JUDUL SKRIPSI: Pelaksanaan Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan Pengaruhnya Terhadap Semangat Kerja Karyawan Di PT. Soeloeng Laoet, Kebun Sinah Kasih Sei Rampah



ABSTRAK

            Keselamatan Kerja adalah Perlindungan terhadap kesejahteraan fisik seseorang dan mencegah kecelakaan atau cedera yang terkait dengan pekerjaan. Kesehatan Kerja adalah Individu yang sehat, bebas dari penyakit, cedera serta masalah mental dan emosi yang bisa mengganggu aktivitas manusia normal umumnya. Semangat Kerja adalah Sikap mental manusia untuk membuat hari esok lebih baik dari hari sekarang dan membuat hari ini lebih baik dari hari kemarin.
            Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah berapa besar pengaruh keselamatan dan kesehatan kerja terhadap semangat kerja karyawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan program dan juga pengaruh program untuk mengetahui hambatan – hambatan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) terhadap semangat kerja karyawan. Teknik pengumpulan data yang penulis pergunakan dalam penelitian ini adalah wawancara atau interview, daftar pertanyaan atau quitioner, studi dokumentasi dan observasi. Sedangkan teknik analisis data yang penulis pergunakan adalah dengan analisa regresi linier berganda dan Uji F.
PT. Soeloeng Laoet adalah badan usaha yang independent yang bergerak dibidang perkebunan. Dari hasil penelitian penulis di PT. Soeloeng Laoet, di peroleh kesimpulan bahwa secara parsial, penilaian keselamatan kerja (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap semangat kerja (Y). Dan begitu pula kesehatan kerja ( X2) berpengaruh secara signifikan terhadap semangat kerja (Y) pada taraf signifikan 0,05.
Persamaan regresi linier berganda untuk 2 prediktor (penilaian keselamatan dan kesehatan) adalah Y=15,228 + 0,240 X1 + 0,253 X2 persamaan ini memperlihatkan bahwa semua variabel bebas (X1 dan X2) memiliki koefisien yang positif, berarti seluruh variabel bebas (penilaian keselamatan dan kesehatan kerja) mempunyai pengaruh yang searah terhadap variabel Y (semangat kerja). Variabel X1 memiliki kontribusi relatif yang paling besar diantara kedua variabel bebas.
Nilai R – Square yang diperoleh adalah sebesar 0,311 menunjukkan sekitar 31,10% variabel Y (semangat kerja) dapat dijelaskan oleh variabel penilaian keselamatan kerja (X1) dan kesehatan kerja (X2) terhadap variabel Y (semangat kerja) adalah 31,10% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Dari uji F diperoleh 6,090 dengan F table 3,35 menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima, berarti (X1) dan (X2)  penilaian keselamatan dan kesehatan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Y (semangat kerja).



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Setiap perusahaan baik perusahaan besar maupun perusahaan kecil mempunyai fasilitas untuk berproduksi dan juga menguji hasil yang diproduksi dari perusahaan tersebut dan efek dari pekerjaan tersebut sangat erat kaitannya dengan tenaga kerja. Tetapi efisiensi dan efektifitas kerja tidak tergantung pada jumlah tenaga kerja yang banyak, melainkan dari mutu tenaga kerja tersebut.
Khusus di dalam pengaruh semangat kerja karyawan, banyak terkandung unsur-unsur seperti :
1.      Keselamatan Kerja Karyawan
2.      Kesehatan Kerja Karyawan
3.      Lingkungan yang mendukung pencapaian prestasi
4.      Segala fasilitas-fasilitas yang disediakan serta kemudahan-kemudahan lainnya.
Untuk meningkatkan semangat kerja perusahaan memberikan jaminan-jaminan dalam lingkungan kerja, diantaranya :
1.      Keselamatan Kerja
Perusahaan juga tidak menginginkan terjadinya kecelakaan kerja, karena mempengaruhi hasil kerja karyawan.
2.      Jaminan Sosial Tenaga Kerja Karyawan
Tanggungan terhadap karyawan dengan memberikan fasilitas perawatan dan pemeliharaan kesehatan oleh perusahaan. Perusahaan juga tidak ingin kecelakaan kerja terjadi, karena akibat dari kecelakaan kerja akan menimbulkan kerugian disegi waktu dan juga disegi peralatan.
Penempatan dan pembagian kerja yang tidak sesuai dengan keahlian yang dimiliki akan memungkinkan terjadinya kecelakaan kerja dan kesalahan kerja. Perlindungan tenaga kerja yang berupa keamanan dan keselamatan kerja merupakan perhatian utama di dalam perusahaan. Undang-Undang Republik Indonesia No. 1 Tahun 1970, pada tanggal 12 Januari 1970 ” tentang keselamatan kerja” merupakan bukti tentang pentingnya keselamatan kerja di dalam perusahaan.
Perhatian lain juga dituangkan pada Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia No. 02/ Men/ 1980, ” tentang pemeriksaan kesehatan tenaga kerja dalam menyelenggarakan kesehatan kerja”.
Karena perhatian keselamatan dan kesehatan kerja merupakan perhatian utama dan berpengaruh terhadap semangat kerja karyawan, maka penulis tertarik terhadap masalah yang terjadi pada keselamatan dan kesehatan kerja yang tentunya sangat mempengaruhi semangat kerja karyawan, dengan mengambil judul: ” Pelaksanaan Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Pengaruhnya Terhadap Semangat Kerja Karyawan di PT. Soeloeng Laoet Kebun Sinah Kasih Sei Rampah” .       

B.     Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas maka perlu diidentifikasi masalah penelitian sebagai berikut:
1.       Bagaimana pengaruh pelaksanaan program keselamatan dan kesehatan kerja terhadap semangat kerja karyawan di PT. Soeloeng Laoet Kebun Sinah Kasih Sei Rampah ?
2.       Bagaimana pelaksanaan program keselamatan dan kesehatan kerja karyawan di PT. Soeloeng Laoet Kebun Sinah Kasih Sei Rampah ?
3.       Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi semangat kerja karyawan di PT. Soeloeng Laoet Kebun Sinah Kasih Sei Rampah ?

C.    Batasan Dan Perumusan Masalah
Pembatasan masalah sangat penting bagi suatu penelitian yang berguna untuk menjadikan penelitian terarah pada masalah tertentu. Oleh karena itu untuk menghindari kekeliruan dalam penafsiran mengenai masalah yang dibahas serta terbatasnya waktu dan pengetahuan yang dimiliki penulis, maka dalam hal ini penulis hanya membatasi masalah, yaitu Pelaksanaan Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Pengaruhnya Terhadap Semangat Kerja Karyawan di PT. Soeloeng Laoet Kebun Sinah Kasih Sei Rampah.

D.    Tujuan dan Manfaat Penelitian
1. Tujuan Penelitian
Setiap kegiatan mempunyai tujuan, begitu juga dalam penelitian ini. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah:
a.       Untuk mengetahui pelaksanaan program keselamatan dan kesehatan kerja yang dilakukan oleh PT. Soeloeng Laoet Kebun Sinah Kasih Sei Rampah.
b.       Untuk mengetahui tingkat kesejahteraan karyawan di PT. Soeloeng Laoet Kebun Sinah Kasih Sei Rampah.
c.       Untuk mengetahui bagaimana pengaruh keselamatan dan kesehatan kerja yang dilakukan terhadap kesejahteraan karyawan di PT. Soeloeng Laoet Kebun Sinah Kasih Sei Rampah.
2.  Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan mempunyai manfaat, yaitu sebagai berikut:
a.       Sebagai masukan bagi karyawan khususnya di PT. Soeloeng Laoet Kebun Sinah Kasih Sei Rampah tentang hak memperoleh jaminan sosial tenaga kerja.
b.       Sebagai bahan pemikiran bagi perusahaan khususnya PT. Soeloeng Laoet Kebun Sinah Kasih Sei Rampah dalam menjamin kesejahteraan karyawan yang merupakan salah satu kewajiban terhadap karyawan dalam mengelola tenaga kerja.
c.       Menambah wawasan pengetahuan penulis dalam bidang kesejahteraan sosial tenaga kerja sebagai salah satu kebutuhan karyawan yang erat kaitannya dengan tingkat produktivitas tenaga kerja.


SYARAT UNTUK MENDAPATKAN FILE LENGKAP….!!!
File yang tertera diblog ubah saja objeknya biar cepet, ganti saja dengan yang terbaru, kemudian sesuaikan, untuk objek, ubah saja objek jadi tempat yang rencananya anda teliti, beres kan?
File yang anda inginkan bisa konfirmasi ke No. HP ini 0852 6208 9526 atau 0819 6067 526 untuk mendapatkan file skripsi lengkap (bab1-sampai selesai) dalam bentuk document. Dengan mememenuhi biaya admin di bawah setelah anda melakukan transfer ke:
No Rek BRI  3529-01-026884-53-8  WAHYU RISHANDI (Cab. MARIENDAL MEDAN)
DENGAN NILAI NOMINAL TRANSFER Rp. 100.000/Judul Skripsi
ANGGAP SAJA UNTUK GANTI PENGETIKAN SKRIPS LENGKAP DALAM FORM DOC DAN PENGELOLA BLOG INI.
PELUANG KERJASAMA
kalau ingin untung, sebarin saja ke teman-teman judul di blog ini dan naikan saja harganya
kalau ada kesulitan sms atau contact aja ke No HP saya atau Add FB ya way@id-fb.com
UNTUK PEMESANAN
SETELAH TRANSFER SMS AJA KE 0852-6208-9526 atau 0819-6067-526
DENGAN ISI SMS:
Nama, alamat E-mail anda serta judul yang anda inginkan.



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Wahyu Rishandi, S.H., M.Si Updated at: 20.03

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers