JUDUL SKRIPSI: Penggolongan Kesalahan-Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Cerita Matematika di Kelas V SD



BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Pelajaran Matematika merupakan salah satu pelajaran pendidikan sekolah dan dalam dunia modern saat ini kiranya tidak ada orang yang tidak memerlukan bantuan matematika. Dalam  kehidupan sehari-hari, matematika merupakan salah satu tumpuan peradaban manusia dan matematika merupakan faktor pendukung dalam laju perkembangan dan persaingan di berbagai bidang.
Dalam proses belajar mengajar di sekolah, banyak kendala yang dihadapi oleh siswa, salah satu adalah kurangnya minat siswa dalam menerima pelajaran yang diberikan oleh guru. Khususnya bidang studi matematika merupakan bidang studi yang kurang disenangi oleh siswa. Sebagaimana yang dikemukakan oleh Ruseffendi (1989:51) bahwa : ”Matematika (ilmu pasti) bagi anak-anak pada umumnya merupakan pelajaran yang tidak disenangi kalau bukan pelajaran yang paling dibenci”.
Mata Pelajaran matematika merupakan salah satu Mata Pelajaran yang kurang diminati siswa karena dianggap sulit mempelajarinya. Kesulitan ini disebabkan karena berbagai faktor antara lain faktor intern yaitu dari diri siswa sendiri yang kurang mampu memahami sepenuhnya terhadap pelajaran matematika itu sendiri ditambah faktor minat siswa sendiri juga kurang, bakat siswa, serta perhatian siswa terhadap mata pelajaran. Sedangkan faktor ekstern adalah faktor guru yang memberikan pelajaran tidak seutuhnya berupaya untuk memberikan pemahaman kepada siswa disebabkan karena kesiapan, metode dan sebagainya dan banyak faktor lain yang menyebabkan kesulitan siwa mempelajari matematika. Faktor eksternal lainnya adalah alat praga yang digunakan, metode mengajar guru, relasi guru dengan siswa serta keadaan ekonomi siswa. Baik faktor internal maupun faktor eksternal sedikit banyaknya dapat mempengaruhi terhadap kesulitan belajar siswa yang dapat ditandai dengan banyaknya siswa mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal..
Kesulitan siswa dalam mempelajari matematika memang tidak seutuhnya terhadap pelajaran itu, namun terkadang sebagian siswa hanya kesulitan dalam pokok bahasan tertentu. Kesulitan belajar matematika siswa terkadang adakalanya berkaitan dengan gangguan sistem syaraf pusat, dimana gangguan tersebut meliputi adanya gangguang persepsi, gangguan mengenal dan memahami simbol, gangguan dalam bahasa dan membaca serta dalam kesulitan pemecahan masalah. Terhadap pemecaham masalah merupakan persoalan yang paling sulit dalam pelajaran matematika, oleh karena itu bimbingan dari  guru dan latihan oleh siswa sangat diperlukan untuk belajar mengkombinasikan berpikir dan berbahasa dengan kemampuan berhitung dari konsep-konsep yang diperlukan dalam pemecahan matematika.
Dalam mempelajari matematika, pada dasarnya siswa memiliki kemampuan dalam menyelesaikan soal-soal, namun sering juga mengalami kesalahan dalam menjawab soal-soal yang diberikan. Hal ini dikarenakan kurang telitinya siswa dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan. Kesalahan ini juga dikarenakan kesulitan siswa dalam menangkap atau memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru. Roestiyah (1986:157) menyatakan bahwa: “Dalam proses belajar yang dialami siswa tidak selalu lancar seperti yang diharapkan, kadang-kadang siswa mengalami kesulian dan hambatan belajar.”
Guru sebagai pengajar, harus memiliki strategi dalam mengajar sehingga siswa mampu belajar tanpa mengalami kesulitan-kesulitan dalam belajar dan tidak akan mengalami kesalahan-kesalahan dalam menjawab soal-soal yang diberikan. Untuk mengantisipasi permasalahan yang terjadi seperti yang telah dijelaskan, maka langkah pertama yang harus dilakukan oleh guru adalah meninjau kembali persiapan siswa dalam menerima pelajaran yang akan diberikan atau yang sedang berlangsung. Langkah kedua guru harus membantu kemampuan dan mengatasi kesulitan belajar yang dihadapi siswa.
Dari uraian-uraian diatas, maka penulis merasa tertarik untuk menganalisis tentang kemampuan dan kesalahan tersebut ditinjau dari pokok permasalahan cerita. Untuk itu penulis mengambil judul sebagai berikut: “Penggolongan Kesalahan-Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Cerita Matematika di Kelas V SD ”.

B. Identifikasi Masalah
            Sesuai dengan uraian pada latar belakang, maka masalah dalam penelitian ini dapat diidentifikasikan sebagai berikut:
1.      Kurangnya pemahaman terhadap materi dasar.
2.      Bagaimanakah kesalahan siswa dalam menggunakan teorema / defenisi?
3.      Apakah ada kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal yang diberikan pda pokok bahasan diferensial?
4.      Apakah ada kesalahan siswa yang disebabkan oleh rendahnya kemampuan siswa mengenal atau memahami objek-objek matematika?
5.      Apakah ada kesalahan siswa yang disebabkan karena penyelesaian yang kurang teliti dalam penerapan pokok bahasan diferensial?
6.  Kesalahan siswa dalammenggunakan teorema/defenisi
7.  Kesalahan yang disebabkan oleh rendahnya kemampuan siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu

C. Batasan Masalah
Dalam suatu penelitian perlu dibatasi masalah yang akan diteliti. Hal ini bertujuan untuk lebih  mengarahkan ke inti permasalahan dan menghindarkan kesalahan interpretasi. Maka  pada penelitian ini pembatasan masalah hanya pada diferensial (Turunan) pertama, yaitu menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal deferensial fungsi trigonometri dengan fokus : 1.Pembacaan, 2. Pemahaman, 3. Transformasi, 4. Keterampilan proses dan 5. Penyandian.

D. Rumusan Masalah
Sesuai dengan batasan masalah yang ditetapkan, maka rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah :
1.      Apa saja kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal diferensial fungsi trigonometri ?
2.      Apa penyebab dari kesalahan jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal penerapan diferensial ?

E. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah :
1.      Untuk mendapatkan gambaran tentang bentuk/wujud kesalahan siswa dalam menyelesaikan diferensial fungsi trigonometri.
2.      Untuk mendapatkan gambaran besarnya persentase siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal diferensial fungsi trigonometri
3.      Untuk mendapatkan gambaran tentang penyebab dari kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal penerapan diferensial.

F. Manfaat Penelitian
Adapun penelitian ini diharapkan bermanfaat sebagai :
1.      Bahan informasi bagi guru tentang bentuk kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal diferensial fungsi trigonometri
2.      Bahan acuan bagi guru untuk melihat besar persentase siswa yang melakukan tiap jenis kesalahan sehingga dapat mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam memahami pelajaran yang diberikan terutama tingkat kognitif siswa



G. Hipotesis
Penelitian ini bersifat ekplorasi, jadi tidak memakai hipotesis. Hal ini sesuai dengan pendapat Tjokrosujoso, (1995/1996:69) : “Walau hipotesis penting bagi pedoman serta arahan kerja dalam penelitian, tetapi tidak semua penelitian memerlukan hipotesis.seperti penelitian survei, studi kasus, studi ekplorasi dan sebagainya tidak memerlukan hipotesis”.


DAFTAR ISI


ABSTRAK ............................................................................................................... i
ABSTRACT.............................................................................................................. ii
KATA PENGANTAR.............................................................................................. iii
DAFTAR ISI............................................................................................................. v
DAFTAR LAMPIRAN............................................................................................ vi
BAB I           :  PENDAHULUAN .......................................................................... 1
A.    Latar Belakang Masalah ............................................................ 1
B.     Idenifikasi Masalah .................................................................... 3
C.     Batasan Masalah ........................................................................ 4
D.    Rumusan Masalah ...................................................................... 4
E.     Tujuan Penelitian ....................................................................... 4
F.      Manfaat Penelitian ..................................................................... 5
G.    Hipotesis .................................................................................... 5
BAB II         :  TINJAUAN PUSTAKA ................................................................. 6
A.    Kesalahan Jawaban .................................................................... 6
B.     Sumber-Sumber Kesalahan ........................................................ 7
C.     Evaluasi Hasil Belajar ............................................................    10
D.    Taksonomi Menurut Bloom ...................................................     13
E.     Hitung Defferensial (Fungsi dan Turunan) ...........................     16
BAB III        :  METODE PENELITIAN ...........................................................     18
A.    Desain Penelitian ...................................................................     18
B.     Populasi dan Sampel .............................................................    18
C.     Variabel dan Indikator ..........................................................    19
D.    Instrumen Penelitianm ...........................................................    19
E.     Teknik Pengumpulan Data ....................................................    20
F.      Teknik Analisis Data .............................................................    23
BAB IV        :  HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN ........................    24
A.    Hasil Penelitian ......................................................................    24
B.     Pembahasan ...........................................................................    81
BAB V         :  KESIMPULAN DAN SARAN .................................................    83
A.    Kesimpulan ............................................................................    83
B.     Saran-Saran ...........................................................................    84
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

DAFTAR LAMPIRAN

LAMPIRAN I    : ANGKET TES A................................................................    36
LAMPIRAN II   :  ANGKET TES B................................................................     38
LAMPIRAN III :  KUNCI JAWABAN..........................................................      41


SYARAT UNTUK MENDAPATKAN FILE LENGKAP….!!!
File yang tertera diblog ubah saja objeknya biar cepet, ganti saja dengan yang terbaru, kemudian sesuaikan, untuk objek, ubah saja objek jadi tempat yang rencananya anda teliti, beres kan?
File yang anda inginkan bisa konfirmasi ke No. HP ini 0852 6208 9526 atau 0819 6067 526 untuk mendapatkan file skripsi lengkap (bab1-sampai selesai) dalam bentuk document. Dengan mememenuhi biaya admin di bawah setelah anda melakukan transfer ke:
No Rek BRI  3529-01-026884-53-8  WAHYU RISHANDI (Cab. MARIENDAL MEDAN)
DENGAN NILAI NOMINAL TRANSFER Rp. 100.000/Judul Skripsi
ANGGAP SAJA UNTUK GANTI PENGETIKAN SKRIPS LENGKAP DALAM FORM DOC DAN PENGELOLA BLOG INI.
PELUANG KERJASAMA
kalau ingin untung, sebarin saja ke teman-teman judul di blog ini dan naikan saja harganya
kalau ada kesulitan sms atau contact aja ke No HP saya atau Add FB ya way@id-fb.com
UNTUK PEMESANAN
SETELAH TRANSFER SMS AJA KE 0852-6208-9526 atau 0819-6067-526
DENGAN ISI SMS:
Nama, alamat E-mail anda serta judul yang anda inginkan.

 


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Wahyu Rishandi, S.H., M.Si Updated at: 09.06

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers