JUDUL SKRIPSI: PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM TERHADAP MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU NURUL AZIZI DI SUKA ELOK KELURAHAN SUKA MAJU KEC.MEDAN JOHOR



ABSTRAKSI

Kurikulum merupakan sebagai rencana pembelajaran yang mengatur agar proses belajar mengajar berjalan dengan baik hingga pendidikan secara kwalitas dapat terpenuhi, inilah yang disebut dengan system pengajaran yang tepat yaitu yang menyesuaikan situasi dan kondisi objek pendidikan. Dalam kaitannya dengan kondisi objektif terhadap permasalahan yang sedang penulis lakukan dimana SD Islam Terpadu Nurul Azizi merupakan salah satu lembaga pendidikan tingkat Sekolah Dasar yang memiliki kurkulum pendidikan yang lebih menekankan kepada terciptanya kualitas pendidikan dengan kurikulum yang memiliki perbedaan dengan kurikulum SD Islam lainnya
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah   :  Bagaimanakah penerapan kurikulum pengajaran pada Sekolah dasar Islam Terpadu Nurul Azizi. Bagaimanakah mutu pendidikan Sekolah dasar Islam Terpadu Nurul Azizi. Bagaimanakah pengaruh kurikulum terhadap peningkatan mutu pendidikan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurul Azizi. Adapun populasi dalam penelitian ini sebanyak 25 orang dan sampel penelitian juga 25 orang.

Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa  Kurikulum belajar benar-benar diterapkan di Sekolah dasar Islam Terpadu Nurul Azizi. Penerapan ini kurikulum ini dilakukan untuk mempermudah dan memperlancar jalannya proses belajar mengajar di sekolah. Kurikulum pendidikan yang diterapkan kepada siswa di Sekolah dasar Islam Terpadu Nurul Azizi adalah kurikulum yang dapat menciptakan siswa yang berkualitas, disiplin, kreatif dan aktif. sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kurikulum yang diterapkan di sekolah Dasar Islam Terpadu Nuzul Azizi, ternyata dapat mempengaruhi mutu pendidikan sekolah, adanya pengaruh penerapan kurikulum terhadap mutu pendidikan terlihat dari hasil perhitungan yang telah dilakukan pada pembahasan melalui r-hitung > dari r-tabel, atau (0.87 > 0.41), hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari kedua variable.


                                                          DAFTAR ISI                       
Halaman
ABSTRAKSI............................................................................................................ i
KATA PENGANTAR.............................................................................................. ii
DAFTAR ISI............................................................................................................. iv
DAFTAR TABEL..................................................................................................... vi
BAB I    :  PENDAHULUAN ................................................................................. 1
A.    Latar Belakang Masalah ................................................................... 1
B.     Rumusan Masalah ............................................................................. 5
C.     Tujuan dan Kegunaan Penelitian ...................................................... 5
D.    Batasan Istilah .................................................................................. 6
E.     Hipotesis ........................................................................................... 7
F.      Sistematika Penulisan ....................................................................... 7
BAB II   :  LANDASAN TEORITIS ...................................................................... 8
A.    Pengertian Kurikulum ....................................................................... 8
B.     Pengaruh Penerapan Kurikulum Terhadap Pembelajaran ................. 9
C.     Pengertian Mutu Pendidikan ............................................................ 14
D.    Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan .............................................. 16
BAB III :  METODOLOGI PENELITIAN ........................................................... 27
A.    Lokasi Penelitian ............................................................................... 27
B.     Populasi dan Sampel.......................................................................... 29
C.     Sumber Data...................................................................................... 29
D.    Instrumen Pengumpulan Data .......................................................... 30
E.     Teknik Pengolahan dan Analisa Data ............................................... 31
BAB IV :  PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN .............................................. 33
A.    Prosedur Penelitian ........................................................................... 33
B.     Pengolahan Data ............................................................................... 34
C.     Pengujian Hipotesis........................................................................... 54.
BAB V   :  KESIMPULAN DAN SARAN ............................................................. 58
A.    Kesimpulan ....................................................................................... 58
B.     Saran-saran......................................................................................... 59
DAFTAR PUSTAKA .............................................................................................. 60
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
LAMPIRAN

DAFTAR TABEL
Nomor                                                   J u d u l                                              Halaman
I              :  SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH........................................ 27
II            :  KEADAAN GURU SD ISLAM TERPADUNURUL AZIZI.............. 28

III           :  KURIKULUM PENTING DALAM PROSES PENDIDIKAN........... 34

IV           :  SETUJU ADANYA PERUBAHAN KURIKULUM........................... 35

V            :  MEMAHAMI KURIKULUM YANG BARU...................................... 36

VI           :  SUDAH MENERAPKAN KURIKULUM........................................... 37

VII         :  PENERAPAN KURIKULUM SUDAH SESUAI DENGAN
                  KONDISI................................................................................................ 38

VIII        :  MENGALAMI KESULITAN DALAM MENERAPKAN
                  KURIKULUM........................................................................................ 39

IX           :  KURIKULUM YANG ADA DAPAT MEMENUHI KEBUTUHAN
                  PENDIDIKAN....................................................................................... 40

X            :  PENERAPAN KURIKULUM SELALU BERJALAN DENGAN
                  BAIK....................................................................................................... 41

XI           :  GURU MENGAJAR SESUAI DENGAN KURIKULUM YANG
                  ADA........................................................................................................ 42

XII         :  PENERAPAN KURIKULUM TELAH MEMENUHI STANDAR
                  PENDIDIKAN YANG BERKUALITAS............................................. 43

XIII        :  SKOR JAWABAN VARIABEL X....................................................... 44

XIV        :  KURIKULUM YANG DITERAPKAN SESUAI KEBUTUHAN...... 45

XV         :  KURIKULUM YANG DITERAPKAN MENCIPTAKAN SISWA
                  YANG KREATIF................................................................................... 46

XVI        :  KURIKULUM YANG DITERAPKAN MENCIPTAKAN SISWA LEBIH MANDIRI                    47
XVII      :  KURIKULUM YANG DITERAPKAN DAPAT MENCIPTAKAN
                  SISWA YANG CERDAS...................................................................... 48

XVIII     :  KURIKULUM DAPAT MEMPERBAIKI SISTEM PENDIDIKAN               48

XIX        :  KURIKULUM YANG DITERAPKAN DAPAT MEMPERMUDAH
                  SISWA BELAJAR............................................................................. .... 49

XX         :  KURIKULUM YANG DITERAPKAN DAPAT MENINGKATKAN
                  HASIL BELAJAR SISWA................................................................ .... 50

XXI        :  KURIKULUM YANG DITERAPKAN DAPAT MENCIPTAKAN
                  SISWA LEBIH AKTIF BELAJAR....................................................... 51

XXII      :  KURIKULUM DAPAT MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN            51

XXIIII   :  KURIKULUM BERPENGARUH TERHADAP PENINGKATAN
                  MUTU..................................................................................................... 52

XXIV     :  SKOR JAWABAN VARIABEL Y....................................................... 53

XXV      :  KOEFISIEN KORELASI ANTARA VARIABEL X DAN Y............ 54


SYARAT UNTUK MENDAPATKAN FILE LENGKAP….!!!
File yang tertera diblog ubah saja objeknya biar cepet, ganti saja dengan yang terbaru, kemudian sesuaikan, untuk objek, ubah saja objek jadi tempat yang rencananya anda teliti, beres kan?
File yang anda inginkan bisa konfirmasi ke No. HP ini 0852 6208 9526 atau 0819 6067 526 untuk mendapatkan file skripsi lengkap (bab1-sampai selesai) dalam bentuk document. Dengan mememenuhi biaya admin di bawah setelah anda melakukan transfer ke:
No Rek BRI  3529-01-026884-53-8  WAHYU RISHANDI (Cab. MARIENDAL MEDAN)
DENGAN NILAI NOMINAL TRANSFER Rp. 100.000/Judul Skripsi
ANGGAP SAJA UNTUK GANTI PENGETIKAN SKRIPS LENGKAP DALAM FORM DOC DAN PENGELOLA BLOG INI.
PELUANG KERJASAMA
kalau ingin untung, sebarin saja ke teman-teman judul di blog ini dan naikan saja harganya
kalau ada kesulitan sms atau contact aja ke No HP saya atau Add FB ya way@id-fb.com
UNTUK PEMESANAN
SETELAH TRANSFER SMS AJA KE 0852-6208-9526 atau 0819-6067-526
DENGAN ISI SMS:
Nama, alamat E-mail anda serta judul yang anda inginkan.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Wahyu Rishandi, S.H., M.Si Updated at: 13.51

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers