JUDUL SKRIPSI: PENGGUNAAN METODE DRILL (PELATIHAN) DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS DI KELAS II MADRASAH TSANAWIYAH SUNGGAL



ABSTRAKSI

Pembelajaran melalui metode drill secara umum adalah “pembelajaran dengan memberikan pelatihan-pelatihan kepada siswa. Adapun bentuk metode pelatihan yang diajarkan kepada siswa pada bidang studi Al-Qur’an Hadist adalah latihan menulis, latihan membaca dan latihan menghafal. Ketiga bentuk metode pelatihan ini diharapkan siswa mampu  memahami pelajaran yang diberikan sebagai dasar untuk meningkatkan hasil belajar siswa itu sendiri

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode drill (Pelatihan) pada bidang studi Al-Qur’an Hadis di kelas II Madrasah Tsanawiyah Sunggal. Untuk mengetahui hasil belajar Al-Qur’an Hadis siswa di kelas II Madrasah Tsanawiyah Sunggal. Untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Drill (Pelatihan) terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadis siswa kelas II bidang studi Madrasah Tsanawiyah Sunggal dalam bidang studi fikih. Populasi dalam penelitian ini 120 orang dengan penetapan sample 30 orang. Metode penelitian ini menggunakan observasi, angket dan wawancara.

Berdasarkan hasil penelitian maka Penerapan metode pelatihan pada materi Al-qur’an hadits dilakukan khusus pada materi yang berkaitan dengan membaca, menulis, menghafal. Penerapan metode ini dilakukan dimana guru langsung mempraktekkan  sesuai dengan materi yang sebenarnya di dalam kelas, kemudian dilatih  oleh siswa baik secara berkelompok maupun secara individu. Pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan dengan metode pelatihan terhadap masalah-masalah penulisan huruf, membaca sesuai dengan bacaan yang sebenarnya serta menghafal dengan huruf yang benar dan bacaan yang benar dan baik tentunya tidak menyalahi aturan bacaan, huruf dan cara membacanya. Melalui penerapan metode pelatihan terhadap materi Al-qur’an hadits yang diajarkan oleh guru di kelas menunjukkan bahwa ada pengaruh yang dialami terhadap hasil belajar Al-qur’an hadits siswa. Berdasarkan hasil penelitian sesuai dengan nilai r-hitung dan r-tabel (1,33 > 0.37), hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan metode pelatihan terhadap hasil belajar Al-qur’an hadits siswa, dengan tingkat signifikansi 90% karena berada paa taraf  0.80  1.00  atau taraf Korelasi sangat tinggi



DAFTAR ISI

ABSTRAKSI............................................................................................................ i
KATA PENGANTAR.............................................................................................. iii
DAFTAR ISI............................................................................................................. iv
DAFTAR TABEL..................................................................................................... vi
BAB I    : PENDAHULUAN ................................................................................. 1
A.    Latar Belakang Masalah ................................................................... 1
B.     Perumusan Masalah .......................................................................... 5
C.     Tujuan Dan Kegunaan Penelitian ..................................................... 5
D.    Batasan Istilah .................................................................................. 6
E.     Hipotesis ........................................................................................... 7
F.      Sistematika Pembahasan.................................................................... 7
BAB II   : LANDASAN TEORITIS ....................................................................... 9
A.    Pengertian Metode Drill (Pelatihan) ................................................. 9
B.     Pengertian Hasil Belajar .................................................................... 16
C.     Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar......................................... 23
BAB III : METODE PENELITIAN ...................................................................... 32
A.    Lokasi Penelitian ............................................................................... 32
B.     Populasi Dan Sampel ........................................................................ 34
C.     Sumber Data ..................................................................................... 35
D.    Teknik Pengumpulan Data  ............................................................... 35
E.     Teknik Pengolahan dan Analisa Data ............................................... 35
BAB IV :  PEMBAHASAN PENELITIAN ........................................................... 36
A.    Prosedur Penelitian ........................................................................... 36
B.     Pembahasan ...................................................................................... 37
C.     Pengujian Hipotesis .......................................................................... 53
BAB V   : KESIMPULAN DAN SARAN.............................................................. 59
A.    Kesimpulan........................................................................................ 59
B.     Saran-Saran........................................................................................ 60
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
LAMPIRAN

DAFTAR TABEL
NOMOR                                                         J U D U L                                      HALAMAN
I              :  TENAGA PENGAJAR MADRASAH TSANAWIYAH SUNGGAL             32
II            :  SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH ....................................... 33
III           :  GURU MENERAPKAN METODE DRILL PADA MATERI
                  AL-QUR’AN HADITS ......................................................................... 37

IV           :  METODE PELATIHAN DIAJARKAN DENGAN TEPAT ............... 38

V            :  METODE PELATIHAND APAT DITERAPKAN PADA
                  MATERI MENGHAFAL  ..................................................................... 38

VI           :  METODE PELATIHAN DITERAPKAN PADA LATIHAN
                  MENULIS .............................................................................................. 39

VII         :  METODE PELATIHAN DITERAPKAN DALAM MEMBACA ...... 40

VIII        :  METODE PELATIHAN LEBIH BAIK DALAM MASALAH
                  LAIN ...................................................................................................... 40

IX           :  METODE PELATIHAN DITERAPKAN PADA SETIAP
                  PROSES BELAJAR MENGAJAR ....................................................... 41

X            :  METODE PELATIHAN DITERAPKAN UNTUK
                  MEMUDAHKAN PEMAHAMAN SISWA ........................................ 42

XI           :  METODE PELATIHAN DITERAPKAN UNTUKMENINGKAT
                  KAN HASIL BELAJAR ....................................................................... 43

XII         :  METODE PELATIHAN DITERAPKAN UNTUK MENINGKAT
                  KAN MOTIVASI SISWA .................................................................... 43

XIII        :  SKOR JAWABAN VARIABEL X ...................................................... 44

XIV        :  SENANG BELAJAR AL-QUR’AN HADITS DENGAN METODE
                  PELATIHAN ......................................................................................... 46

XV         :  FAHAM PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DENGAN
                  METODE DRILL .................................................................................. 46
XVI        :  MAMPU BELAJAR MENULIS DENGAN METODE PELATIHAN            47

XVII      :  MAMPU MEMBACA DENGAN PENERAPAN METODE
                  PELATIHAN ......................................................................................... 48

XVIII     :  MAMPU MENGHAFAL DENGAN BELAJAR MELALUI
                  METODE PELATIHAN ....................................................................... 48

XIX        :  MAMPU MENGIKUTI PELAJARAN DENGAN BAIK DENGAN
                  METODE PELATIHAN ....................................................................... 49

XX         :  TERMOTIVASI BELAJAR DENGAN PENERAPAN METODE
                  PELATIHAN ......................................................................................... 50

XXI        :  MEMAHAMI SECARA KESELURUHAN MATERI YANG
                  DIAJARKAN ........................................................................................ 50

XXII      :  HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN METODE
                  PELATIHAN ......................................................................................... 51

XXIII     :  PENGARUH METODE PELATIHAN TERHADAP HASIL
                  BELAJAR AL-QUR’AN HADITS .................................................. .... 51

XXIV     :  SKOR JAWABAN VARIABEL Y ...................................................... 52

XXV      :  KOEFISIEN KORELASI VARIABEL X DAN Y ............................. 54


SYARAT UNTUK MENDAPATKAN FILE LENGKAP….!!!
File yang tertera diblog ubah saja objeknya biar cepet, ganti saja dengan yang terbaru, kemudian sesuaikan, untuk objek, ubah saja objek jadi tempat yang rencananya anda teliti, beres kan?
File yang anda inginkan bisa konfirmasi ke No. HP ini 0852 6208 9526 atau 0819 6067 526 untuk mendapatkan file skripsi lengkap (bab1-sampai selesai) dalam bentuk document. Dengan mememenuhi biaya admin di bawah setelah anda melakukan transfer ke:
No Rek BRI  3529-01-026884-53-8  WAHYU RISHANDI (Cab. MARIENDAL MEDAN)
DENGAN NILAI NOMINAL TRANSFER Rp. 100.000/Judul Skripsi
ANGGAP SAJA UNTUK GANTI PENGETIKAN SKRIPS LENGKAP DALAM FORM DOC DAN PENGELOLA BLOG INI.
PELUANG KERJASAMA
kalau ingin untung, sebarin saja ke teman-teman judul di blog ini dan naikan saja harganya
kalau ada kesulitan sms atau contact aja ke No HP saya atau Add FB ya way@id-fb.com
UNTUK PEMESANAN
SETELAH TRANSFER SMS AJA KE 0852-6208-9526 atau 0819-6067-526
DENGAN ISI SMS:
Nama, alamat E-mail anda serta judul yang anda inginkan.



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Wahyu Rishandi, S.H., M.Si Updated at: 01.04

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers