JUDUL SKRIPSI : Hubungan Efikasi Kolektif dengan Kinerja Karyawan di PT. Bimacom Medan


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Suatu organisasi didirikan karena mempunyai tujuan yang ingin dan harus dicapai. Dalam mencapai tujuannya setiap organisasi dipengaruhi perilaku organisasi yang merupakan pencerminan dari perilaku dan sikap para pelaku yang terdapat dalam organisasi. Kegiatan yang paling lazim dinilai dalam suatu organisasi adalah kinerja karyawan, yakni bagaimana ia melakukan segala sesuatu yang berhubungan dengan suatu pekerjaan, jabatan, atau peranan dalam organisasi (Sutrisno, 2010).
Irianto (2001) mengemukakan kinerja karyawan adalah prestasi yang diperoleh seseorang dalam melakukan tugas. Keberhasilan organisasi tergantung pada kinerja para pelaku organisasi tersebut. Oleh karena itu, setiap unit kerja dalam suatu organisasi harus dinilai kinerjanya agar kinerja sumber daya manusia yang terdapat dalam unit-unit dapat dinilai secara objektif.
Pendapat lain mengatakan, kinerja karyawan merupakan sesuatu yang lazim digunakan untuk memantau produktivitas kerja sumber daya manusia, baik yang berorientasi pada produksi barang, jasa maupun pelayanan. Demikian pula, perwujudan kinerja karyawan yang membanggakan juga sebagai imbalan intrinstik. Agar dapat mencapai kinerja karyawan yang profesional perlu dikembangkan hal-hal seperti: kesukarelaan, pengembangan diri pribadi, pengembangan kerjasama yang saling menguntungkan serta partisipasi seutuhnya (Umam, 2010).
Tercapainya tujuan perusahaan tidak hanya tergantung pada peralatan modern, sarana dan prasarana yang lengkap, tetapi justru lebih tergantung pada manusia yang melaksanakan pekerjaan tersebut. Keberhasilan suatu organisasi sangat dipengaruhi oleh kinerja individu karyawannya. Setiap organisasi maupun perusahaan akan selalu berusaha untuk meningkatkan kinerja karyawan, dengan harapan apa yang menjadi tujuan perusahaan akan tercapai (Dito, 2010).
Sebuah organisasi untuk mencapai tujuannya harus menerapkan dua jenis tugas pekerjaan yang mencakup unsur-unsur penting kinerja karyawan, yaitu: tugas fungsional dan tugas perilaku. Tugas fungsional berkaitan dengan seberapa baik seorang karyawan menyelesaikan pekerjaan, terutama menyelesaikan aspek-aspek teknis pekerjaan. Tugas perilaku berkaitan dengan seberapa baik karyawan menangani kegiatan antarpersonal dengan anggota lain organisasi, termasuk mengatasi konflik, mengelola waktu, memberdayakan orang lain, bekerja dalam sebuah kelompok, dan bekerja secara mandiri. Dengan terlaksananya kedua hal tersebut secara baik maka akan tercapai tujuan perusahaan dan kinerja karyawan akan meningkat (Sutrisno, 2010).
Agar tujuan perusahaan dapat tercapai banyak faktor yang mempengaruhi meningkatnya kinerja karyawan salah satunya menurut hasil penelitian yang dilakukan Moreover,et.al. (2002)  kinerja karyawan meningkat karena adanya efikasi kolektif yang tinggi dalam organisasi.
Menurut Bandura (2000), efikasi kolektif adalah keyakinan bergabung secara bersama-sama dalam mengatur dan melaksanakan program menuju pada tingkat pencapaian. Jan Douglas (2005) memberikan pandangan bahwa, efikasi kolektif menjadi hal yang sangat penting dalam sebuah tim atau organisasi untuk mencapai tujuan. Semakin besar keyakinan yang mereka pegang dalam efikasi kolektif maka semakin banyak juga yang dicapai dalam organisasi.
Pencapaian tujuan organisasi mencerminkan perpaduan kekuatan dari seluruh unsur perusahaan dalam menghadapi tantangan dan persaingan bisnis yang semakin ketat sehingga perlu adanya strategi-strategi khusus dalam mengelola sistem kinerja perusahaan agar lebih efisien dan memiliki sistem kontrol yang lebih baik.
Perkembangan dunia IT (information technology) di Indonesia menunjukan kemajuan signifikan dan sangat pesat serta memiliki persaingan bisnis yang cukup ketat bahkan para pengamat IT sudah memprediksi perkembangan dunia komputer akan lebih pesat lagi dari saat ini.
Dengan semakin berkembangnya persaingan di dalam bisnis IT, diharapkan dapat hadir untuk membantu para pelaku bisnis mengembangkan bisnisnya dalam rangka peningkatan kinerja perusahaan. Salah satunya adalah dengan mengembangkan suatu sistem yang dapat mengukur kinerja karyawan dan menyimpannya dalam suatu basis data (database) sehingga manajemen perusahaan dapat melakukan pengawasan kualitas karyawannya demi peningkatan kinerja perusahaan.
Salah satu perusahaan yang meramaikan persaingan bisnis IT adalah PT.Bimacom yang bergerak dalam penjualan komputer dan laptop. PT.Bimacom merupakan perusahaan IT terbesar di Indonesia yang sudah berdiri lebih dari 10 tahun dan memiliki lingkup kerja yang lengkap di dunia IT. Berkembangnya PT.Bimacom tidak terlepas dari para karyawannya yang ikut serta dalam mewujudkan kesuksesan dalam perusahaan tersebut dan di dukung dengan masuknya sumber daya manusia yang fresh serta berdedikasi tinggi terhadap perusahaan.
Selama beberapa tahun, Bimacom mengimplementasikan manajemen sumber daya berdasarkan kompetensi. Sistem ini merupakan basis pengambilan keputusan dalam manajemen sumber daya, seperti rekrutmen dan seleksi, pembelajaran dan pengembangan, serta perencanaan karir. Untuk memastikan bahwa kontribusi setiap karyawan diperhatikan dan dihargai, Bimacom menggunakan sistem manajemen kinerja yang mewajibkan setiap karyawan untuk membuat rencana kinerja tahunan yang dievaluasi oleh rekan dan atasan mereka. Hal ini dilakukan untuk memvalidasi pencapaian masing-masing.
Kekuatan lainnya terdapat pada setiap karyawan Bimacom yang dianugerahi beragam potensi serta keunikan talenta tersendiri dalam memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan usaha perusahaan. Keberhasilan memadukan kemampuan setiap karyawan menjadi kerjasama yang kuat dan sinergis, telah mempercepat pencapaian pertumbuhan tersebut. Melalui kerjasama dan hubungan yang efektif, perusahaan bekerja erat dengan mitra usaha, pelanggan, dan institusi terkait lainnya. Perusahaan ini yakin bahwa keterbukaan akan mendorong kepercayaan atas perusahaan sehingga dapat meningkatkan kinerja perusahaan dan nilai perusahaan.
Meningkatnya kinerja perusahaan tergantung pada kinerja pribadi setiap karyawannya. Karyawan Bimacom selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dengan bekerja secara kolektif dan saling berbagi kemampuan untuk mencapai hasil penjualan yang maksimal. Bimacom harus dapat beradaptasi dan mengimplementasikan nilai standar tertinggi akan perilaku pribadi karyawan agar melahirkan SDM yang berkualitas dan berpotensi bagi nusa, bangsa serta agama.
Berdasarkan hasil keterangan di atas dapat disimpulkan bahwa, meningkatnya kinerja karyawan di PT. Bimacom Medan tidak terlepas dari kinerja masing-masing karyawan dan kerjasama yang baik dalam perusahaan. Kinerja karyawan di organisasi tersebut dikatakan baik dan terus meningkat karena semua pekerjaan dapat dilaksanakan sesuai dengan hasil dan tujuan  yang diinginkan perusahaan serta kerjasama dan keyakinan dalam organisasi untuk mencapai tujuan-tujuan yang ingin dicapai.
Berdasarkan uraian di atas, muncul pertanyaan dalam penelitian ini, Apakah ada Hubungan Efikasi Kolektif dengan Kinerja Karyawan di PT. Bimacom Medan? Pertanyaan inilah yang membuat peneliti tertarik untuk mengetahui “Hubungan Efikasi Kolektif dengan Kinerja Karyawan di PT. Bimacom Medan”.

B.     Identifikasi Masalah
Kegiatan yang paling lazim dinilai dalam suatu organisasi adalah kinerja karyawan, yakni bagaimana ia melakukan segala sesuatu yang berhubungan dengan suatu pekerjaan, jabatan, atau peranan dalam organisasi (Sutrisno, 2010). Menurut hasil penelitian yang dilakukan Moreover,et.al. (2002) salah satu cara untuk meningkatkan kinerja karyawan adalah adanya efikasi kolektif yang tinggi dalam organisasi.
Keunikan dalam  penelitian ini karena belum ada penelitian sebelumnya yang meneliti tentang kinerja karyawan yang dipengaruhi oleh efikasi kolektif dan banyak organisasi yang belum mengetahui tentang efikasi kolektif dan faktor-faktor yang membentuk efikasi kolektif tersebut.
Berdasarkan uraian di atas, peneliti tertarik melakukan penelitian untuk mengetahui hubungan efikasi kolektif dengan kinerja karyawan di PT.BIMACOM Medan.





C.    Batasan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah di atas, peneliti membatasi masalahnya hanya meneliti tentang Hubungan Efikasi Kolektif dengan Kinerja Karyawan di PT.BIMACOM Medan divisi marketing dengan jumlah sampel sebanyak 35 karyawan.

D.    Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang di atas, maka pertanyaan dalam penelitian ini, Apakah ada hubungan efikasi kolektif dengan kinerja karyawan di PT.BIMACOM Medan?

E.     Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris adanya Hubungan efikasi kolektif dengan kinerja karyawan di PT.BIMACOM Medan.

F.     Manfaat Penelitian
Adapun manfaat dari penelitian ini adalah:
1.      Manfaat Teoritis:
a.       Dapat menambah wawasan di bidang Psikologi khususnya bidang Psikologi Industri dan Organisasi.
b.      Penelitian ini dapat menjadi bahan refrensi untuk penelitian yang akan datang dengan tema yang sama yaitu mengenai kinerja karyawan dan efikasi kolektif.
2.      Manfaat Praktis:
a.       Dapat menjadi dasar dalam mengkaji kinerja karyawan dengan mengetahui efikasi kolektif karyawan tersebut.
b.      Sebagai masukan dan informasi untuk mengetahui peranan efikasi kolektif dalam meningkatkan kinerja karyawan dalam organisasi.

SYARAT UNTUK MENDAPATKAN FILE LENGKAP….!!!
File yang tertera diblog ubah saja objeknya biar cepet, ganti saja dengan yang terbaru, kemudian sesuaikan, untuk objek, ubah saja objek jadi tempat yang rencananya anda teliti, beres kan?
File yang anda inginkan bisa konfirmasi ke No. HP ini 0852 6208 9526 untuk mendapatkan file skripsi lengkap (bab1-sampai selesai) dalam bentuk document. Dengan mememenuhi biaya admin di bawah setelah anda melakukan transfer ke:
No Rek BRI  3529-01-026884-53-8  WAHYU RISHANDI (Cab. MARIENDAL MEDAN)
DENGAN NILAI NOMINAL TRANSFER Rp. 100.000/Judul Skripsi
ANGGAP SAJA UNTUK GANTI PENGETIKAN SKRIPS LENGKAP DALAM FORM DOC DAN PENGELOLA BLOG INI.
PELUANG KERJASAMA
kalau ingin untung, sebarin saja ke teman-teman judul di blog ini dan naikan saja harganya
kalau ada kesulitan sms atau contact aja ke No HP saya atau Add FB ya way@id-fb.com
UNTUK PEMESANAN
SETELAH TRANSFER SMS AJA KE 0852-6208-9526
DENGAN ISI SMS:
Nama, alamat E-mail anda serta judul yang anda inginkan.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Wahyu Rishandi, S.H., M.Si Updated at: 13.39

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers