JUDUL SKRIPSI: PENGARUH JENJANG PENDIDIKAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI NO. 116906 PULAU HARAPAN KECAMATAN KUALUH HILIR KABUPATEN LABUHAN BATU UTARA



ABSTRAKSI


Sesuai dengan kondisi objektif di lapangan bahwa penulis mengidentifikasikan latar belakang pendidikan guru yang sarjana dan tingkat SMA bagi semua guru yang ada, dari kedua jenis latar belakang pendidikan ini terlihat bahwa kemampuan mengajar guru  yang berlatar belakang pendidikan yang lebih tinggi lebih memperhatikan pendidikan dan lebih mampu dibanding guru yang berlatar belakang pendidikan rendah seperti SMA, hal ini juga terlihat dari perbedaan prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa di SD Negeri No. 116906 Pulau Harapan yang diajar oleh guru yang berlatar belakang pendidikan sarjana lebih berkualitas dibanding siswa yang diajar oleh guru yang berlatar belakang pendidikan SMA.

                Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah   :  Bagaimanakah jenjang pendidikan guru di SD Negeri No.116906 Pulau Harapan Kecamatan Kualuh Hilir. Bagaimanakah prestasi belajar siswa SD Negeri No.116906 Pulau Harapan Kecamatan Kualuh Hilir. Bagaiman pengaruh jenjang pendidikan guru terhadap prestasi belajar siswa SD Negeri No.116906 Pulau Harapan Kecamatan Kualuh Hilir.
Penelitian ini menetapkan populasi 250 siswa sampel penelitian ini berjumlah25 orang, dimana teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan angket dan wawancara, dengan analisa data menggunakan statistic Product Moment.

                Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Jenjang pendidikan guru di SD Negeri No.116906 Pulau Harapan Kecamatan Kualuh Hilir Kabupaten Labuhan Batu Utara menunjukkan bahwa pada umumnya berlatar pendidikan sarjana, dimana dari 7 orang guru yang mengajar berlatar belakang pendidikan sarjana. Hal ini berarti jenjang pendidikan guru yang mengajar memiliki tingkat pendidikan yang cukup tinggi. Prestasi belajar siswa di SD Negeri No.116906 Pulau Harapan Kecamatan Kualuh Hilir Kabupaten Labuhan Batu Utara menunjukkan adanya prestasi yang cukup tinggi, hal ini dapat diukur dengan keaktifan siswa dalam belajar, ketaatan siswa terhadap disiplin,. Tingginya motivasi belajar siswa, tingginya minat belajar siswa. Kesemuanya itu juga tidak terlepas karena tingginya perhatian guru terhadap pendidikan siswanya di sekolah. Jenjang pendidikan guru di SD Negeri No.116906 Pulau Harapan Kecamatan Kualuh Hilir Kabupaten Labuhan Batu Utara berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Adanya pengaruh jenjang pendidikan terhadap prestasi belajar siswa diketahui berdasarkan analisa product moment yang menunjukkan r-hitung > r-tabel (0.87 > 0.41), hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh jenjang pendidikan guru terhadap pretasi belajar siswa. Berdasarkan perbandingan r-hitung dengan r-tabel menunjukkan bahwa pengaruh yang ditimbulkan oleh jenjang pendidikan guru terhadap prestasi belajar siswa di SD Negeri No.116906 Pulau Harapan Kecamatan Kualuh Hilir Kabupaten Labuhan Batu Utara sangat tinggi, hal ini dapat diukur dengan r-hitung berada pada posisi 0.800 < 1.00 (Korelasi sangat tinggi).


DAFTAR ISI

ABSTRAK.............................................................................................................. i
KATAPENGANTAR........................................................................................... iii
DAFTAR ISI......................................................................................................... v
DAFTARTABEL................................................................................................ vii
BAB  I   : ......................................................................................................... PENDAHULUAN              1
A. Latar Belakang Masalah..................................................................... 1
B. Perumusan Masalah............................................................................ 4
C. Tujuan Penelitian................................................................................ 5
D. Kegunaan Penelitian........................................................................... 5
E. Batasan Istilah.................................................................................... 6
F. Hipotesis............................................................................................. 7
G. Sistematika Pembahasan.................................................................... 7
BAB II   : ......................................................................................................... LANDASAN TEORITIS                8
A. Pengertian Pendidikan ...................................................................... 8
B. Pengertian Prestasi Belajar................................................................. 9
C. Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar.................................... 12
D. Fungsi Guru dalam Dunia Pendidikan............................................. 15
F. Peranan Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa.............. 22


BAB III:........................................................................................................... METODE PENELITIAN                28
A. Lokasi Penelitian.............................................................................. 28
B. Populasi dan Sampel......................................................................... 30
C. Sumber Data..................................................................................... 30
D. Tehnik Pengumpulan Data............................................................... 31
E. Teknik Pengolahan dan Analisa Data............................................... 32
BAB IV:........................................................................................................... HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN..................................................................................... 34
A. Prosedur Penelitian........................................................................... 34
B. Pengolahan Data............................................................................... 35 
C. Pengujian Hipotesis.......................................................................... 52
BAB V:  KESIMPULAN DAN SARAN........................................................... 57 
A. Kesimpulan....................................................................................... 57
B. Saran-Saran....................................................................................... 58
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR RIWAYAT  HIDUP
LAMPIRAN


DAFTAR TABEL


TABEL                                               JUDUL                                  HALAMAN

I.           SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH.............................................       29

II.        ORANG TUA MEMPERHATIKAN PENDIDIKAN AGAMA ANAK     34

III.     ORANG TUA MEMENUHI KEBUTUHAN PENDIDIKAN ANAK ....      35

IV.     ORANG TUA MEMPERHATIKAN PELAJARAN PENDIDIKAN
      AGAMA ANAK DI RUMAH .............................................................       36

V.        ORANG TUA SELALU MENGAJARI ANAK TENTANG PELAJARAN
      YANG TIDAK DIKETAHUI ..............................................................       36

VI.     ORANG TUA MEMARAHI ANAK BILA TIDAK BELAJAR .............       37

VII.  ORANG TUA MEMPERHATIKAN PENDIDIKAN AGAMA ANAK     38

VIII.           ORANG TUA MEMENUHI KEBUTUHAN PENDIDIKAN ANAK .....       39

IX.     ORANG TUA MEMPERHATIKAN PELAJARAN PENDIDIKAN
      AGAMA ANAK DI RUMAH .............................................................       40

X.        ORANG TUA SELALU MENGAJARI ANAK TENTANG PELAJARAN
     YANG TIDAK DIKETAHUI ...............................................................       41

XI.     ORANG TUA MEMARAHI ANAK BILA TIDAK BELAJAR .............       42

XII.  TERMOTIVASI BELAJAR DENGAN PERHATIAN ORANG TU ......       42

XIII.           PERHATIAN ORANG TUA DAPAT MENINGKATKAN MINAT
     BELAJAR ...............................................................................................       43

XIV.           BELAJAR DISIPLIN PERHATIAN ORANG TUA ..........................       44

XV.  PRESTASI BELAJAR DENGAN PERHATIKAN ORANG TUA .........       44

XVI.           HASIL BELAJAR DENGAN PEMENUHAN SARANA DAN
      PRASARANA .......................................................................................       45

XVII.        DISIPLIN BELAJAR DENGAN PERHATIAN ORANG TUA .......       46

XVIII.     MOTIVASI BELAJAR DENGAN PERHATIAN ORANG TUA .....       46

XIX.           PRESTASI BELAJAR DENGAN DISIPLIN DARI ORANG TUA .       47

XX.  NILAI HASIL BELAJAR DENGAN PERHATIAN ORANG TUA ......       48

XXI.           PRESTASI BELAJAR BILA TIDAK ADA PERHATIAN ORANG TUA 48

XXII.        TERMOTIVASI BELAJAR DENGAN PERHATIAN ORANG TU       49

XXIII.     PERHATIAN ORANG TUA DAPAT MENINGKATKAN MINAT
      BELAJAR ..............................................................................................       50

XXIV.     BELAJAR DISIPLIN PERHATIAN ORANG TUA ..........................       51

XXV.        PRESTASI BELAJAR DENGAN PERHATIKAN ORANG TUA ...       51

XXVI.     HASIL BELAJAR DENGAN PEMENUHAN SARANA DAN
      PRASARANA .......................................................................................       52

XXVII.  DISIPLIN BELAJAR DENGAN PERHATIAN ORANG TUA .......       53

XXVIII.                                                                                                                                                                                                                                  MOTIVASI BELAJAR DENGAN PERHATIAN ORANG TUA .....................................................................       53

XXIX.     PRESTASI BELAJAR DENGAN DISIPLIN DARI ORANG TUA .       54

XXX.        NILAI HASIL BELAJAR DENGAN PERHATIAN ORANG TUA       55

XXXI.     PRESTASI BELAJAR BILA TIDAK ADA PERHATIAN ORANG TUA 55

XXXII.  NILAI HASIL UJIAN BIDANG STUDI AGAMA ISLAM
  SISWA YANG DIASUH ORANG TUA KANDUNG ......................       56

XXXIII.                                                                                                                                                                                                                                  NILAI HASIL UJIAN BIDANG STUDI AGAMA ISLAM ...........................................................................       57

XXXIV.                                                                                                                                                                                                                                  SISWA YANG DIASUH ORANG TUA ANGKAT ...........................................................................................       59


SYARAT UNTUK MENDAPATKAN FILE LENGKAP….!!!
File yang tertera diblog ubah saja objeknya biar cepet, ganti saja dengan yang terbaru, kemudian sesuaikan, untuk objek, ubah saja objek jadi tempat yang rencananya anda teliti, beres kan?
File yang anda inginkan bisa konfirmasi ke No. HP ini 0852 6208 9526 atau 0819 6067 526 untuk mendapatkan file skripsi lengkap (bab1-sampai selesai) dalam bentuk document. Dengan mememenuhi biaya admin di bawah setelah anda melakukan transfer ke:
No Rek BRI  3529-01-026884-53-8  WAHYU RISHANDI (Cab. MARIENDAL MEDAN)
DENGAN NILAI NOMINAL TRANSFER Rp. 100.000/Judul Skripsi
ANGGAP SAJA UNTUK GANTI PENGETIKAN SKRIPS LENGKAP DALAM FORM DOC DAN PENGELOLA BLOG INI.
PELUANG KERJASAMA
kalau ingin untung, sebarin saja ke teman-teman judul di blog ini dan naikan saja harganya
kalau ada kesulitan sms atau contact aja ke No HP saya atau Add FB ya way@id-fb.com
UNTUK PEMESANAN
SETELAH TRANSFER SMS AJA KE 0852-6208-9526 atau 0819-6067-526
DENGAN ISI SMS:
Nama, alamat E-mail anda serta judul yang anda inginkan.




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Wahyu Rishandi, S.H., M.Si Updated at: 01.31

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers