JUDUL SKRIPSI: PERANAN MEDIA GAMBAR TERHADAP PENINGKATAN BACA TULIS ALQURAN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-HASANAH MEDAN



ABSTRAKSI


Melalui media gambar siswa diajak untuk mengamati mana di antara mereka yang lebih cepat memahami dan mengerti tentang pembelajaran baca tulis Alquran Dengan demikian melalui kegiatan pengajaran yang menggunakan media gambar aktivitas belajar siswa dapat dioptimalkan yang mencakup aktivitas fisik, mental, emosional maupun intelektual motorik siswa. Memberdayakan siswa dalam kegiatan belajar dengan menggunakan media gambar  ini artinya mengkondisikan lingkungan belajar dan cara belajar siswa yang lebih efektif dan efisien serta mengajak siswa untuk bersikap produktif dalam belajar.
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah  Bagaimanakah peranan media gambar  sebagai media pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Al-Hasanah Medan. Bagaimanakah peningkatan baca tulis Alquran siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-Hasanah Medan. Bagaimanakah peranan media gambar terhadap peningkatan baca tulis Alquran siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-Hasanah Medan. Sampel penelitian ini adalah 60 orang dengan analisa data statistik product moment
Berdasarkan hasil penelitian maka Penerapan media gambar yang dilakukan oleh guru pada pembelajaran baca tulis Alquran di Madrasah Tsanawiyah Al-Hasanah Medan menunjukkan adanya penerapan yang baik dan sesuai dengan petunjuk yang ditetapkan sebagai upaya untuk mempermudah siswa memahami materi yang diajarkan. Baca Tulis Alquran siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Hasanah Medan menunjukkan hasil yang sangat baik dan terjadi peningkatan, hal ini dapat diukur dengan kemampuan siswa dalam membaca Alquran sudah bagus demikian juga kemampuan siswa dalam menulis ayat Alquran sudah sesuai dengan huruf, tanda baca dan sebagainya. Penerapan media gambar yang telah dilakukan oleh guru dalam pembelajaran baca tulis Alquran Madrasah Tsanawiyah Al-Hasanah Medan ternyata telah menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa, hal ini menunjukkan adanya hubungan dan pengaruh dari penerapan media gambar terhadap peningkatan baca tulis Alquran siswa.



DAFTAR ISI
                                                                                                                   Halaman
ABSTRAK................................................................................................................ i
KATA PENGANTAR.............................................................................................. ii
DAFTAR ISI............................................................................................................. iv
DAFTAR TABEL..................................................................................................... vi
BAB I          :  PENDAHULUAN ........................................................................... 1
A.    Latar Belakang Masalah ............................................................. 1
B.     Rumusan Masalah ....................................................................... 4
C.     Tujuan dan Kegunaan Penelitian ................................................ 4
D.    Batasan Istilah ............................................................................ 5
E.     Sistematika Penulisan.................................................................. 6
BAB II         :  LANDASAN TEORITIS ................................................................ 7
A.    Pengertian Media Gambar .......................................................... 7
B.     Media Gambar dan Amplikasinya .............................................. 10
C.     Pengertian Minat Belajar............................................................. 13
D.    Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar................................. 17
E.     Tujuan Pembelajaran Baca Tulis Alquran.................................... 21
BAB III       : METODOLOGI PENELITIAN ....................................................... 33
A.    Lokasi Penelitian ......................................................................... 33
B.     Populasi dan Sampel ...................................................................  35
C.     Sumber Data ............................................................................... 36
D.    Instrumen Penelitian.................................................................... 36
E.     Teknik Pengolahan dan Analisa Data ......................................... 37
BAB IV       :  HASIL PENELITIAN ..................................................................... 38
A.    Prosedur Penelitian  .................................................................... 38
B.     Pengolahan data........................................................................... 39
C.     Pembahasan................................................................................. 53
BAB V         :  KESIMPULAN DAN SARAN ....................................................... 59
A.    Kesimpulan ................................................................................. 59
B.     Saran-saran .................................................................................. 60
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR RIWAYAT HIDUP

LAMPIRAN



DAFTAR TABEL

TABEL                                               J U D U L                                     HALAMAN

I                 :  KEADAAN SISWA MADRASAH TSANAWIYAH
                     AL-HASANAH................................................................................... 34

II               :  KEADAAN GURU MADRASAH TSANAWIYAH
                     AL-HASANAH................................................................................... 34

III              :  GURU MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DALAM
                     PEMBELAJARAN BACA TULIS ALQURAN................................ 39

IV              :  PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DIAJARKAN DENGAB
                     TEPAT.................................................................................................. 40

V               :  MEDIA GAMBAR TEPAT DITERAPKAN PADA MATERI
                     BACA ALQURAN............................................................................. 41

VI              :  MEDIA GAMBAR TEPAT DITERAPKAN DALAM TULIS
                     ALQURAN.......................................................................................... 41

VII            :  MEDIA GAMBAR DITERAPKAN DALAM BENTUK TEORI....             42

VIII           :  MEDIA GAMBAR LEBIH BAIK DIAJARKAN DALAM
                     BENTUK PRAKTEK.......................................................................... 43

IX              :  MEDIA GAMBAR SUDAH SESUAI PENERAPANNYA............. 44

X               :  MEDIA GAMBAR MEMPERMUDAH PEMAHAMAN SISWA
                     DALAM BACA ALQURAN............................................................. 45

XI              :  MEMPERMUDAH TULIS ALQURAN............................................ 45

XII            :  MEMPERMUDAH SISWA MENGHAFAL ALQURAN................ 46

XIII           :  SENANG BELAJAR BACA TULIS ALQURAN............................ 47

XIV           :  FAHAM BELAJAR TULIS ALQURAN........................................... 47

XV            :  MAMPU BELAJAR DENGAN BAIK.............................................. 48

XVI           :  MAMPU BELAJAR DENGAN BAIK.............................................. 49

XVII         :  MAMPU MENULIS ALQURAN DENGAN BAIK......................... 49

XVIII        :  MAMPU BACA TULIS DENGAN BAIK........................................ 50

XIX           :  MAMPU BELAJAR TULIS BACA................................................... 51

XX            :  HASIL BELAJAR SISWA................................................................. 51

XXI           :  MEDIA GAMBAR DAAT MEMPENGARUHI TERHADAP
                     HASIL BELAJAR SISWA................................................................. 52

XXII         :  TINGKAT PENGARUH YANG DIPEROLEH................................ 52

XXIII        :  JAWABAN SOAL ANGKET NO.1 S/D 20...................................... 56


SYARAT UNTUK MENDAPATKAN FILE LENGKAP….!!!
File yang tertera diblog ubah saja objeknya biar cepet, ganti saja dengan yang terbaru, kemudian sesuaikan, untuk objek, ubah saja objek jadi tempat yang rencananya anda teliti, beres kan?
File yang anda inginkan bisa konfirmasi ke No. HP ini 0852 6208 9526 atau 0819 6067 526 untuk mendapatkan file skripsi lengkap (bab1-sampai selesai) dalam bentuk document. Dengan mememenuhi biaya admin di bawah setelah anda melakukan transfer ke:
No Rek BRI  3529-01-026884-53-8  WAHYU RISHANDI (Cab. MARIENDAL MEDAN)
DENGAN NILAI NOMINAL TRANSFER Rp. 100.000/Judul Skripsi
ANGGAP SAJA UNTUK GANTI PENGETIKAN SKRIPS LENGKAP DALAM FORM DOC DAN PENGELOLA BLOG INI.
PELUANG KERJASAMA
kalau ingin untung, sebarin saja ke teman-teman judul di blog ini dan naikan saja harganya
kalau ada kesulitan sms atau contact aja ke No HP saya atau Add FB ya way@id-fb.com
UNTUK PEMESANAN
SETELAH TRANSFER SMS AJA KE 0852-6208-9526 atau 0819-6067-526
DENGAN ISI SMS:
Nama, alamat E-mail anda serta judul yang anda inginkan.



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Wahyu Rishandi, S.H., M.Si Updated at: 00.00

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers