JUDUL SKRIPSI: KONSELING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KESULITAN BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 ULU PUNGKUT



ABSTRAKSI


Berdasarkan bahwa peranan guru BK sangatlah dibutuhkan, terutama dalam membantu anak didik mengatasi dan memberikan jalan keluar atau problem yang dihadapinya terutama kesulitan belajar. Kepekaan guru BK dalam menyikapi setiap permasalahan yang dihadapi anak didik secara dini akan membantu anak didik dalam menanggulangi tindakan pelanggaran, sehingga disiplin belajar siswa akan tetap dapat terjaga.

 Penelitian bertujuan untuk mengetahui bimbingan konseling yang diterapkan guru kepada siswa SMP Negeri 1 Ulupungkut. Tingkat kesulitan belajar siswa SMP Negeri 1 Ulupungkut. Serta pengaruh yang signifikan antara bimbingan konseling terhadap kesulitan belajar siswa. Penelitian ini menetapkan sampel sebanyak 60 orang dengan metode kuantitatif dan menggunakan alat pengumpulan data melalui angket yang dianalisa melalui analisa korelasi product moment

Hasil yang diperoleh berdasarkan penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa peranan guru bimbingan konseling di SMP Negeri 1 Ulupungkut menunjukkan adanya peranan yang sangat penting. Peranan tersebut terlihat dari bimbingan yang dilakukan oleh guru terhadap pelaksanaan proses belajar mengajar di sekolah agar siswa dapat memahami pelajaran yang disajikan guru. Kesulitan belajar siswa SMP Negeri 1 Ulupungkut menunjukkan adanya kesulitan yang tidak begitu signifikan, dimana kesulitan yang dialami siswa adalah dalam memahami materi pelajaran dan mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru. Bimbingan konseling berpengaruh signifikan terhadap mengatasi kesulitan belajar siswa Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa r hitung lebih besar dari  nilai r tabel (0.54 < 0.26), hal ini berarti peranan guru bimbingan konseling mempunyai pengaruh yang signifikan dalam mengatasi kesulitan belajar siswa dengan tingkat signifikansi sedang karena berada pada posisi 0.40  0.60 (Korelasi sedang).



DAFTAR ISI

ABSTRAKSI........................................................................................................ i
KATA PENGANTAR.......................................................................................... ii
DAFTAR ISI........................................................................................................ iv
DAFTAR TABEL................................................................................................ vi
BAB I    :  PENDAHULUAN ............................................................................ 1
A.    Latar Belakang Masalah .................................................................. 1
B.     Identifikasi Masalah......................................................................... 5
C.     Rumusan Masalah  .......................................................................... 5
D.    Tujuan Penelitian ............................................................................. 6
E.     Kegunaan Penelitian......................................................................... 6
F.      Batasan Istilah.................................................................................. 7
G.    Hipotesis........................................................................................... 7
H.    Sistematika Pembahasan ................................................................. 7
BAB II   :  LANDASAN TEORITIS .................................................................. 9
A.    Pengertian Bimbingan Konseling..................................................... 9
B.     Peranan Guru dalam Menunjang Pelaksanaan Bimbingan di
 Sekolah............................................................................................ 17
C.     Pola Program Bimbingan dan Konseling......................................... 21
D.    Fungsi dan Sasaran Bimbingan Konseling di Sekolah..................... 26
E.     Pengertian Kesulitan Belajar............................................................ 28
F.      Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar................................ 31

BAB III:   METODOLOGI  PENELITIAN ...................................................... 34
A.    Lokasi dan Waktu Penelitian........................................................... 34
B.     Populasi dan Sampel ....................................................................... 36
C.     Instrumen Pengumpulan Data.......................................................... 36
D.    Teknik Pengolahan Dan Analisa Data.............................................. 37
BAB IV :  PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN ......................................... 39
A.    Deskripsi Data.................................................................................. 39
B.     Pengujian Hipotesis.......................................................................... 55
BAB V : KESIMPULAN DAN SARAN-SARAN ............................................ 60
A.    Kesimpulan....................................................................................... 60
B.     Saran-Saran...................................................................................... 61
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
LAMPIRAN

DAFTAR TABEL

Tabel                                                   J U D U L                                        Halaman

I.             :  KEADAAN SISWA.......................................................................... 34

II            :  KEADAAN GURU........................................................................... 35

III           :  SARANA DAN PRASARANA........................................................ 36

IV           :  GURU SELALU MEMBIMBING SISWA...................................... 44

V            :  GURU MEMBERIKAN NASEHAT KEPADA SISWA................ 41

VI           :  GURU MEMBIMBING SISWA YANG KESULITAN BELAJAR    41

VII         :  MEMBERIKAN BIMBINGAN UNTUK BELAJAR AKTIF........ 42
                                                                                            
VIII        :  GURU MENASEHATI AGAR SISWA MEMBERI IZIN............. 42

IX           :  GURU MENYARANKAN AGAR SISWA DATANG KE
                  SEKOLAH TEPAT WAKTU............................................................ 43

X            :  GURU SELALU MEMOTIVASI BELAJAR SISWA.................... 43

XI           :  GURU MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA............... 44

XII         :  GURU MENASEHATI SISWA YANG MELANGGAR
                  PERATURAN.................................................................................... 45

XIII        :  GURU BERPERAN DALAM MEMBERIKAN BIMBINGAN.... 45

XIV        :  SKOR JAWABAN VARIABEL X................................................... 46

XV         :  MASUK SEKOLAH TEPAT WAKTUNYA................................... 48

XVI        :  MENDENGARKAN PENJELASAN GURU DENGAN TEKUN. 49

XVII      :  MENGERJAKAN TUGAS YANG DIBERIKAN GURU.............. 49

XVIII     :  SISWAMENGERJAKAN PR........................................................... 50

XIX        :  MEMAKAI PAKAIAN SERAGAM................................................ 50

XX         :  MASUK KELAS TEPAT PADA WAKTUNYA............................. 51

XXI        :  KELUAR KELAS SETELAH SELESAI PELAJARAN................. 51

XXII      :  MEMPERSIAPKAN BAHAN PELAJARAN SETIAP HARI....... 52

XXIII     :  SELALU PERSIMI BILA KELUAR ADA KEPERLUAN............ 52

XXIV     :  MEMATUHI SEMUA DISIPLIN BELAJAR.................................. 53

XXV      :  SKOR JAWABAN VARIABEL Y................................................... 54

XXVI     :  KOEFISIEN KORELASI VARIABEL X DAN Y.......................... 56


SYARAT UNTUK MENDAPATKAN FILE LENGKAP….!!!
File yang tertera diblog ubah saja objeknya biar cepet, ganti saja dengan yang terbaru, kemudian sesuaikan, untuk objek, ubah saja objek jadi tempat yang rencananya anda teliti, beres kan?
File yang anda inginkan bisa konfirmasi ke No. HP ini 0852 6208 9526 atau 0819 6067 526 untuk mendapatkan file skripsi lengkap (bab1-sampai selesai) dalam bentuk document. Dengan mememenuhi biaya admin di bawah setelah anda melakukan transfer ke:
No Rek BRI  3529-01-026884-53-8  WAHYU RISHANDI (Cab. MARIENDAL MEDAN)
DENGAN NILAI NOMINAL TRANSFER Rp. 100.000/Judul Skripsi
ANGGAP SAJA UNTUK GANTI PENGETIKAN SKRIPS LENGKAP DALAM FORM DOC DAN PENGELOLA BLOG INI.
PELUANG KERJASAMA
kalau ingin untung, sebarin saja ke teman-teman judul di blog ini dan naikan saja harganya
kalau ada kesulitan sms atau contact aja ke No HP saya atau Add FB ya way@id-fb.com
UNTUK PEMESANAN
SETELAH TRANSFER SMS AJA KE 0852-6208-9526 atau 0819-6067-526
DENGAN ISI SMS:
Nama, alamat E-mail anda serta judul yang anda inginkan.




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Wahyu Rishandi, S.H., M.Si Updated at: 00.54

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers