN)
DENGAN NILAI NOMINAL TRANSFER Rp.
100.000/Judul Skripsi
ANGGAP SAJA UNTUK GANTI PENGETIKAN SKRIPS LENGKAP DALAM FORM DOC
DAN PENGELOLA BLOG INI.
PELUANG KERJASAMA
kalau ingin untung, sebarin saja ke teman-teman judul di blog ini
dan naikan saja harganya
kalau ada kesulitan sms atau contact aja ke No HP saya atau Add FB
ya way@id-fb.com
UNTUK PEMESANAN
SETELAH TRANSFER SMS AJA KE 0852-6208-9526 atau 0819-6067-526
DENGAN ISI SMS:
Nama, alamat E-mail anda serta judul yang anda inginkan.