JUDUL SKRIPSI:PELAKSANAAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS MENGAJAR GURU DI MAS AL-WASHLIYAH PULO BRAYAN MEDAN



ABSTRAKSI


Administrasi pendidikan adalah rangkaian kegiatan atau keseluruhan proses pengendalian usaha kerjasama sejumlah orang untuk mencapai tujuan pendidikan secara berencana dan sistematis yang diselenggarakan di lingkungan tertentu terutama berupa lembaga pendidikan. Adapun yang berkaitan dengan administrasi pendidikan dan tata laksana kurikulum adalah : “Satuan Pelajaran (SP), Rencana Pelajaran (RP), menyusun Program tahunan, Program Semester, KPSP, Evaluasi pengajaran, mengisi absensi siswa dan absensi guru, mengisi catatan kelas yang telah disediakan untuk mengetahui batas akhir pelajaran, serta laporan-laporan hasil belajar siswa lainnya termasuk tugas-tugas yang sangat penting dan harus dikerjakan guru, dengan penerapan administrasi pendidikan diharapkan dapat meningkatkan aktivitas mengajar guru.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan administrasi pendidikan di MAS Al-Washliyah Pulo Brayan Medan. Untuk mengetahui aktivitas mengajar guru di MAS Al-Washliyah Pulo Brayan Medan. Untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan administrasi pendidikan terhadap meningkatkan aktivitas mengajar guru di MAS Al -Washliyah Pulo Brayan Medan, populasi penelitian ini 30 orang dan sample 30 orang dengan teknik analisa data korelasi product moment.

Berdasarkan hasil penelitian maka Pelaksanaan administrasi pendidikan di MAS Al-Washliyah Pulo Brayan Medan berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan yang telah ditetapkan secara terencana dan terprogram, dimana pelaksanaan administrasi tersebut terlaksana sesuai dengan fungsi dan dan kedudukannya masing-masing yaitu bagi guru-guru yang mengajar di kelas serta bagi tata usaha selaku pelaksana administrasi atau operasional ketata usahaan. Aktivitas mengajar guru di MAS Al-Washliyah pulo Brayan Medan juga berjalan dengan baik, dimana seorang guru dapat menjalankan tugasnya sebagai pendidik dan pengajar di sekolah. Aktivitas yang dijalankan oleh guru adalah berupa fungsi administrasi, fungsi kurikulum, fungsi pendidik dan pengajar di kelas serta fungsi selaku pemimpin bagi siswa yang ada di kelas secara khusus dan siswa di sekolah secara umum. Terlaksananya pelaksanaan administrasi pendidikan di MAS Al-Washliyah Pulo Brayan Medan mempunyai pengaruh yang nyata terhadap aktivitas mengajar guru di sekolah. Dimana segala aktivitas dan kegiatan guru dalam proses belajar mengajar di sekolah berjalan dengan lancar sesuai dengan keduduka, fungsi dan kewajiban setiap guru dan staf selaku pelaksana administrasi pendidikan.

ABSTRAKSI........................................................................................................ .... i
KATA PENGANTAR.......................................................................................... .... ii
DAFTAR ISI........................................................................................................ .... iv
DAFTAR TABEL................................................................................................ .... vi
BAB I       : PENDAHULUAN.......................................................................... .... 1
A.    Latar Belakang Masalah ............................................................ .... 1
B.     Rumusan Masalah ..................................................................... .... 2
C.     Tujuan dan Kegunaan Penelitian ............................................... .... 4
D.    Batasan Istilah ........................................................................... .... 5
E.     Hipotesis .................................................................................... .... 6
F.      Sistematika Pembahasan............................................................ .... 7
BABII       : LANDASAN TEORITIS ............................................................... .... 8
A.    Pengertian Administrasi ............................................................ .... 8
B.     Aktivitas Mengajar Guru ........................................................... .... 12
C.     Pelaksanaan dan Aspek Administrasi Pendidikan .................... .... 18
D.    Fungsi dan Peranan Administrasi dalam Meningkatkan
      Aktivitas Pengajaran.................................................................. .... 25
BAB III    : METODOLOGI PENELITIAN ..................................................... .... 29
A.    Lokasi Penelitian ....................................................................... .... 29
B.     Populasi dan Sampel ................................................................. .... 32
C.     Sumber Data .............................................................................. .... 33
D.    Teknik Pengumpulan Data ........................................................ .... 33
E.     Teknik Pengolahan dan Analisa Data........................................ .... 34
BAB IV :     PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN ...................................... .... 36
A.    Prosedur Penelitian .................................................................... .... 36
B.     Pembahasan ............................................................................... .... 37
C.     Pengujian Hipotesis.................................................................... .... 52
BAB V      :  KESIMPULAN DAN SARAN-SARAN....................................... .... 58
A.    Kesimpulan ................................................................................ .... 58
B.     Saran-Saran................................................................................ .... 59
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
LAMPIRAN


DAFTAR TABEL

NOMRO                                             J U D U L                                        HALAMAN
I                    :  KEADAAN TENAGA PENGAJAR............................................... 30

II                  :  SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH.................................. 31

III                 :  MENGAJAR SESUAI DENGAN SP............................................. 37

IV                 :  MENGAJAR SESUAI DENGAN RP............................................. 38

V                  :  MAMPU MENYUSUN RP.............................................................. 38

VI                 :  MENGAJAR SESUAI DENGAN PROGRAM TAHUNAN........ 39

VII               :  MENGAJAR SESUAI DENGAN KURIKULUM KTSP.............. 40

VIII              :  MENGAJAR SELALU MELAKUKAN EVALUASI................... 40

IX                 :  SELALU MENGISI ABSENSI GURU.......................................... 41

X                  :  SELALU MENGISI ABSENSI SISWA......................................... 42

XI                 :  MENGISI CATATAN KELAS YANG DISEDIAKAN................ 42

XII               :  SELALU MEMBERIKAN LAPORAN HASIL BELAJAR.......... 43

XIII              :  SKOR JAWABAN VARIABEL X................................................. 44

XIV              :  MENGIKUTI PROSES BELAJAR MENGAJAR DENGAN
                        BAIK................................................................................................. 45

XV               :  MENGAJAR SESUAI DENGAN DISIPLIN................................ 46

XVI              :  MENGIKUTI SEMUA PROGRAM PEMBELAJARAN.............. 46

XVII            :  AKTIF MENGAJAR SESUAI JADWAL....................................... 47

XVIII           :  KELUAR MENGAJAR SESUAI DENGAN JADWAL............... 47

XIX              :  MENGUASAI MATERI YANG DIAJARKAN............................ 48

XX               :  MENGUASAI METODE MENGAJAR......................................... 49

XXI              :  MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN.......................... 49

XXII            :  MEMPERSIAPKAN DIRI SETIAP MENGAJAR........................ 50

XXIII           :  MENDAPATKAN KENDALA YANG BERARTI....................... 50

XXIV           :  SKOR JAWABAN VARIABEL Y................................................. 51

XXV            :  KOEFISIEN KORELASI VARIABEL X DAN Y........................ 53



SYARAT UNTUK MENDAPATKAN FILE LENGKAP….!!!
File yang tertera diblog ubah saja objeknya biar cepet, ganti saja dengan yang terbaru, kemudian sesuaikan, untuk objek, ubah saja objek jadi tempat yang rencananya anda teliti, beres kan?
File yang anda inginkan bisa konfirmasi ke No. HP ini 0852 6208 9526 atau 0819 6067 526 untuk mendapatkan file skripsi lengkap (bab1-sampai selesai) dalam bentuk document. Dengan mememenuhi biaya admin di bawah setelah anda melakukan transfer ke:
No Rek BRI  3529-01-026884-53-8  WAHYU RISHANDI (Cab. MARIENDAL MEDAN)
DENGAN NILAI NOMINAL TRANSFER Rp. 100.000/Judul Skripsi
ANGGAP SAJA UNTUK GANTI PENGETIKAN SKRIPS LENGKAP DALAM FORM DOC DAN PENGELOLA BLOG INI.
PELUANG KERJASAMA
kalau ingin untung, sebarin saja ke teman-teman judul di blog ini dan naikan saja harganya
kalau ada kesulitan sms atau contact aja ke No HP saya atau Add FB ya way@id-fb.com
UNTUK PEMESANAN
SETELAH TRANSFER SMS AJA KE 0852-6208-9526 atau 0819-6067-526
DENGAN ISI SMS:
Nama, alamat E-mail anda serta judul yang anda inginkan.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Wahyu Rishandi, S.H., M.Si Updated at: 00.58

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers