JUDUL SKRIPSI: Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank Perkreditan Rakyat Syari’ah Al-Washliyah Medan



BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Setiap perusahaan terutama yang bergerak di lembaga perbankan termasuk diantaranya Bank Perkreditan Rakyat Syari’ah Al-Washliyah Medan berupaya untuk mencapai laba maksimal  yang meningkat dan tujuan tersebut dapat tercapai dengan cara antara lain menciptakan kepuasan nasabah, dipersifikasi produk dan peningkatan pelayanan. Perusahaan yang berorientasi pada kepuasan nasabah lebih menitik beratkan pada pemenuhan kebutuhan dan keingginan nasabahnya.
            Namun pencapaian tujuan tersebut (laba maksimal) pada Bank tersebut sering mengabaikan hak-hak dari nasabah yang sudah memberikan kewajibannya terhadap apa yang di hasilkannya oleh Bank tersebut. Dalam hal lambatnya pelayanan kepada nasabah yang dilakukan oleh Bank Syari’ah tersebut.  Dalam hal ini harapan nasabah di bentuk dan di dasarkan oleh beberapa faktor, diantaranya :
  1. Pengalaman di masa lampau.
  2. Opini teman dan kerabat
  3. Imformasi, janji–janji perusahaan dan para pesaing

Pelayanan yang baik menimbulkan kepuasan bagi nasabah.Pelayanan yang baik memberikan suatu dorongan kepada nasabah untuk menjalin ikatan yang kuat dengan Bank Syari’ah. Dalam jangka panjang ikatan seperti ini memungkinkan bank tersebut untuk memahami dengan seksama harapan nasabahnya serta kebutuhannya. Dengan demikian Bank Perkreditan Rakyat Syari’ah Al-Washliyah Medan dapat meningkatkan kepuasan nasabahnya di mana Bank Syari’ah memaksimumkan pengalaman nasabah yang menyenangkan dan meminimumkan atau meniadakan pengalaman nasabah yang kurang menyenangkan. Pada gilirannya kepuasan nasabah dapat menciptakan kesetiaan atau loyalitas nasabah kepada Bank Syari’ah yang memberikan kualitas yang memuaskan. Ada beberapa  syarat yang di perlukan dalam pelayanan diantaranya service advisor yang terlatih, suasana pelayanan yang modern dan maju, waktu pelayanan yang singkat dan harga yang pantas (reasonable price).
                        Namun dari ketentuan di atas tidak semua terimplementasikan, masih didapat masalah pelayanan yang kurang memuaskan. Dan pelayanan yang kurang memuaskan inilah membuat penulis untuk ingin mengetahui dimana yang menjadi masalah. Untuk mengetahui hal tersebut penulis merasa berkeinginan, untuk membuat suatu penelitian ,data hasilnya akan penulis tuangkan kedalam bentuk skripsi dengan judul : “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank Perkreditan Rakyat Syari’ah Al-Washliyah Medan”. Yang pada intinya bagaimana strategi marketing, khususnya elemen promosi yang di jalankan di perusahaan ini ,karena pelayanan merupakan bagian dari kegiatan elemen promosi, dan sebagai salah satu mata kuliah yang penulis gemari.


B. Identifikasi Masalah
Berdasarkan  penelitian  pendahuluan dilakukan pada Bank Perkreditan Rakyat Syari’ah Al-Washliyah Medan, maka diidentifikasikan permasalahan yang timbul yaitu :
1.        Apakah pelayanan yang di berikan sudah memenuhi harapan nasabah, sehingga nasabah akan memperoleh kepuasan
2.        Apakah strategi promosi sudah di terapkan secara efektif.
3.        Apakah pegawai yang ada sudah layak untuk melayani nasabah
4.        apakah sarana yang ada sudah mendukung untuk melayani nasabah 
5.        Apakah cara pelayanan yang di berikan oleh Bank menunjukan peningkatan kepuasan nasabah.

C.    Batasan dan Rumusan Masalah
Batasan Masalah
Untuk memfokuskan dan memperkecil bahasan masalah sehingga tidak menyimpang dari yang diinginkan, maka batasan masalah penelitian “hanya berkenaan dengan masalah pelayanan baik kepuasan nasabah pada Bank Perkreditan Rakyat Syari’ah Al-Washliyah?”.
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang dan batasan masalah, maka permasalahaan dapat di rumuskan yaitu : ”Apakah pengaruh hubungan pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada Bank Perkreditan Rakyat Syari’ah Al-Washliyah ?”.
Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah :
1.   Untuk mendapatkan data atau imformasi terutama tentang pokok bahasan yang   lanjutnya dituliskan dalam penulisan skripsi
2.   Untuk mengetahui bagaimana sebenarnya praktek pelayanan Bank, yang dilakukan  dengan kepuasan nasabah dapat di peroleh.
3.   Untuk menjadikan bahan perbandingan antara praktek dengan  teoritis.

D.    Manfaat Penelitian      
Manfaat dari penelitian ini adalah :
1.  Bagi penulis dapat menambah wawasan berpikir penulis dalam bidang pemasaran   terutama dalam hal pelayanan dan kepuasan nasabah.
2.   Memberikan masukan bagi pihak manajemen Bank Perkreditan Rakyat Syari’ah Al-Washliyah Medan dalam hal pengaruh pelayanan terhadap kepuasan nasabah.
3.  Bagi pihak lain, atau lembaga manajemen/akuntansi sebagai bahan perbandingan bagi pihak lain yang akan meneliti masalah yang sama di masa mendatang.

E. Asumsi Atau Anggapan Dasar
Asumsi atau anggapan dasar merupakan hal yang penting mengingat fungsinya sebagai titik tolak pemikiran dalam menentukan dan merumuskan masalah yang akan di teliti. Adapun yang akan menjadi anggapan dasar dalam hal penelitian ini adalah : “Bila pelayanan dilakukan secara efektif dapat menghasilkan kepuasan bagi nasabah“.
F. Hipotesis
            Hipotesis merupakan jawaban sementara dari sebuah penelitian yang dilakukan melalui pengumpulan fakta atau bukti bukti dalam penelitian dan harus di uji kebenarannya.
            Hipotesis dalam penelitian ini adalah : ”Adanya Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank Perkreditan Rakyat Syari’ah Al-Washliyah Medan”.


SYARAT UNTUK MENDAPATKAN FILE LENGKAP….!!!
File yang tertera diblog ubah saja objeknya biar cepet, ganti saja dengan yang terbaru, kemudian sesuaikan, untuk objek, ubah saja objek jadi tempat yang rencananya anda teliti, beres kan?
File yang anda inginkan bisa konfirmasi ke No. HP ini 0852 6208 9526 atau 0819 6067 526 untuk mendapatkan file skripsi lengkap (bab1-sampai selesai) dalam bentuk document. Dengan mememenuhi biaya admin di bawah setelah anda melakukan transfer ke:
No Rek BRI  3529-01-026884-53-8  WAHYU RISHANDI (Cab. MARIENDAL MEDAN)
DENGAN NILAI NOMINAL TRANSFER Rp. 100.000/Judul Skripsi
ANGGAP SAJA UNTUK GANTI PENGETIKAN SKRIPS LENGKAP DALAM FORM DOC DAN PENGELOLA BLOG INI.
PELUANG KERJASAMA
kalau ingin untung, sebarin saja ke teman-teman judul di blog ini dan naikan saja harganya
kalau ada kesulitan sms atau contact aja ke No HP saya atau Add FB ya way@id-fb.com
UNTUK PEMESANAN
SETELAH TRANSFER SMS AJA KE 0852-6208-9526 atau 0819-6067-526
DENGAN ISI SMS:
Nama, alamat E-mail anda serta judul yang anda inginkan


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Wahyu Rishandi, S.H., M.Si Updated at: 19.46

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers