JUDUL SKRIPSI: Interaksi Edukatif dan Pengaruhnya Terhadap Minat Belajar Siswa SMP Namira Yayasan Fajar Islam Pasar I Tanjung Sari Medan



ABSTRAK

Kata Kunci : Interaksi Edukatif dan Minat Belajar

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui interaksi edukatif dan pengaruhnya terhadap minat belajar siswa SMP Namira Yayasan Fajar Islam Pasar I Tanjung Sari Medan.

Berdasarkan observasi sementara di lokasi penelitian, terlihat bahwa interaksi edukatif yaitu antara guru dan siswa telah berjalan dengan baik. Guru dan siswa menyadari arti penting membangun interaksi dalam upaya meningkatkan minat belajar siswa, hal ini disadari karena waktu yang tersedia dalam proses belajar mengajar sangat sempit, sedangkan materi pelajaran yang harus disampaikan sangat padat, bahkan sering diemukan siswa yang sama sekali tidak berminat mengikuti pelajaran, kerjanya hanya membuat keributan di kelas, bolos waktu kegiatan belajar dilaksanakan atau tidak pernah menyelesaikan tugas yang diberikan guru dan lain sebagainya, hal semacam ini tentunya perlu penanganan yang serius, guna meneliti, mengkaji dan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi siswa sehingga dapat tercipta suatu situasi yang kondusif di dalam belajar.

Hasil analisis menunjukkan bahwa  Interaksi edukatif antara guru dan siswa SMP Namira Yayasan Fajar Islam Pasar I Tanjung Sari Medan Selayang dalam proses belajar mengajar cukup baik. Interaksi tersebut tercipta dengan interaksi dua arah dimana guru aktif melakukan tugasnya sebagai pendidik dan pengajar dan siswa juga aktif menerima pelajaran yang diberikan oleh guru. Minat belajar siswa SMP Namira Yayasan Fajar Islam Pasar I Tanjung Sari Medan Selayang dalam belajar sangat tinggi terhadap perhatian pelajaran, mendengarkan, membaca, menulis, dan mengerjakan segala sesuatu pekerjaan atau tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Bertanya serta menyelesaikan PR di rumah. Interaksi edukatif bepengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa SMP Namira Yayasan Fajar Islam Pasar I Tanjung Sari Medan Selayang. Tingginya pengaruh interaksi edukatif terhadap mnat belajar siswa dapat diketahui bahwa r-hitung lebih besar dari pada r-tabel dari hasil penelitian yang dilakukan.






DAFTAR ISI

ABSTRAK................................................................................................................ i
KATA PENGANTAR.............................................................................................. ii
DAFTAR ISI............................................................................................................. iv
DAFTAR TABEL..................................................................................................... vi
BAB I       :      PENDAHULUAN........................................................................... 1
A.    Latar Belakang Masalah.............................................................. 1
B.     Identifikasi Masalah.................................................................... 4
C.     Batasan Masalah.......................................................................... 4
D.    Perumusan Masalah..................................................................... 5
E.     Tujuan Penelitian......................................................................... 5
F.      Kegunaan Penelitian.................................................................... 5
BAB II      :    KAJIAN PUSTAKA......................................................................... 6
A.    Landasan Teori............................................................................ 6
1.      Pengertian Interaksi Edukatif................................................ 6
2.      Tujuan Interaksi Edukatif...................................................... 10
3.      Pengertian Minat Belajar....................................................... 16
4.      factor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar................ 22
B.     Hasil Penelitian Yang Relevan.................................................... 27
C.     Kerangka Pikir............................................................................. 28
D.    Hipotesis Penelitian..................................................................... 29
BAB III   :     METODE  PENELITIAN................................................................. 30
A.    Lokasi Penelitian.......................................................................... 30
B.     Populasi dan Sampel.................................................................... 33
C.     Instrumen Pengumpulan Data..................................................... 34
D.    Teknik Pengumpulan Data........................................................... 34
E.     Defenisi Operasional.................................................................... 35
F.      Teknik Pengolahan dan Analisa Data.......................................... 35
BAB IV    :     PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN......................................... 38
                        A. Deskripsi Data.............................................................................. 38
                        C. Pengujian Hipotesis....................................................................... 55
BAB V      :     KESIMPULAN DAN SARAN-SARAN........................................ 60
                        A. Kesimpulan................................................................................... 60
                        B. Saran-Saran................................................................................... 61
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
LAMPIRAN


DAFTAR TABEL
1              :   Jumlah Siswa.....................................................................................     31

2.             :   Jumlah Tenaga Pengajar......................................................................... 31

3              :   Sarana dan Prasarana............................................................................. 32

4              :   Kisi-Kisi Instrumen Penelitian............................................................... 34

5              :   Guru memberikan perhatian yang baik kepada siswa............................ 38

6              :   Perhatian Guru Terhadap Pelajaran cukup baik..................................... 39

7              :   Guru Mampu Berkomunikasi dengan baik............................................ 40

8              :   Guru menyampaikan materi dengan baik.............................................. 40

9              :   Guru menjalin komunikasi yang baik dengan siswa.............................. 41

10            :   Guru sebagai tempat konsultasi siswa................................................... 42

11            :   Guru selalu mengkonsultasikan segala sesuatu dengan siswa............... 42

12            :   Guru dapat dijadikan sebagai tempat meminta nasehat........................ 43

13            :   Sering memberikan nasehat kepada siswa............................................. 44

14            :   Nasehat guru disesuaikan dengan pribadi siswa.................................... 45

15            :   Skor Variabel X..................................................................................... 46
               
16            :   Siswa dapat memperhatikan penjelasan guru........................................ 47

17            :   Siswa mendengarkan penjelasan guru................................................... 48

18            :   Siswa mendengarkan nasehat guru........................................................ 49

19            :   Siswa aktif membaca pelajaran.............................................................. 49

20            :   Siswa sering mencatat pelajaran yang diajarkan.................................... 50

21            :   Menatat Pelajaran yang kurang difahami.............................................. 51

22            :   Siswa aktif mengerjakan tugas-tugas..................................................... 51

23            :   Mengerjakan tugas dengan baik............................................................ 52

24            :   Siswa menerima PR yang diberikan guru.............................................. 53

25            :   Mengerjakan PR dengan baik................................................................ 53

26            :   Skor Jawaban Variabel Y...................................................................... 54

27            ;   Koefisien Korelasi variable X dan Y..................................................... 56


SYARAT UNTUK MENDAPATKAN FILE LENGKAP….!!!
File yang tertera diblog ubah saja objeknya biar cepet, ganti saja dengan yang terbaru, kemudian sesuaikan, untuk objek, ubah saja objek jadi tempat yang rencananya anda teliti, beres kan?
File yang anda inginkan bisa konfirmasi ke No. HP ini 0852 6208 9526 atau 0819 6067 526 untuk mendapatkan file skripsi lengkap (bab1-sampai selesai) dalam bentuk document. Dengan mememenuhi biaya admin di bawah setelah anda melakukan transfer ke:
No Rek BRI  3529-01-026884-53-8  WAHYU RISHANDI (Cab. MARIENDAL MEDAN)
DENGAN NILAI NOMINAL TRANSFER Rp. 100.000/Judul Skripsi
ANGGAP SAJA UNTUK GANTI PENGETIKAN SKRIPS LENGKAP DALAM FORM DOC DAN PENGELOLA BLOG INI.
PELUANG KERJASAMA
kalau ingin untung, sebarin saja ke teman-teman judul di blog ini dan naikan saja harganya
kalau ada kesulitan sms atau contact aja ke No HP saya atau Add FB ya way@id-fb.com
UNTUK PEMESANAN
SETELAH TRANSFER SMS AJA KE 0852-6208-9526 atau 0819-6067-526
DENGAN ISI SMS:
Nama, alamat E-mail anda serta judul yang anda inginkan


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Wahyu Rishandi, S.H., M.Si Updated at: 09.20

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers