JUDUL SKRIPSI: PENGARUH PENILAIAN PORTOFOLIO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-JAMIATUL WASHLIYAH MEDAN



ABSTRAKSI


Berbagai metode yang dilakukan untuk menciptakan keberhasilan tersebut, salah satunya adalah penggunaan Portofolio yaitu penilaian terhadap tugas-tugas yang diberikan kepada siswa. Maksudnya  pembelajaran melalui penilaian portofilio setelah guru menjelaskan materi yang diajarkan, siswa diberikan berbagai tugas untuk dikerjakan sesuai dengan materi yang ada kemudian dikumpulkan dan setiap tugas-tugas siswa disatukan didalam satu file, melalui pembelajaran ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian portofolio yang dilakukan guru, motivasi belajar siswa dengan menggunakan penilaian portofolio serta pengaruh yang signifikan antara penilaian portofolio terhadap motivasi belajar siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Washliyah Medan. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan pengumpulan data melalui angket dan analisa data statistic product moment.

Melalui penelitian yang dilakukan maka diketahui bahwa Penilaian portofolio yang dilakukan guru kepada siswa di Madrasah Tsanwiyah Al-Washliyah Medan adalah penilaian berdasarkan tugas-tugas yang diberikan oleh guru kepada siswa, dalam hal ini siswa selalu melaksanakan tugas dan benar-benar mengerjakannya serta menyerahkan hasil tugas-tugas yang diberikan baik di dalam kelas maupun yang sifatnya Pekerjaan Rumah (PR) kepada guru. Motivasi belajar siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Washliyah Medan menunjukkan adanya motivasi belajar yang baik yang ditandai dengan tingginya semangat, kehadiran, gairah dan ketekunan belajar siswa serta mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru dari berbagai bidang studi yang ada. Terdapat pengaruh yang signifikan antara penilaian portofolio terhadap motivasi belajar siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Washliyah Medan, pengaruh tersebut cukup tinggi, dan persentase pengaruh penilaian portofolio menunjukkan 58% mempengaruhi terhadap motivasi belajar siswa.




DAFTAR ISI

ABSTRAKSI........................................................................................................... i
KATA PENGANTAR.......................................................................................      ii
DAFTAR ISI.......................................................................................................      iv
DAFTARTABEL...............................................................................................    vi
BAB I        :  PENDAHULUAN............................................................................. 1
A.    Latar Belakang Masalah.............................................................. 1
B.     Rumusan Masalah........................................................................ 4
C.     Tujuan Penelitian......................................................................... 4
D.    Kegunaan Penelitian.................................................................... 5
E.     Batasan Istilah............................................................................. 5
F.      Hipotesis...................................................................................... 6
G.    Sistematika Penulisan.................................................................. 6
BAB II      :  LANDASAN TEORITIS.................................................................. 8
A. Pengertian Portofolio...................................................................... 8
B. Pelaksanaan dan Jenis Penilaian Portofolio..................................... 12
C. Pengaruh Portofolio Sebagai Metode Pembelajaran....................... 14
D. Pengertian Motivasi Belajar............................................................ 20
E. Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar................................ 28
BAB III     :  METODOLOGI  PENELITIAN..................................................... 28
A. Lokasi Penelitian............................................................................. 36
                      B. Populasi dan Sampel....................................................................... 37
C. Sumber Data.................................................................................... 38
D. Instrumen Pengumpulan Data......................................................... 39
E. Teknik Pengolahan dan Analisis Data............................................. 40
BAB IV     :  PEMBAHASAN ANALISA PENELITIAN.................................. 42
A. Deskripsi Data................................................................................. 42
B. Pengujian Hipotesis......................................................................... 36
BAB V      :  KESIMPULAN DANA SARAN..................................................... 61
A. Kesimpulan..................................................................................... 61
B. Saran-Saran..................................................................................... 62
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
LAMPIRAN

 

DAFTAR TABEL
Nomor                                                 Judul                                                    Halaman
I.          :  SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH.......................................... 28
II          :  LATAR BELAKANG PENDIDIKAN GURU....................................... 29
III        :  GURU SELALU MEMBERIKAN TUGAS AL-QUR’AN HADIS...... 35

IV        :  SISWA MENGERJAKAN TUGAS-TUGAS YANG DIBERIKAN
                GURU........................................................................................................ 36

V          :  GURU MENGUMPULKAN TUGAS-TUGAS SISWA......................... 37

VI        :  PENILAIAN PORTOFOLIO MEMPERMUDAH GURU
                MENGAJARKAN AL-QUR’AN HADIS............................................... 38

VII       :  GURU MAMPU MEMOTIVASI SISWA MENGERJAKAN
                TUGAS...................................................................................................... 38

VIII     :  PENILAIAN PORTOFOLIO DAPAT  MEMBANGKITKAN
                BELAJAR SISWA.................................................................................... 39

IX        :  PENILAIAN PORTOFOLIO DAPAT DIJADIKAN SEBAGAI
                METODE PEMBELAJARAN.................................................................. 40

X          :  SISWA DAPAT MELAKUKAN TUGAS-TUGAS DENGAN BAIK               40

XI        :  SISWASELALU MENYERAHKAN TUGAS-TUGAS......................... 41

XII       :  MAMPU MEMAHAMI PELAJARAN................................................... 42

XIII     :  MAMPU MEMBUAT SISWA LEBIH AKTIF BELAJAR.................... 42

XIV     :  DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR................................... 43

XV       :  PEMBERIAN TUGAS SEBAGAI METODE YANG DISENANGI....             44

XVI     :  PENILAIAN PORTOFOLIO BERPERAN MENINGKATKAN
                HASIL BELAJAR SISWA....................................................................... 44

XVII    :  PENGUJIAN HIPOTESIS....................................................................... 45


SYARAT UNTUK MENDAPATKAN FILE LENGKAP….!!!
File yang tertera diblog ubah saja objeknya biar cepet, ganti saja dengan yang terbaru, kemudian sesuaikan, untuk objek, ubah saja objek jadi tempat yang rencananya anda teliti, beres kan?
File yang anda inginkan bisa konfirmasi ke No. HP ini 0852 6208 9526 atau 0819 6067 526 untuk mendapatkan file skripsi lengkap (bab1-sampai selesai) dalam bentuk document. Dengan mememenuhi biaya admin di bawah setelah anda melakukan transfer ke:
No Rek BRI  3529-01-026884-53-8  WAHYU RISHANDI (Cab. MARIENDAL MEDAN)
DENGAN NILAI NOMINAL TRANSFER Rp. 100.000/Judul Skripsi
ANGGAP SAJA UNTUK GANTI PENGETIKAN SKRIPS LENGKAP DALAM FORM DOC DAN PENGELOLA BLOG INI.
PELUANG KERJASAMA
kalau ingin untung, sebarin saja ke teman-teman judul di blog ini dan naikan saja harganya
kalau ada kesulitan sms atau contact aja ke No HP saya atau Add FB ya way@id-fb.com
UNTUK PEMESANAN
SETELAH TRANSFER SMS AJA KE 0852-6208-9526 atau 0819-6067-526
DENGAN ISI SMS:
Nama, alamat E-mail anda serta judul yang anda inginkan.



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Wahyu Rishandi, S.H., M.Si Updated at: 22.24

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers