ABSTRAKSI
Berdasarkan Pengamatan sementara penulis di lapangan menunjukkan
bahwa guru agama berperan dalam membentuk kepribadian anak di Madrasah
Tsanawiyah Al-Washliyah 16 Perbaungan, pembentukan krpdibadian ini terlihat
dengan pendidikan dan bimbingan agama yang dilakukan oleh guru melalui berbagai
pengetahuan keagamaan. Melalui peranan guru dalam membentuk kepribadian
berpengaruh terhadap pengamalan agama anak di Madrasah Tsanawiyah Al-Washliyah
16 Perbaungan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuu peranan guru agama dalam
membentuk kepribadian siswa, untuk mengetahui pengamalan agama anak di Madrasah
Tsanawiyah Al-Washliyah 16 Perbaungan serta untuk mengetahui apakah ada
pengaruh yang signifikan antara peranan guru agama dalam bentuk kepribadian
anak terhadap pengamalan agama anak di Madrasah Tsanawiyah Al-Washliyah 16
Perbaungan. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 60 orang dengan penelitian
angket dan analisa data statistik product moment.
Berdasarkan penelitian yang
dilakukan maka diperoleh bahwa Guru yang mengajar di Madrasah Tsanawiyah
Al-Washliyah 16 Perbaungan pada dasarnya memiliki peranan dalam
membentuk kepribadian siswa. Peran tersebut terlihat dari keaktifan siswa
mengajari dan mendidik siswa supaya tetap rajin, tekun, disiplin, patuh kepada
guru dan orang tua serta optimis di dalam belajar. Pengamalan agama siswa Madradah
Tsanawiyah Al-Washliyah 16 Perbaungan menunjujkkan adanya pengamalan agama yang
baik dan patuh terhadap ajaran agama yang telah diajarkan kepada mereka di
sekolah baik yang bersifat ibadah maupun akhlak. Terdapat pengaruh yang
signifikan antara peranan guru dalam membentuk pribadi anak terhadap pengamalan
agama siswa Madradah Tsanawiyah Al-Washliyah 16 Perbaungan. Pengaruh tersebut
sangat signifikan karena r-hitung 0.80 > dari r-tabel yaitu 0.20.
DAFTAR ISI
ABSTRAKSI.......................................................................................................... i
KATA
PENGANTAR........................................................................................... ii
DAFTAR
ISI........................................................................................................ iv
DAFTAR
TABEL................................................................................................ vi
BAB I : ......................................................................................................... PENDAHULUAN 1
A. Latar
Belakang Masalah..................................................................... 1
B. Rumusan
Masalah............................................................................... 3
C. Tujuan
Penelitian................................................................................ 4
D. Manfaat
Penelitian............................................................................. 4
E. Batasan
Istilah.................................................................................... 4
F. Hipotesis............................................................................................. 5
G. Sistematika
Penulisan......................................................................... 6
BAB
II ........................................................................................................... LANDASAN
TEORITIS 7
A. Peranan Guru Agama
Sebagai Pendidik............................................. 7
B. Pengertian Kepribadian .................................................................... 14
C. Pembentukan Kepribadian................................................................ 16
D. Faktor-Faktor
Pembentukan Kepribadian......................................... 18
E. Peranan Pendidikan dalam
Membentuk Kepribadian Anak............. 23
F. Arti Pengamalan dan
Bentuk Pengamalan Agama............................ 26
BAB
III:........................................................................................................... METODE
PENELITIAN 35
A. Lokasi Penelitian.............................................................................. 35
B. Populasi dan
Sampel......................................................................... 36
C. Sumber Data..................................................................................... 37
D. Teknik
Pengumpul Data................................................................... 37
E. Tehnik
Pengelolaan dan Analisa Data.............................................. 38
BAB
IV PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN........................................... 40
A. Deskripsi Data.................................................................................. 40
B. Pengujian Hipotesis.......................................................................... 55
BAB
V KESIMPULAN DAN SARAN........................................................... 60
A. Kesimpulan .................................................................................... 60
B. Saran-Saran..................................................................................... 60
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
Tabel J U D U L Halaman
I. : SARANA
DAN PRASARANA........................................................ 35
II : GURU
MENGAJARI SISWA DISIPLIN BELAJAR..................... 40
III : GURU
MENGAJARI SISWA TEKUN BELAJAR......................... 41
IV : GURU
MENGAJARI SISWA RAJIN BELAJAR........................... 41
V : GURUMENGAJAR
SISWA JUJUR BERBUAT............................ 42
VI : GURU
MENGAJARI SISWA JUJUR PADA SIAPAPUN............ 42
VII : GURU
MENGAJARI SISWA PATUH KEPADA GURU............. 43
VIII : GURU
MENGAJARI SISWA PATUH KEPADA ORANGTUA.. 43
IX : GURU
MENEKANKAN SELALU BERSIH.................................. 44
X : GURU
MENEKANKAN SISWA SUPAYA RAPI......................... 44
XI : GURU
MENEKANKAN SISWA SUPAYA OPTIMIS.................. 45
XII : SKOR
VARIABEL X........................................................................ 46
XIII : SISWA
SELALU DISIPLIN BELAJAR.......................................... 48
XIV : SISWA
SELALU TEKUN BELAJAR............................................. 48
XV : SISWA
SELALU RAJIN BELAJAR............................................... 49
XVI : SISWA
SELALU JUJUR BERBUAT.............................................. 49
XVII : SISWA
JUJUR KEPADA SIAPAPUN............................................ 50
XVIII : SISWA
PATUH KEPADA GURU................................................... 50
XIX : SISWA
PATUH KEPADA ORANGTUA........................................ 51
XX : SISWA
SELALU BERSIH DAN RAPI........................................... 51
XXI : SELALU
RAJIN BERIBADAH....................................................... 52
XXII : OPTIMIS
SALAM BELAJAR.......................................................... 52
XXIII : SKOR
VARIABEL Y........................................................................ 53
XXIV : KOEFISIEN
KORELASI VARIABEL X DAN Y.......................... 55
SYARAT UNTUK MENDAPATKAN FILE LENGKAP….!!!
File yang tertera diblog ubah saja
objeknya biar cepet, ganti saja dengan yang terbaru, kemudian sesuaikan, untuk
objek, ubah saja objek jadi tempat yang rencananya anda teliti, beres kan?
File yang anda inginkan bisa konfirmasi ke No. HP ini 0852 6208
9526 atau 0819 6067 526 untuk mendapatkan file skripsi lengkap (bab1-sampai
selesai) dalam bentuk document. Dengan mememenuhi
biaya admin di bawah setelah anda melakukan transfer ke:
No Rek BRI 3529-01-026884-53-8 WAHYU RISHANDI (Cab. MARIENDAL MEDAN)
DENGAN NILAI NOMINAL TRANSFER Rp.
100.000/Judul Skripsi
ANGGAP SAJA UNTUK GANTI PENGETIKAN SKRIPS LENGKAP DALAM FORM DOC
DAN PENGELOLA BLOG INI.
PELUANG KERJASAMA
kalau ingin untung, sebarin saja ke teman-teman judul di blog ini
dan naikan saja harganya
kalau ada kesulitan sms atau contact aja ke No HP saya atau Add FB
ya way@id-fb.com
UNTUK PEMESANAN
SETELAH TRANSFER SMS AJA KE 0852-6208-9526 atau 0819-6067-526
DENGAN ISI SMS:
Nama, alamat E-mail anda serta judul yang anda inginkan.