JUDUL SKRIPSI: INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DAN HUBUNGANNYA DENGAN PENGEMBANGAN ASPEK KOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN FIQH DI MADRASAH TSANAWIYAH



ABSTRAKSI


Konsep belajar yang digunakan dalam proses pembelajaran bukan hanya apa saja yang harus dipelajari siswa, tapi bagaimana siswa harus mempelajarinya dan memahaminya. Penggunaan media gambar dalam proses pengajaran khususnya pada bidang pembelajaran fiqh akan memberikan kesan tersendiri bagi siswa, melalui media gambar  siswa dapat memperoleh kepada keberhasilan dalam belajarnya, khususnya siswa kelas Madrasah Tsanawiyah Al-Washliyah Tembung Tahun Pembelajaran 2011-2012.
Tujuan Penewlitian ini adalah   :  Untuk mengetahui intensitas penggunaan media gambar di Madrasah Tsanawiyah Al-Washliyah Tembung Tahun Pelajaran 2011-2012. Untuk mengetahui pengembangan aspek kognitif siswa pada pembelajaran fiqh di Madrasah Tsanawiyah Al-Washliyah Tembung Tahun Pelajaran 2011-2012. Untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara intensitas penggunaan media gambar (modul) dengan pengembangan aspek kognitih siswa pada pembelajaran fiqh di Madrasah Tsanawiyah Al-Washliyah Tembung Tahun Pelajaran 2011-2012
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Intensitas penggunaan media gambar pada pelajaran fiqh siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Washliyah Tembung menunjukkan bahwa penggunaan media gambar sudah tepat, intensitas tersebut terlihat dari penggunaan media gambar yang dilakukan sesuai dengan materi yang diajarkan serta kemampuan guru dalam menggunakan media gambar yang ada. 2. Aspek kognitif siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Washliyah Tembung pada bidang studi fiqh yang diajarkan menunjukkan adanya perkembangan yang cukup baik, hal ini terlihat dari kemampuan siswa dalam memahami materi yang diajarkan, kemampuan siswa mengklasifikasikan masalah, member contoh dan mempertahankan pemahaman yang ada. Terdapat hubungan yang signifikan antara intensitas penggunaan media gambar terhadap pengembangan aspek kognitif siswa pada pembelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Al-Washliyah Tembung. Signifikansi dari kedua variable menunjukkan adanya hubungan yang sedang karena r-hitung 0,54 berada pada posisi 0.40  0.60 (Korelasi sedang).


DAFTAR ISI
                                                                                                                   Halaman
ABSTRAK................................................................................................................ i
KATA PENGANTAR.............................................................................................. ii
DAFTAR ISI............................................................................................................. iv
DAFTAR TABEL..................................................................................................... vi
BAB I          :  PENDAHULUAN ........................................................................... 1
A.    Latar Belakang Masalah ............................................................. 1
B.     Rumusan Masalah ....................................................................... 4
C.     Tujuan dan Kegunaan Penelitian ................................................ 4
D.    Batasan Istilah ............................................................................ 5
E.     Sistematika Penulisan.................................................................. 6
BAB II         :  LANDASAN TEORITIS ................................................................ 8
A.    Pengertian Media Gambar .......................................................... 8
B.     Media Gambar dan Amplikasinya .............................................. 11
C.     Pengertian Minat Belajar Siswa .................................................. 13
D.    Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Minat
Belajar Siswa .............................................................................. 17
E.     Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar ................................ 21
BAB III       : METODOLOGI PENELITIAN ....................................................... 29
A.    Lokasi Penelitian ......................................................................... 29
B.     Populasi dan Sampel ................................................................... 31
C.     Sumber Data ............................................................................... 31
D.    Instrumen Pengumpulan Data .................................................... 32
E.     Teknik Pengolahan dan Analisa Data ......................................... 32
BAB IV       :  PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN ........................................ 34
A.    Prosedur Penelitian  .................................................................... 34
B.     Pembahasan  ............................................................................... 35
C.     Temuan Hasil Penelitian ............................................................. 51
BAB V         :  KESIMPULAN DAN SARAN ....................................................... 59
A.    Kesimpulan ................................................................................. 59
B.     Saran-saran .................................................................................. 60
DAFTAR PUSTAKA



DAFTAR TABEL

Tabel                                                   J U D U L                                           Halaman

I.             :  SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH........................................ 33

II            :  KEADAAN GURU................................................................................ 34

III           :  GURU SERING MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DALAM
                  PEMBELAJARAN MATERI BERWUDHU’...................................... 39

IV           :  GURU MENJADIKAN MEDIA GAMBAR SEBAGAI MEDIA
                  UTAMA DALAM PEMBELAJARAN WUDHU’............................... 40

V            :  GURU DAPAT MENGAJAR DENGAN BAIK MELALUI MEDIA
                  GAMBAR............................................................................................... 40

VI           :  MAMPU MENJELASKAN MATERI WUDHU DENGAN BAIK.... 41

VII         :  DAPAT MENCIPTAKAN PROSES BELAJAR MENGAJAR GURU
                  DENGAN BAIK.................................................................................... 42

VIII        ;  GURU MAMPU MEMBERIKAN PENJELASAN YANG EPAT...... 43

IX           :  GURU MEMPRAKTEKKAN SHALAT SETELAH MENJELASKAN
                  MELALUI MEDIA GAMBAR............................................................. 44

X            :  GURU MEMPRAKTEKKAN SHALAT DENGAN TEPAT.............. 45

XI           :  PENJELASAN GURU TENTANG WUDHU SUDAH EFEKTIF...... 46

XII         :  PENJELASAN GURU TENTANG SHALAT SUDAH TEPAT......... 47

XIII        :  SKOR VARIABEL X............................................................................ 48

XIV        :  PENJELASAN BERWUDHU’ SUDAH TEPAT................................. 50

XV         :  PENJELASAN GURU DAPAT DIPAHAMI....................................... 51

XVI        :  MAMPU MEMPERTAHANKAN CARA BERWUDHU DENGAN
                  BENAR................................................................................................... 51

XVII      :  MEMBERI CONTOH BERWUDHU DENGAN BENAR.................. 52

XVIII     :  MENGKLASIFIKASIKAN PERSOALAN WUDHU DENGAN
                  BENAR................................................................................................... 52

XIX        :  MEMPERTAHANKAN PEMAHAMAN SHALAT DENGAN
                  BENAR................................................................................................... 53

XX         :  DAPAT MEMBERI CONTOH WUDHU’ DENGAN BENAR.......... 53

XXI        :  MENGKLASIFIKASIKAN MASALAH SHALAT DENGAN
                  BENAR................................................................................................... 54

XXII      ;  PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIQH MELALUI ULANGAN 54

XXIII     :  PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI UJIAN SEMESTER          55

XXIV     :  SKOR JAWABAN VARIABEL Y...................................................... 56

XXV      :  KOEFISIEN KORELASI VARIABEL X DAN Y............................. 58


SYARAT UNTUK MENDAPATKAN FILE LENGKAP….!!!
File yang tertera diblog ubah saja objeknya biar cepet, ganti saja dengan yang terbaru, kemudian sesuaikan, untuk objek, ubah saja objek jadi tempat yang rencananya anda teliti, beres kan?
File yang anda inginkan bisa konfirmasi ke No. HP ini 0852 6208 9526 atau 0819 6067 526 untuk mendapatkan file skripsi lengkap (bab1-sampai selesai) dalam bentuk document. Dengan mememenuhi biaya admin di bawah setelah anda melakukan transfer ke:
No Rek BRI  3529-01-026884-53-8  WAHYU RISHANDI (Cab. MARIENDAL MEDAN)
DENGAN NILAI NOMINAL TRANSFER Rp. 100.000/Judul Skripsi
ANGGAP SAJA UNTUK GANTI PENGETIKAN SKRIPS LENGKAP DALAM FORM DOC DAN PENGELOLA BLOG INI.
PELUANG KERJASAMA
kalau ingin untung, sebarin saja ke teman-teman judul di blog ini dan naikan saja harganya
kalau ada kesulitan sms atau contact aja ke No HP saya atau Add FB ya way@id-fb.com
UNTUK PEMESANAN
SETELAH TRANSFER SMS AJA KE 0852-6208-9526 atau 0819-6067-526
DENGAN ISI SMS:
Nama, alamat E-mail anda serta judul yang anda inginkan.




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Wahyu Rishandi, S.H., M.Si Updated at: 09.11

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers