JUDUL SKRIPSI : Urgensi Fasilitas Kampus Program Studi Pendidikan Agama Islam Terhadap Kualitas Belajar Mahasiswa STAISAR Aceh Singkil


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Pendidikan merupakan faktor yang sangat penting dalam kelangsungan hidup manusia. Proses pendidikan tidak lepas dari belajar sebab tanpa belajar manusia tidak mungkin dapat mengembangkan minat, bakat dan cita-cita yang sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.
Di dalam proses kegiatan belajar (perkuliahan) mahamahasiswa  untuk mencapai hasil belajar yang maksimal dan berkualitas harus didukung beberapa komponen seperti minat, bakat, cita-cita, disiplin, orang tua, guru, teman belajar, lingkungan, sarana dan prasarana belajar atau fasilitas belajar. Maka dalam hal ini, semua komponen di atas pada hakekatnya saling berhubungan dan saling bergantungan satu sama lain.
Mahamahasiswa  sering mengalami kesulitan dalam belajar. Salah satu faktor yang menyebabkan kesulitan tersebut dapat disebabkan karena proses belajar yang kurang nyaman dan maksimal disebabkan karena fasilitas yang kurang memadai. Oleh karena itu dalam suatu proses perkuliahan di kampus, agar mahamahasiswa  dapat menerima mata kuliah dengan baik dan maksimal, maka dalam proses perkuliahan di kampus harus dilengkapi dengan fasilitas yang mendukung dalam kegiatan belajarnya. Fasilitas perkuliahan dapat membantu dosen dan mahasiswa  dalam melaksanakan kegiatan perkuliahan di kampus, sehingga dosen dapat menyampaikan dan menyajikan materi kuliah dengan lebih bervariasi dan mahamahasiswa  juga dapat dengan mudah memahami materi tersebut.
Begitu juga halnya pada proses kuliah di Fakultas Agama Islam STAISAR. Adapun kegiatan perkuliahan di kampus lebih diutamakan untuk memecahkan kesulitan-kesulitan mahamahasiswa  pada waktu kuliah di lokal dan mengulang kembali pelajaran yang telah diajarkan di lokal dengan menggunakan fasilitas belajar yang ada. Fasilitas belajar dapat membuat pelajaran lebih menarik, mengurangi kesulitan dalam memahami pelajaran dan membantu memperbaiki keterampilan baru mahasiswa  melalui praktek, baik di sekolah maupun di rumah. Pada dasarnya dalam proses perkuliahan kadang kala mahamahasiswa  mengalami kesulitan menerima materi kuliah yang disampaikan oleh dosen.
Oleh karena itu, agar dapat menerima mata kuliah dengan baik dan maksimal, hal itu dapat tercapai apabila dalam proses belajar mahamahasiswa  kampus memiliki fasilitas yang mendukung dalam belajarnya. Ketersediaan fasilitas belajar yang harus dimiliki kampus adalah, seperti : ruang kuliah yang memadai, perpustakaan, laboratorium, alat-alat perkuliahan, alat penerangan belajar, suasana tempat belajar, serta penggunaan fasilitas belajar yang telah ada. Hal ini juga dapat membantu mahamahasiswa  untuk meningkatkan kualitas belajar.
Walaupun demikian fasilitas kampus sebagai alat bantu dalam proses perkuliahan tidak bisa menggantikan guru sepenuhnya, artinya fasilitas kampus yang lengkap tanpa adanya seorang dosen suatu hal yang mustahil dapat meningkatkan kualitas belajar. Peranan dosen masih tetap diperlukan sekalipun fasilitas belajar telah lengakap khususnya untuk mata kuliah. Dosen juga mempunyai peranan penting dalam mengarahkan mahasiswa  untuk menggunakan fasilitas belajar yang dimiliki mahasiswa  di rumah.
Namun kenyataannya, berdasarkan observasi awal, masih banyak mahasiswa  yang belum memanfaatkan fasilitas belajar yang ada di kampus. Hal ini dilihat kesadaran siswa memanfaatkan perpustakaan, keseriusan mahasiswa dalam mengikuti mata kuliah yang menggunakan laboratorium dan sebagainya.
            Hal tersebut dikarenakan kebanyakan dari mereka belum menyadari sepenuhnya akan manfaat dari fasilitas yang ada. Mereka menganggap bahwa fasilitas belajar itu hanya ada digunakan saat tertentu saja, padahal semua mahasiswa  memiliki hak dan kewajiban menggunakan fasilitas yang ada. Hal ini dikarenakan mahasiswa  di kampus kurang memanfaatan fasilitas belajar. Fasilitas belajar yang ada di kampus hanya dijadikan pajangan dan terkadang hanya pada saat ada tugas atau pada saat ujian tiba saja fasilitas belajar yang ada dimanfaatkan, sehingga persiapan belajarnya kurang dan mengakibatkan mahasiswa  tersebut mendapatkan hasil yang kurang optimal, terutama pada pelajaran tertentu, inilah yang menjadi masalah dalam peningkatan kualitas belajar mahasiswa .
Dengan kondisi yang diuraikan di atas maka penulis merasa tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul: “Urgensi Fasilitas Kampus Program Studi Pendidikan Agama Islam Terhadap Kualitas Belajar Mahasiswa STAISAR Aceh Singkil”.

B. Identifikasi Masalah
Berdasarkan uraian di atas, maka identifikasi masalah dalam penelitian ini adalah:
1.      Fasilitas kampus kurang dimanfaatkan oleh mahasiswa
2.      Fasilitas kampus dapat meningkatkan kualitas belajar mahasiswa
3.      Kualitas belajar mahasiswa ditentukan olehkemampuan memanfaatkan fasilitas yang ada.

C. Pembatasan Masalah
Mengingat luas dan banyaknya fasilitas belajar mahasiswa , maka penulis memberikan batasan untuk menghindari pemahaman dan persepsi yang berbeda-beda terhadap penelitian ini, adapun yang menjadi batasan masalah dalam penelitian ini adalah: “Urgensi fasilitas kampus program Studi Pendidikan Agama Islam di STAISAR dan kualitas belajar mahasiswa.

D. Perumusan Masalah
Berdasarkan identifikasi masalah dan pembatasan masalah di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:
1.        Bagaimana urgensi fasilitas kampus program studi pendidikan agama Islam STAISAR Aceh Singkil
2.        Bagaimana kualitas belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam STAISAR Aceh Singkil ?
3.        Apakah fasilitas kampus dapat meningkatkan kualitas belajar mahasiswa STAISAR Aceh Singkil ?
E. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk :
1.      Untuk mengetahui urgensi fasilitas kampus program studi pendidikan agama Islam STAISAR Aceh Singkil
2.        Untuk mengetahui kualitas belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam STAISAR Aceh Singkil
3.        Untuk mengetahui urgensi fasilitas kampus terhadap peningkatan kualitas belajar mahasiswa STAISAR Aceh Singkil

F. Manfaat Penelitian
Manfaat dalam penelitian ini adalah :
1.      Untuk menambah pengetahuan dan wawasan berpikir penulis mengenai pemanfaatan fasilitas belajar di kampus
2.      Sebagai bahan informasi bagi dosen dan para mahasiswa  STAISAR akan pentingnya fasilitas kampus
3.      Sebagai bahan masukan bagi pihak kampus untuk meningkatkan fasilitas belajar mahasiswa  guna meningkatkan kualitas belajar mahasiswa .
4.      Sebagai bahan masukan bagi pihak-pihak yang membutuhkan untuk melaksanakan penelitian selanjutnya.


SYARAT UNTUK MENDAPATKAN FILE LENGKAP….!!!
File yang tertera diblog ubah saja objeknya biar cepet, ganti saja dengan yang terbaru, kemudian sesuaikan, untuk objek, ubah saja objek jadi tempat yang rencananya anda teliti, beres kan?
File yang anda inginkan bisa konfirmasi ke No. HP ini 0852 6208 9526  untuk mendapatkan file skripsi lengkap (bab1-sampai selesai) dalam bentuk document. Dengan mememenuhi biaya admin di bawah setelah anda melakukan transfer ke:
No Rek BRI  3529-01-026884-53-8  WAHYU RISHANDI (Cab. MARIENDAL MEDAN)
DENGAN NILAI NOMINAL TRANSFER Rp. 100.000/Judul Skripsi
ANGGAP SAJA UNTUK GANTI PENGETIKAN SKRIPS LENGKAP DALAM FORM DOC DAN PENGELOLA BLOG INI.
PELUANG KERJASAMA
kalau ingin untung, sebarin saja ke teman-teman judul di blog ini dan naikan saja harganya
kalau ada kesulitan sms atau contact aja ke No HP saya atau Add FB ya way@id-fb.com
UNTUK PEMESANAN
SETELAH TRANSFER SMS AJA KE 0852-6208-9526
DENGAN ISI SMS:
Nama, alamat E-mail anda serta judul yang anda inginkan.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Wahyu Rishandi, S.H., M.Si Updated at: 01.45

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers