JUDUL SKRIPSI: PERANAN GURU MEMBIMBING SISWA UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR DI MADRASAH TSANAWIYAH NUR HASANAH MEDAN



ABRTAKSI


Siswa banyak mengalami kesulitan dalam belajar agama, namun kesulitan ini belum diketahui secara pasti faktor penyebab yang menjadikan siswa mengalami kesulitan. Sehingga penulis mengidentifikasikan antara lain : kemampuan mengajar guru yang belum sesuai dengan penggunaan metode dan penguasaan materi yang diajarkan. Hal ini juga membuat penulis untuk melahirkan suatu rumusan masalah yaitu bagaimanakah peranan guru membimbing siswa dalam mengatasi kesulitan belajar agama.

Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Apa faktor penyebab siswa mengalami kesulitan belajar agama, Bagaimana peranan guru dalam membimbing siswa untuk mengatasi kesulitan belajar agama. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Tsanawiyah Nur Hasanah Medan yang berjumlah 120 orang. Dalam penelitian ini penulis menetapkan sampel sebanyak 20% dari jumlah populasi yaitu 60 orang dengan ketentuan penarikan sampel yaitu random sampling artinya pengambilan sampel sesuai kepentingan dari si peneliti.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Bahwa siswa Madrasah Tsanawiyah Nur Hasanah Medan benar mengalami kesulitan belajar agama Islam, kesulitan yang dialami siswa adalah memahami materi pelajaran karena siswa menganggap bahwa materi yang diajarkan sangat sulit, akibatnya siswa tidak mampu menjawab pertanyaan dan menyelesaikan soal ulangan dan soal ujian. Faktor penyebab terjadinya kesulitan belajar siswa adalah faktor intern atau dari dalam diri siswa itu sendiri, karena siswa memiliki pengetahuan agama yang minim karena kurang mendapatkan pendidikan agama sebelumnya baik pendidikan formal maupun non formal. Dalam mengatasi kesulitan belajar tersebut guru memberikan bimbingan kepada siswa dengan menggunakan metode pengajaran yang tepat, melakukan pengelolaan belajar yang baik, serta memberikan berbagai upaya bimbingan dan memberikan penekanan terhadap siswa yang malas dan sering bolos sekolah dengan harapan siswa benar-benar dapat memahami pelajaran agama Islam dengan baik.



DAFTARISI

ABSTRAKSI............................................................................................................ i
KATA PENGANTAR.............................................................................................. ii
DAFTAR ISI............................................................................................................. iv
DAFTARTABEL...................................................................................................... vi
BAB I    :  PENDAHULUAN ............................................................................ ....                         A .Latar Belakang Masalah     1
B. Rumusan Masalah .............................................................................. 4
C. Tujuan dan Manfaat Penelitian .......................................................... 4
D. Batasan Istilah.................................................................................... 5
E. Sistematika Pembahasan..................................................................... 5
BAB II   :  LANDASAN TEORITIS ...................................................................... 7
A. Tugas dan Peranan Guru dalam Proses Belajar Mengajar ................. 7
B. Pengertian Belajar dan Kesulitan Belajar ........................................... 13
C. Faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar ................................... 20
D. Peranan Guru Sebagai Pendidik ........................................................ 22
BAB III :  METODE PENELITIAN ...................................................................... 28
A. Lokasi dan Waktu Penelitian ............................................................. 28
B. Populasi dan Sampel .......................................................................... 31
C. Sumber Data ...................................................................................... 32
D. Teknik Pengumpulan Data ................................................................. 32
E. Teknik Pengolahan dan Analisa Data ................................................ 33
BAB IV :  PENYAJIAN HASIL PENELITIAN ................................................... 34
A.    Analisa Data ..................................................................................... 34
B.     Pembahasan ...................................................................................... 51
BAB V   :  SIMPULAN DAN SARAN................................................................... 68
A.    Kesimpulan ....................................................................................... 68
B.     Saran-Saran ....................................................................................... 69
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
LAMPIRAN



DAFTAR TABEL
NMOR                                                J U D U L                                      HALAMAN
I.             :  KEADAAN SISWA............................................................................... 29
II            :  KEADAAN GURU................................................................................ 30

III           :  SERING MENGALAMI KESULITAN DALAM BELAJAR
                  AGAMA ................................................................................................. 35
IV           :  SULIT MEMAHAMI PELAJARAN YANG DIAJARKAN GURU               36
V            :  MERASA KESULITAN MENJAWAB PERTANYAAN GURU ...... 36
VI           :  MENGALAMI KESULITAN MENGERJAKAN SOAL
                  ULANGAN HARIAN .......................................................................... 37
VII         :  SISWA MENGALAMI KESULITAN MENGERJAKAN SOAL
                  SAAT UJIAN ......................................................................................... 38

VIII        :  PENYEBAB SISWA MENGALAMI KESULITAN BELAJAR ....... 39

IX           :  PENYEBAB SISWA MENGALAMI KESULITAN
                  MENJAWAB PERTANYAAN ............................................................ 40

X            :  PENYEBAB SISWA MENGALAMI KESULITAN MENJAWAB
                  PERTANYAAN ULANGAN ............................................................... 41

XI           :  PENYEBAB SISWA MENGALAMI KESULITAN DALAM
                  MENJAWAB SOAL UJIAN ................................................................ 42

XII         : FAKTOR PENYEBAB SISWA MENGALAMI KESULITAN
      BELAJAR AGAMA .............................................................................. 43
XIII        :  GURU MEMAHAMI ADANYA KESULITAN BELAJAR SISWA              44
XIV        :  UPAYA GURU MENGETASI KESULITAN BELAJAR SISWA ....             45
XV         :  GURU SELALU BERUPAYA MENGATASI KESULITAN
                  BELAJAR AGAMA SISWA ................................................................ 46
XVI        :  GURU SELALU MENGGUNAKAN METODE YANG TEPAT ...... 47
XVII      :  GURU MEMILIKI STRATEGI MENGAJAR DALAM
                  MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA ............................... 47
XVIII     :  GURU MAMPU MENGELOLA KELAS UNTUK
                  MENGATASI KESULITAN BELAJAR ............................................. 48
XIX        :  GURU MAMPU MENGEMBANGKAN BAHAN
                  PELAJARAN UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR ..... 48
XX         :  GURU BERUPAYA MENINGKATKAN HASIL
                  BELAJAR SISWA ................................................................................ 49
XXI        :  GURU MENGARAHKAN SISWA UNTUK BELAJAR
                  TEKUN DAN GIAT .............................................................................. 49
XXII      :  GURU AGAMA MELAKUKAN PENEKANAN KEPADA
                  SISWA YANG MALAS DAN SERING BOLOS ............................... 50


SYARAT UNTUK MENDAPATKAN FILE LENGKAP….!!!
File yang tertera diblog ubah saja objeknya biar cepet, ganti saja dengan yang terbaru, kemudian sesuaikan, untuk objek, ubah saja objek jadi tempat yang rencananya anda teliti, beres kan?
File yang anda inginkan bisa konfirmasi ke No. HP ini 0852 6208 9526 atau 0819 6067 526 untuk mendapatkan file skripsi lengkap (bab1-sampai selesai) dalam bentuk document. Dengan mememenuhi biaya admin di bawah setelah anda melakukan transfer ke:
No Rek BRI  3529-01-026884-53-8  WAHYU RISHANDI (Cab. MARIENDAL MEDAN)
DENGAN NILAI NOMINAL TRANSFER Rp. 100.000/Judul Skripsi
ANGGAP SAJA UNTUK GANTI PENGETIKAN SKRIPS LENGKAP DALAM FORM DOC DAN PENGELOLA BLOG INI.
PELUANG KERJASAMA
kalau ingin untung, sebarin saja ke teman-teman judul di blog ini dan naikan saja harganya
kalau ada kesulitan sms atau contact aja ke No HP saya atau Add FB ya way@id-fb.com
UNTUK PEMESANAN
SETELAH TRANSFER SMS AJA KE 0852-6208-9526 atau 0819-6067-526
DENGAN ISI SMS:
Nama, alamat E-mail anda serta judul yang anda inginkan.



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Wahyu Rishandi, S.H., M.Si Updated at: 12.02

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers