JUDUL SKRIPSI: ANALISIS KEMAMPUAN DAN KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK CERITA BERDASARKAN KTSP DI KELAS VII SMP NEGERI 1 BATANG ANGKOLA TAHUN PELAJARAN 2008/2009



ABSTRAK


Dalam mempelajari matematika terutama berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) , siswa mengalami kesalahan. Hal ini dikarenakan kurang telitinya siswa dalam mengerjakan. Sehingga dengan demikian dimungkinkan tingkat keberhasilan dan keaktifan siswa dalam proses pendidikan akan lebih tinggi dan meningkat. Kiranya untuk melihat hal itulah penulis menyusun skripsi dengan memilih judul. : ANALISIS KEMAMPUAN DAN KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN KTSP DI KELAS VII SMP NEGERI 1 BATANG ANGKOLA TAHUN PELAJARAN 2008/2009.

Dalam melakukan penelitian ini penulis mengajukan masalah (1) Bagaimana pelaksanaan materimatika berdasarkan KTSP, (2) Bagaimana hasil belajar matematika dan (3) Apakah pengertian KTSP di pelajaran Matematika.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batang Angkola berjumlah 120 orang. Dalam penelitian ini penulis menetapkan sample sebanyak 20% dari jumlah populasi yaitu 60 orang. Untuk mengetahui hasil korelasi antara variable X dan variable Y maka dapat dihitung dengan rumus :
rxy =
Metode penelitian dalam pengumpulan data penulis menggunakan Metode Lapangan (Field Research) dan Metode Kepustakaan (Library Research) dalam hal ini penulis meneliti di sekolah dan menggunakan berbagai literatur.

Berdasarkan perhitungan di atas diperoleh besar rxy = 0.54  selanjutnya data tersebut akan diuji signifikansinya dengan mengkonsultasikan ke dalam daftar nilai kritis Product Moment dengan taraf signifikansi 95%. Namun sebelum itu ditetapkan terlebih dahulu dk dengan menggunakan rumus dk = n-2 = 60 – 2 = 58.
Dengan demikian dk sebesar 58 selanjutnya dikonsultasikan ke tabel r pearson diperoleh nilai r-tabel = 0.26. Melalui data tersebut diketahui bahwa ternyata r hitung lebih besar dari  nilai r tabel (0.54 > 0.26), hal ini berarti memiliki kemampuan sekaligus mengalami kesulitan di dalam belajar materi pokok cerita berdasarkan KTSP di SMP Negeri 1 Batang Angkola dengan tingkat signifikansi sedang karena berada pada posisi 0.40  0.60 (Korelasi sedang).

Berdasarkan pengujian hipotesis sebagaimana di atas, maka dapat disimpulkan bahwa apa yang menjadi hipotesis sebelumnya dapat diterima kebenarannya yaitu bahwa siswa memiliki kemampuan dan mengalami kesulitan di dalam belajar materi cerita berdasarkan KTSP siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batang Angkola.
                          





DAFTAR ISI


ABSTRAKSI ........................................................................................................... i
KATA PENGANTAR.............................................................................................. iii
DAFTAR ISI  ........................................................................................................... v
DAFTAR TABEL..................................................................................................... vii
BAB I          :  PENDAHULUAN............................................................................ 1
A.    Latar Belakang Masalah ............................................................. 1
B.     Identifikasi Masalah ................................................................... 2
C.     Batasan Masalah.......................................................................... 3
D.    Rumusan Masalah........................................................................ 3
E.     Tujuan dan Kegunaan Penelitian ................................................ 4
BAB II         :   KERANGKA TEORITIS DAN PENGAJUAN HIPOTESIS....... 6
A.    Deskripsi Teoritis......................................................................... 6
1.      Kesulitan Belajar ................................................................... 6
2.      Penggolongan Kesulitan........................................................ 10
3.      Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar ......... 16
4.      Pengertian KTSP .................................................................. 19
5.      Konsep Dasar dan Tujuan KTSP .......................................... 25
                        B.  Kerangka Berpikir........................................................................ 27
                        C. Pengajuan Hipotesis...................................................................... 29 

BAB III       :  METODE PENELITIAN................................................................. 31
A.    Tempat dan Waktu Penelitian ..................................................... 31
B.     Metode Penelitian........................................................................ 31
C.     Populasi dan Sampel.................................................................... 32
D.    Instrumen Penelitian.................................................................... 33
E.     Teknik Analisa Data ................................................................... 33
BAB IV       :   PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN........................................ 35
                         A. Deskripsi Data Penelitian............................................................. 35
                         B. Pengujian Hipotesis...................................................................... 56
                         C. Keterbatasan Penelitian................................................................ 60
BAB V         :    KESIMPULAN DAN SARAN...................................................... 62
                          A. Kesimpulan................................................................................. 62
                          B. Saran-Saran................................................................................. 63
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
LAMPIRAN-LAMPIRAN
 
DAFTAR TABEL
Tabel                                                   J u d u l                                               Halaman.
I                    :  MAMPU BELAJAR DENGAN SISTEM KTSP............................ 36
II                  :  MAMPU BELAJAR DENGAN SISTEM TERAMPIL
                        BELAJAR SECARA PRIBADI...................................................... 37

III                 :  MAMPU BELAJAR SECARA KELOMPOK................................ 37

IV                 :  MAMPU BELAJAR UNTUK PENINGKATAN HASIL
                        BELAJAR......................................................................................... 38

V                  :  MAMPU BELAJAR DENGAN METODE YANG
                        BERVARIASI.................................................................................. 39

VI                 :  MAMPU BELAJAR MESKI PUNYA KETERBATASAN........... 40

VII               :  KEMAMPUAN MEMPEROLEH SUMBER BUKU LAIN.......... 41

VIII              :  MAMPU MENGUASAI PELAJARAN.......................................... 42

IX                 :  MAMPU BERKOMPETENSI DALAM BELAJAR...................... 43

X                  :  MAMPU MEMPEROLEH HASIL BELAJAR YANG BAIK.. .... 44

XI                 :  SKOR JAWABAN VARIABEL X................................................. 45

XII               :  SISWA MENGALAMI KESULITAN BELAJAR......................... 47

XIII              :  KESULITAN MENGEMBANGKAN MENTAL........................... 48

XIV              :  MENGALAMI KESULITAN MEMPERKAYA KHASANAH                48

XV               :  KESULITAN BELAJAR DALAM MEMPERKUAT MENTAL               49

XVI              :  KESULITAN MEMPEROLEH PENGALAMAN BELAJAR...... 50

XVII            :  KESULITAN BELAJAR BERKARYA......................................... 50

XVIII           :  KESULITAN BELAJAR MANDIRI.............................................. 51

XIX              :  KESULITAN BELAJAR AKTIF.................................................... 51

XX               :  MENGALAMI KESULITAN BELAJAR KREATIF.................... 52

XXI              :  KESULITAN UNTUK BELAJAR BEKERJASAMA DALAM
                        KELOMPOK.................................................................................... 52

XXII            :  SKOR JAWABAN VARIABEL Y................................................. 53

XXIII           :  KOEFISIEN KORELASI VARIABEL X DAN Y........................ 56


SYARAT UNTUK MENDAPATKAN FILE LENGKAP….!!!
File yang tertera diblog ubah saja objeknya biar cepet, ganti saja dengan yang terbaru, kemudian sesuaikan, untuk objek, ubah saja objek jadi tempat yang rencananya anda teliti, beres kan?
File yang anda inginkan bisa konfirmasi ke No. HP ini 0852 6208 9526 atau 0819 6067 526 untuk mendapatkan file skripsi lengkap (bab1-sampai selesai) dalam bentuk document. Dengan mememenuhi biaya admin di bawah setelah anda melakukan transfer ke:
No Rek BRI  3529-01-026884-53-8  WAHYU RISHANDI (Cab. MARIENDAL MEDAN)
DENGAN NILAI NOMINAL TRANSFER Rp. 100.000/Judul Skripsi
ANGGAP SAJA UNTUK GANTI PENGETIKAN SKRIPS LENGKAP DALAM FORM DOC DAN PENGELOLA BLOG INI.
PELUANG KERJASAMA
kalau ingin untung, sebarin saja ke teman-teman judul di blog ini dan naikan saja harganya
kalau ada kesulitan sms atau contact aja ke No HP saya atau Add FB ya way@id-fb.com
UNTUK PEMESANAN
SETELAH TRANSFER SMS AJA KE 0852-6208-9526 atau 0819-6067-526
DENGAN ISI SMS:
Nama, alamat E-mail anda serta judul yang anda inginkan.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Wahyu Rishandi, S.H., M.Si Updated at: 09.55

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers